Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kades Pari Nyeleneh BLT Belum Disalurkan

Sabtu, 21 Mei 2022 | Mei 21, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-21T23:00:03Z



Kontakpublik.id, PANDEGLANG - Oknum kepala desa Pari inisial Y di duga kuat belum membagikan jatah Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di desanya, mendapat sorotan negatif dari beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) salah satunya dari koalisi Ormas LSM Media Pemuda dan Mahasiswa Banten (Tank Panser Banten) pasalnya dana BLT yang bersumber dari DD (Dana Desa) pada tahun anggaran 2022, di Desa Pari Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang. sampai saat ini (Sabtu 21 Mei 2022) belum di salurkan.

Ketua Umum Tank PanserBanten. Moch C Sanusi. Mengatakan,
bahwa jelas keterangan dari masyarakat dan Pak Camat mandalawangi bahwa BLT belum di salurkan alias macet.

Dan kepala desa Pari inasial Y jelas jelas menghindar untuk hal ini, Insya Allah hari senin besok (24/05/22) kami akan menyampaikan surat pemberitahuan aksi ke Polres Pandeglang Cq kasat Intelkam Polres Pandeglang dan Insya Allah hari kamis kami aksi demo atau aksi unjuk rasa. Harapan saya mudah mudahan dengan adanya aksi demo nanti uang hak masyarakat di bagikan.
 
Disambangi di Kantornya, Sekertaris Desa (Sekdes) Pari, Iwan diruang kerjanya mengungkapkan pada awak media pada Kamis 19 Mei 2022. Dibenarkan olehnya bahwa sampai saat ini penyaluran BLT di Desanya belum dilakukan, karena dirinya selaku sekdes hanya berwenang dalam melakukan administrasi usulan dan KPM yang akan mendapatkn BLT sebanyak kurang lebih sekitar 100 orang, dan verifikasi saja. Sementara kewenangan pencairan oleh kades dan bendahara, "Kalo urusan pencairan urusan pa lurah dengan bendahara pak", ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan uang DD sudah di cairkan pertengahan puasa kemarin, dari mulai usulan sampai tahapan verifikasi sudah selesai saya kerjakan Akan tetapi untuk penyalurannya yang sampai saat ini belum dilakukan oleh kades, belum diketahui kendalanya apa sehingga belum dilakukan. 

Dirinya juga menjelaskan sudah seringkali mengingatkan serta mempertanyakan untuk penyaluran BLT itu, namun jawaban Kades belum jelas kapannya, padahal pencairan dari Bank sudah dilakukan pada sebelum lebaran atau sekitar tanggal 27 sampai 29 April 2022 lalu, "Ngga tau pak, katanya nanti minggu depan, terus nanti katanya besok sore". Sampai lupa hari dan tanggalnya, karena terlalu sering diungkapkan Kades. Sayangnya ditemui media ini Kades tersebut tidak ada di ruangan kerjanya.

Saat di konfirmasi Camat Mandalawangi, H Juwaeni di ruang kerjanya mengatakan bahwa , jauh sebelumnya atau tepat sebelum hari raya idul fitri 1443 lalu, pihaknya sudah lakukan himbauan secara tertulis, agar desa-desa yang sudah lakukan pencairan BLT, agar disalurkan sebelum hari Raya Idul Fitri, atau maksimal di ahir bulan April 2022 lalu, ungkapnya.

Keterangan Camat Mandalawangi, bahwa teguran secara lisan sudah sering dilakukannya, bahkan ketika ada kesempatan dalam berbagai momen atau kegiatan. Kemudian pihaknyapun sedang mempersiapkan teguran secara tertulis dan resmi pada kades tersebut, agar segera lakukan penyaluran BLT pada masyarakat KPM yang sesuai dengan ajuan serta verifikasi pihak Desa," saya dari pihak Kecamatan hanya sebatas pembinaan". Ucapnya. 

Sementara Media ini mencoba menghubungi Yadi selaku Kades Pari lewat pesan whatsappnya dengan singkat, tanpa menjelaskan apa yang di pertanyakan, mulai dari jumlah KPM, nilai yang diterima dan bahkan tentang jadwal penyaluran, bahwa pihaknya akan lakukan penyaluran BLT pada hari Rabu, dengan tanpa menjelaskan tanggal dan bulannya singkat. (Sof/Rudi)

×
Berita Terbaru Update