Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Komunitas Pecinta Alam Adakan Ritual

Minggu, 28 Agustus 2022 | Agustus 28, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-28T22:24:54Z




Kontakpublik.id, LEBAK - Sebagai rasa tanggung jawab akan kelestarian bumi dan tempat wisata alam dikawasan Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak. Generasi Komunitas pecinta alam, adakan ritual sedekah bumi atau keselamatan pada Sabtu (27-8-22) pukul 10:00 WIB. Sampai dengan selesai.

Aryo Megantoro, menjelaskan pada Awak media bahwa kami dari Komunitas Peduli Lingkungan Alam Wisata Ciberang, yang berada di wilayah Desa Pasir Tanjung Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak. Mengadakan tradisi ritual keselamatan/ruatan. Kegiatan ini merupakan sebuah tradisi sedekah alam yang mana dimaksudkan untuk meminta keselamatan dan kesejahteraan dari Allah SWT untuk masyarakat Pasir Tanjung, umumnya masyarakat luas.

Tidak lupa Karangtaruna dan pemerintahan Desa Pasir Tanjung turut mendukung adanya kegiatan seperti ini, di satu sisi ini adalah kegiatan semacam adat/tradisi untuk kedepannya wisata Ciberang ini diberikan kelancaran, keselamatan dan kenyamanan oleh Allah SWT. Tambah Aryo Megantoro.

Ditempat yang sama tokoh masyarakat Desa Pasir Tanjung, Abah Amir  sapaan akrabnya menuturkan dalam bahasa sunda ieu sesepuh urang sadayana sakaluargi jadi urang kudu inget, kusabab ngajagi peuting jeung beurang jeung ulah hahalaeun dina lahir jeung bathin, tradisi ieu ti baheula sampe kuwari, jadi ulah sampe ditinggaleun, urang nyuhunken karidhoan nu maha kuasa, kata si Abah Amir. 

Dengan ritual ini diharapkan masyarakat Desa Pasir Tanjung dan masyarakat luas dapat menjaga kelestarian alam dan sopan dalam berwisata demi mewujudkan kesadaran. (Rudi)
×
Berita Terbaru Update