Rabu, 02 November 2022

Disduk Capil Pandeglang buat Masyarakat bahagia




Kontakpublik.id PANDEGLANG -
Dinas kependudukan disduk capil Kabupaten Pandeglang berikan pelayanan yang maksimal untuk masyarakat bahagia.
Pandeglang Rabu (2/11/2022).
Melalui kepala bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk disduk capil Kabupaten Pandeglang.
Amir Syarifudin menyampaikan bahwa kegiatan pelayanan disduk capil Kabupaten Pandeglang, alhamdulilah sudah melakukan beberapa inovasi untuk mempermudah atau membahagiakan masyarakat.

Salah satunya masyarakat Pandeglang,beberapa dari inovasi itu yang pertama disduk capil sudah membuka pelayanan,di beberapa tempat selain di dinas kantor disduk capil sendiri,yang pertama di Mall pelayanan publik(MPP) itu sudah ada disduk capil kabupaten Pandeglang,untuk melayani masyarakat.

Kedua di  7 ( tujuh) Kecamatan diantaranya Kecamatan Cadasari Kecamatan Cimanuk,Kecamatan Bojong,Kecamatan Menes Kecamatan Panimbang,berupa UPT juga sudah di bentuk di Panimbang,dan juga di Kecamatan Cibaliung,dan dilabuan.
Alhamdulilah mendekatkan diri kepada masyarakat,supaya masyarakat langsung menghubungi Kecamatan terdekat untuk menghubungi administrasi kependudukan,"Ungkapnya.
Selanjutnya di samping itu kita berinovasi dengan pelayanan online,yaitu dengan SIPANON Sistem Pelayanan Online,itu masyarakat bisa mengakses layanan Sipanon itu cukup dirumah saja,atau kalu memang belum paham bisa melalui aparatur desa yang sudah di latih,karena ada beberapa desa yang sudah dilatih,nanti setelah diproses di disduk capil,masyarakat bisa mencetak sendiri akte kelahiran,kartu keluarga,akte kematian,di desa tersebut.

Selanjutnya juga inovasi pencetakan KTP juga melalui layanan online melalui Whatshapp WA,mengirimkan data datanya untuk meminta dibuatkan KTP setelah dinproses di disduk capil,masyarakat tunggu dirumah,nanti ada dari pihak kantor pos yang datang mengantarakan kemasyatakat,di samping masyarakat bisa datang langsung ke disduk capil,untuk pelayanan pencetakan KTP,dalam tanda kutif untuk sekarang dalam kondisi dan situasi blangko KTP boleh dikatakan agak kurang dari pusatnya,kita diberikan jatah duaribu (2000) untuk bulan ini,untuk melayani masyarakat (duaribu keping).
Ahirnya kita siasati dalam satu hari melayani kita atau membuat 70 (tujuhpuluh) keping saja,yang 50 kita pelayanan depan, masyarakat yang datang itu jam 9 sudah habis,karena masyarakat sangat membutuhkan sekali,yang online kita berikan 20 dulu sekarang ini untuk bulan bulan ini.
Insayaallah kalu di pusatnya belangko sudah normal kembali,kita tetap akan melayani seperti biasa,berapapun kita cetak masyarakat yang datang meminta bantuan kita layani kita buatkan.

Disamping itu ada program inovasi lain yai itu (UDUK PU) Urus Administras Kependudukan Pengantin Baru,kita kerjasama dengan KUA kabupaten Pandeglang,ketika daftar datang akad nikah,si pengantin itu sudah mendapatkan,kartu keluara KTP Baru dengan status kawin,dan kartu keluarga dari orang tua  pengantin tersebut dibuatkan.
Selain itu kita ada program pelayanan jemput bola,banyak sekali inovasi inovasi yang kita laksanakan dan semoga ini bisa membahagiakan masyarakat.
Amir menambahkan, menambahkan jika untuk yang Urgent sangat sangat membutuhkan Kami juga siasati dari 70 keping itu kami simpan untuk antisipasi masyarakat yg urgent untuk mengurus BPJS,Rumah sakit atau ada yang melahirkan,ketika masyarakat datang kami layani dan kami proses dan kami buatkan,itu untu yang benar benar sekali masyarkat sangat membutuhkan.
Kemudian terkait administrasi masyarakat, perkemabanganya sangat baik karena administrasi sekarang ini menjadi kebutuhan dasar, karena masyarakat sangat membutuhkan ketika,untuk keperluan BPJS Mendapat program bantuan,untuk melamar pekerjaan,sehari harinya disini kami terus bergerak dan bergerak untuk melayani masyarakat,baik di kabupaten kecamatan maupun di MPP.
Amir juga berharap kepada masyarakat untuk segera mendatangi tempat tempat disduk capil dengan catatan,mengisi formulir dan mengisi berkas dengan lengkap dan jujur,dalam tanda kutip kenapa harus jujur,terkadang masayarakat membuat asala asalan,contoh kalu anak benar anak kandung sendiri kalu bukan ya bukan,misalnya anak pungut itu ada aturanya lagi.
Kalu namanya mau berubah harus ada aturanya lagi harus kepengadilan,kalu merubah kadang kadang se enaknya saja itu kan harus sesuai sengan ijazah,jadi yang repot nanti masyarakat itu sendiri,mepersulit diri sendiri.
Keterkaitan perpindahan penduduk dari luar Amir menjelaskan,Kalu untuk masyarakat Pandeglang akan berpindah datang dulu ke disduk capil,membawa data kartu keluarga KTP, minta surat pindah tujuanya kekabupaten yang dituju,karena akan di buatkan surat pindah warga negara.
Satu hal lagi terkait adanya masyarakat,yang dulu pindah di luar daerah seperti di Papua Kalimantan, Sulawesi masyarakat ingin  berpindah lagi ke kabupaten
Pandeglang, masyarakat bisa langsung datang ke disduk capil,ada eform yang harus di isi,dan kami akan bantu menggunakan layanan Hanpond atau mengunaka EOPIS sekarang se indonesia sudah berlaku,dan kami akan meminta batuan Kabupaten se Indonesia,untuk data tersebut dipindahkan ke Pandeglang.dan kami input disini setelah ada dari sana,dan kita buatkan kartu keluarga dan KTP nya,contoh kemarin ratusan anggota batalion 320 yang pindahan dar berbagai pelosok daerah dari papua sulawesi,maluku datang meminta bantuan untuk ditarik datanya,menjadi warga Pandeglang,alhamduilah beres semua lancar bahagia mereka,karena mereka rencana akan di berangkatkan ke Libanon,"Pungkasnya. (Dd/Rey)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal Pembebasan Lahan RSUD, Warga Butuh Konsekuansi.

Kontakpublik.id, PANDEGLANG - Kesimpulan Sosialisasi yang digelar Pada Hari Minggu 13 November Tahun 2022 di Gedung PGRI Kecamatan Labuan Ka...