Sabtu, 31 Desember 2022

Minimalisir Tahun Baru Pemerintah Kecamatan Cisata Gelar Istighosah




kontakpublik.id, PANDEGLANG-Istighosah Akbar atau Doa bersama, yang bertujuan untuk meminta pertolongan dari allah subhanahu wa ta'ala ketika keadaan sulit. Dalam Islam  Istighosah merupakan sebuah ikhtiar untuk mendapatkan pertolongan dari allah.

Dilaksanakannya kegiatan Istighosah Akbar tingkat kecamatan Cisata Tahun 2022 di dukung oleh Para Kepala Desa Se- Kecamatan Cisata, Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (31-12-2022)  tepatnya Pukul  20.20 Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB) sampai dengan Pukul 24.00 WIB yang bertempat Di Halaman Kantor Kecamatan Cisata, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

9 Kepala Desa Hadirkan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Perangkat Desa, Linmas, RT , RW dan Kader dari masing-masing Desa . Istighosah Akbar ini Muncul dari   Ide Camat Cisata bersama Ulama untuk menghilangkan kebiasan lama yang dilakukan pada pergantian Tahun.

Momentum 1 Januari ,   identik dengan Pesta , petasan kembang api , terompet Yahudi, pawai, bunyikan kenalpot kendaran , begadang sepanjang malam , menyia-nyiakan waktu, meninggalkan shalat , dekat dengan hal-hal HARAM dan terjerumus ZINA. atas dasar inilah para Ulamapun melarang Umat Muslim untuk merayakannya.

Disela-sela acara Camat Cisata , Asep Setia Permana, SE., MM. menyampaikan kepada media ini,di Rumah Dinasnya, sebelum Istighosah di gelar "Alhamdulilah" Memang ide ini dari sebulan yang lalu sudah muncul, bahkan, Kalau tidak salah saya keluarkan bareng-bareng, itu di bulan September pada saat kita mengadakan Pengajian rutin bulanan , Akhirnya saya memcoba lemparkan ide kepada semua , ingin merayakan di tahun baru ini bagaimana kalau kita mengadakan Istigosah Akbar.

Berkat usaha bersama, akhirnya para Ulama , BKMT dan Ketua MUI merespon , ini sangat bagus sekali dan sangat mengapresiasi, Semoga kita mendapatkan keberkahan keselamatan baik itu untuk Pemerintah maupun untuk Masyarakat.

Makanya saya meminta ide mengeluarkan ide untuk melaksanakan Istighosah Akbar, bersama para Kepala Desa bersama MUI dan semua Unsur. alhamdulillah yang jelas kita berdoa dalam zikir ini, dalam peristiwa ini,  kita berdoa Kepada Allah , memohon agar Masyarakat Cisata khususnya dan  Masyarakat Indonesia Umumnya diberikan Keberkahan dan keselamatan.

Sekitar 1000 Orang yang hadir penuhi acara Istighosah dan doa bersama di halaman Kantor Kecamatan,  Kenapa demikian,  Karena sekarang kan informasi-informasi yang ada , baik itu dari BMKG dari terjadinya  Bencana Alam . dari situlah kita hanya memohon Perlindungan  kepada Allahlah. 
(Rudi Suhaemat)

Soroti BLT DD Kondangjaya Kepala DPMPD Turun Tangan





kontakpublik.id, PANDEGLANG - Terkait Dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT- DD) tahap lV Desa Kondangjaya, Kecamatan Cisata, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, yang di Soal Sampai saat ini diduga sebanyak 82 KPM masih belum direalisasikan. Masing-masing Keluarga Penerima Manpaat (KPM) mendapatkan BLT senilai Rp.900 Ribu, namun belum kunjung disalurkan. Hal ini Dijelaskan Warga yang minta Namanya di rahasiakan kepada Media ini (31-12-2022) ditempat Kediamanya.

Dirinya menerangkan ,  bahwa BLT DD Tahap lV yaitu periode Bulan Oktober, November dan Desember sudah dicairkan oleh Pemerintah Desa Kondajaya namun hingga sekarang tak kunjung disalurkan oleh pihak Desa.

Kami berharap agar pemerintah desa segera menyalurkan BLT dari DD tersebut kepada para KPM, jangan ditunda-tunda, karena bantuan itu benar-benar di butuhkan oleh para KPM. Sebenarnya kami juga merasa heran ada apa sama pihak Desa, ini sudah ahir Desember 2022 .

KPM juga mengungkapkan bahwa bantuan Sebesar Rp. 900 Ribu Bagi kami sangat besar dan benar benar  dibutuhkan oleh kami selaku Keluarga Penerima Manfaat, sebab menurutnya masyarakat penerima adalah Mayoritas sebagai Warga kurang mampu, yang mana saat ini sangat membutuhkannya.

Terpisah, Andes selaku Kepala Desa Kondangjaya yang ditanya BLT-DD tahap 4 atau tahap akhir belum di realisasikan kepada KPM, alasanya Uang baru dicairkan kemarin Kamis 29-12-2022 nanti juga akan di realisaaikan. Uangnya baru kemarin di cairkan berbarengan sama DD tahap 3 .

Saat di Konfirmasi Camat Cisata, Asep,  terkait ada salah satu Desa yang ada di Wilayah Kecamatan Cisata yang belum Merealisasikan BLT-DD tahap  Akhir sampai saat ini mengatakan, nanti kami akan tanya langsung Kepala Desa sama pihak Pendamping Desa. Sepengetahuan saya Baru sebagian yang di realisasikan .
 
Soal kapan BLT-DD tahap lV akan di realisasikan , Asep menyampakanya kepada Media ini, Maaf pak kaitan kapan Merealisasikan BLT-DD tahap lV , saya belum ketemu sama pak lurah, soalnya tadi pak lurah pulang dari Bank langsung ke Kantor Kecamatan Cisata menghadap pak Camat saya juga tanya ke bendahara Desa beliau pun katanya tidak tau kapan waktu BLT-DD akan direalisasikan,Tadi di Desa ada kegiatan pembagian insentif RT,RW,nanti ditanyakan lagi sama Kepala Desa. 

Mendengar dan membaca soal pemberitaan yang terjadi di Desa Kondangjaya, Kecamatan Cisata, Kabupaten Pandeglang, Propinsi Banten, yang saat ini masih belum merealisasikan (BLT-DD) Tahap IV  Kepada 82 Keluarga penerima manfaat (KPM) Dipenghujung tahun.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang Angkat bicara soal Dugaan adanya Desa yang belum Merealisasikan BLT-DD Triwulan lV

Doni mengatakan kepada Media ini Sabtu (31-12- 2022), Kaitan dengan adanya BLT-DD yang sampai saat ini belum direalisasikan di Desa Kondangjaya Kecamatan Cisata, Nanti saya perintahkan pak Yoga untuk mengecek kebenaranya, kaitan dengan (BLT-DD) tahap akhir atau triwulan lV harus segera direalisasikan atau disalurkan karena ini tahun berjalan tahun 2022 mau habis. Pungkasnya
(Rido)
Editor-Rudi S

Jumat, 30 Desember 2022

BLT-DD Kadu Hejo Triwulan IV-2022 Realisasi




Kontakpublik.id,PANDEGLANG - 
Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Kepada penduduk miskin yang ada di desa yang bersumber Dari Dana Desa Anggaran 2022,
BLT-DD ditunjukan untuk mengurangi beban masyarakat miskin yang terkena dampak Covid-19 Dan BLT-DD juga diperiotaskan untuk warga Desa yang kehilangan mata pencaharian dan belum tersentuh mendapatkan bantuan.

Rabu (28 Desember 2022) pemerintahan Desa Kaduhejo Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang Propinsi Banten, didampingi Pihak Muspika Kecamatan Pulosari,Pendamping Desa Dan Perangkat Desa, mulai salurkan kembali Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Triwulan lV tahun Anggaran 2022, di Kantor Desa Kaduhejo Rabu (28-12- 2022).

Nampak hadir di lokasi, Kepala Desa (Kades) Kaduhejo,Muspika Kecamatan Labuan,Pendamping Desa,Perangkat Desa dan  Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima bantuan.



Kades Kaduhejo Enjen disela kegiatan menyampaikan, BLT-DD Triwulan lV atau Tahap Akhir  yang disalurkan kepada para 120 KPM tersebut sebesar Rp300 ribu perbulan dan yang disalurkan selama tiga bulan kebetulan Alhamdulillah Hari ini Rabu (28-12-2022) Pemdes Kaduhejo Realisasikan (BLT - DD) Tahap Akhir Oktober,November Dan Desember dengan total diterima KPM Rp900 ribu.

Alhamdulillah BLT DD untuk 120 KPM hari ini bisa disalurkan kembali. Ini sudah sesuai hasil dari musyawarah dusun dan desa. Dan penerima adalah yang belum tercover oleh bantuan pemerintah,” ujar Enjen.


Bantuan ini lanjut Enjen, Sesuai Peraturan Presiden (Perpres) 104 tahun 2021, dimana BLT-DD tersebut Presiden mengintruksikan 40% Dana Desa harus disalurkan untuk BLT-DD

Saya berharap masyarakat yang mendapatkan bantuan langsung tunai dana desa tersebut, supaya bisa menggunakan uang secara Baik 
 karena program ini dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat,” harapnya.


Saya Selaku Kepala Desa Kaduhejo mengucapkan terimakasih Kepada Pemerintah Baik pusat atau Daerah, yang mana dengan melalui Dana Desa warga Desa Kaduhejo merasa terbantu dari sulitnya perekonomian karena dampak dari pasca Covid-19


Terpisah ditemui salah seorang KPM, (56) warga Kaduhejo, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pemerintah Desa Kaduhejo khususnya kepada Bapak kepala Desa Enjen atas bantuan yang telah diterimanya.



Alhamdulillah saya sangat bersyukur mendapatkan bantuan BLT ini,yang pasti uang bantuan ini akan kami pergunakan sebaik mungkin, Saya ucapkan terima kasih baik pemerintahan desa, pemerintahan kabupaten Pandeglang, terutama pemerintah pusat. (rido/akbar)

BLT DD Tahap lV Desa Kondang Jaya Belum Di Realisasikan





PANDEGLANG - Patut diduga Dana Bantuan terdampak Covid-19 Tahap IV tahun 2022 sudah dicairkan oleh Pemerintah Desa Kondangjaya Kecamatan Cisata Kabupaten Pandeglang Propinsi Banten, namun hingga kini dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT- DD) tahap lV Desa Kondangjaya Kecamatan Cisata Kabupaten Pandeglang Sampai saat ini masih belum realisasikan Sebanyak 82 KPM

Masing-masing KPM mendapatkan bantuan langsung tunai  senilai Rp.900.000,- namun tak kunjung disalurkan.

Dijelaskan Agus(nama disamarkan) bahwa BLT DD Tahap lV yaitu periode Bulan Oktober, November dan Desember sudah dicairkan oleh Pemerintah Desa Kondajaya namun hingga sekarang tak kunjung disalurkan oleh pihak Desa

Dirinya berharap agar pemerintah desa Kondangjaya segera menyalurkan bantuan langsung tunai dari dana desa Tahap lV sebanyak 82 KPM Tahun 2022.

Kami berharap agar pemerintah desa (Pemdes) segera menyalurkan bantuan langsung tunai dari dana desa tersebut kepada para keluarga penerima manfaat jangan ditunda tunda karena bantuan tersebut benar benar di butuhkan oleh para KPM. Sebenarnya kami juga merasa heran ada apa sama pihak desa.


Hal tersebut dibenarkan oleh salah satu KPM Warga Kondangjaya yang enggan disebut nama nya mengatakan kepada media Kamis  (29-12-2022)

Membenarkan ( BLT- DD) Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa tersebut  tak kunjung dibagikan sampai sekarang Yang seharus nya sudah di terima atau di realisasikan kepada kami selaku KPM.


Lanjut KPM mengungkapkan bahwa bantuan tersebut Sebesar 900.000 Bagi kami sangat besar dan benar benar  dibutuhkan oleh kami selaku Keluarga Penerima Manfaat, sebab menurutnya masyarakat penerima adalah mayoritas sebagai warga kurang mampu, yang mana saat ini sangat membutuhkannya apalagi sekarang kan lagi musim paceklik jadi kami benar benar membutuhkannya.


Asep Camat kecamatan Cisata Sa,at di Confirmasi terkait ada salah satu Desa yang ada di wilayah Kecamatan Cisata yang belum merealisasikan BLT-DD tahap  Akhir sampai saat ini,Asep mengatakan nanti kami akan tanya langsung kepala Desa sama pihak pendamping Desa. Sepengetahuan saya Baru sebagian yang di realisasikan Tapi nanti kita akan tanyakan langsung kepada kepala desa sama pendamping desa biar lebih jelas.
 

Terpisah, Andes Kepala Desa kondangjaya  saat ditanya membenarkan BLT-DD tahap 4 atau tahap akhir belum di realisasikan kepada KPM Uangnya baru dicairkan kemarin Kamis 29-12-2022 nanti juga akan di realisaaikan. Uang nya baru kemarin di cairkan berbarengan sama DD tahap 3 Ujar Andes


Seketaris Desa (Sekdes) Sa,at di Confirmasi kaitan dengan kapan BLT-DD tahap lV akan di realisasikan Asep mengatakan kepada Media kami,Maaf pak kaitan kapan Direalisasikan BLT-DD tahap lV saya belum ketemu sama pak lurah soalnya tadi pak lurah pulang dari Bank langsung ke kantor kecamatan Cisata menghadap pak camat saya juga tanya ke bendahara Desa beliau pun katanya tidak tau kapan waktu BLT-DD akan direalisasikan,Tadi di desa ada kegiatan pembagian insentif RT,RW,nanti ditanyakan lagi sama kepala desa tutup (rido)
***Managing Editor Ridho Akbar***

Pemdes Cigondang Realisasikan BLT-DD Triwulan lV





kontakpublik.id, PANDEGLANG - 
Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Kepada penduduk miskin yang ada di Desa , bersumber Dari Dana Desa Anggaran tahun 2022,
BLT-DD ditunjukan untuk mengurangi beban Masyarakat Miskin yang terkena dampak Covid-19 Dan BLT-DD juga diperiotaskan untuk Warga Desa yang kehilangan mata pencaharian dan belum tersentuh mendapatkan bantuan.

Tepat hari Jumat (30-12-2022) Pemerintahan Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, didampingi Pihak Muspika Kecamatan Labuan,Banbinsa,Babinkantibmas,BPD, Dan Pendamping Desa, mulai salurkan kembali BLT- DD Triwulan lV tahun Anggaran 2022, di Aula Desa Cigondang.

Nampak hadir di lokasi, Kepala Desa (Kades) Cigondang,Muspika Kecamatan Labuan, Babinsa, Babinkantibmas, Pendamping Desa, Bpd, perangkat Desa dan 116 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima bantuan.

Kades Cigondang Cepi Suteja disela kegiatan menyampaikan, BLT- DD Triwulan lV atau Tahap Akhir  yang disalurkan kepada para 116 KPM tersebut sebesar Rp. 300 ribu perbulan dan yang disalurkan selama tiga bulan, Alhamdulillah Hari ini Jumat (30-12-2022) Pemdes Cigondang Merealisasikan BLT - DD Tahap Akhir Oktober,November Dan Desember dengan total diterima KPM Rp900 ribu.

Alhamdulillah BLT- DD untuk 116 KPM hari ini Jumat bisa disalurkan kembali. Ini sudah sesuai hasil dari musyawarah dusun dan desa. Dan penerima adalah yang belum tercover oleh bantuan pemerintah,” . Kata Cepi


Bantuan ini sesuai Peraturan Presiden (Perpres) 104 tahun 2021, dimana BLT DD tersebut Presiden mengintruksikan 40% Dana Desa harus disalurkan untuk BLT-DD

Saya berharap masyarakat yang mendapatkan bantuan langsung tunai dana desa tersebut, supaya bisa menggunakan uang secara Baik 
 karena program ini dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat,”. harapnya

Saya Selaku Kepala Desa Cigondang mengucapkan terimakasih Kepada Pemerintah Baik pusat atau Daerah, yang mana dengan melalui Dana Desa warga Desa Cigondang merasa terbantu dari sulitnya perekonomian karena dampak dari pasca Covid-19


Terpisah ditemui salah seorang KPM, (48) warga Desa Cigondang menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pemerintah Desa Cigondang khususnya kepada Bapak kepala Desa Cepi atas bantuan yang telah diterimanya.

Apa yang dikatakan oleh Kepala Desa Cepi tadi akan kami patuhi Supaya uang bantuan BLT-DD ini agar bisa di pergunakan dengan baik.

“Saya hanya dapat BLT ini saja tidak dapat yang lainnya. Saya ucapkan terima kasih baik pemerintahan desa, pemerintahan kabupaten Pandeglang, terutama pemerintah pusat. (Rido)

Kamis, 29 Desember 2022

Progaram Ketahanan Pangan DD Di Kec.Bojong Bermasalah






kontakpublik.id, PANDEGLANG-Ketahanan Pangan di Desa diselenggarakan akan dengan mengutamakan pendayagunaan segala Sumber Daya Pembangunan yang ada di Desa, untuk membangun Pertanian,  Perkebunan, Kehutanan, Perikanan dan Peternakan yang berkelanjutan.
Ketahanan Pangan juga merupakan suatu Kondisi terpenuhinya kebutuhan Pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari ketersediaannya Pangan secara cukup baik dari jumlah maupun mutunya, aman, merata dan terjangkau.

Dalam Sistem yang terdiri dari Subsistem ketersediaan Distribusi dan Konsumsi,  Tujuan Pemerintah  untuk mewujudkan Kedaulatan Pangan Masyarakat , melalui ketersediaan Produksi dan cadangan Pangan keterjangkauan, Konsumsi, Pangan dan gizi serta Keamanan Pangan berbasis bahan baku Sumber Daya dan Kearifan Lokal, sayangnya Program tersebut terkadang tidak dimanfaatkan dengan baik.

Seperti apa yang disampaikan Oleh Ajat Al faruq selaku Ketua Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Agent Of Change (GEMPA), bahwa , Alokasi Dana Desa nampaknya kini menjadi lahan Korupsi baru. Dana yang seharusnya digunakan untuk membangun Infrastruktur dan mensejahterakan Warga, justru digunakan untuk kepentingan Pribadi.

Dugaan adanya Program Ketahanan Pangan yang Bersumber dari Dana Desa (DD) di peruntukan untuk pembelanjaan Hewani (ternak ikan) malah tidak di belanjakan, yakni di Kecamatan Bojong ada tiga Desa, pertama Bojong, kedua Mekarsari, ketiga Citumenggung, sampai saat ini Anggaran tersebut belum di realisasikan.Kami menduga ini ada tindakan KKN di tubuh tiga desa tersebut.

Bukan hanya itu aja,program alat kesehatanpun ada yang belum di belanjakan. Maka dengan ini kami (GEMPA) Gerakan Mahasiswa Dan Pemuda Agent Of Change akan melakukan Aksi unjuk Rasa (UNRAS) Ke Kantor Dinas DPMPD Dan Inspektorat Pandeglang. (Rido)
Editor-Rudi S

Apdesi Pandeglang Salurkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Banjir




Kontakpublik.id-PANDEGLANG-Kondisi Cuaca yang sangat ekstrim dan disertai hujan dengan intensitas yang sangat lebat mengakibatkan banjir di beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang, Privinsi Banten.

Hal tersebut  membuat Para Kepala Desa yg ada di Kabupaten Pandeglang, yang tergabung dalam Wadah Apdesi Kabupaten Pandeglang melakukan Donasi untuk membantu Warga yang terdampak banjir di Kabupaten Pandeglang 

Dana yang terkumpul kemudian disalurkan oleh pengurus Dalam bentuk mie instan dan makanan siap saji agar bisa terasa langsung oleh Masyarakat yang membutuhkan

Hadir dalam kegiatan tersebut Cecep Muhidin selaku Ketua Umum, Muhadi selaku Sekretaris Umum,
H. Iwan Sutiawan selaku Bendahara umum dan beberapa Pengurus lainnya.


Saat di Konfirmasi Ketua DPC Apdesi Kabuoaten Pandeglang, Cecep Muhidin , oleh Media ini pada kamis (29-12-2022), menyampaikan ucapan terimakasihnya Kepada Kades Se-Kabupaten  pandeglang yang sudah menyisihkan sebagian Rizkinya untuk membantu Warga yang terdampak banjir.

Dan saya Ucapkan terimakasih kepada kades sekabupaten Pandeglang yang sudah membantu meringankan beban saudara kita yang ada di kecamatan Patia Dan di Kecamatan lainnya yang terdampak banjir , semoga bermanfaat buat Masyarakat dan banjir segera cepat surut agar warga dapat kembali beraktivitas aamiin Yarro bal'alamin ". 


Secara simbolis Bantuan diterima langsung Oleh Sobur (Kades Ciawi -Patia), selaku penerima Donasi, Menyampaikan rasa terimakasih kepada semua Rekan Rekan Kepala Desa  yang sudah luar biasa perduli terhadap Masyarakat yang ada di Wilayah terdampak Banjir.

Alhamdulillah, terimakasih atas Partisipasi dan Donasi sebagai bentuk kepedulian rekan Kades untuk Warga yang terdampak Bencana Banjir, mohon Do,a semoga banjir segera surut dan Warga kembali bisa beraktivitas secara Normal. Pintanya (rido)
Editor-rudi

6000 Keluarga Besar Kemenag Ikuti Gerak Jalan Sehat




kontakpublik.id, PANDEGLANG -Jalan Sehat merupakan berkumpul olahraga ringan yang menyehatkan serta sangat efektif dalam membangun Komunikasi dan kebersamaan di lingjungan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Sejumlah Asosiasi Jantungpun menyebutkan bahwa  berjalan kaki sama efektifnya seperti berlari dalam hal pencegahan Penyakit Jantung dan Stroke. Aktivitas ini membantu mencegah penyakit Jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kadar Kolesterol serta memperlancar Sirkulasi Darah

Staf Khusus Menteri Agama RI Bidang Komunikasi, Kebijakan Publik dan Manajemen Reformasi Birokrasi Abdurohman melepas gerak jalan sehat dalam rangka peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama, Kamis (29/12/2022), di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang. 

Selain Stafsus yang biasa dipanggil Gus Adung, pelepasan juga dilakukan oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten H. Nanang Fatchurochman dan Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang H. Taufik Hidayat.

Dalam sambutan sebelum memulai gerak jalan, H. Nanang mengapresiasi kehadiran Stafsus Menteri Agama di Kabupaten Pandeglang. "Mudah-mudahan kehadiran Gus Adung dalam acara ini membawa rahmat dan kemaslahatan untuk Kabupaten Pandeglang," harap H. Nanang.

Sedangkan Bupati Pandeglang yang diwakili Pj. Sekretaris Daerah berpesan agar Hari Amal Bhakti dijadikan momentum perbaikan Kementerian Agama. "Tingkatkan terus kualitas pelayanan publik, tingkatkan juga persatuan, kesatuan dan kekompakan seluruh pegawainya," pesannya.

Gus Adung sesaat sebelum melepas gerak jalan menyampaikan salam dari Menteri Agama yang tahun ini kebanjiran penghargaan dari berbagai instansi. Menurut Gus Adung, tahun ini tidak kurang dari 23 penghargaan yang diterima Menteri Agama.

"Semua penghargaan ini untuk bapak dan ibu karena diraih berkat kerja keras bapak dan ibu semua. Kita ikuti jalan sehat ini dengan riang gembira sebagai ungkapan syukur kita atas diraihnya berbagai penghargaan tersebut," pesan Gus Adung.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang H. Amin Hidayat yang ditemui usai pelepasan, menjelaskan, gerak jalan diikuti oleh lebih dari 6 ribu keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang. Untuk memeriahkan acara tersebut, lanjut H. Amin, pihaknya menyediakan berbagai doorprize dari para sponsor.

Doorprize paling menarik peserta adalah 3 tiket umroh yang disediakan oleh KBIHU Mulyajati Pandeglang. "Terima kasih untuk seluruh sponsor acara gerak jalan sehat yang telah mensuport kegiatan ini," pungkas H. Amin. (Ridho/hms)

Rabu, 28 Desember 2022

Syukuran Pembangunan Ruang SDN Padasuka Digelar




kontakpublik.id.SERANG-Acara Syukuran Pembangunan satu Ruang Guru dan Pembangunan satu Toilet. Sekolah Dasar  Negeri (SDN) Padasuka, Desa Padasuka, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Propinsi Banten, Berlangsung Khidmat. Demikian Kata Hj Nuraini, S.Pd.i, Selaku Kepala  SDN Padasuka Kepada Media ini  Rabu (28-12-2022) Di Kantornya.

"Saya ucapkan sangat berterima kasih kepada para Tenaga Pendidik yang telah membantu kelancaran dan kesuksesanya pembangunan satu ruang guru dan satu Toilet".

Untuk mencapai ini semua tidaklah mudah, memang butuh tenaga dan pikiran yang  tercurah untuk jalanya pembangunan yang selama ini diidam - idamkan, begitu pula kepada bapak Komite yang selalu mengawasi pembangunan ini, 

Maka dari itu, saya mengajak kepada semuanya, selama dan sesudah tugas saya sebagai Kepala Sekolah, mari sama - sama kita jaga kelestariannya, baik kebersihannya, maupun hal - hal yang menyangkut sekolah.

Tidak lupa saya ucapkan juga kepada yang terkait, para Pengawas dan Dinas terkait yang telah mempercayakan akan pembangunan dan bangunan yang sudah kami terima seratus persen dan semoga kita semuanya selalu dalam Rahmat dan lindungan Allah SWT amin ". 

Dalam Sambutanya , Efendi Jarkasih, S.Pd, menyampaikan bahwa, Kebersamaan dan Gotong Royong serta saling Komunikasi adalah Modal Primer, dalam segala hal.
Adapun mengenai Anggaran Pembangunan Sebesar Rp. 334.097.000.

Yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Dan  Belanja Daerah (APBD )  Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2022, dengan Nomor Kontrak : 027/807- Disdikbud/2022 Waktu Pelaksanaan 122 Hari Kalender. (Agung/007).

Senin, 26 Desember 2022

Oknum Anggota DPR RI Nyeleneh Bikin Ulah



kontakpublik.id, PANDEGLANG-Politik merupakan Usaha yang ditempuh Warga Negara untuk mewujudkan kebaikan bersama teori klasik Aristoteles ini juga hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan Publik Pemerintahan dan Negara, politik adalah sesuatu tentang Proses Perumusan dan Pelaksanaan Kebijakan Publik Pemerintahan.

Mangkanya Kekuasaan Politik dengan demikian, yaitu mampu untuk membuat Masyarakat dan Negara membuat Keputusan yang tanpa kehadiran Kekuasaan tersebut tidak akan dibuat oleh Mereka.

Momen politik tahun 2024 tinggal menunggu hitungan waktu,  sebentar lagi akan digelar, banyak Kandidat yang saat ini meperisapkan diri untuk meraih Simpati Masyarakat, agar di pelaksaan pemilu dapat terpilih. Salahsatu yang menjadi incaran pemilihan di tahun 2024 nanti yaitu di Kursi Legislatif, baik itu yang sudah lama (politisi senior) maupun Pemula. 

Belum lama ini kita di Viralkan dengan Unggahan berita yang di tayangkan di sejumlah media Online tepatnya pada tanggal 21, Desember, tahun 2022 yang mana di ungkapkan bawa ada dugaan Pembohongan Publik oleh  Oknum Anggota  Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) komisi X Dapil Banten 1 (Pandeglang-Lebak),  

Gara-gara bantuan yang diberikan Kepada Panitia Tasyakuran Laut di Panimbang, hanya sebesar Rp. 40 juta tidak seperti apa yang disampaikan oleh inisial (R) besarannya sebesar Rp. 200 juta itu sangat keterlaluan, padahal semua bullshit .

Sontak saja ini menjadi keprihatinan bagi Masyarakat Pandeglang hususnya Warga  Panimbang (Yang diduga jadi Korban pebohongan Publik oleh Oknum Dewan). Demikian kata Rohikmat , Aktivis Aliansi Mahasiswa Kabupaten  Pandeglang kepada Media ini, selasa (27-12-2022) di Bascamnya.

Dirinya sangat  mengecam keras Kepada Oknum Anggota yang diduga melakukan Pebohongan Pubik,  jika itu benar terjadi, maka bersiaplah wahai engkau Oknum Dewan . Cetusnya

Selain hal itu, yang mau kami singung, ada juga persoalan lain, itu tetang Dana Aspirasi anggota DPR RI Komisi X Dapil  Banten 1 (Pandeglang-Lebak) untuk Dunia Pendidikan yaitu Program Indonesia Pintar (PIP) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT)  di beberapa sekolah dan Perguruan Tinggi di Kabuoaten Pandeglang dan  Lebak .

Apalagi kita mengingat di tahun 2020 ada Anggaran Dana Aspirasi untuk Dunia Pendidikan yang di bawa oleh Anggota DPR RI komisi x ke banten senilai Rp. 323 Miliar , belum lgi di tahun 2021- 2022  ini juga jadi pertanyaan besar  untuk realisai dan transaparansi sejauh manakah, Yang kami hawatirkan ini ada penyelewengan Anggaran. 

Maka kami Aliansi Mahasiswa Kabupaten Pandeglang , meminta dengan sangat, Kepada Aparat Penegak Hukum untuk melalukan pengawasan yang ketat. Agar tidak terjadinya Penyelewengan Anggaran. Ujarnya ( Rudi Suhaemat)

Oknum Kader Golkar Mengisi BBM SUBSIDI Dengan Kendaraan Dinasnya




kontakpublik.id,TANGERANG - Buntut dari pertikaian antara Oknum ASN, salah satu Instansi BUMD Kabupaten Serang (red.Staf Marketing) yang terjadi pada tengah malam sekitar pukul 01.40 WIB dinihari, dengan sejumlah Awak Media di salah satu SPBU Sumur Bandung Kecamatan Jayanti, Kabuoaten Serang, Provinsi Banten,, semakin menambah deretan persoalan baru

Diketahui pada rekaman Video tampak kendaraan Mobil Kijang Kapsul dengan Nopol, A.1342.E Kendaraan Dinas dengan Plat seri Merah tengah asyik mengisi Bahan Bakar Minyak jenis Pertalite, di SPBU Wilayah Sumur Bandung Kecamatan  Jayanti, Pada Minggu (25/12/2022)

Tetapi saat hendak di konfirmasi oleh salah satu Awak Media, terkait aktivitas tersebut, seorang ibu yang mengaku sebagai staf marketing pada Instansi BUMD di Kabupaten Serang, langsung menghampiri dan marah – marah, seakan tugas dan fungsi Awak Media hanya mencari – cari celah kesalahan orang saja. Cetusnya

Bahkan menurut ibu paruh baya itu seolah – olah dianggap penekanan, padahal sejumlah Awak Media hanya ingin konfirmasi dan mengklarifikasi apakah di perbolehkan sebuah mobil Dinas berplat seri merah yang konon sebagai staf Marketing pada BUMD Kabupaten Serang, disetai umpatan dan makian, “Saya ini kader Golkar juga sebagai salah satu wartawan/media kampus,” terang Apud

Sementara itu Taslim Wirawan SH, selaku Ketua umum LSM Seroja Indonesia, juga merasa kaget dengan ulah dan aktivitas malam oknum ASN tersebut. “Saya pribadi menyayangkan adanya sebuah Insiden tersebut, apalagi ini oknumnya seorang ibu – ibu yang merupakan salah satu Staf BUMD di Kabupaten Serang, hingga terjadi perampasan dan kerusakan salah satu Awak Media, jelas perbuatan ini tidak boleh di biarkan

Padahal undang – undang dengan jelas tertulis pada Kepres No : 68 tahun 1995, tentang Operasional Mobil Dinas ber- plat merah, hanya digunakan untuk aktivitas kerja waktu dan harinya juga sudah di atur yaitu Senin sampai dengan Kamis, dan pukul 07.30 sampai dengan 16.00, dan terkait pengaturan jam hari kerja dapat di sesuaikan oleh masing – masing Instansi atau jawatan,” jelas Taslim

Sedangkan sangsinya untuk pelanggaran atau penyalahgunaannya juga telah diaturan dengan Undang – undang Pemerintah No : 94 tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil,” ucap Taslim (hendrik)

Oknum Kader Golkar Mengisi BBM SUBSIDI Dengan Kendaraan Dinasnya



kontakpublik.id,TANGERANG - Buntut dari pertikaian antara Oknum ASN, salah satu Instansi BUMD Kabupaten Serang (red.Staf Marketing) yang terjadi pada tengah malam sekitar pukul 01.40 WIB dinihari, dengan sejumlah Awak Media di salah satu SPBU Sumur Bandung Kecamatan Jayanti, Kabuoaten Serang, Provinsi Banten,, semakin menambah deretan persoalan baru

Diketahui pada rekaman Video tampak kendaraan Mobil Kijang Kapsul dengan Nopol, A.1342.E Kendaraan Dinas dengan Plat seri Merah tengah asyik mengisi Bahan Bakar Minyak jenis Pertalite, di SPBU Wilayah Sumur Bandung Kecamatan  Jayanti, Pada Minggu (25/12/2022)

Tetapi saat hendak di konfirmasi oleh salah satu Awak Media, terkait aktivitas tersebut, seorang ibu yang mengaku sebagai staf marketing pada Instansi BUMD di Kabupaten Serang, langsung menghampiri dan marah – marah, seakan tugas dan fungsi Awak Media hanya mencari – cari celah kesalahan orang saja. Cetusnya

Bahkan menurut ibu paruh baya itu seolah – olah dianggap penekanan, padahal sejumlah Awak Media hanya ingin konfirmasi dan mengklarifikasi apakah di perbolehkan sebuah mobil Dinas berplat seri merah yang konon sebagai staf Marketing pada BUMD Kabupaten Serang, disetai umpatan dan makian, “Saya ini kader Golkar juga sebagai salah satu wartawan/media kampus,” terang Apud

Sementara itu Taslim Wirawan SH, selaku Ketua umum LSM Seroja Indonesia, juga merasa kaget dengan ulah dan aktivitas malam oknum ASN tersebut. “Saya pribadi menyayangkan adanya sebuah Insiden tersebut, apalagi ini oknumnya seorang ibu – ibu yang merupakan salah satu Staf BUMD di Kabupaten Serang, hingga terjadi perampasan dan kerusakan salah satu Awak Media, jelas perbuatan ini tidak boleh di biarkan

Padahal undang – undang dengan jelas tertulis pada Kepres No : 68 tahun 1995, tentang Operasional Mobil Dinas ber- plat merah, hanya digunakan untuk aktivitas kerja waktu dan harinya juga sudah di atur yaitu Senin sampai dengan Kamis, dan pukul 07.30 sampai dengan 16.00, dan terkait pengaturan jam hari kerja dapat di sesuaikan oleh masing – masing Instansi atau jawatan,” jelas Taslim

Sedangkan sangsinya untuk pelanggaran atau penyalahgunaannya juga telah diaturan dengan Undang – undang Pemerintah No : 94 tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil,” ucap Taslim (hendrik)

Minggu, 25 Desember 2022

DPC APDESI Pandeglang Gelar Silaturahmi Dengan Pengurus




Kontakpublik.id, PANDEGLANG - Komunikasi yang lancar, merupakan salah satu cara menjaga silaturahmi tetap baik dan terjaga sepanjang waktu. Hal ini tentu tidak lagi menjadi halangan di masa Pandemi seperti ini, setiap individu diwajibkan menjalin silaturahmi dengan siapapun karena menjadi kewajiban maka memutuskan tali silaturahmi merupakan dosa besar dan sangat tidak disukai oleh Allah subhanahu wa ta'ala.

Menjalin silaturahmi antara sesama manusia sangat dianjurkan pula karena karena salah satu bentuk ibadah, Hikmahnya yaitu menghilangkan perselisihan yang sedang terjadi dengan saling bertegur sapa, bukan tidak mungkin masalah dapat diselesaikan dengan baik-baik.

Untuk menjaga silaturahmi dengan baik, DPC APDESI Kabupaten Pandeglang menggelar Acara Silaturahmi Minggu (25-12-2022) Yang digelar di Hotel Karibea, Desa Tegal Papak, Kecamatan, Pagelaran, Kabupaten Pandegkang, Provinsi Banten. 

Acara tersebut di hadiri langsung oleh, Ketua Umum DPP APDESI, Drs HM. Surtawijaya.M.Si 
Ketua DPD APDESI Banten, Uhadi, SH
Serta Ketua dan Sekum DPC Apdesi Kabupaten Pandeglang, Pengurus DPC Pandeglang, Para Kepala Desa Se-Kabupaten Pandeglang Dan Muspika Pagelaran .

Dalam penyampaianya, Ketua Apdesi Pandeglang, Cecep Muhidin, memaparkan bahwa  isi dari pertemuan itu Adalah, pemaparan hasil Rakornas Apdesi di (Kaltim) Kalimantan Timur beberapa saat yang lalu

Ada Dua issu penting yang di Bahas pada pertemuan kali ini
Satu kaitan Dengan Pilkades 2023 
Kedua usulan Revisi UU No 6 Tahun 2014 Tentang Desa, yang salah satu point' nya adalah tentang masa Jabatan kades yang diusulkan 9 Tahun. Katanya

Dikesempatan ini Ketum DPP Apdesi, Surta Wijaya mengulas dan  menyimak secara utuh masukan dan usulan yang di sampaikan oleh (Kades) Kepala Desa yang ada di Kabupaten Pandeglang, 
Yang mana dua hal tadi yang menjadi usulan utama yang akan disampaikan ke pemangku Kebijakan.

"Ya kita sudah menyimak dan mencatat usulan dari semua kades Se Kabupaten Pandeglang untuk ditindak lanjuti ke pihak yang berwenang. Tegasnya

Alhamdulillah Acara silaturahim dan Koordinasi ini berjalan dengan lancar penuh masukan dan harapan dari Kepala Desa untuk kemajuan Desa masing masing. Ungkapnya (rido)
***Editor In Chief-Rudi ko***

Jacob Ereste : Merosotnya Etika, Moral dan Akhlak Membuat Pemerintah Ikut Jadi Pedagang Pangan Yang Mencekik Rakyat





Kontakpubik.id,-International RiceResearch Institute (IRRI) tampaknya keliru memberi penghargaan terhadap pemerintah Indonesia karena menganggap bisa tiga tahun terakhir  tidak mengimpor beras. Prestasi yang dikira oleh banyak pengamat perberasan ini cuma sekedar "politik angkat telor" ini sungguh sumir dan memalukan.

Lain lagi ceritanta Bulog (Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik) yang juga dituding  per 6 Desember hanya menguasai 295.000 ton cadangan beras pemerintah (CBP) dengan kualitas medium (komersial). Maka itu Badan Pangan Nasional (Bapanas),  mengizinkan Bulog untuk memenuhi CBP lewat Bulog yang harus memiliki jumlah total 494.000 ton. Karena pemerintah tidak mau menanggung resiko, lantaran untuk menutupi kebutuhan beras dari dalam negeri diklaim sudah tak mungkin dapat dipenuhi.

Kementerian Perdagangan pun mengklaim lewat izin Bulog telah mengantongi hak untuk mengimpor 500.000 ton beras premium.

Alasan akan menghadapi Perayaan Natal dan Tahun Baru pun dikambinghitamkan untuk mengukuhkan alasan impor beras ini, seperti yang sudah-sudah guna melancarkan persekongkolan yang justru tidak melindungi petani sebagai anak sah negeri ini.

Bank Indonesia juga ikut meyakinkan, karena beras termasuk dalam katagori volatile food bersama sembilan bahan pangan lainnya, sangat berbahaya jika tidak dijaga pergolakannya yang bisa membuat inflasi besar dan gawat.

Silang pendapat antara Kementerian Pertanian (Kementan) dan Bapanas bersama Perum Bulog cukup seru dipertontonkan di Ruang Dengar Pendapat dengan DPR RI dalam Rapat Kerja (Raker) pada 7  Desember 2022.

Patokan Kementerian Pertanian pada data BPS (Biro Pusat Statistik) bahwa tahun 2022  Indonesia justru surplus 1,8 juta ton beras justru ditelikung dan diabaikan, karena dianggap sumir.

Pihak Bulog pun mengklaim saat turun ke sawah tidak menemukan gabah/ beras seperti yang diklaim Kementan.  Selisih pendapat tentang data Kementan dengan Bapanas jadi dianggap wajar, karena Kementan mengacu pada dara potensi luas panen padi di sawah, sedangkan Bapanas berdasarkan bilangan Bolug di gudang.

Dian Novita Sastro yang menulis soal Polemik Kebijakan Inport Beras (Bisnis.Com, 19 Desember 2022) mempertanyakan ikhwal carut marut  perbedaan dasar acuan ini, atau memang ada masalah mendasar yang lebih kacau yang menjadi akar masalah utamanya.

Dian Novita Sastro menyimpulkan dari data yang berserak saat Raker dan RDP pada 7 Desember 2022 ternyata adanya potensi surplus beras itu memang sungguh ada, tetapi yang membuat stock di Bulog dianggap membahayakan, justru karena rendahnya daya tampung Bulog saat petani panen raya pada bulan Maret dan April 2022 lalu.

Catatan Atlantik Institut Nusantara (Baca Jacob Ereste : Impor Beras Saat Panen Raya Artinya Membunuh Petani, Global.Com, 18 Maret 2021) membuktikan bahwa penghargaan dari IRRI itu sumir, semacam persekongkolan jahat untuk memuluskan bisnis beras yang mencekik rakyat. Catatan Atlantika Institut Nusantara terhadap keinginan pemerintah hendak mengimpor beras dalam waktu dekat ketika itu (April - Mei 2021) dikecam keras karena tidak rasional. Jadi memang terbukti adanya persekongkolan jahat. Menipu rakyat.

Saat menjelang Debat Pilpres 2014, janji untuk swasembasa pangan diucapkan Joko Widodo dalam suara lantang. Janji sebagai calon presiden tidak akan impor beras -- juga daging -- dikatakan dengan jumawa (Detik Finance, 15 Feb 2019). Lalu impor beras melansir sebanyak 2,8 juta ton pada tahun 2018 dan 180.000 ton pada tahun 2019.

Lantas bagaimana dengan cerita penghargaan IRRI pada pemerontah yang berdalih pada tiga tahun terakhir tidak mengimpor beras ?

Lalu bagaimana janji Joko Widodo yang mengatakan Indonesia akan berdaulat atas pangan dan swasembada, termasuk tidak impor daging seperti dikatakan dengan jumawa saat berada di Cianjur, Jawa Barat (Rabu, 2 Juli 2014), karena Indonesia memiliki semua stock pangan itu.

Bahkan Joko Widodo bilang bahwa petani Indonesia harus dimuliakan. Namun realitasnya beras dan daging terus diimpor guna memperoleh komisi dari perolaku  jahat itu. Sebab etika, moral dan akhlak sudah menjadi barang mainan, seperti Pancasila dan UUD 1945.

Begitulah etika, moral dan akhlak yang menafikan Pancasila dan UUD 1945, sehingga pemrintah juga menjadi pedagang yang mengejar keuntungan, meski sangat merugikan rakyat. Khususnya petani.(Akbar)

(Editor In Chief-Rudi Suhaemat)

Banten, 26 Desember 2022

Silahturahmi Dan Koordina DPC Apdesi Kabupaten Pandeglang Tahun 2022.




Kontakpublik.id,Pandeglang-Silahturohmi dan koordinasi yang di lakukan oleh (Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Dewan Perwakilan Perwakilan Cabang (DPC) Pandeglang kali ini bertitik lokasi di pantai Karibea jalan raya labuan panimbang acara ini di hadiri oleh uhadi. SH. Sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Banten, Drs. H. Surtawijaya. M. Si selaku Ketua dewan pimpinan Pusat(DPP) Dan hadir pula Cecep Muhidin Selaku Ketua APDESI Dewan Perwakilan Cabang(DPC) Pandeglang beserta Muhadi selaku sekretaris umum dan ratusan tamu undangan yang rata rata adalah Kepala Desa sekabupaten Pandeglang provinsi banten.


Acara kali ini berlangsung dengan dengan khikmad tapi terkesan santai karena suasana di dekat pantai dan para tamu undangan pun terlihat nampak ceria karena walau acara ini formal tapi para tamu undangan terlihat sangat senang karena suasana dan tempat yang nyaman.

Cecep Muhidin Selaku ketua APDESI DPC Pandeglang mengatakan kepada Awak media" acara ini di selenggarakan untuk pemaparan hasil kami di Rapat Kordinasi Nasional (RAKORNAS) di IKM Kalimantan Timur dan yang perlu di jelaskan lagi pada teman teman Kepala Desa sekabupaten Pandeglang yang isinya berkaitan dengan, Revisi Undang Undang Desa.

Masih Cecep Muhidin mengatakan dan yang lebih utamanya bagi rekan rekan kepala Desa yang masa jabatannya habis di tahun 2023 ini dan agar ada percepatan pemilihan Kepala Desa yang masa jabatannya habis di 2023 sekabupaten Pandeglang sejumlah 108 Kepala Desa di bulan April dan di bulan Desember Dan kebetulan Ketua umum (KETUM) mau silahturahmi ke tiga kabupaten hari ini di Kabupaten Pandeglang esok di Kabupaten Lebak dan lusa di Kabupaten Serang.(Oky)

***Managing Editor-Ridho Akbar***


P3B Ancam Kejati Dan DPRKP Dengan Menggelar Aksi Demo




kontakpublik.id, SERANG-Pergerakan Pemuda Peduli Banten ( P3B ), akan menggelar Unjuk Rasa ( UnRas ), di depan Kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan  Permukiman (DPRKP) Provinsi Banten, di depan Kantor Unit Layanan Pengadaan ( ULP ), Provinsi Banten dan di depan Kantor Kejaksaan Tinggi ( KEJATI ) Provinsi Banten. Unras akan di gelar pada Kamis, (29-12- 2022).

 Dimulai sekira pukul 10 Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB), Masa aksi Kurang lebih 100 orang, dengan peralatan penunjang diantaranya  Megaphone, Karton, Spanduk, Realise dan Sound System'.

Tujuan Aksi ini diduga  1. adanya Jual Beli Proyek di DPRKP Tahun 2021 – 2022, ke 2. adanya Pengkondisian Lelang Proyek DPRKP, ke 3. adanya Pembiaran Proyek DPRKP dari Pihak APH. Dengan tuntutanya bahawa jeoada KPK dan POLRI harus segera menguji forensik dokumen-dokumen lelang Proyek 
DPRKP Provinsi Banten 

Usut tuntas dugaan pengkondisian lelang Proyek DPRKP Provinsi Banten yang ada di ULP, jadi Kapolda dan Kejati harus berani memanggil dan memeriksa para oknum DPRKP dan 
oknum ULP serta oknum pengusaha pemenang lelang maupun proyek Penunjukan 
Langsung (PL) dari DPRKP Provinsi Banten 

Jika tuntutan P3B tidak diindahkan, maka kami dari P3B akan melaporkan langsung  ke KPK 
dan POLRI di Jakarta. " Bila mana Aksi kami pada hari yang kami maksud tidak ada tanggapan, maka kami bersama Masa akan Unras lebih banyak lagi menurunkan masa, dengan harapan, agar tidak ada lagi oknum - oknum yang bercokol dan memanfaatkan jabatanya.

Demi untuk keuntungan dan kesenangan segelintir orang, dengan mengenyampingkan prosedur yang sudah ada, Salam Pemuda Banten " tegas Arip Wahyudin alias Ekek saat awak media hubungi melalui Whatsapp, Jum'at (23/12/2022). (red- 007)

Sabtu, 24 Desember 2022

Jacob Ereste : Upaya Mewacanakan Kembali Hasrat Tiga Priode Untuk Jabatan Presiden, Sungguh Tidak Punya Rasa Malu






Kontakpublik.id,Banten-Sungguh tidak lagi punya rasa malu dan tak memiliki akal sehat siapapun di negeri ini yang mengusulkan atau menggiring dan mewacanakan agar jabatan Presiden RI bisa diperpanjang atau dijabat sampai tiga periode. Karena hanya akal licik dan busuk mereka yang menginginkan perpanjangan jabatan Presiden seperti itu untuk terus berlanjut pada periode ke tiga, sungguh tak tahu diri dan tak tahu malu. Sebab bagi rakyat, pergantian rezim penguasa adalah harapan adanya perubahan menuju perbaikan yang lebih baik dan tidak cuma sekedar menjanjikan masa depan yang cerah.

Perubahan itu tak hanya teehadap sistem, tetapi juga berikut semua penyelenggara negara yang brengsek. Tidak punya etika, tidak moral dan tidak memiliki akhlak, sehingga komitmen berbangsa dan bernegara semakin jauh tujuan utama UUD 1945 dan Pancasila.

UUD 1945 yang sudah remuk redam diacak-acak secara bertahap dan sistematis dengan cara amandemen itu, kondisinya sekarang sama seperti tercongkel ruh Pancasila dari semua silanya yang ada. Mulai dari menjalankan ajaran dan tuntuntan agama, kemanusian yang justru semakin tak berabad, hingga dan persatuan yang dibuat tercabik-cabik sampai budaya mayawarah mufakat yang tak sama sekali tercermin dalam memutuskan segala sesuatu, termasuk UUD 1945, UU Cipta Kerja yang tidak terbukti bisa mengatasi masalah pengangguran, tapi justru memberi peluang pada angkatan kerja asing.

Lalu KUHP yang dipaksakan juga itu sampai perlu disergah oleh PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) karena pongahnya DPR RI yang semeba-mena memgesahkan RKHUP menjadi KUHP. Jadi jelas tidak bermalunya DPR RI yang songong itu seperti tidak bermalu untuk tetap mengatas namakan wakil rakyat, padahal rakyat sendiri jelas  menolak produk hukum yang disahkan secara paksa itu.

Begitulah tragisnya warga bangsa Indonesia, ketika ada sejumlah manusia  yang tidak lagi memikiki rasa malu, sampai DPR RI merasa perlu disergah oleh lembaga internasioal -- PBB -- yang sangat mengkhawarirkan praktek demokrasi di Indonesia cuma  omong kosong belaka, seperti UUD 1945 dan Pancasila yang cuma jadi asesoris itu. Kecuali itu BPIP  (Badan Pembina Ideologi Pancasila) yang culas mengklaim hingga patut memberi pembinaan terhadap ideologi bangsa, sosok  para pembinanya sendiri tidak jelas bisa memberi  jaminan lebih Pancasilais dari warga bangsa Indonesia yang lain. Dan pekerjaannya pun juta tidak jelas, kecuali untuk bagi-bagi jabatan dan pembagian dana semacam pembungkaman.

Sentilan Direktur P3S (Political and Public Policy Studies) terhadap Bambang Soesatyo yang genit mengulang wacana jabatan Presiden hendak tiga periode jelas pengkhianatan terhadap konstitusi (UUD 1945). Bayangkan, hanya dengan merujuk pada hasil survey Potracking Indonesia -- yang juga tak jelas itu, karena mengklaim 73,2 persen publik puas terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, bisa dujadikan sandaran kegenitan. Sikap seperti itu jika tidak bisa disebut penjilat, adanya hasrat untuk ikut menikmati kekisruhan dalam tata negara Indonesia yang semakin kacau. Sebab dampak ikutannya jika jabatan Presiden diperpanjang, itu artinya legislatif dan yudikatif pun jadi panggah, ikut  menikmati masa penderitaan dan kesengsaraan warga bangsa Indonesia semakin  dibebabani oleh berbagai pajak, termasuk mereka yang sudah wafat di negeri ini. Karena kuburannya pun tetap harus dikenakan retribusi.

Sementara tiga Kementerian diberitakan secara gencar oleh berbagai media ikut mendukung rencana lelang pulau Widi yang telah dikuasai pihak swasta itu. Jadi habis sudah, bumi dan air serta semua isi perut bumi mereka kuras untuk memperkaya diri dan gerombolannya sendiri.

Artinya, untuk membenahi negeri   ini memang harus ada perubahan besar -- jika tidak bisa disebut revolusi, minimal reformasi besar-besaran di semua lembaga pemerintah -- bila tidak dera dan derita rakyat tidak akan pernah dapat dibenahi.

Dukungan Polri untuk ikut memberantas korupsi di Indonesia jadi semakin menunjukkan sikap yang naib. Polri jadi terkesan hanya menjadi oktor pendukung upaya memberantas korpsi di Indonesia. Artinya, bisa dipahami bahwa Polri sudah sepenuhnya  melepaskan diri dari tugas utamanya untuk meringkus semua korupsi di Indonesia yang tekah diambil alih oleh KPK (Komisi Pemberantasan Koropsi), sehingga keberadaan KPK  semakin leluasa melakukan segala urusan yang berkaitan dengan para koruptor.

Bupati Bangkalan bersama lima orang Kepala Dinas Kabupaten Bangkalan ditangkap KPK  atas kasus suap lelang jabatan. (Tinta Infornasi.Com). Lewat akun  Istigram resmi Kapolri, yaitu @listyosigitprabowo menyampaikan bahwa peringatan hari antikorupsi sedunia merupakan salah satu cara menumbuhkan kesadaran setiap orang terhadap dampak buruk korupsi. Sementara disebelah sana, KPK -- lagi-lagi -- menetapkan dua hakim agung sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap pengururan perkara.

Pesan Syarifudin pun menjadi terkesan lucu terhadap KPK yang meringkus dua anak buahnya, agar KPK tetap mengedepankan azas praduga tak bersalah, karanya di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan kepada wartawan seusai Memperingati Hari Anri Korupsi, Jum'at, 9 Desember 2022.

Pesan Syarufudin ini terkesan sangat takut pada KPK tidak akan melaksanakan azas praduga tak bersalah dalam mengusut kasus dugaa suap kedua anak buahnya. Jadi, jika sudah begitu kecurigaan adanya, masihkah ada pejabat yang dapat percaya sebagai  penyelenggara negara maupun pemerintah di negeri ini yang masih bisa dipercaya ?

Banten, 11 Desember 2022

***Managing Editor-Ridho Akbar***

Terkini Pelabuhan Penyeberangan Merak




Kontakpubik.id,Cilegon - Dalam rangka Operasi Lilin Maung 2022, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga memberikan data terkini terkait arus penyeberangan di Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni pada Sabtu (25/12). 

Dalam hal ini, Polda Banten terus monitoring mobilitas masyarakat dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni mengingat Natal sudah memasuki H-1. Sesuai dengan data yang diterima dari Pelabuhan Merak bahwa pada Sabtu (17/12) atau H-8 hingga Sabtu (24/12) pukul 08.00 Wib kapal beroperasi sebanyak 31 unit dengan jumlah 707 trip perjalanan, bertambah 1 unit kapal dan bertambah sebanyak 20 trip dibandingkan dengan periode waktu yang sama pada tahun 2021. 

"Sesuai dengan data terkini bahwa jumlah penumpang dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni dari Sabtu (17/12) hingga Sabtu (24/12) pukul 08.00 Wib sebanyak 286.696 penumpang bertambah 38.439 penumpang jika dibanding dengan periode waktu yang sama pada tahun 2021. Dari total 286.696 penumpang tersebut terbagi menjadi 15.526 penumpang pejalan kaki dan 242.120 penumpang di dalam kendaraan,". jelasnya

Kemudian Shinto juga menyampaikan jumlah kendaraan dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni pada tahun 2022 mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun 2021. "Untuk jumlah kendaraan yang menyebrang dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni dari Sabtu (17/12) hingga Sabtu (24/12) pukul 08.00 Wib sebanyak 63.159 kendaraan, naik 5.031 kendaraan jika dibandingkan tahun 2021 sebanyak 58.128 kendaraan. Yang mana 63.159 kendaraan tersebut terdiri dari 5.741 motor, 33.397 mobil, 2.588 bus dan 21.433 truk,". Jelasnya

Shinto juga  menambahkan bahwa Polda Banten terus monitoring serta mempersiapkan pelayanan dan pengamanan bagi penumpang kapal yang akan melalui Pelabuhan Merak.  "Kami himbau kepada masyarakat yang akan mobilitas agar tetap berhati-hati dan mematuhi tata tertib lalu lintas sehingga Kamseltibcarlantas dapat terwujud,". tutupnya (hendrik/
hms)
***Editor In Chief-Rudi Suhaemat***

Giat Apel Bersama Didepan Mako Sumur




kontakpubkik.id, PANDEGLANG-Gelar pasukan dilaksanakan dalam rangka mengecek dan meyakinkan kesiapan seluruh personil dan material yang yang terlibat langsung dalam kegiatan pengamanan menjadi wahana yang tepat bagi pimpinan Untuk mensupport untuk tetap memiliki semangat tugas loyalitas integritas produktivitas moral kerja dibutuhkan organisasi kerja yang memungkinkan pelaksanaan tugas dan fungsinya masing-masing.

Seperti halnya Giat Apel Bersama TNI-Polri dan Sat Pol PP beserta tokoh pemuda dalam rangka pengamanan malam Natal yang bertempat didepan Mako Polsek Sumur, pada Sabtu (24-12-2022 ) sekira pukul 21.00 Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB) sampai dengan selesai.

Dilaksanakanya giat Apel bersama tersebut secara langsung dipimpin  oleh KAPOLSEK SUMUR , IPTU BARMONO sekaligus  dalam penyanyampaianya, 
UcapanTerimakasih dari Kapolsek Sumur kepada anggota Polsek Sumur  dan anggota TNI serta Sat Pol PP yang hadir pada kegiatan apel bersama dalam rangka pengamanan malam Natal di wilayah Hukum Polsek Sumur.

Dengan begitu , Dalam upaya memelihara keamanan dan ketertiban (Harkamtibmas) pada malam Natal Polsek Sumur beserta instansi terkait dalam hal ini TNI dan Sat Pol PP akan mengelar Patroli bersama dengan tujuan menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di tengah-tengah Masyarakat.

Ditegaskanya , Sasaran dalam patroli bersama  tersebut adalah Sajam, Kendaraan Bermotor, Miras dan lakukan pemeriksaan terhadap Warga Masyarakat yang  masih berkerumun dengan mengedepankan Humanis. 

Kemudian Dalam patroli tersebut mengutamakan keselamatan personil, apabila ditemukan sasaran tersebut , jangan bertindak sendiri, lakukan koordinasi, sehingga tindakan Anggota dilapangan tepat dan terarah.

Selanjutnya, Patroli dilakukan secara bersamaan, apabila menemukan sasaran berhenti ketika melihat kerumunan Pemuda yang sedang berkumpul agar diberikan himbauan untuk dibubarkan. Lalu di dalam pelaksanaan kegiatan tetap body system, tidak meninggalkan kewaspadaan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Hadir Personil yang terlibat dalam Apel Bersama diantaranya, IPTU Barmono selaku  KAPOLSEK Sumur, 
PELDA Badit selaku DANPOS MIL Sumur, AIPDA, A Dimyati selaku PS. KANIT INEL POLSEK SUMUR
, AIPDA Nurdin selaku PS. KANIT SAMAPTA POLSEK Sumur
, Kujum selaku Anggota POL PP Kecamatan Sumur, Hasan Anggots POL PP Kecamatan Sumur dan Toni selaku Tokoh Pemuda Sumur. (Toni metik)
(Editor In Chief-Rudi Suhaemat)

Jumat, 23 Desember 2022

Masyarakat Sambut Baik Adanya Pembangunan Jalan HOT - MIX Baros - Petir




kontakpublik.id.SERANG-Masyarakat sangat menyambut baik dengan adanya pembangunan jalan jenis HOT - MIX, Impian selama ini akan hal jalan layak pakai terwujud, kondisi jalan yang tadinya parah, karna sudah lama tidak tersentuh pembangunanya, kini masyarakat merasa nyaman. 

Jenis kegiatan Rehabilitasi jalan akses baros - petir, bersumber dari Dana APBD  Propinsi Banten,dengan nilai kontrak,  Dua milyar tiga puluh enam juta empat ratus dua puluh dua ribu rupiah ). Dengan nomor Kontrak: L61/219/SPK/UPTDJJSC/DPUPR/XI/202, Waktu pelaksanaan :  40 hari kalender, Pelaksana kontruksi : PT BANTEN PUTRA KONTRUKSI,volume tinggi hamparan 15 cm, lebar 3 m panjang 2000 M, ketebalan aspal 4 cm.


Pengerjaan di kerjakan pada malam hari, karena tidak banyak kenderaan yang melintas, tidak sedikit yang datang ke lokasi pembangunan, dari berbagai media, Lembaga, dan Ormas, turut mengawasi jalanya kegiatan pembangunan. Demikian ungkap Adin selaku Ketua PAC LMPI Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Provinsi Banten pada media ini juma'at (23-12-2022).

" Saya perhatikan secara detail, para pekerja dan beberapa dari pengawas dalam pengerjaan sangat hati - hati, bahkan ada yang sudah di bangun di bongkar lagi, karena mereka takut bermasalah. 

Dan selalu memantau, karena kebetulan lokasinya dekat wilayah desa kami , jadi bilamana adanya ketidak sesuaian dalam pembangunan, saya terlebih dahulu yang akan menegur pelaksana. sampai saat ini pengerjaan saya anggap sesuai peruntukanya.

Kami himbau dan Diharapkan kepada masyarakat agar merawat kondisi jalan yang baru dibangun, jangan mencuci kenderaan di badan jalan, perhatikan saluran air, jangan sampai tersubat, yang mengakibatkan air mengalir ke jalan, hal ini, akan mempercepat rusaknya jalan". (Red 007)

Bupati Iti Serahkan DIPA Tahun 2023



kontakpublik.id, LEBAK-Pemerintah Kabupaten Lebak melaksanakan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Alokasi Transfer Ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2023 kepada Satuan Kerja Vertikal Kementerian Negara/Lembaga di wilayah Kabupaten Lebak. Kegiatan ini dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Lebak pada Jumat (23
12/2022).

Dalam arahannya, Bupati mengatakan bahwa pelaksanaan penyerahan DIPA dan Buku Alokasi TKD Tahun 2023 tersebut sebagai langkah menyiapkan kesiapan anggaran tahun 2023 yang akan digunakan untuk menjalankan tugas pemerintahan dan pembangunan daerah.

Bupati pun mendorong seluruh satuan kerja di Kabupaten Lebak untuk segera menindaklanjuti kegiatan tersebut sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan dapat melakukan pengelolaan anggaran dengan akurat, akuntabel, dan transparan untuk mewujudkan good governance.

"Semoga satuan kerja dapat menindaklanjuti kegiatan ini sehingga program kegiatan pemerintahan dapat segera dilaksanakan di awal tahun anggaran 2023 sehingga manfaatnya pun dapat segera dirasakan oleh masyarakat. Tentunya pengelolaannya pun harus dilakukan secara akurat, akuntabel, dan transparan," ucap Bupati.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah  Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Banten Sugiyarto mengatakan, proses penyerahan DIPA tahun 2023 ini dilaksanakan lebih awal dengan harapan agar dapat mendukung penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi, dan berbagai prioritas pembangunan strategis.

Ia pun menerangkan langkah persiapan pelaksanaan anggaran tahun 2023 yang harus segera dilakukan oleh pemerintah.

"Hal yang menjadi concern dalam persiapan pelaksanaan anggaran tahun 2023 adalah perlu segera mempercepat proses pengadaan barang/jasa ataupun lelang, mempercepat pemenuhan dokumen persyaratan DAK Fisik dan Dana Desa, dan segera menetapkan pejabat perbendaharaan apabila terdapat perubahan," jelasnya.

Dengan diserahkannya DIPA dan Buku Alokasi TKD 2023 tersebut diharapkan kinerja pelakaanaan anggaran pemerintah dapat ditingkatkan menjadi semakin berkualitas sesuai dengan capaian dan output yang telah ditetapkan guna mewujudkan APBN 2023 yang optimis dan tetap waspada demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera.(AK/rudi)

Kamis, 22 Desember 2022

Anggota DPR RI M Hasbi Asyidiki Jayabaya Serahkan Bansos





kontakpublik.id, LEBAK-Warga penyandang disabilitas di Daerah Pemilihan atau Dapil Banten I, yakni Kabupaten Lebak dan Pandeglang, menerima bantuan sosial dari Kementerian Sosial RI pada program ATENSI, melalui Anggota Komisi VIII DPR RI Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya di momentum perayaan Hari Ibu. 

Penyerahan bansos, seperti 6 unit motor roda tiga bagi Kelompok Pedagang Keliling (KPK) 21 unit kursi roda bagi kaum disabilitas dan sejumlah bansos lainnya itu, secara simbolis berlangsung di halaman kantor Kecamatan Cibadak, Kamis 22 Desember 2022.

Hadir dalam acara tersebut, pimpinan Balai Galih Pakuan, Siti Sari Rumayanti, Kepala Dinas sosial (Dinsos) Lebak, Eka Darmana Putra, Camat Cibadak, Agus Sudrajat, Ketua Komisi 1 DPRD Lebak, Enden Mahyudin, Pimpinan Fraksi DPRD Lebak PDI Perjuangan, Emul Mulyanah Jayabaya, Kapolsek Cibadak, Danramil Cibadak serta para Kepala Desa se-Kecamatan Cibadak.
Anggota DPR RI Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya mengatakan, bahwa sesuai dengan amanat Undang-undang, kaum disabilitas harus dipelihara oleh Negara. Oleh karena itu, melalui bansos atensi ini Negara hadir untuk membantu para kaum disabilitas.

"Para kaum disabilitas yang tergabung dalam kelompok pedagang keliling (KPK) ini memiliki kemauan yang besar untuk berusaha. Jadi kami berikan bantuan berupa kendaraan roda tiga ini untuk berjualan," kata Hasbi Asyidiki Jayabaya.

Pria yang kerap menggaungkan slogan "Mari Bersinergi Dalam Kebaikan" ini, menegaskan bahwa bantuan yang diterima oleh penerima manfaat, bisa dipastikan tidak akan ada pungutan. 

"Jangan sampai saya mendengar adanya pungutan biaya terhadap penerima bantuan. Siapapun yang meminta. Silahkan adukan ke Rumah Aspirasi MH JB," tegasnya. 

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan jika pihaknya sebelum mengadakan asesment tentang bantuan yang akan diberikan terhadap penerima. Tentunya bantuan yang diberikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh para penerima manfaat atau KPM.

"Saya akan terus mendorong agar kaum disabilitas mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah," ujarnya.

Sementara, Kepala Dinsos Lebak, Eka Darmana Putra menyambut baik upaya yang dilakukan Anggota Komisi VIII DPR RI, Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya, yang konsen membantu masyarakat melalui bansos tersebut ke Kabupaten Lebak.

"Kegigihan Pak Hasbi patut diapresiasi. Beliau sangat konsisten membantu masyarakat," kata Eka.
Berikut sejumlah bantuan yang disalurkan di Kabupaten Lebak dan Pandeglang dalam penyaluran Bansos ATENSI bagi penerima manfaat, seperti 6 unit kendaraan roda 3, kursi roda standar 19 unit dan 2 unit kursi roda cerebral palsy serta 4 set alat bantu dengar dan 34 unit tongkat adaftif kemudian 100 paket nutrisi lansia
Kemudian, untuk bantuan lainnya, seperti bantuan RKB diserahkan pada 2 lembaga, yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Husen Cisangu, Kecamatan Cibadak dan MI Husnul Hotimah Desa Asem, Kecamatan Cibadak masing-masing menerima bantuan senilai Rp 130 juta. 

Sedangkan untuk bantuan operasional diserahkan pada Majelis Taklim  Dikir Tajul Arifin Desa Asem Margaluyu, Kecamatan Cibadak senilai Rp 25 juta. 
Bantuan rumah sejahtera terpadu diserahkan pada 3 kelompok, antara lain Desa Cimenteng Jaya, Bojongleles dan Desa Kaduagung Timur, Kecamatan Cibadak.

Selain itu diserahkan pula bantuan pahlawan ekonomi nusantara kepada 19 KPM, beasiswa Baznas sebanyak 5 KPM, bantuan kita jaga usaha (KJU) kepada 11 KPM. (AK/rido)

Rabu, 21 Desember 2022

Para Guru Penggerak Diangkat Jadi Kepala





kontakpublik.id, LEBAK-Guru penggerak merupakan guru-guru terbaik bangsa yang merasa terpanggil untuk mendorong perubahan pendidikan Negeri Ini ke arah yang lebih baik , kehadiran guru penggerak diharapkan menjadi pemimpin-pemimpin pendidikan di masa depan yang mampu menelurkan embrio generasi unggul Indonesia.

Guru penggerak juga Mendorong tumbuh kembang murid secara holistik aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar

Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten , telah memiliki guru Pengerak dari angkatan 2 , tahun 2021 sebanyak 51 guru Pengerak,  terdiri dari 4 guru TK, 10 guru SD dan 37 guru SMP. Dari jumlah tersebut, telah di angkat menjadi kepala sekolah 17 guru pengerak (GP) SMP dan 5 (GP) SD. Demikian kata Plt Kabid PAUD , Yuni kepada Media ini di Kantornya, Rabu (21-12-2022)

Menurutnya selama pelaksanaan program tersebut, guru tetap menjalankan fungsinya sebagai guru dan calon guru pengerak dan diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan barunya di sekolah dan komunitas belajar. 

Dengan begitu Kegiatan tema lokakarya ada tiga kegiatan,  yang pertama Peran Pemimpin dalam Pengembangan belajar , yang kedua Pengembangan Komunitas Praktisi dan ketiga visi perubahan lingkungan belajar.

Untuk itu Calon guru pengerak (CGP) yang diharapkan mampu mengaitkan semua pemahaman. Ujarnya (Kohar)
***Editor In Chief-Rudi Suhaemat***

BLT-DD Sukamaju Triwulan lV Terealisasi






kontakpublik.id, PANDEGLANG - 
Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Kepada penduduk miskin yang ada di desa yang bersumber Dari Dana Desa Anggaran 2022,BLT-DD ditunjukan untuk mengurangi beban masyarakat miskin yang terkena dampak Covid-19 Dan BLT-DD juga diperiotaskan untuk warga Desa yang kehilangan mata pencaharian dan belum tersentuh mendapatkan bantuan.

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), diprioritaskan untuk Warga Desa yang kehilangan mata pencaharian dan belum mendapatkan jaring pengaman Sosial lainnya, pendataan penerima BLT DD dilakukan oleh relawan Desa lawan covid-19 berbasis Rukun Tetangga (RT) yang kemudian diputuskan melalui Musyawarah Desa.



Tepat pada Selasa (20-11- 2022) pemerintahan Desa Sukamaju Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang, didampingi Pihak Muspika Kecamatan Labuan,  Dan Pendamping Desa, mulai salurkan kembali Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Triwulan lV, tahun Anggaran 2022, di Aula Desa Sukamaju.

Nampak hadir  Kepala Desa (Kades) Sukamaju, Muspika Kecamatan Labuan, Pendamping Desa, perangkat Desa dan 118 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima bantuan di lokasi.


Kades Sukamaju, Ucu Suhandi  disela-sela kegiatan menyampaikan, bahwa BLT DD Triwulan lV atau Tahap Akhir  yang disalurkan kepada para 118 KPM tersebut sebesar Rp300 ribu perbulan dan yang disalurkan selama tiga bulan, Alhamdulillah pada Selasa 20 Desember Pemdes Sukamaju Merealisasikan BLT - DD Tahap Akhir Oktober, November Dan Desember dengan total diterima KPM Rp900 ribu.

BLT DD untuk 118 KPM disalurkan kembali. Ini sudah sesuai hasil dari Musyawarah Dusun dan Desa. penerima adalah yang belum tercover oleh bantuan pemerintah.

Ucu menuturkan , sesuai Peraturan Presiden (Perpres) 104 tahun 2021, dimana BLT DD tersebut Presiden mengintruksikan 40% Dana Desa harus disalurkan untuk BLT.

"Saya berharap masyarakat yang mendapatkan bantuan langsung tunai dana desa tersebut, supaya bisa menggunakan uang secara Baik 
 karena program ini dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat”. Harapnya


Selaku Kades Sukamaju mengucapkan terimakasih Kepada Pemerintah Baik pusat atau Daerah, yang mana dengan melalui Dana Desa warga Desa Sukamaju merasa terbantu dari sulitnya perekonomian karena dampak dari pasca Covid-19.

saya minta maaf kepada semua Warga Desa Sukamaju, yang tidak mendapatkan bantuan dari Dana Desa, Namun itu bukan karena faktor kesengajaan, melainkan kami hanya menerima  hasil Verifikasi yang diserahkan RT masing-masing, dengan total 118 KPM.

Selain dari itu mungkin sudah mendapatkan bantuan dari sumber lain, Seperti Bansos, PKH, BPNT Dan lain sebagainya atau ada yang termasuk Kriteria sedikit mampu dari 118 KPM.


Diyempat terpisah, salah satu KPM (48), Warga Desa Sukamaju nyatakan  ucapan terima kasihnya kepada pemerintah atas bantuan yang telah diterimanya.

“Saya hanya dapat BLT ini saja tidak dapat yang lainnya, Saya ucapkan terima kasih baik Pemerintahan Desa, Pemerintahan Kabupaten Sampai pemerintahan Pusat, terutama kepada bapak presiden Republik Indonesia. (Rido/akbar)
***Editor In Chief-Rudi Suhaemat***

Sabtu, 17 Desember 2022

Milad SMP 2 Menes Ke 38 SUkses Dan Meriah






kontakpublik.id, PANDEGLANG - Acara yang paling penting dan paling meriah dan dinanti-nanti oleh seluruh alumni SMP 2 Menes,  pada Minggu (18-12 -2022),  acara puncak Milad SMP 2 yang ke 38 digelar dengan sukses, kekompakan dan kerjasama yang baik dapat menciptakan terselenggaranya milad mengingat untuk mengumpulkan seluruh alumni adalah hal yang tidak bisa dianggap mudah.

Suksesnya acara Puncak milad ke 38 tercapai rasa kebersamaan yang dibalut dengan silaturahmi , milad ini  tidak dijadikan atau dipergunakan sebagai pelampiasan rindu semata akan tetapi memang dijadikan ajang bermanfaat bagi keberlangsungan silaturahmi, sungguh banyak yang dapat dipetik dari hasil milad.

Menanggapi Milad tersebut, Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 (SMPN 2)  Menes, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Sumanta, S.Ag, minggu (18-12-2022) di Kantornya,  menyampaikan bahwa , acara Milad ke-38 ini menjadi barometer untuk melaksanakan kegiatan berikutnya Semoga nanti sukses dan alhamdulillah pelaksanaan hari ini meskipun acaranya sedikit mendadak hanya persiapan satu bulan tapi karena kekompakan dan persatuan alumni Ikatan Alumni SMP 2 Menes sangat kompak dan dilaksanakan dengan meriah dan baik 

Walau mendadak, informasi dari panitia Baru kali ini katanya termasuk dari para guru yang sudah lama di sini mengabdi Karena kalau saya kan baru setahun ini.

Jadi Milad ini yang pertama kalinya dilaksanakan oleh alumni SMP 2 Menes sehingga kemungkinan itu akan dilaksanakan setiap tahun untuk melakukan ukhuwah di antara para alumni , Alhamdulillah saya tidak berhenti bersyukur , tidak berhenti memuji mereka , tidak berhenti mengapresiasi pada mereka yang meskipun tadi pelaksanaannya sangat mendadak .

Bulan November baru digagasnya oleh Panitia , lalu  Desember dilaksanakanya, alhamdulillah pelaksanaan sangat meriah dan kami sangat bersyukur karena banyak pemberian dari alumni terutama santunan yatim, pemberian penghargaan pada siswa berprestasi , baik itu prestasi di bidang Akademik maupun Elstra Kurikuler (Ekskul) telah diberikan oleh para alumni sekolah 

Dengan demikian Hanya mempersatukan, ternyata mereka sangat antusias dan mereka yang memberikan hadiah beserta penghargaan kepada guru yang mengabdi dulu mungkin masih ingat.

Kemudian tidak lupa kepada Kepala Sekolah terdahulu yang menjabat Kepala di  SMP 2 N Menes , pertama Kosasih partadipura tahun 1984 -19882 ke dua , Homjah Natawijaya 1988 1992 , ketiga Dedi Supardi almarhum 1992-1998, yang ke  empat  , Akhmad Hairani S.Pd Al almarhum 1998, yang ke lima , Memed Hermanto S.Pd almarhum 2004-2007 , yang ke enam , Asep Suhendar M.Pd almarhum 2007- 2011 , yang ke tujuh Drs Raden Jamhari 2011-2017, yang ke delapan ,  Reza Budi Ristanto SPd,  2017-2018 , yang ke sembilan Emah Naimah, S.Pd tahun  2018-2020, yang ke  sepuluh ,  Suryana M.Pd, tahun 2020-2021 dan  yang ke sebelas yaitu saya sendiri atas nama Sumanta S.Ag dari tahun 2022 sampai sekarang. Pungkasnya (Rudi Suhaemat)

Mobil Oknum Pegawai Bina Marga Diduga Langsung Pergi Usai Serepet Motor




Kontakpublik.Id,-PANDEGLANG,  Telah terjadi kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Nasional Labuan-Tanjung Lesung tepatnya di depan Masjid Agung Kampung Cibungur Desa Cibungur Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Pandeglang pada Hari Sabtu (17/12/2022) sekitar pukul 17.20 WIB.

Kecelakaan lalu lintas yang terjadi berdasarkan kesaksian korban Apipi (21)  warga Kampung Batunungku Desa Sukasari Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang selaku korban pengendara sepeda motor Honda Beat bernomor polisi A 5518 JH" kronologisnya adalah sebuah mobil rombongan Bina Marga entah Dinas Pekerjaan Umum atau mungkin Kementrian Pekerjaan Umum melaju dengan kencang hingga menyerepet sepeda motornya sampai hancur dan korban pun mengalami luka dalam dan luka luar bekas benturan.


Secara sepontan paska kejadian beberapa menit, Ketua Komunitas Aktifis Tandu Reformasi Keadilan Indonesia (TURKI) bersama salahsatu Jurnalis melintas di lokasi kejadian dan berhasil menghimpun beberapa bahan keterangan termasuk foto dokumentasi dan wawancara narasumber.

Menurut Tb. Aujani selaku Ketua Komunitas Aktifis (TURKI) yang menyaksikan beberapa menit paska kecelakaan tersebut mengungkapkan, bahwa kendaraan roda empat yang menyerepet korban pengendara sepeda motor itu Diduga adalah rombongan Oknum Pegawai Bina Marga entah DPUPR atau mungkin Kementrian PUPR. Karena semua rombongan mobil pelaku dengan nomor polisi "B 2080 SRJ" tersebut terlihat kompak memakai baju berlogo PUPR.

"Kami menyaksikan secara langsung beberapa menit paska kecelakaan tersebut, bahwa kendaraan roda empat yang menyerepet korban pengendara sepeda motor itu adalah rombongan Oknum Pegawai Bina Marga entah DPUPR atau mungkin Kementrian PUPR,

Bahkan mobil yang satunya lagi dalam rombongan tersebut berpelat merah dengan Nomor Polisi 'B 1674  WQ'. Dan Saya sempat menanyakan bahwa mereka berasal dari Bina Marga dan Berkantor di Kota Serang, namun saat Kami tanyakan namanya Mereka mengabaikan nya." Papar Tb. Aujani.

Kemudian Tb. Aujani juga menambahkan, bahwa identitas pelaku harus segera ditelusuri oleh Pihak Berwenang. Karena paska kecelakaan tersebut tak lama rombongan itu pergi tidak bertanggung jawab. Sehingga hal ini terkesan seperti tabrak lari. Bahkan sebelum pergi Rombongan Oknum Pegawai yang telah mencoreng nama institusi tersebut sempat-sempatnya memaksa korban agar membayar ganti rugi lantaran mobilnya mengalami kelecetan.

"Identitas pelaku harus segera ditelusuri oleh Pihak Berwenang. Karena paska kecelakaan tersebut tak lama rombongan itu pergi tidak bertanggung jawab. Sehingga hal ini terkesan seperti tabrak lari. Bahkan sebelum pergi Rombongan Oknum Pegawai yang telah mencoreng nama institusi tersebut sempat-sempatnya memaksa korban agar membayar ganti rugi lantaran mobilnya mengalami kelecetan." Tegas aktifis muda yang sangat progresif ini.(M.RIDO)

*** (Managing Editor RIDHO AKBAR) ***

Lagi! Pungli Bansos Rp.150 Ribu



PANDEFLANG- Acap kali terjadi pungutan atas Hak Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Bantuan Sosial (Bansos), sejenis Program Keluarga Harapan (PKH), pungutan tersebut kini terjadi di Desa Pasirsedang, Kecamatan Picung, Kabuoaten  Pandeglang, Provinsi  Banten dengan  kisaran Rp.100 Ribu hingga hinga Rp.150 Ribu Rupiah yang dilakukan oleh oknum Ketua Rukun Tetangga (RT) dengan dalih hasil Musyawarah utuk pihak Aparatur Desa.

Diketahui bahwa Bansos berlanjut guna membantu Ekonomi Masyarakat di tengah Pandemi serta dampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), untuk itu pemerintah masih menyalurkan sejumlah bantuan Sosial atau Bansos pada tshun 2022 kepada Masyarakat. 

Adapun dana Bansos berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara tahun ini. 

Salahsatu KPM di Desa Pasirsedang tersebut mengatakan dirinya telah mencairkan bantuan Sosial di Kecamatan Picung pada hari Kamis lalu, namun setelah nenerima uang bantuan itu  RT meminta kepadanya sebesar Rp.150 Ribu Rupiah dengan dalih untuk setor ke Aparatur desa.

"Pencairan dilaksanakan di kantor kecamatan Picung pada hari Kamis dan bansos yang diterima sejumlah 900 Ribu Rupiah, setelah saya terima bantuan itu maka seorang Rt memintanya sebesar 150 Ribu Rupiah untuk setor ke desa,". Ungkap salahsatu KPM kepada Awak Media di kampung Geblug Desa Pasirsedang.

Menulusuri pungutan yang terjadi, awak media mendatangi kediaman seorang RT yang berinisial (As). Hasil konfirmasi, As mengakui dirinya telah meminta sejumlah uang hasil pencairan Bansos tersebut kepada KPM atas dasar hasil musyawarah di kantor Desa.

"Hasil musyawarah yang digelar di desa, pihak desa meminta kebijakan kepada KPM penerima bansos, dan selanjutnya pihak desa menyuruh RT untuk meminta uang kebijakan tersebut dari KPM sebesar 150 Ribu Rupiah," jelas As Ketua RT. (rudi/nur)

Pelantikan 96 Kepala Sekolah Dan 58 Pengawas





kontakpublik.id, SERANG-Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar melantik 96 orang Kepala Sekolah dan 58 orang Pengawas Sekolah yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Banten di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Jumat (16/12/2022).

"Ini sesuai dengan formasi yang ada, 96 Kepala Sekolah dan 58 Pengawas Sekolah. Semua prosedur telah dipenuhi termasuk persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri," ungkap Al Muktabar.

Al Muktabar menegaskan dengan telah dilantiknya sejumlah Kepala Sekolah tersebut, semua formasi Kepala Sekolah di sekolah yang menjadi kewenangan Pemprov Banten telah terisi.

"Iya semua Kepala Sekolah sesuai formasi yang ada," katanya.

Dikatakan Al Muktabar, Kepala Sekolah yang dilantik telah memenuhi persyaratan. Di antaranya telah lulus sebagai Calon Kepala (Cakep) Sekolah, dan telah dilakukan seleksi oleh panitia seleksi dengan dokumentasi yang terukur dan kualitatif.

"Kriterianya itu setelah lulus Cakep, diadakan assessment, wawancara, mengetahui visi misi dia dalam pendidikan, dan kemampuan pemahaman digital. Itu semua direview pada saat wawancara," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Al Muktabar menuturkan setelah 3 bulan dilantik para Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah diharapkan menyampaikan laporan kinerjanya kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten sebagai bahan evaluasi ke depannya.

"Hal itu untuk memastikan sumpah janji jabatan dan fakta integritasnya, karena mereka akan menjadi panutan masyarakat. Sehingga diharapkan mereka dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik," imbuhnya.

Selain itu, Al Muktabar berpesan untuk dapat terus meningkatkan inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Banten.

"Lakukan inovasi untuk bisa menghadirkan mutu pendidikan yang meningkat, semoga mereka bisa bekerja dengan baik dan diharapkan dapat melakukan konsolidasi internal masing-masing sekolah untuk bersama-sama meningkatkan mutu pendidikan," ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Tabrani mengatakan tiga bulan ke depan para Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah diminta untuk memberikan laporan kinerjanya sebagai bahan evaluasi.

"Nanti Kepala Sekolah memberikan laporan pertiga bulan kepada Pj Gubernur Banten melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, laporan itu akan kita evaluasi, termasuk Pengawas Sekolah akan kita evaluasi. Itu bagian dari manajemen kepegawaian," ujarnya.

Di tempat yang sama, Siti Mulyawati yang baru saja lantik sebagai kepala sekolah SMAN 11 Pandeglang mengaku senang dan bahagia, lantaran dirinya telah dilantik menjadi Kepala Sekolah.

"Pertama saya menyampaikan Alhamdulillah yang tidak terhingga, karena telah dilantik sebagai Kepala Sekolah," katanya.

Dirinya menyampaikan, hal yang akan dilakukan pertamanya sebagai Kepala Sekolah adalah mengenali situasi dan kondisi lingkungan sekolah, serta mencari potensi-potensi yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

"Memang pekerjaan Kepala Sekolah itu tidak sedikit, untuk berinovasi kita harus mengetahui terlebih dahulu apa potensi yang dapat dikembangkan," imbuhnya.

Hal senada disampaikan oleh Nur Badriah yang baru saja dilantik sebagai Pengawas SMAN wilayah Kota Cilegon, ia mengatakan hal pertama yang akan dilakukannya, diantaranya berkoordinasi dengan internal Pengawas Sekolah serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten dalam setiap program kerjanya.

"Perasaannya senang dan terharu, nanti ke depan kita akan berkolaborasi dalam program kerja, program kerja inti kami lakukan minimal 2 program dalam satu tahun" . katanya (rudi/ben)

Soal Pembebasan Lahan RSUD, Warga Butuh Konsekuansi.

Kontakpublik.id, PANDEGLANG - Kesimpulan Sosialisasi yang digelar Pada Hari Minggu 13 November Tahun 2022 di Gedung PGRI Kecamatan Labuan Ka...