Sabtu, 25 Februari 2023

Peringatan Harlah Satu Abad Kecamatan Baros Berlangsung Meriah




Kontakpublik.id-SERANG Peringatan Hari Lahir Nahdathul Ulama ( NU ) Satu Abad se - Kecamatan Baros yang di selenggarakan oleh Majelis Wakil Cabang ( MWC ) Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, berlangsung meriah.
Semua elemen dari berbagai unsur, baik para Tokoh Agama, Pendidikan, Pondok Pesantren, Santriawan/i dan unsur masyarakat, tumpah ruah memadati lapangan pasar baros, seketika menjadi lautan hijau.
Dengan penuh Semangat, lebih kurang 3000 peserta berkumpul di lapangan bekas pasar.
Para peserta Harlah berkumpul dan memadati lapangan, mulai dari jam 07.00 Wib, dengan membawa bendera kebesaran NU.
" Dengan Hari Lahirnya Nahdatul Ulama ( NU ), Satu Abad ini, yang di gelar dan di laksanakan oleh MWC Kecamatan Baros, kita berharap, semoga kita selalu diberikan rahmat dan Hidayah dari Allah SWT, satukan tekad kita dalam membawa panji kalimah Laaillahaillalloh Muhammadarosulullah, tunjukan islam adalah agama yang bisa memberikan contoh terbaik, dan bisa menjaga nama baik, selain itu, mari kita jaga bersama - sama keutuhan Persatuan dan Kesatuan di Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ), saling menjaga antar Umat beragama dan terpenting, selalu kibarkan bahwa kita adalah insan Religius, yang bisa dan mampu, menjaga keamanan,Ketertiban dan selalu memperkuat tali Silaturahmi dalam kontek keislaman, saya sebagai Camat Baros mengucapkan, Selamat Harlah NU, Semoga selalu menjadi panutan dalam umat beragama, khususnya Agama Islam". Urai Tb Jepri Januar ( Camat ), dalam memberikan sambutannya di hadapan lautan peserta Harlah, Sabtu ( 25/2/2023 ).
Ditempat yang sama, Ketua Panitia penyelenggara Harlah Rachmatulloh, S.Pd, dalam sambutanya menyampaikan ucapan terima kasih yang sedalam - dalamnya kepada para Kiyai, para Ustadz, Tokoh agama, Muspika, Pondok Pesantren beserta guru, sekolah - sekolah, yang kesemuanya sudah turun terjun langsung mengirimkan para pesertanya, dalam memeriahkan Harlah yang kami selenggarakan, tidak ada yang bisa saya ucapkan lagi, semoga kita semuanya selalu di berikan rahmat dan hidahnya daru Allah SWT, Juga untuk panitia saya ucapkan terima kasih atas telah membantunya kegiatan ini berjalan dan berlangsung sangat meriah, juga tidak lupa para Ormas, dan Lembaga lainya yang turun menyingsingkan lengan baju berjibaku sampai lancarnya Harlah ini ".
Lebih meriah lagi, group Marching Band GITA BAHANA dari para pelajar SMK Nuhrul Huda, saat pawai dengan alat musiknya melantunkan Sholawatan, para peserta di buka lepas dari lapangan pasar baros, menuju Yayasan Attoufiqiyah, yang selanjutnya di Aula serba guna di lakukan Istigozah berama - sama. Acara selesai dengan beramah tamah, dan selesai jam 12.15 Wib.
Kegesitan dan ketegasan dari para petugas Polsek dan Koramil baris, acara berjalan Lancar dan Kondusif, sesuai rencana.
Allah SWT, Maha segalanya untuk Umatnya. (Agung)

Jacob Ereste Membangun Media Berbasis Internet Dapat Dilakukan Dengan Berbagai Instansi Pemerintah Atau Pihak Swasta





Kontakpublik.id-SERANG Media online atau media yang berbasis internet perlu dimaksimalkan tata kelola dan pengembangannya, mengingat kecenderungan warga masyarakat dalam semua tingkatan -- lokal, regional, nasional maupun internasional -- semakin gandrung menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mendapat informasi, komunikasi bahkan dianggap paling efektif untuk melakulan publikasi, baik untuk keperluan perorangan, lembaga atau instansi dari sebuah organisasi guna menjangkau orang banyak.

Ucapan selamat, belasungkawa, undangan rapat, pertemuan bisnis dan sejenisnya mulai menjadi trend bagi banyak orang untuk melakukannya lewat facebooks, whatsapp dan sejenisnya yang dirasakan sangat efektif dan efisien. Bahkan tidak sedikit penerbitan buku sudah dianggap cukup ditampilkan dengan media berbasis internet sehingga tidak lagi perlu dicetak membaca naskah buku tersebut, dan cukup mengunduh naskah itu secara eletronik pula.

Pada peringatan Hari Pers Nasional di Medan, Sumatra Utara tahun 2023, dukungan pihak Polri melakukan perlindungan kemerdekaan pers Indonesia kenbali digaungkan, meski ancaman terhadap insan pers masih terus terjadi -- atau bahkan cenderung meningkat. Untuk mengatasi ragam ancaman serta intimidasi bahkan tindak kekerasan dari pihak lain, terkesan masih harus dihadapi sendiri oleh insan pers yang bersangkutan.

Karena itu dalam berbagai kesempatan, tak hanya pada hari pers Nasional tahun 2023, gaung terhadap upaya penerintah memberi jaminan perlindungan, dukungan, pembinaan atau bahkan bantuan dalam berbagai bentuk, termasuk subsidi keuangan misalnya untuk melakukan pelatihan maupun pendidikan guna meningkatkan kualitas profesi insan pers online -- sebagai pekerja maupun sebagai pengelola media online -- belum pernah terbersit, apalagi hendak diwujudkan.

Bantuan atau semacam ikatan kemitraan usaha bersama sejumlah instansi penerintah serta pihak swasta, sesungguhnya bisa dilakukan. Misalnya dengan menyisihkan sebagian dana dari CSR (Corporate Social Responsibility) yang dapat juga dipahami sebagai program dari rasa tanggung jawab sosial pihak perusahaan yang bisa dilakulan juga untuk media sosial berbasis internet sehingga dapat dijadikan mitra untuk maju secara bersama dengan cara saling menberi dukungan untuk maju dan untuk membangun budaya yang lebih baik dan harmoni.

Kadivhumas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo mewakili Kapolri dihadapan sejumlah Dewan Pers, Medan Sumatra Utara (7 Februari 2023) membacakan amanat Kapolri bahwa peran pers sebagai pilar keempat mempunyai peran yang sangat signifikan dalam pembangunan nasional. Karena melalui pers, informasi terkait dapat terdistribusi dengan mudah, cepat.

Media digital pun saat ini diakuinya sungguh diminati masyarakat sebagai sarana untuk mengekspresikan diri, pendapat dan aktivitas, sehingga perlu mendapat perhatian yang tidak kalah penting dari media meastrim yang justru semakin tidak diminati warga masyarakat. Meski begitu, toh media sosial tidak menjadi perhatian penting dari insan pers pada momentum hari pers nasional.

Agaknya, sikap abai insan pers dalam peringatan hari pers nasional di Sumatra Utara itu, masih cukup didominasi oleh insan pers meastrim yang sebetulnya makin kehilangan gairah untuk menatap perkembangan dunia informasi, publikasi dan komunikasi sebagai kontrol sosial yang tidak bisa diabaikan peranannya. Oleh sebab itu, peran insan pers yang aktif dan menekuni media sosial berbasis internet belum mampu dilihat serta dipahami sebagai media massa alternatif yang memiliki potensi serta peran yang mampu menggeser media mainstrem yang masih terkesan pongah dengan bentuk serta tampilannya yang semakin cenderung ditinggalkan warga masyarakat.

Padahal, peran media sosial dalam publikasi, informasi bahkan komunikasi perlu mendapat perhatian ekstra, setidaknya dalam konsekuensi logis untuk mematuhi UU Pers No. 40 Tahun 2019 -- utamanya UIT -- justru lebih patut mendapat perhatian dari segenap komponen masyarakat, termasuk pemerintah. Dan sebagai lapangan kerja baru, media online atau media yang berbasis internet bisa juga dikembangkan, alih-alih membuka lapangan pekerjaan baru untuk mengatasi masalah dan jumlah pengangguran yang membludak.

Karena itu kebijakan pemerintah untuk mendorong sejumlah instansi yang ada di pemerinrah pusat hingga pemerintah daerah pada semua tingkat, bisa didorong bersama pihak swasta untuk ikut andil membangun media online yang sehat sebagai bagian upaya membuja lapangan kerja baru guna ikut mengatasi masalah pengangguran di Indonesia yang tak kunjung mampu diatasi. Kecuali itu, potensi media online yang tumbuh dengan sangat pesat, bisa menjadi masalah yang merusak, bila tak mendapatkan penyaluran yang tepat pemanfaatannya. (Red)




Rabu, 22 Februari 2023

Desa Senang Sari Gelar Pengajian Bersama MUI Kecamatan Di Mesjid At-Taqwa




Kontakpublik.id-PANDEGLANG
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Pagelaran,Kabupaten Pandeglang,Propinsi Banten, rutin melaksanakan kegiatan pengajian yang dilakukan di setiap Desa hari ini Kamis (23 Februari 2023) bertempatan di Mesjid (AT-TAQWA) Kadu Dampit Desa Senang Sari Kecamatan Pagelaran, dalam  Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mensyi’arkan Islam  dalam rangka membina umat.

Hari ini Kamis (23-02-2023) Alhamdulillah Desa Senang Sari Kecamatan Pagelaran Melaksanakan Pengajian Tingkat MUI Kecamatan yang dilaksanakan di Mesjid 

(AT-TAQWA) Kadu Dampit Desa Senang Sari, acara pengajian tersebut diikuti oleh seluruh kelompok pengajian Desa/Kelurahan se kecamatan Pagelaran. Kegiatan pengajian ini juga diisi dengan ceramah Agama yang disampaikan oleh Abah KH.Hamzah Fauzi dan Ustad Juman.

KH.Hamzah dalam uraian ceramahnya mengajak umat Islam untuk benar-benar menjalankan dan mengamalkan ajaran Islam, terutama menghadapi tantangan terhadap keyakinan dan moral.




Ketua DKM Mesjid (AT-TAQWA) Kadu Dampit Desa Senang Sari Kecamatan Pagelaran H.Ucu Sucipto dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Desa Senang Sari Dan Pengurus MUI Kecamatan Pagelaran Dan para muspika Kecamatan Pagelaran dan seluruh jamaah pengajian,yang telah menghadiri acara pengajian di Mesjid (AT-TAQWA) Beliau meminta agar semua kelompok pengajian Desa/Kelurahan senantiasa mengadakan kegiatan-kegiatan Pengajian guna menambah wawasan tentang agama.Harapan kita kedepan nya agar lebih baik lagi yang jauh dari ketertinggalan dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan juga untuk mempererat tali silaturohim.

Pengajian ini juga turut dihadiri  Camat Kecamatan Pagelaran,Tokoh Masyarakat Kadu Dampit, Ketua MUI,Kepala KUA,Danramil,Polsek,Para Kades Se  Kecamatan Pgelaran.

Alhamdulillah Acara pengajian bejalan dengan lancar dan berlangsung di tutup Do'a yang di pimpin oleh Abih  KH.Dudi sidiq Pengasuh PON-PES Bachrul Hikam. (Do)

Kompetisi Olah Raga Siswa Nasional berlangsung meriah.




kontakpublik.id, SERANG-Kompetisi Olah Raga Siswa Nasional Tingkat Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, berlangsung meriah.
Kompetisi di laksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 21 febuari sampai dengan tanggal 23 febuari tahun 2023, yang berlokasi di lapangan Ambarawa, Desa Petir, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Kompetisi di ikuti oleh 24 SD Negeri.
Mata Lomba yang di perlombakan ada 8, seperti, Kid Atletik, Catur, Sepak Bola mini, Bulu tangkis, Bola Volly, Renang, dan lainya.
Alhamdulillah, antusias peserta lomba sangat tinggi, peserta sangat semangat mengikuti setiap mata lomba yang di perlombakan, para tenaga Pendidikpun sangat kompak, dalam mendampingi, para anak didiknya yang mengikuti perlombaan,

Mudah - mudahan selama perlombaan, semuanya berjalan lancar tidak ada halangan dan kita akan kirimkan sang juara untuk di tingkat Kabupaten, bisa membawa nama harum Kecamatan Petir, yang bisa di banggakan". papar Muhammad Edi, S.Pd ( Ketua ) Panitia Pelaksana.

Saat di jumpai Awak Media, di sela kegiatan, Rabu ( 22/2/2023 ).
Di tempat yang sama, Itang Suprayogi, S.Pd ( Ketua ) PGRI Kecamatan Petir, menuturkan, " kompetisi ini dalam rangka Mencari bibit bibit yang bisa kami andalkan, untuk kami kirimkan ke tingkat Kabupaten, bahkan harapan kami ketingkat yang lebih tinggi.

Kami semua para Tenaga Pendidik, sangat semangat dan Antuasias, mendukung dan mensukseskan semua program pemerintah, khususnya Dunia Pendidikan".
Motto dari kompetisi yang di gelar adalah
(PULIH LEBIH CEPAT BANGKIT  LEBIH KUAT)". Katanya

Para peserta dalam mengikuti lomba, walaupun panas dan hujan, peserta tetap berjuang memperebutkan tiket menuju tingkat Kabupaten.
"Maju terus anak - anak bangsa, tunjukan pada negeri, siapa dirimu".  Tuturnya  (Do/Agung)

Selasa, 21 Februari 2023

Di Duga Oknum Kades Tilep Uang Duka Korban Kecelakaan



.       
Kontakpublik.id-PANDEGLANG Kisah Samsudin (29), Warga Kampung Kebon Desa Rahayu Kecamatan Patia, Korban Tewas Kecelakaan Maut di Jalan Raya Kaduoncog Babakanlor Kecamatan Cikeudal Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten menyisakan sederet cerita memilukan dari segenap pihak yang terlibat, Selasa (21/02/2023).

Cerita Memilukan Kecelakaan Maut tersebut menjadi konsumsi publik salah satunya persoalan Pemberian uang duka dari satu korban selamat setelah terpental sebesar 3 juta diakui bapak korban hanya diterima sebesar 500 ribu.

Kasus tabrakan maut  Motor Vs Motor di Ruas Jalan wilayah Kecamatan Cikeudal lalu mengundang empati. Hal itu lantaran korban meninggal dunia dan korban yang satu nya selamat, Kedua korban kecelakaan sama-sama memiliki keterbatasan ekonomi cerita memilukan berkembang yang kemudian keduanya saling menyadari sehingga berujung dengan keputusan musyawarah dengan lapang dada korban selamat memberikan uang duka sebesar 3 juta.

Namun sangat disayangkan,cerita dari segenap pihak yang berpartisipasi terlibat dalam musibah itu adanya oknum Kepala Desa inisial "HT" yang diduga mengambil uang duka dari 3 juta pemberian korban selamat hanya diberikan senilai 500 ribu kepada pihak korban meninggal dunia,

"Kini, para saksi hingga keluarga korban kecelakaan di Kaduoncog membagikan cerita miris, dari pengakuan para pihak 
(keluarga korban) uang duka dari korban selamat 3 juta, pertama 1 juta diberikan kepada BPD, 2 juta kepada lurah HT, tapi realitanya justru 500 ribu yang hanya diterima korban meninggal dunia" terang Keluarga Korban yang ingin namanya dirahasiakan.

Senada diungkapkan, Juhri Ayah Korban Kecelakaan di Kaduoncog Kaget setelah mendengar bahwa uang duka sebesar 3 juta dari korban selamat yang diberikan kepada Oknum Pemerintah Desa Sindanglaya.

"Kecewa, kami sangat sedih.! setelah mendengar bahwa uang duka tidak sesuai dengan jumlah yang diberikan oleh HT oknum pemerintah desa, sementara dengan lapang dada para korban sudah sepakat awalnya untuk bermusyawarah," ucap Juhri.

Dijelaskannya, jika dilihat dari nilai uang duka sebesar 3 juta tidak seberapa dibandingkan nyawa, tetapi para keluarga menyadari bahwa hal itu merupakan musibah. 

"Disaat kami semua sudah saling menyadari bahwa kecelakaan maut adalah sebuah musibah yang membuat hati saya sedih uang duka ditilep oknum kepala desa," paparnya.

Sementara itu, dari percakapan yang berhasil diabadikan dalam rekaman audio uang duka sebesar 1 juta diberikan korban selamat kepada oknum BPD, 2 juta kepada oknum kepala desa.

Hingga berita ini dipublikasikan awak media masih menunggu tanggapan konfirmasi dari Oknum Kepala Desa Sindanglaya inisial "HT". (Do/Djmy)

Senin, 20 Februari 2023

Rapat Koordinasi Camat Dengan Para Kepala Desa Se Kecamatan Labuan




Kontakpublik.id-Pandeglang
Pemerintah Kecamatan Labuan  Kabupaten Pandeglang,Propinsi Banten,mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Desa se Kecamatan Labuan Tahun 2023. Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Desa Teluk Kecamatan Labuan,pada Selasa (21/02/2023) Kegiatan Rakor Desa dihadiri oleh Camat Labuan,Kapolsek Labuan,Danramil Labuan,Pendamping Desa Kepala Desa dan Sekretaris Desa se Kecamatan Labuan,yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Teluk. 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka evaluasi kinerja Pemerintahan Desa dan Kegiatan baik fisik/non fisik Tahun Anggaran 2023 serta koordinasi tentang pembagian/penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) dan koordinasi perencanaan desa tentang penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran 2023. 

Kegiatan Rakor Desa ini dipimpin langsung oleh Camat Kecamatan Labuan Ace Jarnuji S.E yang didampingi oleh Sekretaris Kecamatan,Kasi Pembangunan dan  Pendamping Desa Kecamatan Labuan, Agenda kegiatan Rakor Desa ini membahas tentang beberapa hal diantaranya berkaitan dengan evaluasi pembangunan dan perencanaan di Desa masing-masing, pengelolaan Dana Desa terutama untuk penyaluran BLT-DD, evaluasi kinerja pemerintahan desa yang difokuskan pada pemerintahan desa.

Dalam rakor juga dilakukan diskusi mengenai permasalahan ataupun kendala dalam penyelenggaraan pemerintah desa dan pembangunan desa.

Dalam sambutannya, Camat Labuan Ace Jarnuji
Alhamdulillah pada kesempatan ini, kita dapat berkumpul bersama bapak/ibu Kades dan Sekdes dalam rangka Rakor yang membahas tentang pembangunan dan perencanaan di desa masing – masing, juga menyangkut penyusunan RPJMDes.



Aliyudin Pendamping Desa (PD) Sa,at di Confirmasi di Aula Desa Teluk mengatakan, Pada rakor ini Pendamping Desa menyampaikan terkait Inpres Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, PMK 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa, Permendesa PDTT Nomor 8 tahun 2022 tentang Prioritas Dana Desa 2023 sebagai landasan yang digunakan untuk Pengelolaan Dana Desa T.A 2023. diharapkan Desa mampu mensinergikan antara kebijakan pusat, daerah dan kewenangan Desa untuk kemajuan dan kebaikan Desa.

Saya juga sangat berharap semakin erat sinkronisasi dan harmoni di tiap tingkatan Stakeholder se Kecamatan Labuan. serta Desa Desa di Kecamatan Labuan mampu lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

Hasil pelaksanaan Rakor Desa ini diharapkan mampu menyelesaikan beragam masalah yang ada di desa, juga merencanakan kegiatan di desa yang dapat mempercepat pembangunan di desa.ucap Aliyudin (Do)

Adakan Santunan Anak Yatim dan Yatim Piatu, Kelompok 3 KKM Mendapat Apresiasi Dari Kades Pagelaran




Kontakpublik.id-PANDEGLANG
Kelompok 3 Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) STISIP Banten Raya Adakan Santunan Anak Yatim dan Yatim Piatu di Desa Pagelaran, Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pandeglang,Propinsi Banten pada Senin (20 Februari 2023)

Kegiatan ini merupakan salah satu Program Kerja dari KKM Kelompok 3 yang direalisasikan sebelum Penutupan Kuliah Kerja Mahasiswa

Target Santunan ialah Anak Yatim dan Yatim Piatu, adapun yang diberikan kepada mereka berupa Beras 3Kg dan Al-Qur’an/Orang

Tujuan diadakannya Kegiatan ini adalah untuk menambah Semangat Anak Anak Yatim yang ada di Desa Pagelaran,Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang,Propinsi Banten,selain itu juga untuk meringankan beban yang dirasakan oleh mereka.

Sepdi Hidayat Selaku Ketua Kelompok 3 juga berharap semoga kegiatan ini tidak sia sia dan dapat meringankan beban mereka terlebih Anak yang tidak mempunyai Sosok Orang Tua.



Lanjut Sepdi Hidayat,Kegiatan ini merupakan Bentuk dari Kepedulian sesama manusia, Bentuk dari pedulinya kita terhadap mereka khususnya Anak yang berjuang menjalani hidup tanpa Sosok Orang Tua, dan semoga dengan diadakannya Santunan ini dapat meringankan beban mereka, memang hal ini tidak dapat menggantikan peran orang tua tapi setidaknya dapat sedikit membantu bagi Anak Anak”, jelasnya

Pudin Saepudin Selaku Kepala Desa Pagelaran Kecamatan Pagelaran memberikan Apresiasi kepada Mahasiswa Peserta KKM Kelompok 3, pasalnya dengan waktu yang tidak begitu lama tapi mereka bisa memberikan bukti Pengabdiannya kepada Masyarakat,

Lanjut Pudin,Saya Pribadi Atas Nama Kepala Desa Pagelaran Mengapresiasi Rekan rekan Mahasiswa, Pasalnya dengan waktu yang singkat ini kurang lebih 1 bulan mereka dapat memberikan Kesan bagi Masyarakat Pagelaran”, Ucapnya

dan semoga dengan adanya Santunan ini dapat membantu dan Bermanfaat bagi Anak anak, apalagi jika dipergunakan dengan baik maka itu akan menjadi Ladang Pahala bagi semuanya, Imbuhnya  (Do)

Paving Blok SDN Pasirtenjo 3 TA 2022 Di Duga Tidak Di Realisasikan Aktivis Turki Angkat Bicara




Kontakpublik.id-PANDEGLANG Komunitas aktifis Tandu Reformasi Keadilan Indonesia (TURKI) mempertanyakan terkait adanya dugaan pembangunan Paving Block SDN Pasirtenjo 3 yang tidak direalisasikan, padahal Paving Block tersebut diduga telah dianggarkan melalui Dana BOS Tahun Anggaran 2022, namun hingga berganti Tahun penganggaran tersebut tak kunjung direalisasikan.

Menanggapi dugaan penyalahgunaan Alokasi Anggaran Dana BOS tersebut, Tb. Aujani angkat bicara Senin 
(20-02-2023) kami akan mempertanyakan kepada Kepala Sekolah SDN Pasirtenjo 3, supaya jangan sampai anggaran yang diperuntukan pembangunan atau perawatan sarana prasarana sekolah, jangan sampai dikorupsi atau dijadikan ajang bacakan oleh segelintir oknum yang tidak bertanggung jawab,ucap TB Aujani Aktivis muda yang sangat progresif.

Kemudian Tb. Aujani juga menambahkan, bahwa Sekolah Dasar (SD) merupakan tempat pembangunan sumber daya manusia tingkat pertama yang sangat fundamental. Apabila ada Oknum Pengelola yang tidak transparan atau diduga justru malah menyalahgunakan anggaran, itu sangat berbahaya dalam memberikan contoh kepada muridnya.

Kita harus ingat, bahwa Guru itu digugu dan ditiru. Jika Guru atau Kepala Sekolah memberikan contoh yang tidak baik, lantas bagaimana jadinya nanti generasi penerus Bangsa mendatang Imbuhnya.

Untuk sementara hingga berita ini dimuat, Pihak Kepala SDN Pasirtenjo 3, Kormin DINDIKPORA Kecamatan Sindangresmi, dan Kepala DINDIKPORA Kabupaten Pandeglang belum dapat dikonfirmasi untuk dimintai keterangan. (Do/Djmi)

Jumat, 17 Februari 2023

Kepala Puskesmas Nyompok Kedepankan Pelayanan





kontakpublik.id, SERANG-
Kepala Puskesmas Nyompok, Desa Nyompok, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Dr. Diah S, kedepankan pelayanan kepada masyarakat.
Sudah menjadi tugasnya dalam hal pelayanan, walaupun jarak tempuh rumahnya ketempat tugasnya, Dr. Diah selalu berusaha memegang amanah yang ada di pundaknya.

Kehati - hatianya dalam menjalankan tugas selalu di tanamkan dalam dirinya, sedikit masalah yang kurang baik dalam pelayanan Dr. Diah langsung menegur dan memberikan teguran bila ada stafnya yang melanggar atau kurang baik dalam melaksanakan tugas pelayanan.

Tidak sedikit prestasi Kinerja Diah dalam melaksanakan tugasnya sebelum menjabat sebagai Kepala Puskesmas Nyompok.
" Saya menyadari, tidak mudah menjadi Nahkoda dalam perahu yang saya nahkodai, berbagai terpaan angin, baik dalam maupun luar perahu pasti akan di alami". Ktanya

Namun walaupun seperti itu, saya akan terus berupaya, menciptakan dan membawa perahu yang saya Nahkodai kearah yang Masyarakat inginkan dan yang diharapkan". Tuturnya saat di hubungi melalui phonecellnya, jum'at ( 17/2/2023).

Terpisah dengan RJ yabg tidak mau disebut namanya menyatakan bahwa, " walau saya bawahan, saya akan selalu patuh kepada atasan, dan apapun perintah atasan, selama itu tidak menyimpang dengan aturan, apalagi saya sebagai warga asli dari kampung ini ( Nyompok ), apapun dan bagaimanapun, kampung dan wilayah saya, menjadi yang terbaik dan bisa dibanggakan, maka dari itu, sekecil apapun masalah, saya mencoba turut membantu memperbaiki dan mencarikan solusi.

Tidak harus masalah kecil dibesar - besarkan, tetapi bagimana masalah itu kita hilangkan dengan solusi yang terbaik, dengan tidak menjatuhkan salah satu pihak". Tuturnya

Ciptakan Pelayanan yang baik, Senyum, Ramah, dan Bertanggung jawab, tambah , di penghujung komunikasi.
Padatnya kegiatan, berupaya membagi tugas dan waktu agar pelayanan tetap berjalan dengan baik dan tepat. (Do/Agung)

Jalan Nagara Padang - Desa Seuat Memprihatinkan




kontakpublik.id, SERANG-Kondisi Jalan Kabupaten Serang,Provinsi Banten, di Desa Nagara Padang - Desa Seuat, kondisinya sangat memprihatinkan. Jalan yang rusak
Sepanjang kurang lebih 4 Kilometer, sudah lama belum tersentuh pembangunanya.

Padahal, Pengajuan untuk  Pembangunan sudah di ajukan oleh pihak Desa Nagara Padang, baik melalui Musawarah Desa (Musdes) maupun Mudawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan.

Melihat dari akses jalan yang di maksud, sangat primer sekali yaitu pungsinya   menghubungkan antara dua Desa, yaitu Desa Nagara Padang dengan Desa Seuat, Kecamatan Petir.
" Kami pihak Desa selalu berupaya mengajukan tentang pembangunan jalan , mulai dari tahun 2022, semoga tahun ini teralisasi pembangunanya.

Jika tidak tersentuh lagi , mungkin bisa lebih parah lagi kondisinya, apalagi saat hujan turun, sering terjadi kecelakaan dan tidak sedikit korban.

Terutama pengendara roda dua, terpeselet, karna licinnya kondisi jalan, ditambah Penerangan Jalan Umun ( PJU ) yang belum menadai, kedepan mudah - mudahan terpasang, agar pengendara ataupun pejalan kaki merasa nyaman.

Kami juga menyadari keterbatasan anggaran Kabupaten sangat terbatas, karna mungkin tidak hanya di Desa kami saja yang butuh pembangunan, mungkin juga di Desa lainnya juga ada yang lebih butuh, waktu tahun kemarin, tapi mudah - mudahan tahun ini di realisasi". Papar Diki Nurohman ( Plh ), kepada di temui awak media di ruang kerjanya, Kamis (16/2/2023 ).


Diharapkan kepada Dinas terkait agar segera merealisasi apa yang menjadi harapan dan keinginan masyarakat Desa Nagara Padang dan Desa Seuat, agar Kabupaten Serang semakin maju dan sukses khususnya di bidang Insfratruktur jalan . ( Do/agung )

55 Hektar Terdampak Waduk Karian Belum Di Bayar





kontakpublik id, LEBAK - Sekitar 55 hektar lahan pertanian masyarakat yang akan terendam Waduk Karian di Desa Sindangmuya, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, belum dibayar pihak Kementrian PUPR (BBWSC3).

"Lahan tersebut berlokasi di blok Sempur Tiga (Blok Terbang), dengan statusnya kepemilikan sekitar 8,5 hektar-an Sertifikat Hak Milik (SHM) dan sisanya lahan garapan," kata Sekdes Sindangmulya, Arif, di kantornya, Rabu (15/2/2023).

Menurut Arif, Pemerintah Desa Sindangmulya, sudah mengajukan permohonan pengecekan lokasi dan pembayaran ke kantor Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurain (BBWSC3) di Serang, setahun lalu. Namun hingga kini belum ada tindaklanjut atau peninjauan kelokasi.

Dari data yang diperoleh, lahan yang berstatus hak milik (SHM) diantaranya milik; Pardi nomor SHM 317, surat ukur tanggal 5-12-1991, nomor 437 luas 7.590 meterpersegi. Kemudian, Dedi, dengan nomor SHM 318, surat ukur tanggal 5-12-1991, nomor 438, luas 12.000 meterpersegi. Lalu, Dayat, Nomor SHM 320, surat ukur tanggal 5-12-1991 nomor 440, dengan luas 12.000 meterpersegi. Sertifkat tersebut ditandatangani Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Lebak, Z. Arifin Arief, SH, tanggal 31 Maret 1992.

Menurut Sekdes Arif, di Desa Sindangmulya, juga terdapat 600 makam di blok Cikapas, yang akan direlokasi. Rencananya makam tersebut akan direlokasi ke pemakaman di blok Cijurig dan lahannya sudah tersedia.

Kepala Desa Sindangmulya, Hj Nani Permana, membenarkan masih terdapat sekitar 55 hektar lahan warga yang belum dibayar pihak Kementrian PUPR (BBWSC3). Surat pengajuan peninjauan atau pengecekan lahan sudah disampaikan setahun lalu, namun hingga ini belum ada jawaban dan untuk menghubungi aparat di BBWSC3 Serang cukup sulit.

Data yang berhasil dihimpun, proyek strategis Waduk Karian di Kabupaten Lebak, Banten, seluas 2226.44 hektar. Lahan yang sudah bebas seluas 1971.51 hektar dan seluas 25.493 M belum dibebaskan.

Waduk Karian jika difungsikan, akan "menenggelamkan" sebanyak 11 desa tersebar di wilayah Kecamatan Sajira, Maja, Cimarga dan Sajira.

Ke-11 desa yang bakal tenggelam untuk pembuatan waduk tersebut, antara lain: Desa Sajira Mekar, Sukarame, Sukajaya, Mekarsari, Pajagan, Sindangsari, Calung Bungur, Tambak, Sindang Mulya, dan Pasir Tanjung. Waduk Karian bakal memasok air bersih ke wilayah Serang, Kota Cilegon, Tangerang, dan DKI Jakarta. (Red)

Kamis, 16 Februari 2023

Jumat Berkah Polsek Labuan Bagikan Sembako Kepada Warga Yang Kurang Mampu




Kontakpublik.id - PANDEGLANG
Bentuk kepedulian antar sesama khususnya bagi mereka kalangan kurang mampu secara ekonomi. Polsek Labuan terus melaksanakan kegiatan rutin Program jumat berkah dengan memberikan bantuan sembako kepada warga kurang mampu, Jumat (17-02-2023)

Sektor Polsek Labuan,Melaksanakan Kegiatan Jum'at Berkah ke rumah Ibu Maesaroh (38) tahun yang beralamat di Kampung Laba Desa Cigondang kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang,Propinsi Banten.

Pupun Kanit Intelkam sa,at di hubungi via Celullar Mengatakan kepihak media,

Alhamdulillah hari ini kami dari Sektor Polsek Labuan Jum,at (17-02-2023) dalam Kegiatan Jum'at Berkah kegiatan ini merupakan kegiatan rutin kami kepada masyarakat sekaligus  silaturahmi Personil Sektor Polsek Labuan dengan Masyarakat,

Turut hadir dalam kegiatan Jum'at Berkah tersebut, Kompol Jaenudin SH Kapolsek Labuan,AKP Ali Kanit Sabara,Aiptu Pupun Kanit Intelkam,Bripka Anton.


Kegiatan hari ini kapolsek Labuan beserta Anggota mendatangi rumah Maesaroh (38) tahun yang beralamat di kampung Laba Desa Cigondang Kecamatan Labuan Kabupaten  Pandeglang,Propinsi Banten, yang hidup seorang diri atau sebatangkara,


Maesaroh ini hidup dengan mengharapkan uluran atau bantuan  tangan dari tetangganya dan keluarganya bahkan menempati rumah yang tidak layak huni.


Alhamdulillah kami dari Sektor Polsek Labuan,Kapolsek beserta anggota memberikan bantuan kepada ibu maesaroh berupa sembako beras,mie instan,kue ringan,minyak goreng dan berjanji akan membantu memperbaiki rumah saudari mawsaroh agar layak huni dan membantu aktipitas di rumah nya.

Alhamdulillah kegiatan Jum'at Berkah ini berjalan dalam keadaan aman terkendali,ucap pupun.


Maesaroh saat diwawancarai di kediamannya di Kampung Laba Desa Cigondang menyampaikan ucapan terimakasih kepada bapak-bapak kepolisian dari Polsek Labuan atas bantuan dan keperdulian nya kepada kami,
semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk kami,Alhamdulillah dengan mengucap syukur, sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Kapolsek Labuan beserta Anggota. (Do)

Krisis Dampak Pandemi Covid-19 LPK-MP Menduga Pemerintah Kabupaten Pandeglang Monopoli Lelang Tender Proyek




Kontakpublik.id-PANDEGLANG
Baru saja berlalu masa transisi virus mematikan Covid-19/Corona yang terjadi di beberapa Negara hingga berdampak buruk pada otonomi khusus Indonesia meski demikian Djemi ( 39 ) selaku HUMAS Lembaga Perlindungan Konsumen Merah putih( LPKP-MP ) Wilayah Kabupaten Pandeglang menduga Pemerintah Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten melakukan monopoli lelang tender proyek pengerjaan pembangunan daerah Kabupaten/Kota.

Begini ungkap Djemi Humas (LPK-MP)
saat ditemui Kamis (16-02-2023) di salah satu acara pembahasan kejahatan pejabat dan pengusaha kepada awak media, Saya mewakili LPKP-MP mendukung aliansi mahasiswa yang tergabung dalam organisasi (AMIRA) yang mendorong instansi penegak hukum untuk menyelidiki dan menyikapi persoalan ini karena ini akan merugikan banyak kalangan dan akan berdampak buruk pada otonomi daerah Kabupaten Pandeglang,

Tidak hanya itu kami akan lakukan terus mengawal dan menggali informasi tambahan dari bukti yang sudah kami kantongi 

Tambahnya dengan nada keras, Jika pemerintah kabupaten Pandeglang tidak mengevaluasi dan membatalkan lelang dini yang sudah terjadi maka kami akan melakukan konsolidasi bersama seluruh OKP yang ada di kabupaten Pandeglang untuk melakukan aksi unjuk rasa di halaman depan kantor DPUPR Daerah Kabupaten Pandeglang, Kantor DPRD Kabupaten Pandeglang, Kantor Bupati Pandeglang, Kejaksaan Negri Pandeglang, Tutupnya. (Do)

Selasa, 14 Februari 2023

DPC AMIRA Laporkan ULP Ke Kejati Banten




Kontakpublik.id-SERANG Dewan Pengurus Cabang (DPC) Angkatan Muda Indonesia Raya (AMIRA) Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten resmi berikan berkas laporan pengaduan serta bukti-bukti prihal dugaan monopoli jual beli Proyek serta persaingan Lelang yang tidak sehat di lingkungan Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Pandeglang yang sempat di Demo oleh sejumlah pengurus DPC Amira dan Mahasiswa kepada pihak Kejaksaan Tinggi provinsi Banten.

Berkas tersebut sudah di sampaikanya ke Kejati, demikian ungkap Ketua Umum AMIRA, Iik Rohikmat yang di dampingi Burhanudin pada selasa (14-02-2023) di serang.

Berdasarkan hasil kajian dan advokasi para pengurus, kami memberikan
kesimpulan, tetap dengan mengedepankan praduga tak bersalah, bahwa lelang yang di selenggarakan oleh pihak ULP sangat tidak rasional Maka
seharusnya Metode lelang pemerintah dilakukan secara akuntabel dan mengedepankan
rasionalisme pengadaan lelang, dalam system gugur yang semestinya dilakukan pemenang lelang.

Bukanya
memilih Perusahaan yang penawaranya terendah dengan mempertimbangkan rasionalisasi harga
penawaran yang tertuang dalam Harga Perkiraan Sementara (HPS), di kabupaten Pandeglang, malah justru di temukan sejumlah pemenang lelang Tender dimenangkan oleh perusahaan yang harga
penawaran tertinggi dan menggagalkan perusahaan dengan alasan yang tidak masuk akal,
Terkesan dipaksakan oleh Kelompok Kerja (POKJA) Unit Layanan Pengadaan (ULP). Katanya

Belum lagi, hasil investigasi kami di lapangan, penggalan peserta Lelang salah satunya
sejumlah perusahaan digugurkan dengan alasan belum membayar BPJS Ketenaga Kerjaan Pada
Bulan Januari, padahal bulan januari pada saat proses pengadaan barang dan jasa berlangsung
pada bulan yang sama dan belum berkewajiban untuk membayar Biaya Iuran BPJS Ketenaga
Kerjaan yang biasanya Di bayarkan pada bulan setelahnya yaitu bulan (Februari).

Hasil pantauan Pengurus DPC AMIRA
pada link LPSE Kabupaten Pandeglang, hampir 70% paket lelang dimenangkan dengan peserta
penawar yang lebih tinggi. Dari hasil kajian, investigasi dan konfirmasinya menduga adanya Praktek Monopoli proyek yang berbau transaksaksiaonal dalam
pengadaan barang dan jasa pemerintah. Jelasnya

Hal yang sama dikatakan Burhanudin Selaku Pengurus AMIRA , sebenarnya bosan jika tiap Minggu harus mendatangi kantor ULP Pandeglang, bahkan aksi unraspun sudah di lakukan, namun pihak ULP seolah tutup mata , tutup telinga, ketika kami melakukan Demontrasi untuk sampaikan Aspirasi.

Pada ahirnya kamipun berjuang dan berusaha sekuat tenaga dengan memaksakan diri untuk melengkapi bukti-bukti berupa berkas terkait dugaan monopoli lelang Proyek yang di nilai tidak Sehat tersebut.
Dengan harapan, loporan pengaduan yang kami masukaan ini menjadi Dasar untuk Kejaksaan Tinggi Provinsi Banten untuk memanggil pihak-pihak yang terlibat dalam persoalan tersebut. Ujarnya

Saat media ini hendak konfirmasi terkait dugaan jual beli proyek dan monopoli , Kepala ULP Pandeglang Dan Pokja ULP Keduanya menghindar menutup pintu rapat-rapat ogah temui Wartawan, hingga berita ini di tayangngkan, pihak ULP Belum dapat dikonfirmasi. (rudi)

Di Biarkan Mangkrak Mobil Dinas Kecamatan Labuan Terbengkalai




Kontakpublik.id-PANDEGLANG  Mobilisasi kendaraan dinas milik pemerintahan Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang dibiarkan terbengkalai, dikarenakan dari tahun sebelumnya juga mobil tersebut tidak pernah ada penanganan.

Menurut pantauan kontakpublik.id bahwa kendaraan mobil dinas tersebut yang berwana kuning dan bertuliskan Patroli dengan Nopol A 8153 J, yang terparkir di depan halaman area Perkantoran Pemerintahan Kecamatan Labuan terlihat tidak ada penanganan perbaikan.

Encuk warga sekitar menyampaikan,bahwa mobil dinas tersebut sudah lama terparkir di halaman Kantor Kecamatan Labuan dan tidak pernah terlihat beroperasi, tidak menutup kemungkinan kendaraan itu rusak.

Yang saya ketahui mobil dinas itu sudah lama sekali terparkir dan tidak kelihatan beroperasi, jika kendaraan tersebut rusak harusnya segera diperbaiki, apa lagi kendaraan itu milik pemerintah," ujarnya. Selasa, (14/2/2023)

Lanjut Encuk mengatakan, kalau kendaraan tersebut rusak biasanya dilakukan perbaikan, karena ini mobil dinas milik pemerintah tentu dipastikan ada anggaran pemeliharaan, jika sudah tidak bisa ditangani, lebih baiknya di kembalikan ke bagian Aset Pemkab Pandeglang.


"Harusnya kendaraan tersebut jangan dibiarkan begitu lama, karena ini akan terlihat kumuh pada lingkungan Kantor Pemerintahan Kecamatan, jika kendaraan yang sudah tidak bisa di operasikan lebih baik dikembalikan kepada dinas terkait dan jangan dibiarkan terbengkalai," katanya.

Ace Jarnuji Camat Kecamatan Labuan mengatakan bahwa unit kendaraan yang yang terparkir depan kantor sudah lama, namun kendaraan tersebut sudah di usulkan ke bagian Aset Pemkab Pandeglang untuk di tarik  dikarenakan sudah tidak dapat dipergunakan.

"Kami usulkan ke bagian Aset Pemkab  Pandeglang untuk segara ditarik dan tidak hanya mobil saja, namun ada dua unit roda dua yang sudah di bawa terlebih dahulu oleh bagian aset Pemkab Pandeglang," terangnya.

Ace juga menyampaikan bahwa pihak juga sudah mengusulkan untuk pergantian kendaraan mobil dinas satu unit dan kendaraan roda dua tersebut ke Pemkab Pandeglang.

"Kami usulkan untuk pergantian mobilisasi kecamatan dan sudah diberikan oleh Pemkab Pandeglang salah satunya kendaraan roda empat jenis truk engkel," tuturnya.(Do,Riel)

Pengurus Pon-Pes Tajaudil Qur'an Gelar Acara Isra Mi'raj




kontakpublik.id,- PANDEGLANG
Pengurus Pondok Pesantren (Ponpes) Tajudil Quran dan Pengurus Padepokan Gagak Lumayung Desa Kadu Jampang Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten , gelar Acara Isro Miraj yang diperingati setiap tahunya, acara dilangsungkan dengan tausiah, disamping itu juga memperkenalkan seni budaya pencak silat sebagai upaya untuk bela diri dan menjaga kesehatan , pada selasa (14-02-2023).

Isra MI'raj dapat diperingati kapan saja namun akan lebih baik lagi jika diperingati di bulan Rajab karena Isra MI'raj juga bisa disebut dengan Rajaban, yaitu tradisi yang digelar di berbagai Daerah untuk memperingati Isra MI'raj oleh seluruh umat Islam.
Isra MI'raj merupakan bagian perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW , dalam waktu satu malam saja , Kejadian ini salah satu peristiwa penting bagi umat Muslim karena pada peristiwa inilah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mendapatkan perintah untuk menunaikan salat lima waktu, sehari semalam.

Hadir dalam acara tersebut Pengurus Padepokan Gagak Lumayung dari Kabupaten dan Provinsi Banten, TTKDH, Tripika, Padepokan-Padepokan yang lain Sejumlah 20 padepokan lainya.

Dalam Sambutanya KH. Iid Fitroh Awalid, menyampaikan Acara Rajaban ini disamping tausiah juga meperkelkan Seni Budaya Pencak Silat , Alhamdulillah kami mendirikan Padepokan Gagak Lumayung itu sudah lama kehadiranya di Pondok Pesantren Tajudil Quran sejak tahun 1994, karena di Pandeglang dan Serang itu perguruan Gagak Lumayung Sudah ada akses , kebetulan waktu itu anak santri kami bukan hanya bisa ngaji saja istilahnya baru baca Quran aja tapi berusaha supaya jasmani dan rohaninya itu tetap sehat

Maka dari itu kami sebagai ketua Padepokan Gagak Lumayung tajudil Quran ini bukan anak santria saja melainkan kepada siapa saja dari golongan Masyarakat yang mau untuk masuk ke Padepokan Pencak Silat Gagak lumayung kami terima tapi khususnya itu para santri tentunya.


Dengan adanya Padepokan ini masyarakat yang tadinya pengangguran, yang tadinya lepas kontrol ada pegangan hidup karena adanya didirikan Padepokan di Mandalawangi ini Padepokan pencak silat akhirnya mereka bisa di padepokan kita kasih pengarahan kasih pemahaman di bidang agama Sehingga diri kita jangankan masalah ibadah aja jadi badan juga harus sehat Jadi jasmani rohani itu harus sehat

mudah-mudahan dengan adanya acara memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam sehingga ini jadi motivasi jadi pendidikan, supaya semangat buat anak santri, masyarakat, pemuda-pemuda yang lainnya.

Sehingga bisa menjadi pribadi yang baik dia mendekatkan diri kepada Allah, juga bisa membela dengan adanya persilatan tidak canggung bisa membela diri, bisa membela Masyarakat bisa membela Negara bisa membela Agama. (Akbar)


Minggu, 12 Februari 2023

Warga Pandeglang Jual Obat Tramadol Dan Hexymer Di Ciduk Polres Pandeglang




Kontakpublik.id-PANDEGLANG
Tim Opsnal Satuan Reserse Narkoba Polres Pandeglang, mengamankan seorang pria berinisial DH (21) di Kampung Bojong Kakak Desa Padahayu, Kecamatan Cikeudal, Kabupaten Pandeglang. Dia ditangkap karena memperdagangkan obat terlarang jenis Tramadol dan Hexymer.

Demikian dikatakan oleh Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlansyah, melalui Kasat Narkoba Polres Pandeglang AKP Ilman Robiana. Dia mengatakan, penangkapan pelaku dilakukan setelah polisi mendapatkan laporan dari masyarakat,Adanya laporan dari masyarakat, tim langsung bergerak menuju lokasi,” jelas AKP Ilman dalam keterangannya, Minggu (12/02/2023).

Tak sampai disitu, lanjut Ilman, pihaknya kemudian melakukan penggeledahan terhadap pelaku tersebut. Dari pemeriksaan petugas mendapati ratusan butir obat terlarang yang masuk dalam golongan G.




Barang bukti yang kita sita sebanyak 405 butir obat merk tablet Tramadol HCI, 1 pot yang berisikan 402 butir obat tablet warna kuning berlogo MF (Hexymer), 1 buah HP merk Redmi warna biru, 1 buah tas pinggang berwarna hitam,paparnya.

Selanjutnya, pelaku DH telah diserahkan ke Satuan Reserse Narkoba Polres guna melakukan pemeriksaan dan pengembangan terkait pemasok obat-obat terlarang tersebut.

Pelaku berikut barang buktinya dibawa dan diserahkan untuk dilakukan pemeriksaan, tukasnya. (Bidhumas/Do)


Rumah Warga Desa Teluk Kecamatan Labuan Rusak Disapu Angin Kencang





Kontakpublik.id-PANDEGLANG
Hujan deras dan angin kencang yang menerjang membuat satu rumah rusak,Rumah warga rusak berat milik Satiri (70) warga Desa Teluk, Kecamatan Labuan,Kabupaten Pandeglang,Propinsi Banten.
"Ya benar, hujan disertai angin kencang selama beberapa hari terakhir hingga siang tadi ini  mengakibatkan satu rumah milik (Satiri) warga Desa Teluk, Kecamatan Labuan atapnya  roboh dan rusak berat,ucap Pupun Kanit Intelkam Polsek Labuan saat dikonfirmasi wartawan, Minggu  (12/2/2023).

Pupun mengungkapkan Minggu (12 Februari 2023) sekitar Pukul 13:30 Wib, telah terjadi hujan disertai angin kencang yang menyebabkan Rumah roboh milik Satiri (70) Kampung Pasir Tanjung RT 001 RW 008, Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, yang mana Angin kencang tersebut mengakibatkan 1 (Satu) buah rumah rusak pada bagian atapnya dikarenakan sebagian tiang penyangga sudah rapuh, untuk sementara total kerugian dari kejadian tersebut di perkirakan mencapai kurang lebih 25.000.000 (Dua Puluh Lima Juta Rupiah), adapun dalam kejadian tersebut tidak ada korban luka maupun jiwa ucap Pupun Intelkam Polsek Labuan,


Meski begitu tidak ada korban jiwa dalam peristiwa rumah roboh ini. Pasalnya, sesaat sebelum kejadian penghuni rumah sudah keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Lanjut Pupun,Pihaknya mengimbau untuk warga Kecamatan Labuan untuk meningkatkan kewaspadaan selama beberapa hari ke depan. Sebab, berdasarkan perkiraan  cuaca dari BMKG ada potensi cuaca buruk, juga meminta warga untuk segera melapor ke Polsek Labuan jika terjadi peristiwa atau bencan pungkasnya. (DO)

Jumat, 10 Februari 2023

Dugaan Kekerasan Oknum Guru Di MTs N 7 Pandeglang JAM-P Dan P-4 Gruduk Kemenag




kontakpublik.id, PANDEGLANG-Aksi Unjuk Rasa (Unras) Yang dilakukan oleh Pergerakan Pemuda Peduli Pandeglang (P-4) dan JAM-P untuk menyampaikan aspirasinya terkait dugaan Kekerasan Oknum Guru MTs 7 Pandeglang, di depan Kantor Kemenag Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, pada Jumat (10-02-2023).

Pada umumnya Madrasah sebagai nama bagi suatu lembaga atau wadah yang mewadahi proses transformasi ilmu telah mengalami perkembangan pemaknaan dalam rentang sejarah perkembangan umat Islam sejak zaman Rasulullah SAW sampai sekarang. Madrasah dimaknai sebagai istilah yang menunjuk pada proses belajar dari yang tidak formal sampai yang formal. 

Madrasah juga adalah salah satu jenis lembaga pendidikan Islam yang diusahakan, di samping masjid dan pesantren. Proses kelahiran dan dinamika madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam formal di Indonesia yang merupakan perkembangan lanjut atau pembaruan dari lembaga pendidikan pesantren dan masjid/surau.
Kata “madrasah” terambil dari akar kata “darasa-yadrusu-darsan _ belajar”. Kata madrasah sebagai isim makan, menunjuk arti “tempat belajar”. Padanan kata madrasah dalam bahasa Indonesia adalah sekolah. Demikian hal ini dikatakan oleh Sujana Akbar selaku Koorlap JAM-P kepada media ini di halaman gedung Kemenag Pandeglang.

Ditilik dari makna Arab di atas, madrasah menunjuk pengertian “tempat belajar” secara umum, tidak menunjuk suatu tempat tertentu, dan bisa dilaksanakan di mana saja, di rumah, di surau/langgar, di masjid atau di tempat lain sesuai situasi dan kondisi. Madrasah bukan tempat menganiaya murid atau siswa, tapi madrasah Tempat-tempat tersebut dalam sejarah lembaga-lembaga pendidikan Islam memegang peranan sebagai tempat transformasi ilmu bagi umat Islam. Jelasnya

Dalam perkembangan selanjutnya, secara teknis, kata madrasah dikonotasikan secara sempit, yakni suatu gedung atau bangunan tertentu yang dilengkapi fasilitas, sarana dan prasarana pendidikan untuk menunjang proses belajar ilmu agama, bahkan juga ilmu umum.
Di masa kolonial Belanda, pendidikan Islam hanya terbatas pada pesantren dan surau dan masih bersifat tradisional. Kemudian pada tahun 1909 madrasah pertama di Indonesia muncul yaitu Madrasah Abadiyah di Kota Padang, Sumatera Barat, didirikan oleh Syekh Abdullah Ahmad. Setelah itu madrasah-madrasah lain pun tumbuh subur berdiri sampai ke Negeri Angsana Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Ucapnya

Seperti Madrasah Shcoel yang didirikan pada tahun 1910 di Kota Batu Sangkar, Sumatera Barat oleh Syekh M. Talib Umar. Lalu pada 1912, salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah di Yogyakarta, didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan dan sahabat-sahabatnya, dan mereka mulai membangun sistem lembaga pendidikan yang menggabungkan pendidikan Islam dan umum.
Berturut-turut setelah itu pada tahun 1913 ada Madrasah AL Irsyad di Jakarta, didirikan oleh Syeikh Ahmad Sokarti. Kemudian pada tahun 1915 muncul Diniyah Schoel di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, didirikan oleh Zainuddin Labai el Janusi. Berikutnya pada tahun 1926, salah satu organisasi Islam terbesar Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama (NU) didirikan di Surabaya oleh K.H. Hasyim Asyari, K.H. Wahab Hasbullah dan setelah itu mulai banyak mendirikan madrasah. Terangnya

Saksi perjuangan pendidikan yang tak kenal henti. Pada jaman penjajahan Kolonial Belanda madrasah didirikan untuk semua warga. Sejarah telah mencatat, Madrasah pertama kali berdiri di Sumatram, Madrasah Adabiyah (1908, dimotori Abdullah Ahmad), tahun 1910 berdiri madrasah Schoel di Batusangkar oleh Syaikh M. Taib Umar, kemudian M. Mahmud Yunus pada tahun 1918 mendirikan Diniyah Schoel sebagai lanjutan dari Madrasah schoel, Madrasah Tawalib didirikan Syeikh Abdul Karim Amrullah di Padang Panjang (1907). Lalu, Madrasah Nurul Uman didirikan H. Abdul Somad di Jambi.
Madrasah berkembang di jawa mulai tahun 1912. Ada model madrasah pesantren NU dalam bentuk Madrasah Awaliyah, Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Mualimin Wustha, dan Muallimin Ulya (mulai tahun 1919), ada madrasah yang mengaprosiasi sistem pendidikan belanda plus, seperti muhammadiyah (1912) yang mendirikan Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Muallimin, Mubalighin, dan Madrasah Diniyah. Ada juga model AL-Irsyad (tahun 1913) yang mendirikan Madrasah Tajhiziyah, Muallimin dan Tahassus, atau model Madrasah PUI di Jabar yang mengembangkan madrasah pertanian, itulah singkat tentang sejarah madrasah di indonesia. Tuturnya



Sementara Ketua P4 Pandeglang, Atif Ekek,  menyampaikan baheasanya, dari jaman penjajahan, orde lama, orde baru, era repormasi sampai era presiden bapak Jokowi, nasib madrasah di indonesia sangatlah memperihatinkan dan seolah-olah di anaktirikan oleh pemerintah, padahal ada banyak sekali elit politik yang duduk di kursi DPR, MPR, ISTANA dan lembaga kebijakan negara lainnya yang lahir dan berlatar belakang dari madrasah, lulusan madrasah tidak bisa di pandang sebelah mata atau juga di anggap remeh, justru lulusan-lulusan madrasah memiliki nilai lebih bukan saja karen faktor agama yang diperdalam tapi banyak faktor lainnya.

Versi lain Sejarah madrasah
Madrasah adalah saksi dari perjuangan pendidikan yang tak kenal henti. Pada zaman penjajahan Kolonial Belanda, madrasah didirikan untuk semua warga. Sejarah mencatat, madrasah pertama kali berdiri di Sumatra, Madrasah Adabiyah (1908, dimotori Syekh Abdullah Ahmad), tahun 1910 berdiri Madrasah Schoel di Batusangkar oleh Syaikh M. Taib Umar, kemudian M. 

Seperti, Mahmud Yunus pada 1918 mendirikan Diniyah Schoel sebagai lanjutan dari Madrasah Schoel. Madrasah Tawalib didirikan Syeikh Abdul Karim Amrullah di Padang Panjang (1907). Lalu, Madrasah Nurul Uman dididirikan H. Abdul Somad di Jambi.
Madrasah berkembang di Jawa mulai tahun 1912. Ada model madrasah-pesantren NU dalam bentuk Madrasah Awaliyah, Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Muallimin Wustha, dan Muallimin Ulya (mulai tahun 1919), ada madrasah yang mengapropriasi sistem pendidikan Belanda plus, seperti Muhammadiyah (1912) yang mendirikan Madrasah Ibtidaiyah, Tsnawiyah, Muallimin, Muballighin, dan madrasah Diniyah. Ada juga model Al-Irsyad (1913) yang mendirikan madrasah Awaliyah, Ibtidaiyah, Madrasah Tajhiziyah, Muallimin dan Tahassus; atau model madrasah PUI di Jabar yang mengembangkan madrasah pertanian.
Belanda tentu saja resah akan perkembangan madrasah, lalu keluarlah peraturan yang menetapkan madrasah sebagai “sekolah liar”, kemudian mengeluarkan sejumlah peraturan yang melarang atau membatasi madrasah. 

Kalaupun kemudian Pemerintah Belanda memberikan apresiasi pada kepentingan Islam, bantuan diberikan 7.500 gulden untuk 50.000.000 jiwa. Menyimak pidato Oto Iskandardinata pada 1928 di Voolkraad, bantuan itu dianggap penghinaan karena seharusnya yang diberikan Belanda satu juta gulden.
Akan tetapi, madrasah berdiri di mana-mana. Madrasah adalah perjuangan warga republik ini untuk mendapatkan pendidikan. Pada tahun 1915 berdiri madrasah bagi kaum perempuan, yaitu Madrasah Diniyah putri yang didirikan Rangkayo Rahmah Al-Yunisiah.

Zaiuniddin Labai ini juga yang pertama kali mendirikan Persatuan Guru-Guru Agama Islam (PGAI) di Minangkabau pada 1919.
Sayangnya, madrasah tetap saja tersingkirkan. Saat Indonesia merdeka, madrasah masih dianggap sebagai pendidikan kelas dua. Pemerintah Indonesia hanya mengeluarkan Maklumat BP KNIP 22 Desember 1945 No. 15 yang menyerukan agar pendidikan di musala dan madrasah berjalan terus dan diperpesat; kemudian diperhatikan melalui keputusan BP KNIP 27 Desember 1945 (agar madrasah mendapat perhatian dan bantuan dari pemerintah) dan melalui Laporan Panitia Penyelidik Pengarahan RI tanggal 2 Mei 1946 yang menegaskan, pengajaran yang bersifat pondok pesantren dan madrasah dipandang perlu untuk dipertinggi dan dimodernisasi serta diberi bantuan berupa biaya sesuai dengan keputuan BP KNIP. Perhatian pemerintah negeri ini diwujudkan dengan PP No. 33 Tahun 1949 dan PP No. 8 Tahun 1950 yang memberikan bantuan kepada madrasah dengan subsidi per siswa @ Rp 60,00.
Baru pada masa reformasi, UU No. 20/2003 tentang UUSPN khususnya Pasal 17 Ayat 2 dan Pasal 18 Ayat 3, madrasah diakui statusnya sederajat dengan sekolah umum. Namun, pemerintah masih enggan memberikan bantuan, apalagi pernah beredar Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Moh Ma`ruf, tanggal 21 September 2005 No. 903/2429/SJ tentang Pedoman Penyusunan APBD 2006 yang melarang pemerintah daerah mengalokasikan APBD kepada organisasi vertikal (termasuk terhadap madrasah).
Reformasi kemudian melahirkan PP No. 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. Pada PP ini terdapat Pasal 12 ayat (1) yang menyebutkan pemerintah dan/atau pemerintah daerah memberi bantuan sumber daya pendidikan kepada pendidikan keagamaan.

Anehnya, PP ini pun masih dianggap angin lalu. Masih banyak pemerintah daerah yang belum memberikan perimbangan dana kepada madrasah. Dana 20% pendidikan di APBD masih menjadikan madrasah sebagai sisipan.
Masa depan madrasah
Saat ini, di Indonesia, terdapat 38 ribu madrasah. Setiap tahunnya, madrasah meluluskan dua ratus ribu siswa, tetapi tak sampai sepuluh persen yang melanjutkan kuliah karena keterbatasan dana; hanya sekitar 20% yang gurunya PNS, sementara yang non-PNS tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah. Apakah 5,5 juta siswa madrasah dan 456.281 guru madrasah ini bukan warga negara Indonesia sehingga mendapatkan perlakuan yang berbeda, 
Sebentar lagi pemilihan presiden dan wakil presiden, entah apakah mereka yang terpilih akan memperhatikan nasib madrasah atau akan terus meniru perlakuan penjajah Belanda

Mengingat pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Pandeglang mengingatkan kita kembali pada jaman Kolonial Belanda, yang di mana murid/siswa banyak yang dianiaya oleh oknum guru yang diduga si oknum guru tidak berahlak dan ikhlas dalam memberikan ilmu dan amalnya. Berangkat dari kekejaman oknum guru MTsN 7 Pandeglang Banten, kami dari P-4, P3B , dan JAM-P menuntut

Agar segera untuk di Pecat oknum Guru MTsN 7 Pandeglang yang diduga sudah melakukkan sistem pembelajaran seperti Kolonial Belanda,
Kemudian  Pihak Kepolisian harus segera menangkap Oknum Guru MTsN 7 Pandeglang yang diduga telah menganiaya 30 murid/siswa,
Pihak Kepolisian dan KPK harus segera mengusut tuntas dengan adanya pungli di MTsN 7 Pandeglang, pesan kami , Jika tuntutan ini tidak di indahkan, maka kami akan terus menyuarakannya. Ujarnya 

Saat di konfirmasi soal dugaan kekerasan di MTs Negeri 7 Pandeglang Kepala Kemenag Pandeglang, Amin Hidayat, membantah bahwa sebetulnya tidak ada kekekerasan , kami sudah turun kelapangan hanya gunting rambut aja karena rambutnya panjang keterangan ini secara langsung di sampaikan oleh pihak sekolah dan komite. Jelasnya

Jadi Lebih baik Audiensi aja lah  biar enak tidak perlu dilakukan unjukrasa dan itu haknya . Jika mereka bersikap keras  mangga silahkan itu sah-sah saja,  kami tunggu , sebab waktu unras aja kami tidak mengetahui sama sekali tidak ada pemberitahuan. Tuturnya (Rudi)

Kamis, 09 Februari 2023

Jum,at Berkah Sektor Polsek Labuan Polres Pandeglang Berbagi



Kontakpublik.id - PANDEGLANG

Sektor Polsek Labuan,Polres Pandeglang, Jum'at (10-02-2023) jam 09.00 Melaksanakan Kegiatan Jum'at Berkah ke rumah bapak sarmedi yang beralamat di Kampung Badur Desa Rancateurep kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang,Propinsi Banten.

Pupun Intelkam Polsek Labuan sa,at di temui dirumah sarmedi Mengatakan kepihak media,

Alhamdulillah hari ini kami dari Sektor Polsek Labuan Jum,at (10-02-2023) dalam Kegiatan Jum'at Berkah Polsek Labuan beserta anggota,kegiatan ini merupakan kegiatan Silaturahmi Personil Sektor Polsek Labuan dengan Masyarakat,

Turut hadir dalam kegiatan Jum'at Berkah tersebut, Kompol Jaenudin SH Kapolsek Labuan,AKP Ali Kanit Sabara,Aiptu Pupun Kanit Intelkam,Aipda Silalahi Kanit Propos.

Kapolsek Labuan beserta Anggota mendatangi rumah (Sarmedi) 60 tahun yang beralamat di kampung Badur Desa Rancatereup Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang,Propinsi Banten, yang hidup seorang diri atau sebatangkara,

Sarmedi ini hidup dengan mengharapkan Uluran atau Bantuan tangan dari tetangganya dan keluarganya bahkan menempati rumah yang tidak layak huni.

Alhamdulillah kami dari Sektor Polsek Labuan,Kapolsek beserta anggota memberikan bantuan berupa sembako beras,mie instan,kue ringan,minyak goreng dan berjanji akan membantu memperbaiki rumah saudara Sarmedi agar layak huni dan membantu aktipitas di rumah nya.



Alhamdulillah kegiatan Jum'at Berkah ini berjalan dalam keadaan aman terkendali,ucap Pupun Kanit Intelkam Polsek Labuan




Sarmedi saat diwawancarai di kediamannya dikampung Badur Desa Rancateurep menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Sektor Polsek Labuan atas bantuan dan keperdulian nya kepada kami,
semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk keluarga kami,Alhamdulillah sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Kapolsek beserta Anggota tutup sarmedi. (Do)

Kapolsek Patia bersama Danramil Beri Santunan Warga yang Rumahnya Roboh Akibat Angin Kencang dan Hujan






Kontakpublik.id -PANDEGLANG
Akibat Hujan dan Angin Kencang Rumah Mukamad Warga Kampung Sindang Rahayu Desa Idaman Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten Roboh, Kamis (09/02/2023).

"Hujan dan angin kencang tersebut mengakibatkan rumah Mukamad roboh, kami bersama Danramil serta Perangkat Desa meninjau langsung dan memberikan santunan," terang AKP Dodin Awaludin Kapolsek Patia saat diwawancarai wartawan di sela kegiatannya.

Kapolsek Patia menjelaskan informasi berawal dari informasi warga sekitar pukul 09:00 dihari Kamis.




"Waktu kejadiannya Kamis 09 Februari 2023 sekitar pukul 09:00, lokasi di Rt. 10 Rw. 03
kampung Sindang Rahayu desa Idaman Patia," kata Kapolsek Patia.

Masih dikatakannya, bahwa permasalahan tempat tinggal yang mereka tempati tidak bisa dihuni karna rusak berat.

"Rumah tersebut dihuni oleh 4 orang dan saat ini Muspika Kecamatan Patia sedang mencari solusi untuk keluarga yang terkena musibah tersebut," tutupnya. (Do)

Perumdam Tirta Berkah Pandeglang Gebyar Instalasi Air







Kontakpublik.id -PANDEGLANG  Perusahaan Umum Air Minum Daerah (Perumdam) Tirta Berkah Pandeglang lakukan gebyar untuk instalasi pemasangan saluran air dalam rangka HUT Perumdam yang ke-33, adapun untuk biaya pemasangan saluran air tersebut sebesar Rp. 817.000 dan itu untuk peruntukan semua rumah tangga. Rabu, (9/2/23).

"Untuk instalasi pemasangan saluran air tersebut awalnya sebesar Rp. 1.350.000, namun dikarenakan ada gebyar HUT Perumdam kami kenakan biaya sebesar Rp. 817.000," kata Hendi Kusmawan Kepala Bagian Hubungan Pelanggan.

Lanjut Hendi menyampaikan pada 1 Februari - 28 Februari 2023 diadakan promo pemasangan saluran air di empat Kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang diantaranya Menes,  Labuan, Pagelaran dan Sobang.

"Gebyar tersebut untuk instalasi air di wilayah empat Kecamatan dan diberikan satu batang piva standar dengan ukuran panjang 6 meter dan lingkaran 1/2'inc," ujarnya


Sementara itu, Euis Yuningsih Kepala Perumdam Tirta Berkah Pandeglang menyampaikan, bahwa gebyar HUT yang ke-33, Perumdam memberikan promo untuk pemasangan saluran air dengan biaya yang cukup terjangkau untuk peruntukan semua rumah tangga di empat wilayah Kecamatan.

"Untuk pemasangan sambungan air tersebut yang sudah terpasang jalur piva, agar promo ini bisa di nikmati oleh masyarakat Pandeglang yang tinggal di wilayah kecamatan tersebut," tuturnya

Selain memberikan promo bagi masyarakat Kabupaten Pandeglang yang tinggal di beberapa wilayah Kecamatan, Perumdam juga terus berupaya meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan.

"Bagi masyarakat yang ingin memasang saluran air bersih yang sangat dibutuhkan setiap hari, maka silahkan daftarkan sebelum masa promo berakhir," tandasnya.
(Do/Riel)

HUT GERINDRA Ke-15 H Syahruddin Optimis Memenangkan Target Partai




kontajpublik.id, PANDEGLANG-Partai Gerakan Indonesia Raya merupakan partai yang mencita-citakan suatu tatanan Masyarakat yang berkeadilan Sosial , yakni Masyarakat yang adil secara Ekonomi, Politik, Hukum, pendidikan dan kesetaraan gender, keadilan, sosial , harus didasari atas persamaan hak pemerataan dan penghargaan terhadap hak asasi Manusia, Partai politik di Indonesia yang dipimpin oleh ketua umum DPP partai Gerindra,  Prabowo Subianto ini dibentuk pada 06 pebuari 2008 dan setiap tahunya diperingati.

Untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang  Ke-15, Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA) Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten Gelar acara Senam Sehat dan bagi-bagi Door Prize, acara tersebut dilaksanakan secara sederhana sesuai arahan. Demikian kata H Syahruddin, SH., MH. di kantornya pada kamis, (29-02-2023)

Pihaknya mengajak kepada seluruh lapisan Masyarkat untuk mengolah ragakan Masyarakat dalam senam sehat yang dipusatkan di Alun-alun Pandeglang 12 Pebuari 2023. Sebagai bentuk rasa syukur dan kepedulian partai gerindra kepada masyarakat Pandeglang. Jelasnya

Syahruddin Menyampaikan pesan politiknya kepada seluruh Kader Gerindra Kabupaten Pandeglang,  agar tetap Optimis dalam upaya memenangkan target partai Gerindra di Kabupaten Pandeglang, kita adalah partai besar dengan komposisi Struktur kepengurusan yang Solid dan kader yang punya Kredibilitas yang tinggi di Masyarakat Pandeglang. Mari kita tingkatkan kedepan lebih baik lagi intuk kemenangan Partai GERINDRA. (rudi)

Rabu, 08 Februari 2023

Jacob Ereste : Media Cyber Di Indonesia Masih Seperti Anak Tiri Pada Perayaan Hari Pers Nasional





Masalah Jurnalis Cyber sepatutnya menjadi perhatian semua pihak utamanya yang berkepentingan dengan media. Apalagi pada acara hari pers nasional pada 9 Februari. 2023 di Sumatra Utara.

Media maenstrim yang sudah cenderung dilupakan banyak orang pun perlu dicarikan jalan keluar, setidaknya agar dapat terus bertahan, tidak sampai tutup atau gulung tikar. Lalu media cyber yang berbasis internet semakin berkembang, meski belum juga menemukan cara pengelolaannya yang baik sehingga dapat menjadi andalan sebagai bidang pekerjaan yang dapat mejadi sumber penghasilan bagi mereka yang menekuni media cyber.

Dari catatan Atlantika Institut Nusantara, jumlah media cyber yang berbasis internet  sampai Januari 2023 di Indonesia hampir 38 ribu jumlahnya. Sebagai suatu bidang pekerjaan yang masih perlu ditemukan cara pengelolaannya yang baik, sehingga dapat menjadi sumber penghasilan bagi para pengelolanya, patut diagendakan pembahasannya oleh Dewan Pers serta pihak pemerintah. Karena hanya dengan begitu kehadiran media cyber yang berbasis internet tidak terus tumbuh semakin liar.

Sementara tindak kriminal yang masih harus dihadapi oleh insan pers -- tak hanya  jurnalis cyber -- belum sepenuhnya mampu ditangan oleh aparat penegak hukum, sehingga banyak kasus yang menimpa insan pers menguap begitu saja ditelan waktu, tanpa ada penyelesaian. Kecuali itu intimidasi, insenuasi hingga ancaman dan tindak kekerasan terhadap insan pers perlu dicarikan cara pencegahannya agar tidak lagi sampai terulang. Sebab dalam  konklusi terakhir (Jacob Ereste) sudah menyarankan kepada insan pers untuk membekali diri dengan ilmu bela diri. Setidaknta, dasar-dasar karate, yudo dan pencak silat serta sejenis ilmu bela diri lainnnya bisa meminimalisasi tindak penganiayaan secara fisik yang semakin kerap dialami oleh pekerja pers.

Agaknya, yang lebih penting adalah memberi jalan bagi insan pers -- utamanya untuk mereka yang menekuni media cyber -- mampu memaksimalkan diri untuk berkembang lebih profesional menekuni media cyber yang telah menjadi pilihan alternatif terbaik bagi banyak pihak yang memerlukan informasi, publikasi bahkan sebagai sarana komunikasi tercepat, dan paling efektif sekaligus paling murah dan gampang untuk digunakan dimana pun saat diperlukan.

Jika saja untuk satu media cyber memerlukan 50 orang pekerja di pusat maupun di daerah, maka jumlah tenaga kerja yang terserap oleh media cyber di Indonesia berjumlah 38.000 x 50 orang, suatu jumlah tenaga yang cukup untuk mengurangi jumlah angkka pengangguran di Indonesia. Jadi masalah bagi insan pers media cyber adalah bagaimana memaksimalkan segenap sumber daya dan sumber manusia untuk menjadi bidang pekerjaan yang dapat diharapkan memberi penghasilan yang bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan dengan tetap mematuhi etika, moral pers Pancasila yang berlaku di Indonesia.

Karena itu, sungguh sangat disayangkan pada momentum hari pers nasional di Indonesia tahun 2023 yang dilaksanakan di Medan, Sumatra Utara, eksistensi media cyber masih terkesan seperti anak tiri dari Dewan Pers maupun organisasi wartawan yang ada.



Banten, 8 Februari 2923

Selasa, 07 Februari 2023

Pengurus DPC KWRI Tangerang Di Lantik





Tangerang, --Ketua Dewan Pimpnan Daerah  Komite Wartawan Reformasi Indonesia (DPD-KWRI)  Provinsi Banten, H. Edi Murpik, melantik dan mengukuhkan pengurus DPC KWRI Kabupaten Tangerang periode 2022-2025, di Ruang Rapat Bola Sundul, GedungUsaha Daerah Pemkab. Tangerang, Tigaraksa, Provinsi Banten pada Selasa (7/02/2023).


Hadir dalam acara ini, Ketua Umum DPP KWRI, Ozzy Sulaiman Sudiro, Bupati Tangerang yang diwakili Kadis Kominfo Nono Sudarno, Forkompimda Tangerang, para Kepala OPD, Camat, unsur pengurus DPC KWRI Kab/Kota se-Banten dan undangan lainya.

Dalam sambutanya Ketua DPD KWRI Provinsi Banten, H. Edi Murpik, meminta kepada para Wartawan yang tergabung dalam Organisasi KWRI untuk terus membangun sinergitas dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang dan stackholder lainya, dalam rangka ikut serta membangun daerah dan menjaga keutuhan NKRI.

Ditegaskan Edi, dalam menulis berita dan melaksanakan tugas sebagai Jurnalits, Wartawan agar tetap berpegang teguh pada Kode Etik Jurnalistik. Sehebat apapun Wartawan piawai dalam menulis, bahwa sebuah  karya Jurnalistik yang terbaik adalah  berdasar  pada hati nurani dengan menjunjung tinggi Kode Etik  Jurnalistik,Mana yang layak dan tidak untuk  diberitakan.

Sementara, Bupati  Tangerang, A. Zaki Iskandar, dalam sambutannya di bacakan Kadis Kominfo, Nono Sudarno,  menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya jajaran pengurus dan anggota DPC KWRI Kabupaten Tangerang periode 2022-2025.


Menurut Bupati, prosesi pelantikan kepengurusan yang baru menandakan proses keberlangsungan Organisasi telah dapat dilaksanakan dengan baik, segala hal yang mewarnai proses pelantikan, menjadikan DPC KWRI Kabupaten Tangerang dapat menjadi lebih dewasa dan matang dalam berpikir dan bersikap sehingga mampu menjalankan roda organisasi dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“ saya berharap kepada saudara-saudara yang baru saja dilantik sebagai pengurus yang baru hendaknya mempunyai komitmen yang kuat dalam memajukan organisasi ini ke arah yang lebih baik dan bersinergi dengan pemerintah daerah Kabupaten Tangerang dalam rangka mensukseskan pelaksanaan berbagai program pembangunan di Kabupaten Tangerang,”.  ungkap Nono Sudarno yang mewakili Bupati Zaki

Adapun Susunan pengurus DPC KWRI Kabupaten Tangerang terdiri dari; Ketua, Mad  Sutisna, S.Kom. MM, Wakil Ketua  Yopi D Oroh, Endang Rukmana, Baedilah, Muyadi SH, dan Putra Jaya.  Sekretaris; Asep Munajat, Spd, Wakil Sekretaris, Dony Ristama, Bunyamin, Dedi Alpandi, Abdul Nasir. Kemudian, Bendahara;  Julyandi, Wakil  Bendara; A Dwi Sandi, SE, Yoga Kumaa SH, Heri Irawan, Sri Kusmiyati dan Rani. 
Struktur Organisasi DPC KWRI  Kabupaten Tangerang periode 2022-2025 sebanyak 78 orang.  Orgasasi ini juga dilengkapi  dengan Dewa Pertimbangan, Dewan  Kehormatan dan Etik, dan sejumlah Divisi Kelembagaan.--(rudi/sud/dimas)

KPU Di Soal DPC Amira Layangkan Surat Lapdu Ke BPK




kontakpublik.id, PANDEGLANGV- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Angkatan Muda Indonesia Raya (AMIRA) Kabupten Pandeglang layangkan Surat tembusan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang atas Laporan Pengaduan (Lapdu) yang di tunjukan kepada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan provinsi Banten, pada 
Selasa,(07-2023) 

Diberikannya surat tembusan ke KPU Kabupaten Pandeglang sebagai bentuk pemberitahuan agar ketika BPK RI datang ke KPU Kabupaten Pandeglang , minimal tidak kaget. Demikian kata Sekretari DPC AMIRA, Burhanudin krpada Media ini , di Basecamp.

Menurutnya, Salah satu peran serta kami sebagai Elemen Masyarakat Kaum Muda Putra Daerah hususnya adalah melakukan pencerahan dan Pencerdasan kepada anak Bangsa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara baik dan benar dalam koridor Demokrasi yang sesuai dengan Pancasila/UUD 1945 dalam wadah NKRI diantaranya mendorong percepatan terwujudnya Clean Gouvernance serta Low Enforcement. 

Dari laporan tersebut didalamnya memuat beberapa hal yang di nilai akan berpotensi merugikan keuangan Negara, salasatunya adalah mengenai para penyelenggara pemilu yang hari ini masih berstatus sebagai "ASN/P3K, Pendamping program BANSOS serta aparatur Pemerintahan Desa sehingga secara Otomatis akan menerima gajih atau honor dari sumber Anggaran yang sama yaitu dari APBN ataupun APBD sedangan dalam peraturan KEMENKEU dan Kode Etik ASN itu sangat tidak di perbolehkan seorang Warga Negera mendapati gajih dari Sumber Anggaran yang sama yaitu APBN ataupun APBD akan tetapi hari ini nampaknya di Kabupaten Pandeglang sendiri lmasih terjadi hal demikian.

Burhanudin menyampaikanya , dalam Lapdu DPC AMIRA, meminta kepada BPK RI untuk turun Cek Lapangan Di 35 Kecamatan yang di angkat menajadi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Panitia Pemungutan Suara (PPS) oleh KPU Kabupaten Pandeglang, kedua Memita BPK RI memanggil Komisioner KPU Kabupaten Pandeglang untuk menjelaskan adanya Potensi kerugian Negara tentang pembayaran honor penyelenggara yang Double dari sumber anggaran yang sama, terahir Meminta BPK RI untuk memeriksa berkas-berkas yang ada di KPU Kabupaten Pandeglang karena ada dugaan Monopoli ketika Rekrutmen penyelenggara Pemilu berlangsung.

Saat dikonfirmasi, Ketua KPU Pandeglang, Suja'i bekum dapat memberikan keteranganya, begitu  juga Sekretaris KPU sulit di hubungi  hingga berita ini ditayangkan , dudaj tidak asing lagi hanya Securiti yang dapat ditemui "maaf pak ketua dan sekretaris tidak ada".  (Rudi)

Soal Pembebasan Lahan RSUD, Warga Butuh Konsekuansi.

Kontakpublik.id, PANDEGLANG - Kesimpulan Sosialisasi yang digelar Pada Hari Minggu 13 November Tahun 2022 di Gedung PGRI Kecamatan Labuan Ka...