Rabu, 28 Juni 2023

Jacob Ereste : Peringatan Keras SBY Kepada Jokowi Agar Tidak Ikut Campur Dalam Pilpres 2023



Kontakpublik.id,JAKARTA - Pilpres 2024 & Cawe-cawe Presiden Jokowi, The Presiden Can Do No Wrong". Begitu judul yang ditulis dan diluncurkan mantan Presiden Indonesia ke- 6, Dr. Susilo Bambang Yudhoyono, selaku Majelis Tinggi Partai Demokrat yang langsung menebar  ke masyarakat umum. Meski buku yang kritik keras perilaku Presiden Joko Widodo ini tujukan khusus untuk jajaran pemimpin dan kader Partai Demokrat di seluruh Indonesia. Setidaknya hari ini, Selasa 27 Juni 2023 sejumlah media sosial sudah heboh memuatnya.

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sendiri mengakui apa yang ingin dia ungkapkan melalui tulisannya dalam buku ini, sepenuhnya pandangan dan pendapatnya pribadi. Yang setuju, monggo tulisnya dalam bahasa Jawa yang santun. Yang tidak setuju, tentu saja dia hormati. Layak indahnya konstitusi dan UUD 1945, ujarnya yang menjamin dan memproteksi kebebasan berbicara.

Apa yang dia ungkapkan dalam buku ini berangkat dari niat dan tujuan yang baik. "Jika ada yang mengkaitkan dengan Presiden Indonesia sekarang, Pak Jokowi, ini semata-mata agar beliau tidak berbuat salah. Dan bukan pula berarti seorang Presiden tidak boleh disalahkan. Karena Presiden busa saja tidak selalu benar dan melakukan kesalahan yang serius. Dan kesalahan yang  tidak serius pun bukan berarti boleh ditolerir. Kendati begitu, toh SBY tetap merasa perlu untuk untuk mengingatkan Jokowi.

Untuk para pembantu Presiden Jokowi pun, SBY berpesan agar serius membantu dan mengawal secara benar. Sebab setelah tanggal 20 Oktober 2024, Pak Jokowi akan mengakhiri  dharma baktinya sebagai pemimpin bangsa Indonesia. "Beliau akan menjadi orang seperti saya. Beliau akan menjadi sahabat saya, sahabat kits semua", kata SBY meyakinkan.

Kecuali itu, kata SBY, tentu saja Presiden Jokowi ingin mengakhiri pengabdiannya dengan baik. Tak ada di dunia ini, seorang Presiden yang tidak ingin mengakhiri pengabdiannya dengan soft, happy landing, dan bukannya hard landing, apalagi crash.

Bahkan SBY meyakinkan juga bila Jokowi ingin punya 'legacy' dan diingat dengan baik oleh rakyat. Sejatinya, klaim SBY kita semua harus "mengawal" dan "mengamankan" beliau agar mimpi-mimpi indah beliau dikabulkan oleh Allah SWT, tandasnya.

Buku karya SBY setebal 27 halaman ini memuat pandangannya mengenai berbagai sikap Presiden Jokowi terkait dengan Pemilu 2024. Lima Poin pokok diantaranya ialah; (1) Pernyataan Jokowo bakal cawe-cawe dalam urusan Pilpres 2024 untuk kepentingan bangsa. (2). Isu bahwa Jokowi menginginkan Pilpres mendatang hanya diikuti oleh dua pasangan calon Presiden. (3). Adanya anggapan bila Jokowi tidak menyukai Anies Baswedan dan tak ingin mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjadi calon Presiden. (4) Adanya anggapan bahwa Jokowi memberikan endorsement atau dukungan  pada sejumlah pihak untuk menjadi Capres atau Cawapres. (5). Jokowi dianggap bakal menjadi pihak yang menentukan siapa Capres Cawapres yang harus diusung oleh berbagai partai politik.

Demikian ungkap. SBY dalam bukunya yang menghentak berbagai pihak ini, sehingga SBY pun bahwa pasangan calon Presiden yang didukung Jokowi itu, justru tidak akan mendapat dukungan dari warga masyarakat, karena umumnya keinginan rakyat pemilih ingin Pemilu, justru berharap segera mengganti Jokowi dengan sejumlah kebijakannya yang dianggap tidak pro rakyat. (Red)



Jacob Ereste : Perbedaan Hari Lebaran Perlu Disadari Agar Tidak Membuat Perpecahan Dari Kebersamaan & Kerukunan Kita



Kontakpublik.id,SERANG - Idhul Qurban itu untuk mengingat ketaqwaan dan  keikhlasan Nabi Ibrahim terhadap Tuhan, sekalipun harus berkorban untuk menyembelih anaknya, Nabi Ismail. Karena sangat percaya pada Allah SWT yang telah banyak memberi nikmat, rizki serta banyak hal demi dan untuk hidup di dunia, sebagai Khalifah Allah di muka bumi, maka simbol penyembelihan segala bentuk keserakahan, tamak, bakhil dan sebagainya itu patut dikenang umat manusia agar lebih tawadhu -- berendah-hati, tidak sombong dan tidak pongah -- supaya dapat lebih menghargai sesama manusia yang lain. Itulah sebabnya daging hewan yang disembelih pada hari Raya Qurban, wajib dan patut dibagikan kepada orang lain yang berhak menerima daging hewan kurban itu, bisa kambing boleh juga sapi atau kerbau seperti di kampung kami yang sudah berlangsung secara turun temurun, entah kapan awal mulanya dimulai

Agaknya, karena berkaitan langsung dengan pengalaman spiritual Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, perayaan hari lebaran Adha dianggap lebih bernilai sakral, sehingga panganan istimewa seperti dodol durian yang khas di Sumatra, Lemang atau sekubal panganan khas yang dibuat dari beras ketan serta wajik yang super manis dan legit. Semua jenis panganan itu dahulu menjadi suguhan yang mesti dicoba oleh semua tamu yang singgah, meski cuma sepotong saja.

Budaya tradisi Hari Raya Haji ini bertepatan pada (28 Juni 2023) sekarang memang  terasa tidak sesakral perayaan lebaran dahulu. Setidaknya pada tahun 1960, gema takbir pun kompak dikumandangkan, hingga pada malam hari menyambut hari Raya Besar ini biasanya meriah dengan pawai obor keliling kampung. Sementara sejak 7 malang terakhir menjelang peringatan hati raya kurban ini di halaman depan rumah sudah dinyalakan api penerang dari batok kelapa yang disusun menjulang menerangi langit. Sebagai simbol penyambutan terhadap Malaikat yang turun ke bumi untuk menjaga manusia yang baik dan taat terhadap Tuhan, agar dapat terhindar dari ruh jahat dan akan menerima banyak rachmat dan hidayah maupun riski kehidupan agar lebih baik dam berbahagia hidup di dunia.

Dari kisah Sang Kakek di masa lalu, kenikmatan dan kebahagiaan di dunia ini tidak seberapa bandingannya jika hendak dibanding dengan kenikmatan dan kebahagiaan kelak di akhirat. Dan untuk menikmati akhirat yang enak harus dimulai dari hidup di dunia dengan baik dan benar. Maka itu sikap iri, dengki dan keburukan lain yang dapat memecah belah kerukunan umat -- tak hanya sesama umat Islam saja -- seperti selalu membuat beda perayaan hari raya -- tak cuma Idul Adha, tapi juga Idul Fitri -- dosa kesalahan yang menciptakan perbedaan perayaan hari raya ini tidak alang kepalang besar dosa tang harus mereka tanggung kelak. 

Bayangkan, jutaan jumlah umat Islam di Indonesia yang ikut kesalahan dari menentukan waktu hari raya ini,   sehingga semua kesalahan yang bisa membatalkan sejumlah presesi waktu ibadah -- dari puasa sebelum maupun sesudah hari raya ini akan menjadi tanggungan mereka yang membuat kebijakan.

Bisa saja kesengajaan dari upaya membuat perbedaan hari raya lebaran ini sekedar kepentingan politik semata, agar umat beragama tidak solid dan tidak kompak, lantaran ketakutan akan kekuatan dalam kebersamaan umat yang justru dianggap dspat menjadi ancaman.

Pilihan terbaik umat Islam untuk mengikuti penetapan hari Raya Haji kali ini -- 1444 Hijriah atau 2023 Masehi -- pun bisa dipilih secara bebas melaksanakan Idul Adha pada hari Rabu atau pada hari Kamis. Karena yang terpenting dari perbedaan hari raya lebaran haji kali ini pun dapat disadari bersama untuk tidak membelah rasa persaudaraan kita sebagai umat beragama, hingga mampu lebih bersikap dewasa untuk tetap menjaga ikatan persaudaraan kita dengan umat beragama lain yang ada di negeri kita ini. (Red)

Pemdes Cigondang - Labuan Telah Merealisasikan BLT DD Triwulan l Sebanyak 41 KPM



Kontakpublik.id,PANDEGLANG -
Pemerintah Desa Cigondang Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang,Propinsi Banten, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap pertama atau Triwulan l tahun Anggaran 2023 sebanyak 41 KPM.

Dalam penyaluran BLT DD dihadiri langsung oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Cigondang, Turut hadir dalam acara penyaluran BLT DD disaksikan oleh pihak Kecamatan Labuan.


Dalam Penyaluran BLT DD triwulan l tersebut,diserahkan langsung oleh Seketaris Desa Saepul Bahri kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), didampingi langsung oleh Dedeh Herawati Kasi Pembangunan Kecamatan Labuan,Ibnu Budiaji Pendamping Desa Kecamatan,Abdul Azis Pendamping Lokal Desa,Ketua RW / RT Desa Cigondang, Perangkat Desa Cigondang dan beberapa KPM.



Usai menyerahkan bantuan, Seketaris Desa Cigondang Saepul Bahri mengatakan, Dirinya merasa bersyukur pada Hari ini Rabu (28/06/2023) Desa Cigondang telah menyalurkan BLT DD tahap pertama atau triwulan l  selama 3 bulan yaitu bulan Januari, Februari dan Maret kepada 41 Keluarga penerima Manfaat, (KPM) menerima uang tunai sebanyak 900.000.


Sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangungan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2023 yang isinya yaitu Pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) bagi keluarga miskin ekstrem merupakan amanat dari Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2022 tentang Pecepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem. Besaran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dialokasikan maksimal 10% sampai 25% (persen) dari total pagu Dana Desa Setiap Desa. Untuk Di Desa  Cigondang mengalokasikan senilai Rp. 147.600.000,- untuk BLT DD tahun 2023.


Kami berpesan kepada keluarga penerima manfaat (KPM), semoga bantuan ini bermanfaat untuk kepentingan di rumah tangga. Mungkin bisa saja kalau yang mau usaha untuk dijadikan modal,bahkan yang lebih penting untuk kebutuhan anak anak sekolah,intinya manfaatkan sebaik mungkin untuk kebutuhan ucap Saepul Bahri.


Disamping itu, salah satu penerima bantuan langsung tunai BLT DD Desa Cigondang, setelah menerima bantuan tersebut, menyampaikan ucapan terima kasih terutama kepada pihak Pemerintah Desa yang telah memberikan bantuan hususnya kepada Kepala Desa,uang bantuan ini akan kami pergunakan sebaik mungkin sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pemerintah pusat,kabupaten bahkan Pemerintah Desa Cigondang ujarnya. (Do)


Aipda Rohman Saffendi Anggota Polsek Pagelaran,Mendapatkan Penghargaan Dari Advokat Pandeglang



Kontakpublik.id,Pandeglang - Dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara Ke 72, Forum Advokat Pandeglan (FAP) bersama Komnas Perlindungan Anak Kabupaten Pandeglang, memberikan penghargaan kepada anggota Polsek Pagelaran Polres Pandeglang.

Pasalnya, FAP mempunyai pandangan dan penilaian terhadap salah satu anggota Polsek Pagelaran tersebut, yakni, Banit 3 Binmas Aipda Rohman Safendi, atas peristiwa di jalan raya pagelaran sebagaimana termuat dalam media online Kabar5.id, yaitu dengan spontan memberikan pertolongan dengan membelikan bensin menggunakan uang pribadinya untuk menolong dua siswi yang kehabisan bahan bakar kendaraan roda duanya.

"Hal ini menurut kami, menjadi contoh yang baik dan berkarakter menunjukan bahwa anggota polisi sebagai sahabat anak, sahabat masyarakat. Kami mengapresiasi atas dedikasi dan pengabdiannya anggota polisi tersebut maka atas hal tersebut kami langsung memberikan penghargaan berupa Piagam yang diserahkan di Mako Polsek Pagelaran Polres Pandeglang," ungkap Ketua Umum Forum Advokat Pandeglang, Ayi Erlangga SH.MH, Rabu (28/06/2023).

Perbuatan terpuji dari Banit 3 Binmas Aipda Rohman Safendi tersebut, masih kata Ayi, perbuatan yang sangat membanggakan dan patut menjadi teladan buat anggota Bhayangkara khususnya, dan masyarakat secara umumnya. "Ini sebagai gambaran baik dari anggota Polri Presisi," tambahnya.




Ditempat yang sama, Koordinator Forum Advokat Pandeglang, Misbakhul Munir SH.MH mengatakan, semoga momentum ini dapat memperbaiki citra Polri di masyarakat. "Polri yang kita cintai bersama harus kita jaga bersama agar, marwah penegakan hukum dapat terjaga oleh anggota Polri yang baik patut di apresiasi sebagai penyemangat kerja dan pengabdian mereka sebagai para penegak hukum yang profesional," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komnas Perlindungan Anak Kabupaten Pandeglang, Mu'jizat Gobang Pamungkas menambahkan, anggota Polri seperti Banit 3 Binmas Aipda Rohman Safendi, anggota Polsek Pagelaran, patut mendapat apresiasi dari kami perkumpulan Forum Advokat Pandeglan (FAP) bersama Komnas Perlindungan Anak Kabupaten Pandeglang, karena telah menjadi contoh anggota polisi sahabat anak dalam memberikan pertolongan terhadap anak.

"Hal itu sejalan dengan visi kami Komnas Perlindungan Anak selaku pemerhati anak agar terjaga semuanya dengan kerjasama media yang memuat peristiwa tersebut. Jujur kami tidak kenal dengan beliau kami apresiasi atas karakter beliau semoga hal ini terus bisa menjaga integritas moral," pungkasnya.

Sementara itu, Banit 3 Binmas Polsek Pagelaran Polres Pandeglang, Aipda Rohman Safendi mengatakan, dirinya merasa terharu dengan adanya penghargaan dari Forum Advokat Pandeglan (FAP) bersama Komnas Perlindungan Anak Kabupaten Pandeglang kepada dirinya. "Jelas terharu dengan adanya apresiasi tersebut yang memberikan penghargaan berupa plakat kepada saya," ujarnya.

Dengan adanya penghargaan tersebut, lanjutnya, akan dijadikan motifasi untuk saya agar dalam melaksanakan tugas sesuai arahan pimpinan menjadi Banit 3 Binmas Polsek Pagelaran lebih baik lagi kedepannya. "Sekali lagi saya berterima kasih, kepada Forum Advokat Pandeglan (FAP) bersama Komnas Perlindungan Anak Kabupaten Pandeglang, beserta pimpinan Kapolsek Pagelaran dan rekan rekan anggota Polsek Pagelaran atas penghargaan yang saya terima ini," tutupnya. 
(Do/Rhad)



Selasa, 27 Juni 2023

Jacob Ereste : Pemerintah Pun Sepakat Menjadikan Candi Brobudur Sebagai Destinasi Pariwisata Spiritual Dunia



Kontakpublik.id,JAKARTA - Candi Brobudur pada 1991,  yang dibangun sekitar abad ke-8 semasa pemerintahan Dinasti Syailendra itu telah mendapat sertifikat UNESCO sebagai Warisan Dunia. Candi Brobudur idealnya memang segera ditingkatkan menjadi pengelolaannya menjadi pusat ziarah spiritual bagi warga bangsa-bangsa dunia. (Baca : Jacob Ereste, Brobudur, 3 Juni 2023). Setidaknya, menurut perkiraan Wali Spiritual Indonesia, Sri Eko Sriyanto Galgendu, ketika itu Candi Brobudur sangat meyakinkan sebagai Mahkota Prabu Semaratungga yang menandai masa kejayaan suku bangsa Nusantara antara abad abad 7 dan abad ke-8 dengan nilai-nilai spiritual yang sangat luar biasa dahsyat. Bahkan, sangat mungkin sebagai simbol dari Mahkota Yang Mulia Sidharta Gautama, tandasnya.

Keberadaan Candi Brobudur tidak jauh berbeda usianya dengan Candi Muara Takus maupun Candi Muara Jambi yang  berada di Sumatra, semasa Kerajaan Sriwijaya antara abad 7 hingga abad ke-14 yang lebih terkenal sebagai kerajaan maritim terbesar di dunia karena wilayah jajahannya yang maha luas.

Candi Brobudur merupakan obyek wisata (budaya), tempat ziarah agama budha dan tempat ziarah spiritual Budha. Tiga katagori ini, kata Sri Eko Sriyanto Galgendu merupakan  potensi yang mampu menyedot wisata dari berbagai negara di dunia. "Jika satu persen saja umat Budha dunia yang mengunjungi Candi Brobudur setiap tahun, maka dari 5,3 juta peziarah Budha itu bisa menjadikan devisa negara dalam triliunan rupiah. Pundi-pundi untuk negara belum pernah dimaksimalkan tata kelolanya, sehingga dapat mencontoh apa yang telah dibuktikan oleh Tanah Mekkah bagi Umat Islam yang  berbondong-bondong tiada henti mengunjungi Ka'bah sebagai bagian dari kesempurnaan ibadah dari rukun Islam yang kelima. Artinya, dengan peningkatkan status Candi Brobudur dari obyek wisata budaya, menjadi tempat ziarah umat agama Budha dan kawasan spiritual Budha, maka kondisi ekonomi warga masyarakat Jawa Tengah dan sekitarnya, dapat segera dipastikan bisa ikut mendulang dampak positif terusan yang cukup besar nilainya, tandas Sri Eko Sriyanto Galgendu, ketika disambangi di Sekretariat GMRI, Jl. Ir. H. Juanda No. 4 A Jakarta Pusat, 26 Juni. 2023.

Karena itu pun, dia menyambut baik tekat Menteri BUMN Erick Thohir yang sudah memastikan Candi Brobudur di Magelang, Jawa Tengah akan terus dijaga dari aspek wisata maupun nilai spiritualnya. Bahkan, melalui PT. Aviasi Pariwisata (Persero) atau In Journey, Brobudur akan menjadi destinasi pariwisata spiritual kelas dunia. (Republika,  6 Juni 2023) sat festival lampion dalam acara penutupan perayaan hari Waisak 2567 BE dengan melepas 2567 lampion ke langit sebagai simbol memohon keberkahan    untuk bumi Nusantara 

Masalahnya sekarang,  setelah pemerintah mengukuhkan Candi Brobudur sebagai destinasi Pariwisata Spiritual kelas dunia, langkah-langkah nyata untuk mengukuhkan Candi Brobudur dengan predikat prestisius seperti itu, harus segera nyata dan diwujudkan dalam program yang berkelas dunia. Karena itu, GMRI (Gerakan Moral Rekonsiliasi Indonesia) selalu motor penggerak kebangkitan dan kesadaran spiritual di dunia akan segera memberi sumbangan nyata menghadirkan tokoh-tokoh kaliber agama dalam jalinan persaudaraan antar agama se dunia di Indonesia. Adapun pilihan tempatnya adalah Jakarta, Candi Brobudur, Kraton Yogyakarta dan Bali.

Program nyata yang tengah dirintis GMRI ini, diharap bisa segera terlaksana dalam waktu dekat, sehingga pengukuhan Candi Brobudur sebagai destinasi wisata spiritual dunia dapat berwujud nyata. Bukan sekedar wacana belaka.  (Red)

Pemdes Kaduhejo - Pulosari Telah Merealisasikan BLT DD Triwulan ll Tahun 2023



Kontakpublik.id,PANDEGLANG -
Pemerintah Desa (Pemdes) Kaduhejo Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang, Propinsi Banten, telah melaksanakan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa
(BLT DD) Triwulan ll Tahun 2023 di Kantor Desa Kaduhejo, selasa (27/6/2023). Sebanyak 35 keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima uang tunai sejumlah Rp. 900.000 untuk 3 bulan yaitu April,Mei dan Juni tahun 2023.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Pemerintahan Desa (Pemdes)Kaduhejo,turut hadir dalam Penyaluran BLT-DD Triwulan ll, Enjen Kepala Desa Kaduhejo,Aipda Didin Imanudin S.H Kanit Intelkam Polsek Pulosari,Epul Pendamping Desa,Hudori BPD,Perangkat Desa Kaduhejo,dan para KPM penerima BLT.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangungan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2023 yang isinya yaitu Pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa bagi keluarga miskin ekstrem merupakan amanat dari Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2022 tentang Pecepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem. Besaran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dialokasikan minimal 10%  dan maksimal 25% (persen) dari total pagu Dana Desa Setiap Desa. Dan Desa Kaduhejo  mengalokasikan senilai Rp. 126.000.000,- untuk BLT DD tahun 2023.

Kriteria Penerima BLT DD diantaranya keluarga miskin ektrem, keluarga yang terdapat anggota keluarga rentan sakit menahun/kronis, keluarga dengan anggota rumah tangga tunggal dan lanjut usia,

“Yang mendapatkan BLT DD Tahun 2023 ini adalah warga miskin yang belum tercover bantuan dari pemerintah seperti PKH dan BPNT. Harapannya dengan adanya BLT DD yang kita bagikan hari ini dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat kurang mampu” lanjut Enjen,

Harapannya uang tunai yang diterima oleh masyarakat untuk  dipergunakan memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari serta dapat membantu meringankan ekonomi masyarakat apalagi besok lusa menjelang Idul Adha,pergunakan bantuan ini sebaik mungkin,

Kepada masyarakat penerima bantuan, gunakanlah bantuan ini sebaik-baiknya. Pergunakan untuk keperluan pokok saja,Jangan sampai disalah gunakan, sebab kita harus bersyukur karena Pemerintah masih sangat memperhatikan kita,” ucap Enjen.

Disamping itu, salah satu penerima bantuan langsung tunai BLT DD Desa Kaduhejo, pada kesempatan setelah menerima bantuan tersebut, menyampaikan ucapan terima kasih terutama kepada pihak Pemerintah Desa yang telah memberikan bantuan hususnya kepada Kepala Desa Kaduhejo,uang bantuan ini akan kami pergunakan sebaik mungkin.ujarnya. (Do)


Senin, 26 Juni 2023

Jacob Ereste : Aspirasi Mengusung Kembali Tema Islamophobia Dalam Perayaan Menjelang Lima Abad Usia Kota Jakarta



Kontakpublik.id,JAKARTA - Semarak Aspirasi pada HUT Jakarta ke-496 kini memiliki beragam suku dan etnis serta berbagai agama sehingga mengukuhkan Jakarta mempunyai identitas kota Metropolitan dengan gaya hidup masyarakatnya yang modern. Demikian ungkap Bunda Wati Imhar Burhanudin, selaku Ketua Aspirasi yang menjadi motor utama Aktivis Emak-emak dari berbagai usia yang tergabung bersama dalam organisasi kaum perempuan yang terbilang militan ini.

Aspirasi sendiri sebagai organisasi sosial tidak cuma mengkritisi kebijakan pemerintah, tapi juga mengembangkan usaha ekonomi bersama masyarakat. Seperti tampilannya kali ini, 25 Juni 2023 yang dikaitkan dengan acara peringatan hari jadi kota Jakarta yang bermula dari sebutan Jayakarta itu, konon diunduh dari nama Dewanggari atas pemberian masyarakat Demak dan Cirebon ketika berada dibawah komando Fatahillah atau yang acap disebut juga dengan nama Faletehan ketika berhasil menduduki Sunda Kelapa pada 22 Juni 1527 dari cengkeraman bangsa Portugis. Tapi jauh sebelumnya, perjalanan sejarah kota Jakarta telah mengalami beberapa pergantian nama. Mulai dari Sunda Kelapa 1397-1527, hingga Jayakarta pada 1527-1619 lalu menjadi Batavia pada 1619-1942 kemudian resmi disebut Jakarta pada tahun 1942 sampai sekarang.

Konon ceritanya, pada tahun 2024 status Jakarta sebagai Ibu Kota Negara kelak akan diboyong ke Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Hingga yang tersisa mungkin hanya tinggal sebutan untuk Ibuku Kota DKI Jakarta saja.

Sebagai kota Metropolitan yang terbilang sangat pesat perkembangannya, bisa dipahami bila Jakarta mempunyai banyak potensi yang berasal dari daerah yang tumplek-pek semua di Jakarta. Mulai dari manusia yang cerdas dan pintar, pengusaha yang kuat dan hebat di daerah, semua menjadikan Jakarta sebagai tumpuan utama. Maklumlah, semua petinggi di Republik ini adanya juga hanya di Jakarta.

Kalau pun Jakarta dapat dikata sebagai salah satu kota Melting pot -- pusat meleburnya berbagai jenis masyarakat yang berasal dari berbagai suku bangsa dan ras dan beragam etnis dengan wujud serta keberagaman agama, maka phobia terhadap perbedaan agama, suku, ras, etnis dan kebangsaan tidaklah wajar masih terus terjadi sampai hari ini.

Setidaknya, tema sampiran yang dibawa Aspirasi Emak-emak pada perayaan HUT Jakarta ke-496 tahun ini adalah "15 Maret 2022 menjadi hari anti Islamophobia dunia dapat segera dijadikan hari libur nasional bagi Indonesia. Dasar pijakannya adalah resolusi PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa, United Nation) pada 15 Maret 2022 yang telah menjadikan tonggak sejarah "Hari Internasional Melawan Islamofobia". Sehingga Jakarta bisa diharap menjadi kota yang lebih ramah dan damai bagi pemeluk agama di Indonesia. Atau yang lebih populer disebut The Internasional Day to Combat Islamophobia", tandas Wati Imhar Burhanudin saat memandu kegiatan peserta pawai, jalan sehat, senam, fashion show dan acara baca puisi serta do'a bersama untuk Babe Riduan Saidi, tokoh masyarakat Betawi, yang gigih memperjuangkan Islamophobia di Indonesia semasa hidupnya bersama Aspirasi. Dan acara Car Free Day disepanjang jalan Thamrin hingga ujung Sudirman, Minggu pagi, 25 Juni 2023.

Begitulah acara Aspirasi dalam perayaan HUT Kota Jakarta ke-496 yang diisi dengan beragam kegiatan bersama 1000 Emak-emak dan 1000 pemuda Jakarta.

Ketua Panitia, Kartini Wulandari didampingi oleh Jatiningsih selaku Penasehat Aspirasi memandu anggota panitia, Dedy Mahe, Santi Mia Sipan, Nina, Jeanny, Engna, Diah, Nuning, Nesia, Yanti Bintara, Nia, Indah, Arma, Imey, Linda, Dr. Jovial, Marlina, Ain, Murni, Woelan, Fransisca, Tris, Hetty, Purwa, Naysaroh, Riya', Bagus Mulyono, Ida Saidah, Madi Ramadi, Arman, Sambil, Ratna, Zurai, Hadi dan Ja'far serta Riya. Diharapkan dari acara Aspirasi yang kedua kali ini -- setelah aksi pertama Islamophobia dari Aspirasi pada 15Maret 2022 silam -- kali ini kembali digaungkan upaya memperjuangkan Islamophobia agar setiap tanggal 15 Maret menjadi Hari Libur Nasional yang resmi di Indonesia, imbuh Jatiningsih dalam sambutan resminya di Panggung Terbuka Taman Sumenep, Jakarta
(Red)




Dinas Pertanian Gelar Gerakan Pangan Murah



kontakpublik.id, PANDEGLANG-Pemeritah Kabupaten Pandeglang, melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, menggelar gerakan pangan murah (GPM) dan Gelar Pasar Tani di samping Kantor Dinas Pertanian tepatnya di Pasar Hebeul Kecamatan Pandeglang, Provinsi Banten, pada Senin, (26-06-2023).

Ini salah satu upaya menertibkan harga kebutuhan sehari-hari , GPM ini, upaya Pemerintah menanggapi masalah dan tantangan pembangunan ketahanan pangan terutama memastikan kebutuhan pangan tersedia dalam jumlah yang cukup dan dengan harga yang terjangkau oleh Masyarakat .

Acara dibuka oleh Staf ahli Setda Pandeglang, Hasan, didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Dr. Nasir, Sp, MBA, MP.

Informasi yang dihimpun Media ini, ada Pasar Tani juga,  ini ajang pemasaran produk pertanian langsung dari petani atau gabungan kelompok tani , pasar petani ini dapat memutus mata rantai penjualan menjual produk segar dan olahan, buah-buah maupun sayuran berkualitas, dengan harga Kompetitif dan bersaing skala pasar retail maupun Modern.


Warga Pandeglang dan sekitarnya semangat antusias menyerbu Stand kebutuhan Pokok karena harganya terjangkau, di antaranya sembilan bahan pokok dan hasil pertanian.

Nampak terlihat distand-stand dijual sejumlah-sayuran seperti , cabe rawit, cabe merah, bawang putih, bawang merah dan sayuran segar lainnya termasuk ubi-ubian.

Saat ditemui diruang Kerjanya, Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan pada  Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan Kabupaten Pandeglang, Sofiyah, S.TP., MA. sampaikan , bahwa Gerakan Pangan Murah ini dilakukan secara Nasional , serentak dilakukan di 341 titik  Lokasi, di 34 Provinsi .

Jadi ini secara Nasional salah satunya untuk meningkatkan daya beli Masyarakat terhadap bahan pangan pokok, salah satunya biar terjangkau juga ketersediaan pasokan harga pangan , apalagi menjelang Idul Adha atau di hari-hari besar kita dari Dinas Pertanian biasa lakukan. Ujarnya (Rudi Suhaemat)

Minggu, 25 Juni 2023

Bismillah Dan Al-Qur'an Isyarat, Berdamai Dengan Sunyi



Kontakpublik.id,JAKARTA - Acara Bedah Buku dan Diskusi, tempat di Islamic Center Bekasi pada (21-06-2023) Isyarat,  Alquran Bahasa Isyarat belum lama ditashih Kementrian Agama (KEMENAG) RI. 

Kerinduan sekian 
lama kaum disabilitas rungu mulai terobati. Sampai kini terus dimasyarakatkan. 
Prestasi pencetakan Alquran Isyarat menjadi momen pengobat kerinduannya. 

Perjuangan itu 
bentukan Kementrian Agama RI melalui (Lembaga Pentashihan Mushaf Alquran) LPMQ, berjibaku 
menetapkan bagaimana mengisayaratkan kosa kata dalam Alquran.

Isyarat inilah kemudian 
ditashih dan ditetapkan. 
Ada sosok luar biasa dibalik prestasi Alquran Isyarat ini. Dialah Amatullah Basiimah. Sosok remaja 
tunarungu yang dengan prestasinya dilibatkan dalam pentashihan. 

Sosok inilah yang kemudian ditulis dalam Buku "Berdamai dengan Sunyi". Satu keadaan yang oleh 
kebanyakan orang dianggap sebagai kekurangan, namun oleh Basiimah menjadi justru kekuatan 
dalam berkolaborasi dengan Alquran. 
Buku Amatullah Basiimah Berdamai dengan Sunyi ini mengupas perjuangan sosok pejuang 
disabilitas. 

Perjalanan yang penuh liku dan tantangan, sejak kecil sampai remaja dan bahkan 
sampai Basiimah menikah. 
Buku yang bisa menjadi pendamping para orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. 

Mungkin sama, saat awal orangtua mengetahui anaknya memiliki kekurangan. Down. Menyesali. 
Atau juga berjuangan semaksimal mungkin.

Tapi, Basiimah? Orangtuanya, berhasil melampaui 
penyesalan dan mengubahnya dengan rasa syukur. Apa dan bagaimananya, ada di buku ini. Orangtuanya bisa mendampingi anak dengan disabilitas tuli dan meraih prestasi gemilang, kata 
H. Amin Idris, ketua selaku Panitia Bedah Buku.

Acara bedah buku ini menampilkan testi moni Amatullah Basiimah, yang juga pemaparan perjalan dan 
perjuangannya oleh Nur Indah Harahap S Kom, SSi yang juga ibundanya. Kemudian memaprkan 
triger perjuangan oleh pakar Lisnani SukaidawaÆŸ , MSi, S Sos, AMD Kes, CFC, FOCCT, NNLP.
nara hubung: 
Amin Idris: (+62 858-8084-8860) (Red)

Sabtu, 24 Juni 2023

Jacob Ereste : Candi Brobudur Idealnya Menjadi Pusat Ziarah Spiritual Bangsa-bangsa Dunia



Kontakpublik.id,JAKARTA -
Acara diskusi terkait dengan perayaan Trisuci Waisak 2566 BE yang bertema  Peningkatan  Candi Brobudur pada stakeholder di Jawa Tengah, hari Sabtu, 3 Juni  2023. Tampil sebagai pembicara KH. Achmad Labib SE., tokoh Nahdatul Ulama, Jawa Tengah, Dr. Nyana Suryandi Mahathera, dari Sekolah Tinggi Agama Budha Smaratungga, Boyolali, Jawa Tengah, Banthe Dammasubho Mahathera, pembina Sangha Theravada Indonesia yang juga dikenal Rumah Intelektual Religius Beriman, berlokasi di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Hadir juga Wali Spiritual Indonesia, Sri Eko Sriyanto Galgendu selaku pendamping para Bhikku bersama sahabat dan kerabat GMRI (Gerakan Moral Rekonsiliasi Indonesia), Joyo Yudhantoro, Wowok Prastowo dan kawan-kawan Pewarna (Persatuan Wartawan Nasrani) Indonesia dari Jakarta.

Achmad Labib yang juga aktif sebagai motor penggerak Jamaah Kodariyah (Kopi Darat) memapar tiga pokok utama dalam penataan persaudaraan berdasarkan ikatan kesamaan agama, kesatuan bangsa dan atas dasar rasa kemanusiaan (Basyariah). Karena itu, hakikat persaudaraan adalah sebuah  keniscayaan, tandas tokoh NU yang juga dikenal luas sebagai aktivis penggerak sosial kemasyarakatan  di kawasan Candi Brobudur hingga Jawa Tengah  sekitarnya.
 
Banthe Dammasubho Mahathera yang mengaku sebagai cendekiawan, bukan ilmuwan, menandaskan bila agama apapun namanya tak bisa dibanding-bandinkan, karena yang ideal agama itu hanya bisa disandingkan, agak dapat memberi manfaat bagi orang banyak dan tidak menimbulkan masalah bagi orang lain.

Atas dasar itulah Banthe percaya bahwa spiritual itu berada satu digit diatas saintis, tandasnya.

Adapun cara untuk mengatasi sikap radikal yang acap diresahkan oleh berbagai kalangan, menurut Banthe Dammasubho Mahathera yang selalu tampil dengan gayanya yang kocak dan jenaka, dapat diatasi dengan jalan tengah. Seperti dalam hakekat berpuasa untuk melatih ketahanan diri dengan seimbang. Tidak terlalu memanjakan dan tidak pula dengan cara menyiksa. Begitukah sikap moderasi. Dengan gaya bicaranya yang kocak dan jenaka, Banthe Dammasubho Mahathera tegas membedakan istilah kesetaraan tidak sama -- atau lebih elegan dari istilah toleran.

Menurut Sri Eko Sriyanto Galgendu, Candi Brobudur sangat meyakinkan jika Candi Brobudur itu  sebagai Mahkota dari Prabu Smaratungga,  yang menandai masa kejayaan suku bangsa Nusantara pada abad ke-7 karena nilai-nilai spiritual yang melekat di dalamnya sangat sakral. Maka itu akan menjadi sangat ideal bila Candi Brobudur dapat dikukuhkan sebagai tempat ziarah spiritual dan pusat ibadah agama Buddha.

Pada masa kejayaannya Sriwijaya, pusat pendidikan yang bernama Smaratungga, menandai juga kedahsyatan budaya bangsa Nusantara seperti Candi Brobudur yang merupakan karya seni budaya anak bangsa yang sangat luar biasa.

Karya besar anak bangsa Nusantara seperti Brobudur menandai betapa dakhsyat budaya suku bangsa Indonesia yang pernah ditandai oleh kuatnya budaya Hindu dan Budha seperti kemegahan Candi Brobudur sebagai karya anak bangsa.

Karenanya, Candi Brobudur pantas untuk dijadikan  pusat ziarah spiritual, bukan cuma sekedar obyek wisata budaya religius semata. Diskusi yang dipandu oleh Mister Pho alias  Ponijan Liau ini mulai pukul 16.00 ini berakhir hingga menjelang sholat magrib dengan kesepakatan untuk menata kawasan Candi yang dibangun oleh Raja Smaratungga dari dinasti Syailendra sebagai pusat ziarah spiritual bagi bangsa-bangsa di dunia.

Usai acara makan malam, Tim GMRI dan sahabat serta kerabat dari Posko Negarawan berkenan ramah tamah khusus dengan Sekretaris Jendral Walubi, Banthe Kanit Sannano Mahathera. 

Dan sebelum mengikuti semua acara tersebut, GMRI dan sahabat serta kerabat dari Posko Negarawan melakukan ziarah ke makam Pangeran Joyo Lengkoro yang dipandu langsung RM. Budiono Setyonegoro dan Joyo Yudhantoro di Desa Begelen, Purworejo. (Red)

MTs Dan MA Rouddhotul Iman Gelar Acara Perpisahan



kontakpublik.id, PANDEGLANG-Semarak  perpisahan Siswa/Siswi yang digelar di Lingkungan Yayasan Roudhotul iman dari jam 08.WIB sampai dengan selesai , menampilkan segala hasil pembelajaran di sekolah  dengan tahpiz Quran  , tarian ,pidato dan lainnya  

Persembahan  siswa siswi Mts  Roudhotul Iman menunjukan keberhasilan dalam belajar menimba ilmu di yayasan Roudotul Iman,   Acara ini dihadiri dari berbagai kalangan .

Turut mensukseskan acara tersebut  di Desa Mekarsari , Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang, Provinsi banten , tepat pada, sabtu (24-06-2023).

Ujang abdulloh  SPd.i, MM. selaku Kepala Sekolah MA Roudhotul Iman, Ciseukeut  Panimbang Dalam sambutannya 
 “Mengucapkan terima kasih kepada bapak, ibu Wali Murid yang hadir dan kepada seluruh tamu undangan  dan kepada ketua pengurus Pondok Pesantren yayasan Roudhotul Iman yang telah hadir turut mensukseskan acara Perpisahan.Murid yang kami didik baik kelas MTs maupun MA ”


Dikesempatan ini,  dalam ruang lingkup belajar di yayasan yang kami bina ada beberapa ke unggulan dalam Dunia Pendidikan   untuk masa depan putra putri kita  memiliki masadepan yang gemilang , anak kita dididik  bukan hanya pendidikan umum saja  disini sekaligus  mondok atau mesantren dan kami bertujuan mencetak akhlak putra putri Bangsa yang karimah sebagai tambah ilmu bagi anak kita ,

Kelak dimasa jangka panjang, kami ajarkan agar anak kita memiliki ahklak yang lebih baik lagi  kami memberi pelajaran yang cukup kepada anak didik .

Kepada seluruh Wali Siswa agar tidak ragu lagi untuk menyekolahkan anak ke Madrasah Tsanawiyah Suasta yang ada di ciseukeut ini  Khususnya, di Roudhotul Iman, ditambahkan karena Madrasah Kami  memiliki kelebihan yaitu pelajaran keagamaan jauh lebih banyak jamnya dibandingkan dengan yang  lain  hanya dua dalam setiap minggunya.

Ucapan terima kasih juga, disampaikan oleh  Edi Sopandi SPd.i , selaku kepala MTs Roudhotul iman  yang sudah membina, Kami mengucapkan selamat dan terima kasih kepada bapak ibu Wali Murid yang telah hadir dalam acara tahun ini ,  

Atas terselenggaranya  acara yang penuh berkah ini , Semoga kelak ilmu yang didapatkan bisa berguna bagi agama, Nusa dan bangsa”. tutupnya. (Nasrullah)

Jumat, 23 Juni 2023

Wali Siswa Antusias di Acara Kelulusan SDN CISEUREUHEUN 2 Cigeulis



kontakpublik.id, PANDEGLANG-  Kekompakan pihak sekolah dan Wali Siswa di SDN Ciseureuheun 2, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten,  sangat antusias  di acara Kelulusan siswa dan kenaikan kelas Di tahun ajaran 2023/2024 diapresiasi banyak Kalangan.

Turut hadir tokoh Masyarakat, Pemuda, serta sekmat, Kepala Desa beserta  jajaran.
Hadir juga jajaran guru dan wali siswa dalam acara kelulusan yang digelar di halaman sekolah pada sabtu, (24-06-3023) 


Disela-sela acara, Sumyati SPd, selaku Kepala Sekolah mengatakan alhamdulilah acara kali ini ada per bedaan, ini sangat antusias  para Masyarakat hususnya para Wali murid penuh suport sehingga acara tahun ini berbeda dengan tahun yang lalu, 

Kami tampilkan putra-putri dalam kreasi Seni  agar pengembangan dirinya tercipta dari dini , alhamdulilah pada tahun ini lulusan ada 21 siswa siswi  dengan masing masing memiliki ptestasi baik Rata rata  dan kami harap melanjutkan ke jenjang berikutnya sebagai mana yang sudah di dukung oleh pemerintah mengenai dunia pendidikan bagi seluruh putra putri kita. 

Ditempat yang sama, Hasan. SIP. Selaku kepala Desa Ciseureuheun dalam sambutannya  menyampaikan poin dan peran kelangsungan pendidikan di sekitar Wilayah kita hususnya 
Pendidikan adalah suatu peran penting dalam kehidupan baik formal atau nonformal 

kita selaku orang tua atau masyarakat  sangat berperan penting dalam menunjang dunia pendidikan , karna pemerintah sudah menyediakan pasilitas gedung sekolah kita sebagai masyarkat mari dorong anak kita untuk bersekolah karna  serta menjaga pasilitas yang ada 

Jadi selanjutnya di rumah setelah pulang sekolah anak kita harus selalu di bimbing untuk terus belajar agar  anak kita   melangkah Pasti Menuju Masa Depan Yang Gemilang, berbekal pendidikan yang cukup. (Nasrullah)

Jacob Ereste : Menilik Pemimpin Nasional Yang Ideal



Kontakpublik.id,Jakarta - 
Kalangan sastrawan berkata, sastra profetik adalah sastra yang berjiwa transendental dan sufistik. Lantaran sastra profetik beranjak dari nilai tauhid dan semangat keterlibatan dalam upaya meluruskan sejarah manusia menuju Tuhan dengan semangat kenabian.

Agama sebagai basis dari tata negara sekaligus tata berbangsa, karena agama (agama apapun namanya) mampu menghantar kehidupan yang harmoni dan damai, adil, makmur dan saling percaya antara yang satu dengan yang lain tanpa kecurigaan. Sehingga semangat etik profetik atau tatanan nilai ajaran dan tuntunan para Nabi dapat terjaga serta selalu menjadi pegangan.

Bhineka Tunggal Ika sebagai penopang utama Pancasila -- baik sebagai falsafah bangsa maupun ideologi negara Indonesia -- betapa pentingnya agama sebagai penuntun manusia untuk senantiasa dekat dengan Tuhan. Sehingga rasa takut untuk berbuat bohong, menipu, ingkar janji bahkan khianat pada sumpah dan janji yang telah diikrarkan saat menerima amanah dan jabatan yang harus diemban dan diperjuangkannya itu tidak boleh diingkari dan diabaikan. Dalam konteks ini agaknya, pengertian dan pemahaman bahwa janji itu adalah hutang menjadi sangat relevan.

Memisahkan agama dari tata kelola negara dan bangsa -- apalagi cuma sekedar politik, ekonomi dan budaya -- akan terkesan hampa, seperti padi tanpa isi. Atau semacam manusia yang tidak punya ruh dan jiwa, sehingga tidak ubah semacam boneka mainan belaka.

Wayang saja yang sedemikian kuat diberi ruh dan jiwa dengan segenap wataknya yang khas masing-masing itu, tetap saja berada dibawah kendali sang dalang yang juga memiliki sikap dan sifat serta watak bawaannya. Apalagi hendak menunjuk satu figur pemimpin yang ideal untuk menjadi panutan banyak orang.

Jadi sosok pemimpin yang ideal itu, bukan cuma sekedar mampu menjadi tauladan, tapi juga memberi semangat dan motivasi serta jalan menuju kesejahteraan yang berkeadilan.

Dalam terminologi Islam, sosok seorang pemimpin itu harus amanah, Siddiq, tablig dan fathonah. Sehat jasmani dan rohani, tidak cacat fisik maupun mental, memiliki rasa solidaritas yang kuat. Murah hati dan ringan tangan untuk menolong siapa saja yang sedang mengalami kesusahan maupun kesulitan.

Bahkan ada diantara cerdik pandai kita yang mengatakan proses memilih pemimpin itu adalah bagian dari urusan dunia dan juga urusan akhirat. Sebab urusan dunia akan sangat menentukan masalah kelak diakherat yang akan dihadapi setiap manusia. Maka itu konsepsi dari makna rahmatan lil alamin dapat dijadikan penakar terhadap sosok seorang pemimpin yang ideal itu, pembawa Rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh makhluk serta kebaikan untuk jagat raya dan seisi bumi lainnya. Seperti pemahaman kepercayaan Sunda Wiwitan yang berpusat pada Tuhan, Manusia dan Alam.

Di dalam konsepsi rahmatan lil alamin itu jelas tersirat konsep perdamaian,  persaudaraan, toleransi serta tatanan yang harmoni seperti dilukiskan oleh penyair besar Indonesia, Wahyu Sulaiman Rendra, langit di dalam dan langit di luar bersatu dalam jiwa. Jika pun dapat dipadankan dengan pemaknaan  "manunggaling Kawulo lan Gusti itu", itu semua bisalah dipamahi sebagai bentuk tak berjaraknya manusia dengan Tuhan.

Karena itu sungguh akan menjadi sangat sulit untuk dipahami bila hendak menilik sosok pemimpin yang ideal tidak dari perspektif agama. Sebab dasar dari etik profetik itu sendiri  adalah titipan Tuhan yang dibawa Nabi untuk kesempurnaan manusia mengurus bumi untuk menjadi syarat layak atau tidak mencercap segenap nikmat diakherat kelak. (Red)

Monyet liar Seperti Kelaparan, WLPLH dan Muspika Beri makanan



kontakpublik.id,PANDEGLANG-Bukan rahasia Umum lagi Hewan  monyet  salah satu hewan paling cerdas di bumi ini , selama berabad-abad para ilmuwan telah menggunakannya untuk penelitian dan eksperimen, karena kecerdasannya yang tinggi dan kemampuannya untuk mempelajari tugas-tugas baru dengan cepat dan super aktif dimanapun brada.

 Untuk mempertahankan hidup , monyet menyukai makanan seperti kacang-kacangan, buah-buahan dan biji-bijian. Selama makanannya tercukupi tentu akan bertahan dibagian Wilayahnya .

Namun belakangan ini Geger Kawanan monyet liar di Pulau popole seperti kelaparan, diwaktu pesisir pantai sedang surut menyebrang masuk ke Desa-Desa yang berdekatan dengan Pulau.

Menyoroti hal itu,
Warga Kecamatan Labuan yang tergabung pada Alliannsi Warga Labuan Peduli Lingkungan dan Hewan (WLPLH) bersama Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Labuan lakukan aksi peduli lingkungan dan memberi makanan kepada hewan yang ada di Pulau Popole, Labuan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, pada Kemarin Sore , Jum'at (23/06/23) 

Informasi dari sejumlah Warga , terutama yang berdomisili di pesisir pantai seperti Warga Desa Caringin, Teluk, Labuan, Cigondang, Sukamaju Kecamatan Labuan dan sebagian warga Desa Margasana dengan Desa Margagiri Kecamatan Pagelaran, diduga ratusan monyet liar kelaparan di pulau Popole ini 

Saat  air laut surut , monyet liar nampak seperti kelaparan, ada juga yang menyebrang ke sekitar Desa-desa" demikian ungkap Mahdi selaku koordinator WLPLH, di hadapan Awak Media.

Untuk itu kita dari Aliansi WLPLH berinisiatif bersama Muspika Labuan dan dibantu pihak SAHBANDAR, kantor Pos Labuan juga UPT DKP diberikan bantuan sekedar ongkos penyebrangan dengan menggunakan perahu, termasuk Relawan lainya yang memberikan sumbangsihnya untuk pakan atau buah buahan yang membantu beri makanan hewan tersebut.

Selain koordinator WLPLH, pihak Muspika yang turut ikut menyebrang ke pulau Popole itu dikonfirmasi hari Jum'at itu kita giatkan kegiatan sosial yang diantaranya menyebrang ke pulau Popole ini untuk memberikan makanan berupa buah buahan untuk hewan monyet. 

Menurut Camat Labuan, Ace Jarnuji, Sebelumnya lebih dari satu minggu kita Estafet ke seluruh Desa-Desa bergilir yang ada di Kecamatan Labuan, untuk melakukan Gotong royong dan hari jumat pagi kita dari muspika setempat dilabuan bersama pihak Polsek, Koramil dan relawan lainnya mendatangi rumah Ibu Pariah yang terkena musibah kebakaran rumahnya di Desa Cigondang. Katanya

"Ya di hari Jum'at berkah ini lumayan padat juga kita bergerak untuk kegiatan-kegiatan sosial, dan saat ini kita di Pulau Popole memberikan sejumlah peti dan karung berisikan buah-buahan untuk makanan hewan monyet, tentunya itu juga mahluk ciptaan Allah SWT yang patut kita jaga dan kita pelihara.

Hal yang sama dilontarkan Inf Mane selaku Danramil 0110 / Labuan, Bagusnya lagi giat seperti ini harus sering dijadwalkan, dan saya berharap pegiat pegiat sosial lainnya turut ikut turun tangan membantu, agar keberlangsungan habitat hewan monyet di Pulau Popole ini terpelihara dengan baik dan tidak liar kelaparan.

Kami berharap, Mudah-mudahan ada investor yang tertarik juga untuk pengembangan pulau ini atau ada pihak pemerintah terkait seperti Dinas Pariwisata, Dinas Kehutanan, DLH, DP Pandeglang  bisa turun langsung memberikan giat giat yang penuh inspiratif untuk pulau ini, karena menurut kami potensinya sangat luar biasa jika dikembangkan. (rudi bako/WB)

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pandeglang Menggelar Aksi Demonstrasi di Kejaksaan Tinggi (KEJATI) Banten.



Kontakpublik.id,Pandeglang - HMI Cabang Pandeglang lakukan Aksi di Kejati Banten, bersama masyarakat pemuda, yang tergabung dalam himpunan yang di selenggarakanan di Depan kantor kejaksaan Tinggi Banten,pada pukul 13:00-16.00 wib Jum'at (23/06/2023)

"Setelah beberpa kali melakukukan tahapan dalam upaya menghimpun sumber informasi baik audiensi hingga dengan diskusi dengan beberapa intansi terkait, baik Bapenda Provinsi Banten Dan Kejati Banten serta pihak-pihak lainya dalam perkara tindak pidana korupsi, "

"Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menyampaikan beberpa perkara tindak pidana korupsi yang menggurita di provinsi Banten yang di duga di peti Es- kan oleh aparat penegak hukum (kejati) Banten"

Entis Sumantri Ketua Umum HMI Cabang Pandeglang menyampaikan, bahwasanya sejalan dengan tujuan HMI yaitu Terbinanya Insan Akademis,Pencipta Pengabdi yang bernafaskan Isalam dan bertanggunjawab atas terwujudnya masyarakat adil dan makmur yang diridoi Allah SWT” senantiasa berikhtiar dalam rangka menegakan supermasi Hukum dan mengupayakan keadilan ditengah-tengah masyarakat, penanganan perkara tindak pidana Korupsi yang dilakukan oleh Kejati Banten masih tembang pilih bahkan tidak menyentuh pihak-pihak yang seharusnya paling bertanggungjawab dalam perkara tersebut." Ujarnya

Masih ketua Umum,bahwa penanganan  yang dilakukan hanya sebatas pencitraan semata dengan meviralkan pemberitaan dimedia, namun hasil kerjanya minim prestasi. Kita bisa liat Hasil peninjaunan perkara Tindak Korupsi  Pengadaan Lahan Samsat Malingping tahun 2016 dan 2019, itu terdapat pelaku tindak pidana korupsi tunggal sama hal dengan perkara Hibah Ponpes TA. 2018 dan TA.2020 hanya berhasil menyelamatkan Rp.8.000.000,00 nilainya sangat kecil dan tidak sebanding dengan jumlah yang harus dikeluarkan negara untuk membiayai penanganan perkara tersebut."

Bahwasanya dalam pengadaan lahan samsat tahun 2016, adanya ke mangkrakan sehingga dapat menghamburkan anggaran negara dan itu tidak adanya penindakan yang jelas dari intansi terkait dan kejati Banten, sehingga berdampak pada pengadaan lahan tahun 2019, yang diduga terjadinya tindak pidana korupsi tunggal, "ungkapnya 


Panji tirmijdi Korlap Aksi himpunan mahasiswa islam mengatakan, Banten darurat bagaimana persoalan tindak pidana korupsi yang menggurita  di setiap kabupaten/kota di provinsi Banten ini, yang menjadi kajian kami dan amat diherankan persoalan korupsi itu hal yang sudah terstruktruk, masif dan sistematis, jika telah terjadinya pelaku korupsi tunggal itu tidak rasional di mata kami selaku agent social control,"

Lanjut panji, persoalan Hibah Ponpes persoalan pengadaan lahan samsat serta persoalan korupsi  lainya di provinsi banten ini harus dapat tertuntaskan jangan sampai hanya menjadi slogan Semata banten bersih eh ternyata hanya "katanya" terlagi amat miris apabila aprat penegakan hukum (kejati Banten) itu sendiri tak sejalan dan selaran dengan cita-cita bangsa ini, "

Segara usut tuntas persoalan-persoalan korupsi di provinsi Banten terlagi persoalan korupsi yang di tangani oleh kejaksaan Tinggi Banten, dan tangkap adili segera aktor- aktor intelektual dan pelaku utama perkara tindak pidana korupsi yang menggurita di Banten." Ujar Panji Korlap Aksi.

Kami akan kawal persoalan ini hingga tuntas sehingga pelaku utama dan aktor-aktor intelektual perkara tindak Pidana korupsi baik pihak pemerintah kabupaten/kota dan Pemerintah Daerah Provinsi Banten yang menggurita terselesaikan, dan kami akan lanjut dengan Aksi yang lebih besar dengan semua elemen masyarakat, pemuda, mahasiswa ke kejaksaan Agung (kejagung RI)  komisi pemberantasan korupsi (KPK RI) Markas Markas Besar Polisi Republik Indonesesia (Mabes Polri).. Tutup HMI.  (Red)

Rumah Pariah Habis Dilalap Si "Jago Merah" Sekmat Labuan Serahkan Bantuan



kontakpublik.id, PANDEGLANG-Kemarin pagi rumah nenek Pariah (70), Warga Kalang Sari, Rt 004/007, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten , habis dilalap si "jago merah" yang membara dengan sangat ganas akhirnya tidak bisa dijinakkan, nyala api besar pada tempat yang tidak dihendaki sukar dikendalikan, kejadian tersebut tepat pada pukul 02:30 , Jum'at (23-06-2023)

Dampaknya, terihat kerugian harta benda , stagnasi atau terhentinya usaha, terhambatnya perekonomian menjadi macet, untungnya tidak ada korban jiwa dalam kebakaran rumah itu. Informasi yang dihimpun Media ini dari Warga, diduga terjadi kebakaran rumah disebabkan oleh beberapa hal, seperti penggunaan kabel yang Sudah usang atau lapisan pembungkus kabel rusak hingga menyebabkan konsleting listrik .

Pariah pemilik rumah,
saat kejadian itu sedang tidur, dibagunkan oleh cucunya sambil berteriak "ibu panas- ibu panas" setelah dilihat ternyata atap belakang rumah sudah terbakar, sepontan saja Oman selaku anak korban mendobrak pintu belakang dan langsung menyelamatkan ibu dan cucunya.


Janda Pariah Hanya membawa baju di badan lalu
Pihak Kecamatan langsung Koordinasi dengan pihak Puskesmas dan PLN Labuan , korban musibah di Evakuasi ke rumah anaknya bernama Oman dan dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa.

Kerugian ditaksir sekitar Rp.50 Jutaan. Rumah rusak atas nama ke 1. Pariah seorang Janda (rusak berat/Rata dengan Tanah)
Jumlah jiwa 1 orang, ke 2 yaitu Oman (rusak ringan)
Jumlah jiwa 5 orang dengan Keterangan
Tanah Milik pribadi Pariah.

Sekmat Labuan Endang Sutamiharja, didampingi Kasikesos, Prangkat Desa Cigondang dan Kormin Dikbud, Langsung serahkan Bantuan Uang Tunai dari Bupati Pandeglang kepada Korban Kebakaran, termasuk Kasubag TU UPT Puskesmas Labuan turut serta,

Bantuan yang disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Dinas Sosial melalui Lumbung Sosial Kecamatan Labuan, diantaranya, Kasur lipat, makanan siap saji, selimut, makanan anak, sembako dan paket sandang. (Rudi Suhaemat)

Jacob Ereste : Pemimpin Yang Berbasis Spiritual Kuat Tidak Akan Khianat Pada Rakyat dan Umatnya



Kontakpublik.id,SERANG -
Kepemimpinan yang berbasis spiritual memang akan cenderung mengedepankan laku yang genuine dan substantif (isoterik), kata Alimuddin dari IAIN Palopo (Journal of Islamic Education Management, Oktober, 2019. Vol 4. No.2 Hal 159-170). Kepuasan dan kemenangan, ketika pelaku spiritual yang sejati adalah ketika  pemberdayaan  (empowerment), memampukan (enable) mencerahkan (enlighten) dan membebaskan (liberation) orang atau lembaga yang kemudian bisa merasakan hasilnya. Karena itu sikap memberi akan senantiasa diposisikan lebih mulia dari pada menerima pemberian dari orang lain.

Agaknya, itulah hakikat dari Idhul Qurban. Karena kemurnian dan kualitas kepribadian  semata-mata yang menjadi keridhoan Tuhan. Maka itu kontemplasi -- perenungan dan penghayatan -- perlu dilakukan secara terus.menerus dan berkala seperti saat melakukan ibadah wajib bagi kaum Muslimin yang taat.

Dasar pijakannya pun jika mengacu pada hadist Nabi, jelas disebutkan bahwa ; barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir (kiamat), hendaklah berkata yang baik atau diam. Atau, barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah meninggalkan apa-apa yang tiada berguna. Sebab hanya dengan begitu, laku spiritual bisa dilajukan dengan efisien dan efektif. Karena bagi seorang yang memiliki basis kepemimpinan spiritual waktu adalah spirit (Tuhan, roh, soul dan energi yang tidak boleh sia-sia).

Adapun cara kerja kepemimpinan spiritual yang efektif dan efisien yang tiada akhir itu tidak akan pernah membuat dirinya merasa lebih sibuk dan tidak juga membuatnya merasa repot untuk tetap memberi pertolongan bagi orang lain. Karena menolong itu merupakan bagian  dari ibadah yang wajib sifatnya dalam perintah Allah untuk selalu berbuat baik sesama manusia, tanpa memandang agama maupun asal serta derajat orang per orang. Karena kemuliaan manusia di hadapan Tuhan adalah seberapa besar manfaat dari peran dan kehadirannya untuk memberi manfaat sebanyak mungkin bagi orang lain.

Jadi, tipe seorang pemimpin yang berbasis spiritual pun tidak alergi terhadap gerak perubahan, sekali pun perubahan itu akan mengguncang posisi dan kekuasaannya. Sebab pemahaman terhadap kehadiran dirinya sebagai pemimpin memang untuk mendorong perubahan agar dapat terciptanya keadaan yang lebih baik dan lebih memberi kebahagiaan kepada orang  banyak. Dan perubahan itu sendiri dapat dipahami sebagai bagian dari sunnatullah (hukum alam) yang akan selalu sesuai dengan siklus perubahan. Maka itu, pemimpin yang memiliki basis spiritual yang otentik dan kuat akan sangat dihormati dan dikagumi, bukan ditakuti. Karena pemimpin yang berbasis spiritual akan senantiasa dekat dan berada di dalam hati rakyat.

Basis kesadaran spiritual seorang pemimpin yang memiliki kekuatan  arau karisma spiritual yang baik dan kuat, sangat paham  bahwa kehadiran dirinya karena adanya umat. Sebab tidak ada pemimpin, karena ada umat. Pemimpin berbasis spiritual sangat menyadari bahwa eksistensi dirinya bisa tampil karena memiliki umat atau pengikut yang banyak. Jadi, tidak mungkin akan ada sosok seorang pemimpin jika dia tidak memiliki umat. Dan kekuatan seorang pemimpin -- apapun nama dan bentuk -- akan mempunyai kekuatan yang setara dengan kekuatan umat yang memberikan dukungan maupun kekuatan kepada dirinya. Hingga sosok seorang pemimpin berbasis spiritual penuh cinta dan kasih, penuh perhatian serta serius dan ikhlas mengutamakan kepentingan, kenyamanan dan keamanan dalam wujud kedamaian, keadilan untuk kesejahteraan, bagi umat fan rakyatnya bukan hanya sebatas lahiriah, karena yang lebih penting adalah hal-hal yang lebih bersifat batiniah.

Dengan kata lain, pemimpin yang khianat pada umat atau rakyat itu dapat segera  dipastikan dia adalah pemimpin yang palsu. Bukan pemimpin yang boleh ditiru, apalagi hendak diberi dukungan. Karena yang lebih bagus dan pantas bagi pemimpin yang khianat dan zalim itu harus sesegera mungkin dapat dienyahkan.

Adapun ciri-ciri pemimpin yang yang tidak berbasis spiritual itu abai pada etik profetik, tidak  bermoral, dan berakhlak buruk. Maka itu pemimpin yang abai terhadap laku  dan pemahaman spiritual akan korup, ingkar janji, berbohong dan mengabaikan kepentingan bangsa dan negara dengan membiarkan bangsa asing mendikte dirinya membiarkan bangsa dan negara dijadikan korban. (Red)

Kamis, 22 Juni 2023

Pemdes Margagiri Kecamatan Pagelaran Merealisasikan BLT Tahap l Sebanyak 31 KPM



Kontakpublik.id,PANDEGLANG -
Pemerintah Desa Margagiri  Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pandeglang,Propinsi Banten, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap pertama atau Triwulan l tahun Anggaran 2023 sebanyak 31 KPM.

Dalam penyaluran BLT DD dihadiri langsung Kepala Desa Margagiri dan Turut hadir dalam acara penyaluran BLT DD disaksikan oleh pihak Muspika Kecamatan.


Dalam Penyaluran BLT tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Desa Margagiri Randhy Suharta kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), didampingi langsung oleh Aipda Rohman Saffendi Baninkamtibmas,Erna Widayat Babinmas,Sekmat Kecamat Pagelaran,Kasubag keuangan Kecamatan,Pendamping Desa,BPD,dan Perangkat Desa Margagiri.


Usai menyerahkan bantuan Kepala Desa Randhy Suharta mengatakan, Dirinya merasa bersyukur pada Hari ini Jum,at (23/06/2023) Desa Margagiri telah menyalurkan BLT DD tahap pertama atau triwulan l  selama 3 bulan yaitu bulan Januari, Februari dan Maret sebanyak 31 Keluarga penerima Manfaat, (KPM) menerima uang tunai sebanyak 900.000.


Sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangungan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2023 yang isinya yaitu Pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) bagi keluarga miskin ekstrem merupakan amanat dari Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2022 tentang Pecepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem. Besaran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dialokasikan maksimal 10% sampai 25% (persen) dari total pagu Dana Desa Setiap Desa. Di Desa  Margagiri mengalokasikan senilai Rp. 111.600.000,- untuk BLT DD tahun 2023.


Kami berpesan kepada keluarga penerima manfaat (KPM), semoga bantuan ini bermanfaat untuk kepentingan di rumah tangga. Mungkin bisa saja kalau yang mau usaha untuk dijadikan modal,bahkan untuk kebutuhan anak anak sekolah,intinya manfaatkan sebaik mungkin untuk kebutuhan ucap Rhandy.


Disamping itu, salah satu penerima bantuan langsung tunai BLT DD Desa Margagiri, setelah menerima bantuan tersebut, menyampaikan ucapan terima kasih terutama kepada pihak Pemerintah Desa yang telah memberikan bantuan hususnya kepada Kepala Desa,uang bantuan ini akan kami pergunakan sebaik mungkin sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pemerintah pusat,kabupaten bahkan Pemerintah Desa Margagiri, ujarnya. (Do)

Jacob Ereste : Keraton, Candi, Klenteng, Vihara dan Masjid Perlu Dikembangkan Menjadi Obyek Wisata Ziarah Spiritual



Kontakpublik.id,JAKARTA -
Kerajaan Mataram Kuno atau Mataram Hindu atau Kerajaan Medang awalnya bercorak Hindu-Budha berada di Jawa Tengah bagian Selatan pada abad ke-8. Lalu dua abad kemudian (pada abad ke-10) pindah ke Jawa Timur. Kerajaan Mataram Kuno yang pertama didirikan oleh  Raja Sanjaya di Ngayogyakarta Hadiningrat. Yang agak aneh, nama Sanjaya sendiri seperti tidak pernah diabadikan menjadi nama jalan, misalnya seperti jalan Sultan Agung atau nama Raja lainnya maupun tokoh yang pernah melegenda semasa Mataram Kuno, kecuali setelah Mataram bercorak Islam, Pangeran Senopati.

Pada masa itu, Kerajaan Mataram  kuno sempat menjadi lumbung padi yang enak, seperti yang bisa dinikmati sampai awal Indonesoa  merdeka dari daerah Kali Urang dan Klaten. Juga --  pada masa itu  banyak prasasti yang menandai masa kejayaan Mataram Kuno, seperti adanya bangunan indah dari Candi Songo, Candi Gedong dan Candi Brobudur, Cando Mendut, Candi Plaosan hingga Candi Prambanan. Sementara pada bagian lain ada juga Candi Ceto, Candi Sewu yang bisa menjadi bagian dari tempat ziarah dan upacars yang bersifat spiritual  hingga dapat memberi nilai tambah -- tak hanya sebatas nilai ekonomi dan nilai budaya semata bagi bangsa Indonesia di mata dunia, tetapi juga mempunyai nilai-nilai spiritual yang sakral, yang tidak mungkin bisa ditemukan di negara lain.  

Tiga dinasty dari Kerajaan Mataram Kuno adalah Dinasty Sanjaya, Syailendra (di Jawa Tengah) lalu Dinasty Isana,(di Jawa Timur). Pada masa awal pemerintahan Sanjaya, masih bercorak Hindu, namun setelah dinasti Syailendra bercorak Budha.

Kesemua dari Raja Mataram Kuno ini terkenal dan mampu berjaya karena sungguh cakap, arif dan bijaksana bahkan memiliki  keyakinan agamanya yang kuat. Begitulah ekspresi yang terwujud dalam bentuk sejumlah candi yang indah dengan tampilan seni arsitektur yang tinggi, penuh dan dipadati relief yang mengurai narasi pada masa itu dan masa  sebelumnya yang sungguh sangat menakjubkan.

Karena itu, sejumlah peninggalan masa lalu ini -- seperti candi dan prasasti Canggal misalnya patut dan pantas dijadikan obyek wisata spiritual -- bukan sekedar obyek wisata budaya -- sehingga mampu memberi peluang sebagai obyek wisata spiritual yang sakral sebagaimana tafsir dari nilai dari spiritual yang terdapat di dalam seluruh bagian bangunan candi berikut nilai-nilai filosofisnya yang tersurat maupun yang tersurat di dalam keseluruhan bentuk serta posisi dari tampilan peninggakan masa silam itu bersama alam  lingkungan sekitarnya yang sungguh menawan.

Agakbya, dari ketakjuban itulah Tim Safari GMRI (Gerakan Moral Rekonsiliasi Indonesia) yang digagas Sri Eko Sriyanto Galgendu bersama sejumlah tokoh nasional seperti Gus Dur, Sinuwun Paku Buwono XII dan Prof. Dr. KH. Muhammad Habib Chirzin serta pemuka agama lainnya giat memelopori gerakan kebangkitan kesadaran spiritual yang relevansi dan jitu untuk mengatasi krisis etika, moral dan akhlak serta nilai-nilai manusia karena melalaikan basis etik profetik yang patut menjadi landasan spiritualitas bagi bangsa dan pengelola negara Indonesia.

87 persen jumlah pelaku korupsi di Indonesia adalah sarjana merupakan bukti nyata bahwa tingkat intekektualitas tidak berbanding lurus dengan laku spiritual. Karena kepongahan akal pikiran para  intelektual kering dan tandus dari nuansa spiritual yang diabaikan.

Karenanya, hasil penelisikan dari Atlantika Institut Nusantara bahwa perilaku korup itu dilakukan oleh orang pintar -- tidak bodoh -- tapi para koruptor itu adalah manusia yang tidak memiliki etika, tidak bermoral dan berakhlak buruk. Karenanya beragam aktivitas keagamaan dari kepercayaan dan keyakinan apa saja, perlu diberi dukungan guna mendekatkan diri dengan Tuhan. Diantara melalui wisara ziarah spiritual. Dan sejumlah candi seperti di Muara Jambi dan Muara Takus serta tempat ibadhah bersejarah umat Islam, Katholik dan Kristen serta Hindu dan Budha hingga Klenten, tak cuma oerlu direnovasi serta di lestarikan. Seperti Majid Agung Demak, dan Masjid Agung Banten serta Mesjud Agung Luar Batang di Jakarta Utara, perlu dibuka lebih luas, seperti Candi Brobudur dan Candi Muara Takus dapat dikelola serta  diposisikan sebagai tempat ziarah wisata spiritual, tidak hanya sebatas obyek wisata budata semata.

Langkah maju dengan cara memposisikan sejumlah obyek wisara sejarah, wusara budaya hingga menjadi tempat wisata (upacara) ziarah spiritul, artinya tak berhenti atau dikerdilkan dalam orientasi ekonomi semata -- tapi juga budaya -- yang bisa ditingkatkan menjadi bagian dari obyek arau tempat upacara yabg bernuansa keagamaan. Sehingga tradisi dan budaya spiritual bsngsa Indonesia dapat menjadi pelopor sekaligus rujukan acuan spiritualitas  dunia. (Red)

BSGP Pandeglang Lakukan Konsolidasi Pemenangan Presiden 2024



Kontakpublik.id,PANDEGLANG - Barisan Soekarnois Ganjar For Presiden (BSGP) Kabupaten Pandeglang lakukan konsolidasi internal serta pemenangan calon Presiden pada Pemilu 2024 mendatang, kegiatan tersebut dilaksanakan langsung di sekretariat BSGP Pandeglang tepatnya di Desa Sindanghayu Kecamatan Saketi Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten, Kamis, (22/6/2023).


Aminudin, Ketua BSGP Pandeglang menyampaikan acara konsolidasi ini dilaksanakan pada persiapan pemenangan pemilu 2024 mendatang untuk calon Presiden RI yakni (Ganjar Pranowo-red) dari Partai Persatuan Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

"Kita semua yang sudah masuk pada Barisan Soekarnois Ganjar Pranowo (BSGP) Pandeglang harus siap menangkan (Ganjar Pranowo-red) sebagai calon Presiden RI pada pemilu 2024 mendatang," kata Aminudin Ketua BSGP Pandeglang dan juga sebagai Calon Anggota Legislatif DPRD Kabupaten Pandeglang Dapil 3 (tiga) dari PDI Perjuangan.

Apa lagi BSGP ini tidak hanya terbentuk di tatanan tingkat Kabupaten/kota, melainkan sampai tingkat Nasional. Oleh karena itu, perkuat konsolidasi ini ke tiap-tiap daerah khususnya di Pandeglang untuk pemenangan pada pesta demokrasi untuk Calon Presiden RI pada Pemilu 2024 mendatang.


"Yang terpenting kita harus kompak serta solid dalam melakukan gerakan untuk pemenangan calon Presiden RI dari Partai PDI Perjuangan pada Pemilu 2024 mendatang," tururnya

Romli Wakil Ketua BSGP Pandeglang mengatakan konsolidasi ini bertujuanya lebih kearah pemenangan untuk calon Presiden RI dari partai besutan Megawati Soekarno Putri yaitu PDI Perjuangan yang sudah memiliki calon Presiden (Ganjar Pranowo-red) pada pemilu 2024 mendatang.

"Saya berharap BSGP Pandeglang harus lebih siap menghadapi konstelasi politik pada pemilu 2024 mendatang, kita sama-sama menangkan calon presiden dari PDI Perjuangan untuk (Ganjar Pranowo-red) calon Presiden RI 2024," ujarnya

Selai itu, Ganjar Pranowo Capres yang lahir dari rahim rakyat, apa lagi tidak mempunyai beban politik dimasa lalu, Pancasila, moderat dan toleran. Karena Bangsa Indonesia harus dikembalikan ke nature dan kulturnya.

"Capres (Ganjar Pranowo-red) adalah orang baik dan memiliki sosok yang sederhana dan merakyat, oleh karena itu. Kultur yang sesuai dengan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dan hanya orang baiklah yang akan bisa melakukan itu semua," tegasnya.

Saeful Bachri Sekretaris (DPC) Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kabupaten Pandeglang, mengapresiasi pada kegiatan acara konsolidasi BSGP tersebut, apa lagi tujuannya sama untuk pemenangan Calon Presiden RI 2024 mendatang yaitu (Ganjar Pranowo-red).

"Dikarenakan BSGP maupun PDI Perjuangan di Kabupaten Pandeglang tujuannya kita sama untuk pemenangan Calon Presiden RI, yakni (Ganjar Pranowo-red) pada pemilu 2024 mendatang, saya harap jaga kekompakan karena itu salah satu kunci kemenangan," ujarnya. (Do/Riel)

HMI dan SEMI Aksi Jilid IV Mengenai Dugaan Korupsi dan Gratifikasi pihak DPMPD, Bank BJB Dan Bank BPR Pandeglang Atas Program Kegiatan Alokasi Dana Desa Dan Dana Desa



Kontakpublik.id,PANDEGLANG -
Turun aksi kembali mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Komisariat Teknologi dan Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) Pandeglang. Melakukan aksi demontrasi yang ke IV (empat) kalinya Kamis (22/06/2023) di depan gedung Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD), Bank Jabar Banten (BJB) dan Bupati Pandeglang.

Dalam orasinya mereka sampaikan bahwa aksi ini terus dilakukan karena adanya dugaan pungli dan gratifikasi yaitu mengenai Dana Desa DD dan Anggaran Dana Desa ADD TA. 2023 yang di duga telah di korupsi oleh DPMPD, BJB dan BPR secara bersamaan. yang sampai dengan saat ini tak kunjung di pertanggung jawabkan oleh pihaknya. Moh Ilham Ketua Umum HMI Teknologi

Hal itu dilakukan dengan modus pemotongan pajak Pph/Ppn 11,5% serta telah melakukan pengendapan Dana Desa Tahap 1 tanpa memakai aturan dan ketentuan yang jelas, jumlah kisaran mencapai 80 juta dari kegiatan Dana Desa. Dan pajaknya dikenakan sebelum Anggaran Dana Desa dicairkan dan digunakan terlebih dahulu oleh para kepada desa sekabupaten Pandeglang dan kami akan terus galang aksi sampai tuntas. Tambahnya

Hal yang senada disampaikan Ketua Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) Supriyadi. Beliau mengatakan bahwa kami sangat kecewa apa yang telah dilakukan oleh oknum Bank Jabar Banten (BJB) dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang dimana sudah menciderai hati masyarakat Pandeglang. Atas keterlibatannya dengan oknum DPMPD yang telah merugikan negara pada umumnya

Maka dengan demikian kami mendesak kepada DPMPD, BJB dan BPR untuk mempertanggung jawabkan semua. Kami meminta kepada Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita untuk mengevaluasi DPMPD dan memecat Kepala Dinasnya sekalipun tidak hanya itu kami juga akan meminta kepada Kementrian Desa, Kementerian Keuangan dan Otoritas jasa Keuangan (OJK) sampai Presiden Jokowi Dodo serta Menteri DPTT  untuk Turan tangan jangan sampai Dana Desa Alokasi Dana Desa di gunakan bukan untuk Pembangunan desa, tapi dijadikan ajang manfaat atas kekuasaan yang melawan hukum dengan cara Korupsi. (Do/Red)



Rabu, 21 Juni 2023

Jacob Ereste : Jalan Spiritual Yang Sehat Untuk Bathin dan Jiwa



Kontakpublik.id,JAKARTA-Kebersamaan dalam perjalanan spiritual dapat dinikmati dengan kedamaian bersama seluruh umat beragama. Karenanya, sikap toleransi tidak lagi perlu  menjadi topik yang merepotkan. Apalagi hendak dipolitisir dan dipelintir oleh pihak-pihak yang ingin meraih keuntungan, entah politik, atau sekedar untuk menghabiskan aggaran yang tidak perlu atas nama toleransi dan kebebasan beragama yang sudah dapat dijaga bersama.

Jalan spiritual pasti hening dan nyaman untuk mendekatkan diri kepada Tuhan sebagai pemberi berkah atas segala nikmat berikut alam yang kaya raya untuk tetap dijaga bersama agar asri dan indah memberi banyak manfaat yang cuma tinggal disyukuri dengan setulus dan sepenuh hati. 

Suasana hati yang bersih, suci dan damai pun menjadi bagian utama dalam laku spiritual yang wajib mematuhi rambu etik profetik tanpa pamrih, kecuali ridha Allah semata dengan ikhlas, sadar, dan tawadduq bahwa egosentris yang angkuh dalam pikiran dengan sendirinya harus dijinakkan, sekiranya pun tak bisa sama sekali dipadamkan.

Jalan spiritual adalah olah batin yang segar untuk senantiasa ingat kepada Tuhan. Apa pun agama yang menjadi pilihan dan keyakinan, semua bisa berjalan santai bersama tanpa perlu risau dan mengusik keyakinan maupun kepercayaan orang lain. Sebab etik profetik jelas dan terang dapat memberi garansi bagi semua umat beragama untuk menekuni dan menghayati keyalinannya masing-masing untuk sampai pada tujuan yang sama -- mengekspresikan rasa syukur atas rachmat dan karunia Allah -- yang telah memberi atas rasa kasih dan sayang-Nya yang tidak terhingga di dunia dan yang juga dijanjikan kelak di akherat. 

Berjalan santai dalam laku spiritual ini lebih rilex dan asyik, meski keringat yang mengucur dan mengalir sifatnya pun tidak kasat mata, karena menetes  dari dalam batin dan sukma yang penuh kegembiraan seperti keriuhan hati saat hendak berjumpa dengan kekasih tercinta.

Begitulah keriangan hati kaum sufi yang tak jelas bedanya dengan para pelaku spiritual. Hatinya sama selalu bertazbih merayu Tuhan untuk memberi maaf atas segala khehilafan dan kealfaan. Dan semua manusia terlihat cantik dan tampan dalam  pandangan mata-hati mereka yang penuh serius mengekspresikan kesempurnaan Sang Pencipta dalam karys ciptaan-Nya. Begitulah olah  batin -- spiritual -- dalam wujud berjalan santai guna meraih kesegaran jiwa yang bersih dari beragam macam kotoran yang berterbangan bebas di alam bebas. Seperti keriuhan di jalan raya, mungkin saja  kita tidak menabrak, tapi mungkin pula kita yang ketabrak. Hingga sumpah serapah termuntah tanpa sengaja, atau patut dilakukan untuk sekedar meredakan degub jantung yang bergolak.

Jalan sehat spiritual serupa ini demi dan untuk ketenangan hati, jiwa dan batin -- agar dapat  mengendalikan segenap nafsu duniawi yang tak akan pernah cukup dan habis. Ibarat mengejar layang-layang putus, entah ke mana rimba kelak jatuhnya. Dan kita yang sedang kalap memburunya pun bisa terjerembab entah di mana.

Maka jalanlah secara santai di jalur spiritual, seperti oleh raga pagi yang rutin bisa memberi  garansi kesehatan jiwa dan batin supaya tidak silau pada materi yang dijajajan di sepanjang jalan. Sebab dengan pola hidup yang sederhana, segala soal pun bida menjasi sederhana. Dan dengan serba kesederhanaan itu pula cara pandang banyak hal yang dijajakan itu mampu menekan nafsu dan keserakahan pun bisa dijinakkan hingga tak liar dan rakus serta tamak untuk memborong semua keinginan yang mau dibawa pulang. Padahal, dari beragam jajanan yang berlebihan itulah penyakit bermula dan mendera kesehatan kita
(Red)


Tasyakuran Akhir Tahun SMPN 1 Cipeucang 2022/2023 Berjalan Sukses



kontakpublik.id, PANDEGLANG-Haru Biru Merwarnai Acara Tasyakuran Sekolah Menengah Pertama Negeri SMPN)1 Cipeucang Kecamatan Cipeucang  Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten Gelar Acara Tasyakuran di halaman Sekolah , pada Kamis (22-06-2023), Momen terakhir Siswa SMP kelas 9, berada di Sekolah, menjadi momen yang berkesan dan sekaligus memanjatkan rasa syukur atas kenaikan kelas siswa siswi kelas 7 dan 8,tidak Terlupakan sebelum lanjut , sambil menilik talenta.

Tujuannya untuk memberikan penghargaan dan penghormatan kepada Siswa yang telah menyelesaikan Pendidikan mereka, serta memberikan kesempatan bagi Siswa, orang tua , Guru dan Staf sekolah  selama bertahun-tahun di Sekolah tersebut

Seperti biasa SMP ditempuh dalam waktu 3 tahun mulai dari kelas 7 sampai kelas 9 , SMP yang merupakan jenjang pendidikan dasar pada pendidikan Formal setelah lulus Sekolah Dasar atau sederajat sekaligus serahkan siswanya kepada Orang Tua Wali Siswa .

Turut hadir pula selain para wali murid,Muspika kecamatan,Kabid dinas pendidikan dan Pengawas SMP Ketua Komite dan beberapa tokoh Masyarakat.


 Dengan acara tasyakuran yang dilakukan SMP Cipeucang banyak hal Positif terutama untuk perkembangan ke depan , pertama siswa itu ada kesempatan untuk tampil kedepan sehingga talenta mereka bisa terlihat baik oleh orang tua maupun Masyarakat,karena para siswa siswi harus di fasilitasi kalau tidak mungkin mereka akan mencari tempat-tempat yang tidak baik dan hasil pantauan Awak media bukan hanya antusias para warga yang tinggi dalam acara ini tapi momen ini pun banyak di manfaatkan oleh para pedagang untuk mengais rejeki.

Cecep Nurdin Saputra S.pd Selaku Kepala Sekolah(Kepsek) SMPN 1 Cipeucang mengatakan,"Alhamdulilah SMPN 1 Cipeucang Para Wali Murid dan para siswa siswinya sangat antusias,karena berkat para wali murid dan komite acara ini bisa terselenggara,dan saya pesankan kepada anak anak,belajar dan terus belajar jangan sampai tidak melanjutkan ke jenjang ke pendidikan yang lebih tinggi lagi di jaman era globalisasi ini pendidikan adalah yang lebih utama terutama ilmu yang lebih utama, alhamdulilah tahun ini jumlah murid kelas 9 ada 233 dan semuanya lulus dengan hasil yang memuaskan ucapnya dengan senyum simpul penuh haru dan bahagia. (Re/R Bako)

Soal Pembebasan Lahan RSUD, Warga Butuh Konsekuansi.

Kontakpublik.id, PANDEGLANG - Kesimpulan Sosialisasi yang digelar Pada Hari Minggu 13 November Tahun 2022 di Gedung PGRI Kecamatan Labuan Ka...