Kamis, 31 Agustus 2023

Relawan ANIES Banten, Siapapun Cawapresnya Kami Siap Dukung



Kontakpublik.id,SERANG-  Perpolitikan tanah air saat ini sedang riuh dengan munculnya informasi Anies Baswedan akan menggandeng Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Ada yang menyikapi dengan pro ada pula yang kontra. Untuk itu, Sekretaris DPW Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) Banten Sudrajat Syahrudin menanggapi santai perihal dinamika yang terjadi.

"Kami santai dan tenang-tenang saja, kami beserta seluruh relawan Anies Baswedan di Provinsi Banten tetap fokus sosialisasi terjun ke masyarakat," ucapnya, Jumat (1/9/2023).

Menurut Sudrajat, para relawan sudah memberikan kepercayaan dan dukungan penuh kepada Anies Baswedan untuk berlaga pada Pilpres 2024. Artinya, relawan menilai Anies Baswedan adalah figur yang memiliki integritas dan bisa dipercaya dalam mengambil keputusan.

"Jadi siapapun nanti calon wakil presiden yang akan bersama mas Anies bagi kami tidak ada masalah. Kami yakin apapun nanti keputusan yang diambil telah dipertimbangkan dengan matang oleh koalisi bersama mas Anies," tuturnya.

Untuk itu, Sudrajat menegaskan, komitmen relawan untuk mendukung partai-partai yang mengusung Anies Baswedan. Hal ini menurutnya menjadi bagian penting dalam mengawal kemenangan Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

"Kami siap bekerja sama dengan partai-partai yang mengusung Pak Anies. Pada setiap kesempatan kami bertemu dengan masyarakat, selalu disampaikan bahwa capres kita adalah Anies Baswedan dan untuk Pileg partai yang kita pilih wajib dari pengusung mas Anies, silakan pilih partai yang mana saja asal partai tersebut adalah pengusung mas Anies," katanya.

Untuk itu, Sudrajat berpesan kepada seluruh relawan untuk tetap solid dan kompak. Ia yakin, relawan menjadi salah satu kekuatan utama dalam memenangkan Anies Baswedan sebagai Presiden 2024.

"Semangat dan kekompakan kita jaga bersama, kita yakin mas Anies akan membawa perubahan menjadikan Indonesia lebih baik. Apapun makanannya, minumannya tetap Teh Manis.
Siapapun Pasangannya, Presidennya Tetap Anies," ujarnya..(Do/Man)

Rabu, 30 Agustus 2023

Rekruitmen PKPMN Kemenpora RI 2023, Dinilai Tidak Transparansi dan Penuh Kepentingan



Kontakpublik.id,LEBAK - 
Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) adalah program pengembangan pemuda yang digagas oleh Deputi 2 Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Kegiatan tersebut sudah berjalan sampai dengan angkatan IV tahun 2023 ini dalam setiap tahunnya.

Proses dalam rekruitmen ini berjalan seperti pada umumnya, yakni dilengkapi dengan alur pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi CAT, dan seleksi wawancara. Hal tersebut dilakukan secara bertahap dalam setiap waktunya dan dilangsungkan serentak oleh seluruh peserta pendaftar.

Dari total jumlah pendaftar sekian ribu, yang berhasil dalam tahap seleksi administrasi kurang lebih yakni 600 peserta dan sudah dilanjutkan dengan test CAT pada hari Jum'at, 25 Agustus 2023. 

Namun disayangkan, proses seleksi CAT yang dinilai penuh unsur yang direncanakan sehingga tidak menghasilkan suatu hasil yang organik. Proses seleksi CAT tersebut bekerja sama dengan Talenta Indonesia, yang dimana program yang diberikan tidak selayaknya platform untuk ajang seleksi sekelas Kemenpora RI. 

Ketua Umum HMI Cabang Lebak Ratu Nisya Yulianti sangat menyayangkan akan hal tersebut dan menyampaikan kepada media.
"Kami menilai buruk lah kinerja Deputi 2 Bidang Pengembangan Pemuda Kemepora RI, karena seleksi inikan tingkat Nasional dan dibawah Kementerian lho. Jangan sampai momentum politik justru dipolitisasi dalam hal kegiatan yang seharusnya sesuai dengan kegiatan Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional artinya memberikan pendidikan yang baik dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang bersih bagi pemuda." ungkap Ratu Nisya Yulianti.

Platform tersebut juga dinilai tidak memiliki prinsip transparansi, yakni dimana tidak menampilkan secara langsung score peserta dalam seleksi CAT tersebut sehingga ini menimbulkan pada hasil pengumuman yang disebarkan pada 31 Agustus 2023 di website Kemenpora RI.

Sangat disayangkan, score yang tidak tampil dalam platform seleksipun tidak tertampil pula pada pengumuman hasil CAT sehingga peserta tidak dapat mengetahui scorenya dan score peserta lain yang dinyatakan lulus oleh Kemenpora RI. Sehingga dinilai penuh unsur kepentingan karena tidak adanya transparansi score penilaian pada test CAT tersebut.

Selain itu, untuk proses seleksi ajang Nasional seharusnya Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia menerapkan prinsip-prinsip organik didalamnya dan jikapun bekerjasama dengan pihak lain untuk membantu memudahkan tahapan-tahapan seyogianya memilih yang sesuai dengan Standarisasi Nasional.

Oleh karena itu, kami menilai rekruitmen Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) Angkatan IV 2023 oleh Kemenpora RI penuh unsur kepentingan dan politisasi sehingga menghasilkan hasil yang tidak transparansi. (Red)

Warga Terdampak Kekeringan Sambut Gembira Bantuan Air Bersih dari BPBD Pandeglang



Kontakpublik.id,PANDEGLANG - Langkah sigap Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang,Propinsi Banten, mendistribusikan air bersih di sejumlah wilayah disambut gembira oleh warga,Kamis (31/8/2023) khususnya warga kampung Kadudampit Desa Senang Sari Kecamatan Pagelaran,Bantuan air bersih sangat membantu warga yang terdampak kekeringan.


Tamami ketua RT 11 Kampung Kadudampit, menyebutkan bahwa wilayahnya menjadi salah satu yang terdampak kekeringan disaat musim kemarau panjang untuk mengatasinya, Alhamdulillah BPBD Kabupaten Pandeglang telah menyalurkan air bersih ke Kampung Kadudampit dan diterima antusias oleh warga.


“Dengan adanya bantuan air bersih ini dapat meringankan masyarakat kami dalam kebutuhan sehari-hari, Warga juga berharap bantuan air bersih terus dilakukan oleh pihak BPBD, Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (PEMKAB) Pandeglang terutama BPBD Pandeglang yang sigap melayani masyarakatnya,” ungkap Tamami. (Do)

Dugaan Sunat Masal P3-TGAI Berakibat pengerjaan Irigasi Amburadul



kontakpublik.id, PANDEGLANG - Dugaan Sunat Masal atau setor Upeti 10 % dari Budget yang diterima oleh sejumlah Perkumpulan Petani Pemakai Air Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI)  oleh  Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) di Kabupaten Pandeglang dibantah koordinator TPM Pandeglang,Asep saat dimintai hak jawab oleh Wartawan sebagaimana dilansir dari Media Online.

" Saya tidak mengetahui apalagi ada pungutan liar (PUNGLI), Tanggapan mengenai dugaan pungutan liar, Saya tidak paham dan tidak tau menahu urusan itu" Aku Asep Rabu (30/8/2023).

Masih dikatakan sang Koordinator TPM.
"Abeh hebat amat eta kalau konsultan 10% itu kaya mendadak kang, (Waduh hebat sekali itu kalau konsultan 10% itu kaya mendadak) silahkan saja yang penting saya tidak dan tidak menerima Sagede jebug,Silahkan cari tau siapa orang dan kelompok mana?" Kelit Asep seraya melanjutkan. Kalau itu benar Konsultan, Saya akan tindak sesuai aturan yang berlaku" tegasnya.

Mencermati soal dugaan Sunat Masal atau pungutan liar 10 % dari Budget yang diterima sejumlah P3A. Salah satu koordinator Forum Wartawan Independent (FORWIN) Pandeglang Heru mengatakan.

 
" Benar dan tidaknya Kejadian yang sempat mencoreng Nama baik Institusi ditambah terjadinya Aksi unjuk rasa dan unjuk sikap dari   Komunitas peduli Marhaen (Petani.Red). Sejatinya pihak  berwenang sigap kemudian menindak lanjuti." 

Akan tetapi tutur Heru. " Kami tahu betul Pihak berwajib tidaklah bodoh, artinya memiliki trik tersendiri mengusut tuntas kebenaran yang sebenar-benarnya, apalagi adanya aksi demo dari beberapa komunitas yang turut Prihatin dan peduli pada kebenaran,kejujuran,kemaslahatan."ungkap Heru. 

" Pantesan pagawean Irigasi P3A loba nu acak - acakan jiga Ngan sakadar gugur kewajiban doang, singhoreng duit jeng balanja barangna ges disunat kubengkong lamun eta benermah " Gerutu Rusdi Warga Kabupaten Pandeglang.

Pantas saja pekerjaan irigasi P3A banyak yang berantakan,Kayanya cuma sekedar menggugurkan kewajiban saja,dikarenakan uang untuk belanja barang material sudah di sunat/dipotong sama bengkong kalau itu benar," Ucap Rusdi Warga Kabupaten Pandeglang,.  (Red)

Diduga Ada Pungli Program P3-TGAI di Kab Pandeglang AGMBBB lakukan Aksi di BBWS-C3



Kontakpublik.id,SERANG - Gabungan Lembaga Dan Ormas di Kabupaten Pandeglang yang tergabung di Aliansi Gerakan  Masyarakat Bawah Banten Bersatu (AGMBBB) Mendatangi kantor balai besar wilayah sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWSC3),Rabu (30/8/2023) untuk menyuarakan dan menyampaikan pendapat di muka umum terkait dugaan pungutan kepada kelompok P3A penerima manfaat program P3-TGAI di kabupaten Pandeglang. 

Masa aksi AGMBBB di depan BBWSC3 yang  jumlahnya kurang lebih 50 orang
mengaku dari AGMBBB, dalam orasinya  menyampaikan terkait dugaan adanya pungutan liar yang dilakukan oleh oknum-oknum kepada kelompok P3A senilai 40 juta sudah sangat sarat dengan Korupsi. 


"Perbuatan menggerogoti uang rakyat dan bagai bagi jatah yang dilakukan para oknum seperti itu sudah sangat merugikan para kelompok P3A dan masyarakat pada umumnya. ucap Nuryahman selaku korlap aksi unjuk rasa. 

"Kami hadir di halaman BBWS C3 kali untuk menyampaikan bahwasanya program P3-TGAI di kabupaten provinsi Banten yang diterima para kelompok P3A diduga kuat sarat dengan Korupsi dan dipolitisasi, ucap Nuryahman 

"Sementara dalam orasinya kami meminta kepada pihak balai untuk memecat para oknum pendamping yang terindikasi menerima setoran dan oknum yang melakukan pungutan sebesar Rp 40 juta kepada para kelompok P3A di kabupaten Pandeglang dapat di tindak tegas didepan Hukum. ungkap Hasan Subandi alias Kacong Piit. 

"Kami akan lakukan Aksi jilid 2 dan seterusnya sampai ke kementerian PUPR Direktorat jendral sumber daya air bila mana tidak ada sikap tegasan dari pihak balai. tegas 
Hasan Subandi,. (Do)

Selasa, 29 Agustus 2023

Direktur NGO Cakra Buana Meminta Pj Gubernur Lakukan Sosialisasi HUT Banten



kontakpublik.id, PANDEGLANG-Percakapan atau Dialog 
, dilakukan dengan maksud untuk saling memahami dan mengerti maksud dan Informasi yang disampaikan satu sama lain. Tujuanya untuk mendapatkan dan menemukan solusi maupun informasi yang terbaik yang didapat  dan bisa dipercaya sehingga bisa menjadi sebuah terobosan atau solusi untuk mengatasi masalah yang ada

Soal topik yang akan dijadikan bahan Dialog dengan kehendak yang baik untuk mencari kebenaran dalam Dialog, memang harus memahami prinsip yaitu keterbukaan, kerelaan berbicara dan memberikan tanggapan, saling percaya dengan  keseimbangan sikap  yang menghasilkan keyakinan dan kekuatan

Dalam rangka menyemarakan Hari Ulang Tahun (HUT)  Banten ke-23 Tanggal 04 Oktober 2023, Direktur Lembaga Konsultan Publik/ NGO Cakra Buana, Drs.Cecep Pria Erawan,M.Pd,  mengusulkan lewat Surat Resmi yang ditandatanganinya , ditujukan kepada Penjabat Gubernur Banten H.Al- Muktabar

Pernyataan itu disampaikan Langsung olehnya kepada Media ini pada Selasa (29-08-2023) di Kantornya Kawasan Perumahan Kadu Hejo, Kecamatan Kadu Hejo, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Menganggapi hal itu Cecep memohon agar saudara Al Muktabar sebagai Penjabat Gubernur Banten, dalam rangkan HUT Banten melalukan berbagai sosialusasi ke Masyarakat sekaligus sebagai ajang silaturahmi antara Penjabat Gubernur Banten dengan Masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) serta berbagai Organisasi di Masyarakat,  termasuk PGRI, SPI, Ormas, LSM, Wartawan, Kelompok Tani, Nelayan, Pemuda dan lain sebagainya  dikemas lewat berbagai kegiatan.

Selama ini Masyarakat, sejak Provinsi Banten lahir tidak begitu mengenal dan mengetahui bahwa mereka tinggal di Provinsi Banten terutama orang-orang yang bekerja di Wilayah ini seperti para buruh dan orang orang pedalaman , padahal mereka berada di Wilayah Provinsi Banten, mereka tahunya tinggal di Daerah Jawa Barat dan DKI Jaya 

Saatnya Al Muktabar turun ke semua lapisan Masyarakat dan meminta untuk segera memanggil Kepala Organisasi Perangkat Daerah ( OPD) untuk diajak Dialog dalam rangka memberikan masukan dan diskusi terhadap usulan yg disampaikan Direktur Lembaga Konsuktan Publik/ NGO Cakra Buana mumpung waktunya belum tiba.

Menurut Cecep ,  sejak masih dijabat oleh H. Hakamuddin Djamal, H.Joko Munandar, Hj. Rt. Atut Chosiyah, H.Rano Karno, H. Wahidin Halim dan Penjabat Gubernur Banten H.Al-Muktabar kegiatan HUT Banten berbetuk seremonial belaka,lewat rapat Paripurna Dewan, penyampaian sejarah Banten, motong tumpeng doa dan pulang, itu,-itu saja. 

Saatnya masih ada waktu bagi Al Muktabar tampil dan gerakan semua sendi untuk membuktikan bahwa dirinya adalah Penjabat Gubernur Banten yang disukai dan dicintai Masyarakat Banten tidak seperti sekarang ini, terus di " Goyang Karawang" dan dibuat kurang nyaman bekerja sebagai Penjabat Gubernur Banten. (Rudi Suhaemat)

Kadis Perkim di Kecamatan Carita Akomodir Aspirasi Kades Sukanagara



kontakpublik.id, PANDEGLANG-Kepala Dinas (Kadis) Pertanahan Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Pandeglang Roni ST Selasa lalu (29/08/23) bertandang ke Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang, dihari itu Roni didampingi Staf sempat meluangkan waktu menemui Kepala Desa Sukanagara Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten Jaskari.

Dari pertemuan berdurasi kurang lebih Tiga Puluh Menit. Beberapa keinginan, harapan, dan bentuk pemberdayaan  yang konteksnya kearah rehabilitasi sarana dan prasarana, mulai dari lingkungan kumuh, Rumah tidak layak huni, hingga penyediaan sarana Air Bersih disampaikan oleh Kepala Desa, demi dan untuk kesejahteraan Masyarakatnya, sehingga perbincangan di Ruang Tamu Kantor Kepala Desa Sukanagara Siang itu, menciptakan pembahasan dengan harap adanya sebuah kesimpulan positif.

" Yang paling krusial untuk saat ini di Desa Sukanagara, adalah penyediaan program sarana Air Bersih, entah itu Sanimas atau Pamsimas atau entah sebutan lainnya. yang jelas di Musim Kemarau ini Warga Kami betul-betul sangat membutuhkannya." Urai Jaskari pada Wartawan seusai Roni beserta Staf Pamit, meninggalkan Kantor Desa Sukanagara.

Begitupun Program Rumah Tidak Layak Huni  lanjut Jaskari." Adalah tidak kalah pentingnya bagi Masyarakat Kami,sebab terus terang saja, bahwa Program Rumah Tidak Layak Huni atau RTLH tersebut, belum pernah terjadi di Desa Sukanagara ini." 

Sebelumnya Roni kepada Wartawan mengutarakan. " Kita berusaha dan berupaya mudah-mudahan apa yang diharapkan oleh Kepala Desa Sukanagara khususnya Warga Desa Sukanagara bisa terlaksana, Mulai dari Infrastruktur sterilisasi Lingkungan Kumuh, Kemudian penyediaan Air Bersih dan RTLH."  Terang Roni.

Untuk RTLH Pihaknya menunggu pelimpahan dari Dinas Sosial berapa kira - kira kuota atau unit yang berhak di rehabilitasi." Adapun anggaran yang disediakan untuk masing - masing unit adalah Tujuh Belas Juta Lima Ratus Ribu Rupiah." Tutup Roni seraya pamit. (Red).

Senin, 28 Agustus 2023

Perpam DPC Angsana Gelar Open Turnamen Volly Ball



Kontakpublik.id,Pandeglang - Organisasi Masyarakat ( Ormas) Perisai Pembela Aspirasi Masyarakat (Perpam) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kecamatan Angsana, Kabupaten Pandeglang Gelar open turnamen olahraga Volly Ball.

Kegiatan itu, dikatakan Ajef Wakil Ketua PERPAM DPC Angsana dan sekaligus sebagai penanggung jawab kegiatan. Bahwa tidak lain untuk menjalin dan mempererat tali silaturahmi serta menumbuhkan bakat Volly Ball.

"Untuk menjalin silaturahmi dan menumbuh kembangkan bakat atlit yang hobi di bidang olahraga volly ball" Kata Ajef. Senin (28/8/2023)

Kegiatan ini di mulai pada tanggal 25 Agustus 2023 yang akan digelar selama satu bulan ke depan. Adapun peserta yang mengikuti perlombaan tersebut dari berbagai kecamatan yang ada di kabupaten Pandeglang.

"Ini terbuka untuk umum, silahkan bagi yang hobi Volly Ball bisa mendaftarkan diri, karna untuk penerimaan pendaftaran kami tutup Sampai awal bulan September, untuk yang belum tahu atau yang jauh bisa masih mendaftar sampai sekarang" ujarnya.

Diketahui bahwa juara satu akan mendapatkan kambing , tropi , dan piala,
Untuk juara dua dan tiga mendapatkan tropi dan uang pembinaan. (Do)

PGRI Cabang Patia Gelar Konfrensi Kerja TA 2023



kontakpublik, PANDEGLANG - 
PGRI Cabang Patia Gelar Konferensi kerja yang
berlangsung di Gedung PGRI Cabang Patia Senin ( 28-08-2023 ) tepatnya pukul 09-00 sampai selesai.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Pandeglang , Hasan Bisri, Kormin Disdikpora Kecamatan Patia Drs.Supriyanto, Camat Patia Supratman,S.Pd, Hj.Yuskiah S.Pd selaku Ketua PGRI Kabupaten Pandeglang, Ketua PGRI Cabang Patia Ikhwan Zaenudin S.Pd serta pengurus dan Anggota PGRI Cabang Patia.

Ikhwan Zaenudin selaku Ketua PGRI Cabang Patia menjelaskan bahwa kegiatan ini digelar untuk melaporkan hasil Kinerja selama satu Tahun 2023 kebelakang,  sehingga Konfrensi Kerja ini bisa di pertanggung jawabkan oleh pengurus. Jelas Ikhwan Kepada Kontak Publik, usai acara di Gedung PGRI Cabang Patia.

Ikhwan menuturkan, pada kegiatan     dengan susunan  acara membahas pengesahan  tata tertib PGRI Cabang Patia,  pleno/ Pengesahaan   perencanaan satu tahun kedepan hingga laporan satu tahun kebelakang, dan pergantian Pengurus yang sudah Pensiun atau Rotasi digantikan Pergantian Antar Waktu (PAW).

Dirinya menambahkan, bahwa Kegiatan ini di sambut  dengan Antusias terhadap para anggota di Cabang Patia dan juga Cabang lainnya yang kami undang.  sehingga yang hadir  berjumlah kurang lebih 175 anggota  hampir 95%.

Untuk itu saya selaku Ketua PGRI Cabang Patia  Mengucapkan  terima kasih kepada seluruh anggota yang telah mendukung semua program  tidak hanya dari unsur PGRi saja namun dari pihak muspika kecamatan serta Awak Media. Katanya

Ditempat yang sama,  Hj. Yuskiah,S.Pd selaku ketua PGRI Kab. Pandeglang memaparkan,  PGRI Cabang Patia ini sangat bagus , apa lagi dengan di adakanya Konfrensi Kerja ini sehingga silaturohmi terus terjalin antara PGRI Cabang Patia dan yang lainya agar tetap Solid dan terus maju berkembang. 

Sesuai dengan tema  saat ini :” menanamkan integritas dan dedikasi dalam berorganisasi mewujudkan PGRI yang kuat dan bermartabat demi menciptakan pendidikan yang bermutu". 

Semoga PGRI Cabang Patia kedepan lebih maju dan bisa saling berkontribusi serta  Loyalitas dengan Anggota, karena Organisasi itu dari Anggota untuk  Anggota. pungkasnya,. (Uju)

Minggu, 27 Agustus 2023

PKBM Rukun Ogah Dikonfirmasi Dan Tolak Silaturahmi Wartawan



kontakpubkik.id, PANDEGLANG-Dewasa ini, Keterbukaan Informasi menjadi salah satu ciri penting yang harus dijamin oleh Negara Demokratis yang menjunjung tinggi Kedaulatan Rakyatnya guna mewujudkan penyelenggaraan Negara yang baik, sehingga bagaimanapun juga hak untuk tahu menjadi hak dasar dan utama yang melekat pada seluruh Warga Negara Indonesia.

Ada Satuan Pendidikan Non Formal sebagai tempat pembelajaran dan sumber Informasi yang dibentuk dan dikelola oleh Masyarakat yang berorientasi pada Pemberdayaan Potensi setempat untuk meningkatkan Pengetahuan, Keterampilan dan sikap Masyarakat dalam bidang Ekonomi dan Sosial.

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ini biasa disebut PKBM yang dibentuk oleh Masyarakat untuk Masyarakat, Bergerak dalam bidang Pendidikan Non Formal di bawah pengawasan dan bimbingan dari Dinas Pendidikan Nasional.

Sayangnya  Ketua PKBM Rukun bernama Asep, Kelurahan Cilaja Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten ini tidak bersahabat dengan para kuli tinta , Ketua PKBM tersebut Ogah di Konfirmasi Wartawan dan menolak kedatangan untuk silaturahmi, dengan alasan bahwa Wartawan hanya sebagai  pengganggu. 

Melansir laman Cari Ustad Profesor Quraisy Shihab menjelaskan bahwa islam tidak memperbolehkan umatnya memutus tali silaturahmi dan menyebut bahwa "banyak Hadis dan Ayat Alquran" yang mengancam orang yang memutus tali silaturahmi.

Pernyataan yang mengejutkan itu terjadi pada Minggu siang (27-08-2023). Di tempat kediamanya. Buktinya saat media ini mau konfirmasi dan silaturahmi kepadanya ditolak, karenena dipandang ada imez buruk.

Kata Asep "maaf pak sebaiknya tidak usah datang kesini lagi, 
Bagi temen-temen media yang mau silaturahmi , harus tahu jadwalnya dulu, artinya bagi temen-temen Media yang mau Silaturahmi, konfirmasi itu harus tahu jadwalnya dulu artinya kapan pembelajarannya dan harus tahu".

"Bukan kami tidak menerima wartawan, kalau bicara PKBM ya di PKBM, kita punya privasi bukan kita tidak menghargai satu Foxy, tujuannya PKBM yang dibicarakan ya PKBM karena kalau pribadi itu sangat mengganggu kita 

Soalnya untuk membangun Image yang baik tidak seperti membalikan sebelah tangan, apalagi Wartawan yang datang ke rumah dianggap bahwa tidak Familier langsung aja tanggapan Masyarakat mengarah kepada Bank Emok alias penyalur Dana Keliling. (Rudi Suhaemat)

Musim Kemarau Berkepanjangan Warga Sukanagara Darurat Air Bersih



kontakpublik.Id, PANDEGLANG-Musim Kemarau di pertengahan Tahun 2023 ini, Warga Desa Sukanagara Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten mengalami darurat Air  bersih, hal tersebut diakibatkan Satu-satunya sumber Mata Air yang Mereka gunakan sehari-hari, lambat Laun mulai mengering. Demikian disampaikan Kusnadi, salah Satu kaur Desa Sukanagara Kecamatan Carita pada Kontak Publik pekan lalu (27/08/23). 

Kenyataan tersebut cukup realistis, sebab menurut Kusnadi, pada umumnya Warga Desa Sukanagara hanya sebagian kecil  memanfaatkan Air Tanah melalui Jet Pump,  dengan kedalaman kurang lebih 60 Meter.  

Masih dikatakan Kusnadi. Sumber Mata Air yang mulai mengering itu bernama Mata Air Cikupa, sementara keberadaan Cikupa sendiri dirasa cukup krusial, sebab dari Cikupalah Warga memanfaatkannya dengan cara memasang jalur menggunakan selang dari dari Dapur ke dapur. " Terus terang Kami sangat kewalahan jika Musim Kemarau, maklumlah yang memanfaatkan Aliran sumber Cikupa adalah  sebagian besar Penduduk Desa Sukanagara." Ujar Kusnadi.

Dihari yang sama. Jaskari Kepala Desa Sukanagara Kecamatan Carita menuturkan. " Terkait penggunaan sumber Mata Air Cikupa melalui jalur selang, sebenarnya sudah berpuluh-puluh Tahun dimanfaatkan oleh Warga Kami, Akan tetapi sehubungan Warga makin lama makin bertambah, maka seperti itulah keadaannya. Artinya setiap menghadapi musim Kemarau Warga merasa kesulitan memperoleh Air secara normal."

" Yang paling Kami sayangkan lagi, kenapa Pipa Air dari Perusahaan Air Minum Daerah atau PDAM tidak masuk ke Desa Sukanagara, Padahal sebagaimana Kita ketahui bersama, seperti itulah kondisi sebenarnya soal Air di Desa Sukanagara. Selain hanya mengandalkan Mata Air Cikupa, juga kalaupun memanfaatkan Air Tanah harus digali dengan kedalaman Puluhan Meter." Lanjut Jaskari.

Atas kondisi dan keadaan yang dihadapi oleh Warga Desa Sukanagara. Ketu DPD Gempita Kabupaten Pandeglang M Yaya berkomentar ." Selain Kami merasa prihatin dengan situasi seperti itu, sejatinya hal tersebut bagian dari kewajiban Institusi yang berkepentingan ,sejauh mana kepedulian dan keprihatian ketika dihadapkan pada situasi darurat Air Bersih di Desa Sukanagara Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang." Terang Yaya. ( Red )

Sabtu, 26 Agustus 2023

Kepala Desa Muruy Serahkan Hadiah HUT RI ke 78 Kepada Juara Lomba Tingkat RT RW



Kontakpublik.id,Pandeglang - Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya Puncak peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 di Desa Muruy Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang Propinsi Banten berlangsung. Puncak peringatan hut RI menggelar acara pembagian hadiah kepada para peserta lomba tingkat RT dan RW Yang ada di Desa Muruy pada Minggu (28/08/2023).

Rangkaian peringatan HUT RI Ke-78 Tahun 2023 Tingkat RT,RW Desa Muruy yang diikuti masyarakat dan peserta lomba dari utusan 14 RT. Sementara kegiatan peringatan HUT RI Ke-78 Tingkat Desa  Muruy tersebut dimulai dari tanggal 10 Agustus 2023 sampai dengan tanggal 20 Agustus 2023 


Kepala Desa Muruy H.Pandi  mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak dengan terselenggaranya peringatan HUT RI Ke-78 di Tingkat Desa Muruy yang telah berjalan dengan sukses dan lancar. Lanjutnya, pada rangkaian puncak peringatan HUT RI Ke-78,

Rangkaian HUT RI ke-78 dengan memberikan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba tingkat Desa,Rt,Rw Se Desa Muruy

“Selamat atas hadiah maupun tropi di peringatan HUT RI Ke-78 tingkat RT,Rw Berharap pada kegiatan peringatan HUT RI yang akan datang, kegiatan dapat diselenggarakan melalui RT Masing -masing, dengan catatan tetap kompak serta penuh kebersamaan,”ucap Kades Muruy.


 Camat Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang Abdul Haris ,menyambut baik serta mengapresiasi kepada masyarakat serta Pemerintahan Desa Muruy yang telah sukses menyelenggarakan peringatan HUT RI Ke-78 tahun 2023 yang berlangsung sukses dan lancar, berharap atas suksesnya dalam peringatan HUT RI Ke-78 di tingkat desa tersebut, dapat menjadikan motivasi serta menjadi tolak ukur bagi Desa-desa yang ada di Kecamatan Menes yang mempunyai 12 Desa “Selamat bagi pemenang lomba HUT RI Ke-78 Tingkat RT,RW yang ada di wilayah Pemdes Muruy.

Melalui peringatan HUT RI Mari tetap semangat menjadikan Pemdes Muruy.untuk lebih baik lagi, “ungkap Camat Menes.

Turut hadir dalam puncak peringatan HUT RI Ke-78 dalam rangkaian pembagian hadiah HUT RI Ke-78 yang dipusatkan dihalaman  tersebut,H.pandi kades Muruy,Camat menes Abdul Haris,Pendamping Desa Odih,BPD,, tokoh masyarakat Muruy, dan unsur masyarakat Desa Muruy.  (Do)

Pemdes Muruy Merealisasikan Honor RT,RW,Kader,Linmas Dan Guru Ngaji Tahap ll Tahun 2023



Kontakpublik.id,PANDEGLANG -
Minggu (27/08/2023) Bertempat di Saung Rapat Masyarakat di halaman Rumah Kepala Desa Muruy Kecamatan Menes,Kabupaten Pandeglang,Propinsi Banten,telah dilaksanakan musyawarah atau pembinaan sekaligus  pembagian Honor untuk ketua RT/RW,Kader Posyandu,Linmas,Guru ngaji  se-Desa Muruy tahap ll tahun 2023,
Selanjutnya Penyerahan honor tersebut langsung diberikan oleh Kepala Desa Muruy,Camat Menes dan Pendamping , kepada RT,RW,Kader Posyandu,Linmas dan Guru ngaji,untuk penyaluran sekarang ini di berikan 4 bulan yaitu Bulan Mei Juni Juli dan Agustus, Adapun pada acara penyaluran tersebut turut hadir Kepala Desa Muruy H.Pandi,Camat Menes,Abdul Haris,Pendamping Lokal Desa Ondi,BPD,Perangkat Desa dan Forum RT,RW,Kader,Linmas dan Guru ngaji Pemdes Muruy,

Selain kegiatan pembagian honor, kegiatan tersebut juga merupakan dalam rangka mempererat tali silaturrahmi Pemdes Muruy dengan para ketua RT/RW Se-Desa Muruy.
Karena Desa Muruy itu sendiri memiliki sebanyak 6 RW, 14 RT,10 Linmas,25 Kader posyandu,21 Guru ngaji.

Kepala Desa Muruy,H.Pandi mengatakan,Alhamdulillah hari ini telah dilaksanakan musyawarah atau pembinaan sekaligus penyaluran honor kepada Ketua RT,RW,kader posyandu,Linmas dan Guru ngaji, Dengan adanya pemberian honor diharapkan agar dapat memberikan semangat kerja dalam membangun Desa untuk lebih maju dan sejahtera bersama lembaga dan Pemerintah Desa Muruy, pembagian honor tersebut merupakan bentuk realisasi dari Anggaran Dana Desa (DD) tahap ll Tahun 2023.

Pada Kali Ini Kami menyalurakan 4 bulan,honor ini bukan merupakan gaji melainkan Honor bentuk kepedulian dari Pemdes kepada para RT,RW,Kader posyandu,Linmas dan Guru ngaji di Desa Muruy “Ya, ini merupakan bentuk apresiasi atas pengabdian nya yang telah membantu menyukseskan program program di Pemdes Muruy” tuturnya.

Ia berharap, dengan adanya pemberian honor ini bisa lebih semangat dalam melaksanakan Tugas-Tugasnya dan “Mudah-mudahan bisa terus membantu Pemerintah Desa Muruy tercinta.”tutur Kades.  (Do)

Tak diperoleh Satupun Tiang PJU Jalan Babadsari - Janaka Pekat Mencekam



kontakpublik.Id, PANDEGLANG-Tak Satupun didapatakan tiang Lampu yang disiapkan menerangi Jalan Umum di Jalur Desa Babadsari hingga ke Desa Janaka Kecamatan Jiput Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten.Kondisinya begitu gelap pekat sekaligus menghadirkan situasi cukup mencekam,bahkan ketika berkali - kali Wartawan membidik objek jalan, berkali-kali pula terjadi Blur tepatnya di blok Kampung Limus Piit Desa Babadsari.

Situasi dan Kondisi Jalan milik Pemerintah Kabupaten Pandeglang itu, menurut keterangan dari Warga setempat sudah sekian lama seperti itu ,  padahal selaku pengguna yang setiap Hari melintasi Jalan tersebut Warga berharap adanya kepedulian dan perhatian dari Institusi yang berkepentingan.

Dikatakan Warga, sebut saja Namanya Asra (Identitas ada pada Redaksi.Red)." Jalan yang menghubungkan Dua Desa antara Desa Babadsari menuju Desa Janaka, begitupula sebaliknya, jika Malam Hari keadaannya cukup gelap pekat mencekam apalagi jika cuaca buruk dan turun Hujan, Kami sangat kewalahan." Ungkap Asra saat dikonfirmasi kontak Publik Jum'at Malam (25/08/23).

Itulah keadaan yang sebenarnya Jalan Babadsari hingga Janaka diwaktu Malam. Lanjut Asra. " Adapun jika disiang Hari. Jalan dalam kondisi rusak parah tak karu-karuan, ditambah benyakanya belokan-belokan keluar masuk Hutan. Akhirnya lengkap sudah kondisi Jalan tersebut dari ketidak sempurnaan." 

Mencermati situasi dan kondisi Jalan Babadsari - Janaka.Terpisah M Yaya Ketua LSM DPD Gempita Kabupaten Pandeglang mengatakan." Jika Jalan Raya tanpa Satu titikpun Penerang Jalan Umum, tidak hanya merepotkan  setiap pengendara Roda Dua dan Empat. Disisi lain rentan terjadinya tindak kejahatan dari Orang - orang yang tidak bertanggung Jawab."

" Sementara Rusaknya jalur Jalan itu sebagaimana yang jelas terlihat disiang Hari,  tidak menutup kemungkinan membuat pertanyaan semua pengendara. Apakah tidak berlaku di jalur Jalan Desa Babadsari hingga Desa Janaka Program yang digadang-gadang Pemerintah soal Jaka Mantul kepanjangan dari Jalan Kabupaten Mantap Betul ?." Ungkap Yaya.

Pekatnya Jalan Desa Babadsari hingga ke Desa Janaka, Saat Berita ini dirilis. Agus salah Satu petinggi ULP PLN cabang Labuan, ketika dimintai komentarnya melalui Whats Upp belum memberikan keterangan. (Red)

Jumat, 25 Agustus 2023

PKBM Albir Salam Siap Tampung Anak-Anak Putus Sekolah



kontakpublik.id, PANDEGLANG-Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), merupakan satuan Pendidikan Non Formal sebagai tempat pembelajaran dan sumber Informasi yang dibentuk dan dikelola oleh Masyarakat yang berorientasi pada Pemberdayaan Potensi setempat untuk meningkatkan Pengetahuan, Keterampilan dan sikap Masyarakat dalam bidang Ekonomi , Sosial.

PKBM  yang dibentuk oleh Masyarakat untuk Masyarakat, Bergerak dalam bidang Pendidikan Non Formal di bawah pengawasan dan bimbingan dari Dinas Pendidikan Nasional, dengan cakupan kegiatan diantaranya kejar Paket A setara SD atau MI, Kejar Paket B setara SMP atau MTs, kejar paket C setara SMA atau MA. di samping itu ada PAUD , KBU , KUPP, Pemberdayaan Perempuan dan Keaksaraan Fungsional Dasar Dewasa,  Paket ABC Ini sama halya dengan pendidikan di sekolah formal.

Tujuannya memperluas kesempatan warga Masyarakat khususnya yang tidak mampu untuk meningkatkan Pengetahuan Keterampilan dan sikap Mental yang diperlukan untuk mengembangkan diri dan bekerja mencari nafkah

Sebut saja PKBM Albir Salam yang diketuai oleh Faisal, SPd, bertempat di Kelurahan Sukaratu , Kecamatan Maja Sari , Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, secara langsung di temui oleh Media ini pada jum'at sore (25-08-2023) di Kantornya.

Tidak ada kata lain PKBM Albir Salam Siap Tampung Anak-Anak Putus Sekolah dan berharap di kabupaten Pandeglang di Data semuanya

Menurut Faisal, adanya PKBM ini banyak Siswa yang putus Sekolah, banyak siswa yang Drop Off , berbagai macam persoalan yang terjadi seharusnya memang tidak, kita mau Pendidikan mereka seharusnya Tuntas di Formal. Akan tetapi karena banyak Faktor yang menentukan hengkang dari Formal itulah sebabnya

Sehingga adanya PKBM salah satunya kegiatan belajar Non Formal , artinya kalau mengacu kepada 8 Standar pendidikan itu sama, hanya yang membedakan Siswa Non Formal ini ada kemudahan mulai dari cara belajar diberi ruang waktu, dikasih Tempat pendidikan Non Formal .

Trennya dahulu sebutanya Pendidikan Sepanjang Hayat (PSH)  jadi tidak terbatas umur walaupun umurnya sudah 30-40 masih bisa mengakses Pendidikan hanya bedanya sekarang Pemerintah menitikberatkan dahulu di bawah tahun 2023 itu yang dibiayai oleh pemerintah itu di umur 20 tahun ke bawah tidak melebihi itu ternyata perlu dilihat begitu banyaknya angkatan usia Sekolah yang putus karena lemahnya informasi

Karena ketika Calon peserta didik datang  umurnya sudah tua beransumsi harus bayar di sini , hal ini satu persoalan, akhirnya Pemerintah memberikan kebijakan lagi dinaikkan dari maksimal 20 tahun kini tahun 2023 menjadi umur 24 tahun,  usia di atas itu silakan Mandiri mau biaya sendiri mau bagaimana berbagai macam (biaya sendiri)

Kami berharap khusus di Kabupaten Pandeglang itu harus didata , anak-anak yang putus Sekolah, itu banyak bukan sedikit. contoh Warga Mengger mau sekolah saja minder, biaya tidak ada bukan orang itu di cap nakal, Artinya mereka keterbatasan informasi , makanya Kami Perlu kepada rekan-rekan Wartawan untuk mengajak sekolah ke PKBM Albir Salam.

Mengenai Persyaratan memang harus melalui Proses Daftar isian kita yang resmi dari Dapodik ada itu , diisi oleh peserta didik seperti formulir sampai tanda tangan, kalau peserta belum tanda tangan kita Nyatakan belum sah selanjutnya harus ada Ijazah Apakah dia putus sekolah di sekolah 6 SD apakah tidak ikut ujian

Jadi masuknya ke Program Paket A setara SD atau MI,  begitu juga putus sekolah di SMP bisa jadi peserta didik program Paket B dan seterusnya untuk sekolah di SMA program paket C setara dengan SMA atau MA.

Sebagai contoh Warga  Talun yang jauh dari Sekolah SD. Para orang tuanya mepersilahkan untuk menampung anak-anaknya itu paket A di usia yang seharusnya Wajar Dikdas harus selesai tapi terputus ini luar biasa, pengakuan dari peserta memang sulit , rumah aja reot . Lalu bayarannya gimana di PKBM (gratis)  kalau ada yang Mungut hajar
Bagi kelas 6 berhenti sekolah karena tidak ada biaya tinggal melanjutkan ke Paket B dan C

Bagaimana dengan perempuan kalau tidak punya Ijazah SMA ketika ada yang dilamar oleh Anggota Polisi harus ada Ijazah SMA ini kasihan jadi ini ada kesetaraan gender untuk Perempuan yang punya calon suami Anggota sangat perlu , Siapa tahu suatu saat dilamar oleh anggota polisi.  (Rudi Suhaemat)

SDN Patia 1 Laksanakan Kemping lokal di Depan Halaman Sekolah



kontakpublik.id, PANDEGLANG-Dalam rangka penerimaan tamu Siaga dan Penggalang Gugus Patia 1 , di acara terbuka ini dilaksanakan di halaman depan sekolah SDN patia 1 serta  diikuti oleh Camat Patia , Ketua Kuaran Kecamatan Patia , Kormin Kecamatan Patia sudah di bentuk  6 regu untuk merelaisasikan kegiatan ini agar berlangsung sesuai dengan Prosedur yang sudah di konsep. Demikian kata Acep Suparta selaku Kepala Sekolah Patia 1 Kecamatan Patia Kepada Media Kontakpublik.id,Jumat (25/08/2023)

Acep sampaikan, bahwa acara ini berlangaung selama 2 hari 2 malam  jumat 25 Agustus s/d Minggu 27 Agustus 2023  tujuan nya untuk Memotivasi kepada peserta didik pramuka dan menemukan pengalaman pelajaran baru.

Dengan slogan Beriman dan bertaqwa dan beraakhlak mulia, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, kreatif dan beenalar kriris (P5)
 
Kami berharap semua regu bisa mengambil ilmu sebanyak banyaknya dan bisa mengimplementasikan dalam kesehariannya, sehingga menjadi Anggota yang mengharumkan nama Bangsa dan Negara khususnya Kuwaran Kecamatan Patia Umumnya Indonesia.  (Uju)

Momentum HUT RI Ke - 78 HMI Cabang Pandeglang menggelar Diskusi dengan Tema "Ngopi Senja"



Kontakpublik.id,Pandeglang - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang periode 2023-2024 melakukan diskusi dengan Tagline "Kopi Senja" Yang dilaksanakan di Pendopo Kolam Pancing Bale Kambang Kampung Kadugedong RT. 003/001 Desa Banjar Kecamatan Banjar Kabupaten Pandeglang,Propinsi Banten, Pada Pukul 16.00-18.00 wib Jum'at (25/08/2023)

Diskusi ini di hadiri oleh Narasumber Dari Badan Pendapatan Daerah (bapenda) dan para tamu undangan yang lain.

"Diskusi ini di gagas oleh HMI Cabang Pandeglang, yang di laksanakan oleh Bidang Partisipasipasi Pembangunan Daerah (PPD) Cabang Pandeglang, mungkin ini loncing pertama kalinya yang akan trus rutin dilakukan setiap minggunya "

Pian Haetami Tanjung Salaku Wasekbid PPD HMI Cabang Pandeglang dan juga sebagai, Pelaksana kegiatan Diskusi, menyampaikan dalam sambutannya" ini bagian dari kegiatan yang akan trus rutin dilakukan setiap minggunya, oleh kami HMI Pandeglang.

Kami,"mengucapkan terimakasih banyak kepada Para pengurus cabang, Komisariat Se- Cabang Pandeglang, Kohati serta para kader HMI yang saya muliakan dan cintai, serta ucap terimakasih banyak kepada para tamu undangan para pimpinan OKP Cipayung Plus Pandeglang, KNPI Pandeglang, MD Kahmi pandeglang, Milineal Pandeglang, Jurnalis dan Media Fatner HMI cabang pandeglang yang sudah hadir dalam diskusi ini, "

Hatur terimakasih juga tak lupa para Narasumber yang sudah memberikan pemahaman serta materi-materinya untuk bertukar pikiran dan gagasan dalam diskusi ini, kami ucapkan terimakasih kepada Semua pihak yang sudah membantu dan Mensuport kegiatan ini. Baik materil dan Moril demi suksesnya acara kami. "

Fahmi kabid Kebijakan yang mewakili Badan Pendapatan Daerah/Bayanjak (BAPENDA) Kabupaten Pandeglang, mengatakan," kegiatan yang di gagas oleh adik-adik Mahasiswa yang mungkin masih pres dan segar sebagai semangat muda. Sangatlah bagus dilakukan apalagi soal Peningkatan Asli Daerah(PAD) untuk menciptakan peluang Kerja Masyarakat Pandeglang. "

Semoga diskusi " kopi senja" Berkelanjutan dengan terus dapat membantu kami agar dapat lebih mengoptimalkan PAD kabupaten pandeglang lebih lagi, dan mampu meningkatkan daripada kabupaten/ kota lainya di provinsi Banten ini, "ungkap Fahmi

Entis Sumantri Ketua Umum HMI Cabang Pandeglang, yang akrab di sapa tayo dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini di gagas sore hari menjelang malam, dengan sebutan "ngopi/ Kopi Senja" Ngobrol- ngobrol pintar di sore hari menjelang malam (senja) membahas tentang analisis potensi daerah untuk meningkatkan PAD Kabupaten Pandeglang dalam menciptakan peluang kerja masyarakat,

Masih kata ketua umum," kegiatan diskusi ini,kami gagas bersama para pengurus Cabang serta bagian dari kegiatan Bidang Partisipasi Pembangunan Daerah (PPD) HMI Cabang pandeglang, dan jajaran untuk dapat bersama peduli terhadap tanah kelahiran kita agar lebih baik lagi dalam peningkatan asli daerah, apalagi dapat menciptakan peluang kerja bagi masyarakat pandeglang dalam setiap sektor yang ada di daerah." Ungkapnya.

Banyak peluang serta tantangan baik itu pemerintah daerah, agent of Change Mahasiswa dan pemuda ataupun masayarakat pada umumnya, hal ini menjadi kan PR besar bagi pemerintah daerah karena PAD yang sangat kecil di provinsi Banten dari Kabupaten/kota lainya". Kata tayo 

Hal ini perlu menjadi catatan kita dalam memberikan gagasan serta inovasi bagi daerah kita itu banyak hal yang harus kita lakukan. Salah satunya adalah dengan cara diskusi langkah ini bagian dari ikhtiar HMI cabang pandeglang untuk memberikan ide-ide, ke ilmuan serta wawasan kita sebagai insan akademis, pencipta dan pengabdi agar terwujudnya masayarakat adil makmur yang di ridhoi Allah SWT. "

Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada panitia, para tamu undangan dan semua pihak yang sudah ikut membantu atau memberikan suportnya untuk kelancaran kegiatan diskusi ini, 

dalam minggu yang akan datang Ini akan trus kami lakukan dan kita akan trus  analisis serta selalu didiskusikan juga dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan  intansi- intansi pemerintah daerah/ intansi penghasil di kabupaten pandeglang dalam diskusi yang akan datang,tutup Tayo Ketum HMI Pandeglang. 
(Ty/Do)

Rabu, 23 Agustus 2023

Warga dan Tokoh Masyarakat Kadudampit Ucapkan Terimakasih Kepada PLTU Banten 2 Labuan




Kontakpublik.id,PANDEGLANG-
Warga Kampung Kadudampit Desa Senangsari,Kecamatan Pagelaran,Kabupaten Pandeglang,Menyampaikan ucapan terimakasih kepada PLTU Banten 2 Labuan atas bantuan Paving block yang telah diberikan ke Mesjid At-Taqwa Kadudampit,

Ucapan terimakasih itu langsung diwakili oleh saudara Ridho  warga  Kadudampit Rabu (23-08-2023) kepada wartawan.

Atas nama masyarakat Kadudampit saya mengucapkan, ucapan terimakasih kepada keluarga besar  PLTU  Banten 2 Labuan, yang telah memberikan Paving block untuk halaman mesjid yang saat ini sedang membutuhkan,biar  halaman mesjid menjadi lebih tambah rapih dan indah ungkap ridho.
Menurutnya,"usai mendapatkan bantuan, masyarakat dan pengurus mesjid langsung melaksanakan gotong royong untuk memasang Paving block dihalaman mesjid,
Pemasangan Paving block ini dilakukan gotong royong masyarakat, dari awal pengambilan,menurunkan dan pemasangan,Alhamdulillah sampai saat ini sudah mencapai 80% jelasnya.


Sementara itu, Ustadz Masduki pengurus mesjid At-Taqwa menambahkan," untuk permohonan bantuan,kami mengajukan proposal permohonan terlebih dahulu kepada pihak PLTU Banten 2 Labuan untuk bantuan Paving block,Alhamdulillah pengajuan kami terkabulkan dengan bertahap,sehingga mewakili warga Kadudampit,

Lanjut," Ustadz Masudki pun mengucapkan terimakasih kepada Keluarga besar PLTU Banten 2 Labuan yang telah membantu Paving block untuk halaman mesjid yang lebih rapih dan indah.

"Sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada PLTU Banten 2 Labuan yang telah mengkabulkan proposal permohonan kami untuk mesjid At-Taqwa,semoga kebaikan keluarga besar PLTU Banten 2 Labuan dibalas Allah SWT,Amin Yarobbalalamin..ungkapnya.  (Do)

Jumat, 18 Agustus 2023

Meriahkan HUT RI Ke 78 Pemuda Kadudampit RW 003 Mengadakan Berbagai Perlombaan



Kontakpublik.id,PANDEGLANG - Dalam rangka memeriahkan HUT RI Kemerdekaan ke 78, Pemuda Kampung Kadu Dampit,Desa Senangsari,Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pandeglang Propinsi Banten menggelar berbagai perlombaan, salah satunya gerak jalan umum dan Karnaval tingkat RT Kampung Kadu Dampit.

Setelah panitia pelaksana membuka pendaftaran, antusias warga Kadudampit berdatangan kepada Panitia yang dipimpin langsung oleh para tokoh pemuda dan para pemuda Kadu Dampit, untuk mengikuti bermacam macam  perlombaan cukup banyak seperti gerak jalan tingkat RT,Karnaval tingkat RT,Lomba bakiak,gendong istri sama suami,kerupuk,bola corong, dan masih banyak perlombaan yang lainnya. Untuk tertibnya lomba tentu panitia menerapkan beberapa aturan yang harus dipatuhi peserta.



Ridho selaku tokoh pemuda sekaligus warga kadudampit Sabtu (19 Agustus 2023) mengatakan," lomba yang diadakan oleh para pemuda ini untuk memeriahkan HUT RI ke 78 Dengan berbagai perlombaan,dengan adanya diadakan perlombaan ini diharapkan akan menumbuhkan silaturahmi antar warga,Sehingga akan tercipta suasana kampung Kadudampit yang kompak,indah dan nyaman.

Perlombaan HUT RI Ke 78 ini  diadakan atas inisiatip warga dan Para pemuda, Meskipun Perlomba,an yang diadakan cukup sederhana tapi ini membuktikan rasa syukur masyarakat kadudampit atas Kemerdekaan HUT RI yang ke 78, perlomba,an ini merupakan bukti rasa syukur kita atas Kemerdekaan Negara kita,"ungkapnya.

Lanjut Ridho menambahkan," perlomba,an ini bukan ajang untuk mencari siapa yang menang dan siapa yang kalah, Tapi diadakan perlombaan ini sebagai sarana untuk berkomunikasi dan bersilaturahmi antar warga Kadu Dampit, Mengingat setiap warga pasti ada kesibukan masing-masing, semoga dengan adanya perlombaa,an dalam rangka Memperingati Hari Kemerdekaan ini masyarakat bisa kumpul dan bersilaturahmi,"MERDEKA"..ucapnya
  (Red)

DPRD Pandeglang Klariflikasi Mis Komunikasi Polemik HUT RI Ke 78 Di Kecamatan Patia



kontakpublik.id, PANDEGLANG - Mis Komunikasi (Miscommunication) terjadinya kesalahan dalam salah satu proses komunikasi akan menyebabkan tidak tercapainya tujuan atau misi yang hendak dicapai, salah paham yang kerap terjadi saat orang melakukan interaksi atau komunikasi dengan lawan bicara, kesalahpahaman dapat diindikasikan dari datangnya Respon yang tidak sesuai dengan maksud pembicara. 

Miskomunikasi tentunya dapat berakibat fatal jika tidak segera diselesaikan

Begini:
Sekretaris DPRD Kabupaten Pandeglang, Puji Widodo menjelaskan terkait polemik yang terjadi di hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, (17-08-2023) masalah tersebut karena adanya Miskomunikasi.

Menurutnya Pimpinan DPRD Pandeglang jauh-jauh hari sudah  memploting Anggota DPRD yang akan ditugaskan  untuk hadir pada upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di semua Kecamatan.

"Namun pada saat menjelang pelaksanaan ada surat dari Fraksi Partai Demokrat nomor 020/F.PD-DPRD/PDG/VIII/2023 Perihal Pemberitahuan Kegiatan Fraksi PD DPRD Kab. Pandeglang bahwa anggota fraksinya diharapkan hadir pada acara partai memperingati HUT RI di pacitan, Kamis (17/8/2023).

Sementara ploting untuk upacara di Kecamatan Patia itu yang sudah siap adalah Ibu Novia Rahtami dari Fraksi Demokrat, sehingga untuk kecamatan Patia belum ada yang siap menggantikan mengingat semua anggota sudah di Ploting di kecamatan yang sudah di tentukan. 

Puji mengaku, perwakilan dari Sekretariat DPRD Pandeglang sudah mendatangi pihak Kecamatan dan Ikatan Kepala Desa (Ikades) Kecamatan Patia.

Kedatangannya untuk memberikan klarifikasi dan meminta maaf soal adanya miskomunikasi tersebut.

Puji menghimbau agar masalah tersebut tidak diperpanjang, karena pihak Ikades dan Kecamatan Patia sudah memaafkan hal tersebut.

"Kita tetap harus menjaga keutuhan bermasyarakat, jangan sampai ada kegaduhan akibat hal ini dan saya memohon maaf kepada pimpinan dan anggota DPRD atas pelayanan dan fasilitasi yang diberikan oleh sekretariat DPRD dengan kondisi ini, dan saya akan evaluasi jajaran /pejabat yg ditugasi memfasilitasi ini di lingkungan sekretariat". Terangnya

Ketua Ikades Kecamatan Patia, Syukur membenarkan bahwa pihak Sekretariat DPRD Pandeglang sudah menyampaikan klarifikasi dan meminta maaf kepada masyarakat Patia. Katanya

Sebagai manusia tentunya kami sudah memaafkan hal tersebut ( Masyarakat Patia sudah memaafkan). Kami berharap kejadian ini tidak terulang lagi. Ujarnya (rudi suhaemat)

Desa Jayamekar - Jiput Juara 1 Lomba Posyandu



Kontakpublik.id,PANDEGLANG -
Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan  bersumber daya masarakat, dari masarakat, oleh masarakat,  untuk masyarakat dalam menyelenggarakan pembangunan kesehatan , guna memberdayakan masarakat dan memudahkan dalam memperoleh pelayanan kesehatan agar mencapai masarakat yang sehat.

Seluruh kader dan desa antusiasnya sangat tinggi untuk meningkatkan kesehatan masarakatnya. Hal ini dibuktikan oleh keaktifan kader dalam membina posyandu di desa tersebut.

Dengan diadakannnya lomba Posyandu ini dapat meningkatkan kepedulian seluruh lapisan masyarakat di Desa  masing-masing sehingga keberadaan posyandu akan meningkat kinerjanya serta meningkat cakupan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sehingga tercapai tujuan akhirnya untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat ungkap Oji Madroji selaku Kepala Desa Jayamekar Kecamatan Jiput kepada Kontakpublik.id, di Kantornya Jum'at (18/08/2023)

Masih kata Oji Madroji," Alhamdulilah Lomba yg diadakan oleh Puskesmas Kecamatan Jiput , Desa Jayamekar Lomba Posyandu  berturut-turut juara 1,  tahun lalu lomba cerdas cermat kader dan PKK juara 1, dalam Rangka HUT RI yang di selenggarakan oleh PHBN Kecamatan Jiput,  juga selain itu  Lomba  voley ball alhamdulilah selalu dapat juara, walaupun tidak menduduki juara 1.

Lomba bidang keagamaan juga banyak yang  dapat juara, artinya banyak sekali potensi SDM Yang  bermutu di Desa Jayamekar ini, melalui perlombaan ini semua diketahui kompetensi masyarakat di berbagai bidang bisa di andalkan. Tuturnya

Mudah mudahan kedepan Desa Jayamekar bisa Lebih maju dan meraih prestasi kembali. Pungkasnya. (uju)

Di Provinsi Banten telah lahir Jawara GP. GUNAKAN JURUS PEDAGOGIK.



Kontakpublik.id,PANDEGLANG 
Belum lama ini dikabarkan telah lahir Jawara GP, sebuah komunitas  beraliran edukasi , pertemuan Mereka biasanya  Satu Bulan sekali tepatnya di Hari Jum'at, itupun sebatas lewat  Webinar ( Web seminar atau suatu event yang dilakukan secara online,artinya tidak membutuhkan tempat khusus .Red) dengan Lebel pertemuan " Jum'at Webinar bersama disingkat Jawara."  dari Pertemuan diantara Mereka biasanya sarat dengan keilmuan yang bersifat Pedagogik. Hal itu  beralasan sekali sebab Komunitas yang Mereka bangun berlatar belakang Pendidik dengan kategori Guru - Guru Penggerak (GP) Tingkat SMA SMK dan SMKH se - Provinsi Banten.

Dikatakan Ketua Komunitas Guru Penggerak angkatan Enam  Imam Sidiq S.Si .MPd. Webinar Hari ini selain menghadirkan Para Guru Penggerak juga hadir  pemateri yaitu Isa Darmawan M.Pd Guru Penggerak yang membidangi Praktek, Siti Lutfah M.Pd seorang Praktisi Pendidikan sekaligus Imam Sidiq yang  cakap disegmen Kurikulum.

" Webinar dihari Jum'at itu selain dihadiri pemateri, juga Kami melibatkan Nara sumber anggota DPR Provinsi Banten, Politisi Besutan Partai Beringin. H  Fitron Nur Ikhsan M.Sc  .serta Endang Kurniawan M.Pd dari BGP Provinsi Banten,berikut Bapak Ibu lainnya yang tidak bisa Kami sebutkan Satu persatu."  Terang Imam ditempat kerjanya di SMAN 15 Pandeglang  Jum'at (18/08/2023)

" Adapun Topik yang diusung pada Jum'at Minggu Kedua dipenanggalan Agustus ini yaitu  Trik dan kiat sukses menjadi calon pengajar Praktik." Lanjut Imam seraya mengucapkan Terima kasih dan penghargaan yang setinggi - tingginya kepada para Guru Penggerak , bergerak dalam keilmuan,bergerak dalam mencerdaskan kehidupan Bangsa. (Red)

SECERCAH HARAPAN, STRATEGI UNTUK MENJAWAB TANTANGAN JAMAN



Kontakpublik.id,PANDEGLANG - STN- Sebuah Pendapat (Opini) dan karya tulis yang di lontarkan untuk organisasi kehamasiswan dan Kepemudaan salah satu organisasi tertua dan terbesar di Indonesia salah satunya adalah Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) mengenai permasalahan yang ada di Hadapi oleh HMI kemudian di analisis menggunakan teori Resource Based View (RBV) untuk menemukan strategi untuk menjawab tantangan mendatang bagi kaderisasi HMI. Dalam tulisan ini terdapat gagasan tentang tantangan dan peluang yang harus di kolaborasikan antara Kepemimpinan dan Digitalisasi agar HMI dapat adaptif."Jum'at (18/08/2023)

Sebagai kader HMI yang lahir dari komisariat yang penuh dengan tantangan dan berbagai permasalahan yang kompleks, penulis merasa mendapatkan banyak pelajaran yang dapat dipetik dan dijadikan sebagai prinsip dalam kehidupan berorganisasi.'

Ahmad Pirdaus mengatakan. Tentu ada banyak sekali alasan untuk meninggalkannya setelah dirasa letih dalam membangun kembali tujuan yang diharapkan, akan tetapi ada alasan tersendiri mengapa kita sebagai kader HMI diajarkan untuk bertahan dengan keadaan.

Seperti kata tokoh revolusioner Indonesia yaitu Tan Malaka “ Terbentur terbentur terbentur, Terbentuk ”.

Izinkan penulis memberikan pandangan terkait HMI menggunakan perspektif teori Resource Based View (RBV) yang tidak asing di dunia akademis. Teori ini menjelaskan pendekatan analisis strategis yang fokus pada sumber daya dan kapabilitas unik suatu organisasi sebagai faktor kunci dalam menciptakan keunggulan kompetitif.

Selain itu, kinerja organisasi dapat dikaitkan dengan konsep RBV yang memfokuskan pada masalah internal. Barney (1991) menyatakan bahwa sumber daya internal dapat menentukan keberhasilan suatu organisasi. Adapun kategori sumber daya internal adalah sumber daya fisik, sumber daya manusia dan sumber daya organisasi.

Tentu saja HMI memiliki kategori tersebut jika di ukur menggunakan teori ini. Teori ini bisa kita jadikan alat untuk mengukur atau menilai tantangan HMI ke depan seperti apa dan bagaimana strategi dalam memecahkan permasalahan tersebut. 

Mari kita lihat beberapa contoh potensial tentang sumber daya dan kapabilitas yang dimiliki oleh HMI, dan bagaimana hal ini dapat dianalisis dengan pendekatan RBV: 
1. Jaringan Alumni Kuat: HMI memiliki jaringan alumni yang luas dan kuat di berbagai sektor. Ini dapat dianggap sebagai sumber daya unik karena dapat memberikan akses ke peluang karir, pengembangan profesional, dan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan.

2. Keterampilan Kepemimpinan: Kepemimpinan adalah bagian integral dari HMI. Keahlian kepemimpinan yang ditanamkan dalam anggota HMI adalah kapabilitas khusus yang membedakan organisasi ini. Ini menciptakan keunggulan kompetitif karena anggota HMI memiliki kemampuan untuk mengambil peran kepemimpinan dalam berbagai situasi.

3. Pendidikan dan Pengetahuan Islam: HMI memiliki fokus pada pengembangan kepemimpinan berbasis nilai-nilai Islam. Pemahaman mendalam tentang ajaran Islam dan bagaimana menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kepemimpinan adalah sumber daya unik yang membedakan HMI dari organisasi lain.

4. Aktivitas Sosial dan Kemanusiaan: HMI terlibat dalam berbagai aktivitas sosial dan kemanusiaan. Kapabilitas ini membuktikan bahwa HMI memiliki keterlibatan aktif dalam masyarakat dan mempunyai dampak positif, menggambarkan profil positif yang unik.

Dalam analisis RBV, langkah selanjutnya adalah menilai apakah sumber daya dan kapabilitas ini benar-benar unik dan sulit ditiru oleh organisasi lain. Misalnya, jaringan alumni bisa menjadi sumber daya yang sangat berharga jika anggotanya aktif dan memiliki konektivitas yang mendalam. 

Keterampilan kepemimpinan dan pendidikan Islam dapat menjadi sumber daya yang sulit ditiru karena memerlukan waktu dan upaya untuk mengembangkan pemahaman yang mendalam. Selanjutnya, dapat digabungkan analisis ini dengan bagaimana sumber daya dan kapabilitas ini mendukung posisi HMI di dalam organisasi, bagaimana HMI menciptakan nilai tambah, dan apakah ada peluang atau tantangan yang harus diperhatikan dalam jangka panjang.  

Membangun Kembali Minat Mahasiswa dalam Organisasi Kemahasiswaan ( Tantangan dan Peluang )Dunia yang terus berubah dan penuh dengan berbagai pilihan, kurangnya minat mahasiswa untuk bergabung dengan organisasi kemahasiswaan, termasuk HMI, menjadi isu yang perlu dipecahkan. 

Menghadapi tantangan ini memerlukan pemahaman mendalam tentang perubahan nilai, prioritas, dan tren yang membentuk keputusan mahasiswa saat ini. 

Salah satu faktor utama adalah dinamika perubahan prioritas. Mahasiswa saat ini memiliki beban akademik yang berat dan persaingan dalam mencari peluang karir yang semakin kompetitif. Ini dapat mengakibatkan penurunan minat mereka terhadap keanggotaan organisasi, termasuk yang memiliki fokus pada pengembangan kepemimpinan dan nilai-nilai budaya.

 Selain itu, kemajuan teknologi juga berpengaruh. Generasi mahasiswa sekarang terbiasa dengan dunia digital, yang bisa membuat mereka lebih cenderung berpartisipasi dalam aktivitas online daripada menghadiri pertemuan organisasi. 

Dengan berbagai tuntutan kehidupan modern, pergeseran dalam gaya hidup dan preferensi aktivitas adalah sesuatu yang wajar. Namun, semua tantangan ini membuka peluang HMI untuk berinovasi. 

Membangun kembali minat mahasiswa, organisasi seperti HMI perlu menjawab dengan kegiatan yang relevan dan menarik, membawa teknologi dan interaksi fisik menjadi satu kesatuan dapat menciptakan pengalaman yang unik. Bisa berupa pelatihan kepemimpinan yang dilakukan secara virtual atau forum diskusi daring yang memfasilitasi dialog. 

Selain itu, transparansi dan komunikasi yang lebih baik tentang nilai dan manfaat keanggotaan diperlukan. Mahasiswa harus menyadari bahwa bergabung dengan organisasi seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) adalah kesempatan untuk mengembangkan diri, membangun jaringan, dan memahami perspektif yang berbeda. 

Dalam mengatasi tantangan ini, kolaborasi antara organisasi, di universitas, dan mahasiswa adalah kunci. Momentum ini adalah saatnya bagi organisasi untuk mengevaluasi kembali model mereka, memahami perubahan dalam kehidupan mahasiswa, dan merancang pendekatan yang lebih adaptif. 

Akhirnya, minat mahasiswa yang baru dan berkelanjutan dalam organisasi akan memerlukan transformasi yang berkelanjutan dan upaya bersama dalam menciptakan nilai bagi para anggota dan masyarakat yang lebih luas. 

Jika diimplementasikan dengan bijak, inisiatif-inisiatif ini bisa menciptakan lingkungan di mana organisasi kemahasiswaan tetap relevan, menarik, dan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi setiap anggotanya.
Minat mahasiswa terhadap organisasi seperti HMI bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. 

Berikut beberapa alasan yang mungkin dapat menjelaskan mengapa minat masuk HMI mungkin kurang pada beberapa kasus:
1. Pilihan Organisasi Lain: Terdapat berbagai organisasi kemahasiswaan yang tersedia di kampus atau di luar kampus. Mahasiswa mungkin memiliki pilihan lain yang lebih sesuai dengan minat dan tujuan mereka.

2. Keterbatasan Waktu: Mahasiswa sering memiliki jadwal yang padat dengan kuliah, tugas, dan aktivitas ekstrakurikuler lainnya. Ini bisa membuat mereka ragu untuk mengalokasikan waktu lebih untuk kegiatan di HMI.

3. Perubahan Prioritas: Beberapa mahasiswa mungkin lebih fokus pada akademik atau pengembangan keterampilan profesional untuk mempersiapkan karir masa depan. Hal ini dapat membuat minat mereka terhadap kegiatan organisasi berkurang.

4. Persepsi Tentang Organisasi: Persepsi yang kurang positif atau informasi yang tidak akurat tentang HMI dapat mempengaruhi minat mahasiswa. Jika ada stigma tertentu atau pandangan yang tidak mendukung tentang organisasi tersebut, ini dapat mempengaruhi minat masuk.

5. Kegiatan yang Tidak Menarik: Jika HMI atau organisasi lainnya tidak menawarkan kegiatan yang relevan, menarik, atau bermanfaat bagi mahasiswa, maka minat masuknya bisa berkurang.

6. Perubahan Kultural dan Sosial: Nilai-nilai dan tren kultural di kalangan mahasiswa bisa berubah dari waktu ke waktu. Faktor sosial dan budaya dapat mempengaruhi minat mahasiswa terhadap jenis kegiatan atau organisasi tertentu.

7. Ketidak jelasan Tujuan dan Manfaat: Jika tujuan dan manfaat yang ditawarkan oleh HMI tidak dijelaskan dengan jelas kepada calon anggota, mereka mungkin merasa tidak tertarik

8. Kekhawatiran tentang Kewajiban: Beberapa mahasiswa mungkin ragu untuk bergabung dengan organisasi karena takut akan terbebani oleh tanggung jawab atau tuntutan yang dianggap berat.

9. Isu Persepsi Agama atau Politik: HMI, sebagai organisasi dengan basis Islam, mungkin dianggap kontroversial oleh beberapa mahasiswa yang memiliki pandangan atau keyakinan yang berbeda.

"Melangkah Maju: Kepemimpinan Inovatif dan Digitalisasi dalam Transformasi HMI "
Dalam menghadapi tantangan dan peluang di era digital, penulis yakin bahwa menggabungkan kepemimpinan inovatif dengan digitalisasi adalah langkah penting dalam memajukan HMI ke tingkat yang lebih tinggi. 

Kedua elemen ini dapat bekerja bersama untuk menciptakan perubahan yang berarti dan membentuk masa depan yang cerah bagi HMI. Pertama-tama, kepemimpinan inovatif adalah landasan yang solid untuk mencapai visi yang besar. Sebagai kader di HMI, penulis percaya bahwa memiliki visi yang jelas dan berani adalah kunci dalam memimpin. Namun, visi ini harus diikuti dengan tindakan nyata dan perubahan yang berdampak. 

Inovasi dalam kepemimpinan berarti menciptakan lingkungan di mana anggota HMI merasa didengar dan terlibat aktif dalam proses pengambilan keputusan. Kepemimpinan kolaboratif dan mendengarkan ide-ide baru akan memberikan dorongan positif dalam mencapai tujuan organisasi. Namun, untuk mencapai visi tersebut, digitalisasi adalah alat yang tak tergantikan. 

Penggunaan teknologi modern dalam aktivitas perkaderan akan membantu mengoptimalkan efisiensi dan keterlibatan anggota. Tetapi, penting untuk menemukan keseimbangan yang tepat antara dunia maya dan nyata.

 Meskipun teknologi membawa banyak manfaat, interaksi tatap muka dan komunitas yang kuat tetap menjadi dasar yang tak ternilai. Kita harus selalu menjaga keragaman dan inklusivitas dalam setiap langkah digitalisasi yang diambil. 

Penulis percaya bahwa membawa gagasan yang segar dan relevan sangat penting untuk menggerakkan organisasi menuju masa depan yang lebih baik. Salah satu gagasan yang perlu ditekankan adalah memberikan fokus pada partisipasi dan keterlibatan anggota. 

Pemimpin harus menjadi fasilitator bagi suara dan aspirasi anggota, melalui program-program yang menarik, beragam, dan bermanfaat, kita dapat menginspirasi anggota untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan HMI.

Bukan hanya tentang jumlah anggota yang hadir, tetapi juga tentang memberikan wadah bagi ide-ide kreatif dan kolaborasi yang bisa membawa HMI menjadi lebih dinamis dan relevan. 

Selain itu, pengembangan kepemimpinan adalah kunci bagi pertumbuhan jangka panjang HMI. Contoh mengusulkan suatu  program pelatihan yang fokus pada keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan manajemen waktu dapat membantu anggota HMI menjadi pemimpin yang lebih baik di masa depan. 

Dengan memberikan alat dan pengetahuan ini kepada anggota, kita memberikan kontribusi pada pembentukan generasi pemimpin yang siap menghadapi tantangan dunia nyata. 

Kerjasama dengan lembaga eksternal juga merupakan langkah yang bijak. Tidak hanya membuka peluang baru, tetapi juga dapat memperluas jaringan HMI serta memberikan dampak positif yang lebih luas pada masyarakat.
 
Mengintegrasikan teknologi dalam aktivitas HMI juga merupakan inovasi yang perlu dipertimbangkan. Dalam era digital saat ini, penggunaan platform digital dapat meningkatkan efisiensi dan jangkauan komunikasi, serta membantu mengorganisir acara dengan lebih baik. Tetapi, yang tidak kalah penting adalah tetap menjaga nilai-nilai dan prinsip HMI dalam setiap kegiatan yang diusulkan. 

Maka keharmonisan, inklusivitas, dan keberagaman harus tetap dijaga dan ditekankan dalam setiap langkah yang diambil. Kita memiliki tanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan menghormati perbedaan. 

Akhirnya, untuk mencapai perubahan yang berkelanjutan, kita perlu memikirkan tentang keberlanjutan gagasan dan program yang diusulkan. Melalui kesinambungan ini, capaian yang telah diraih tidak hanya menjadi momentum, tetapi juga menjadi dasar bagi perubahan yang lebih lanjut.

Dalam kesimpulan, membawa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke depan memerlukan inovasi kepemimpinan dan pemanfaatan teknologi. Kombinasi visi yang kuat dengan penerapan teknologi akan membantu kami mencapai tujuan dengan lebih efektif dan berdampak. Kader HMI siap untuk memimpin dengan kreativitas, menerapkan digitalisasi secara bijak, dan bersama-sama dengan seluruh anggota, merangkul perubahan demi masa depan yang lebih baik bagi HMI dan anggotanya.  (AF/Ty/Do)

Kamis, 17 Agustus 2023

Momen HUT RI Ke 78 , PLN Indonesia Power Banten 2 Labuan PGU Tandatangani Kerja Sama



kontakpublik.id, PANDEGLANG-Sekali merdeka tetap merdeka, momentum hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) 17 Agustus 2023 diperingati di berbagai Daerah hingga Istana Merdeka, peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun ini juga seperti tahun-tahun sebelumnya biasa diisi upacara bendera

Oleh karena itu peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78, Kemerdekaan RI tahun 2003 dapat menjadi momentum untuk meneruskan keberhasilan Bangsa  sesuai tema peringatan tahun ini Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.

Upacara pengibaran bendera Merah Putih pada upacara Hari HUT RI yang ke 78, di, acara tesebut dilaksmakan secara Langsung di Alun-alun Kabupaten Pandegkang, Provinsi Banten. Tepat pada Kamis (17-8-2023).

 Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Pandeglang berikut seluruh SKPD yang ada serta dihadiri para Pihak,  diantaranya PT. PLN Indonesia Power  Banten 2 Labuan PGU, selanjutnya Coconut Island Carita, Nina Rizki Salon Spa yang menjadi peserta Apresiasi Usaha Industri pariwisata, Pengurus Koperasi Produsen  Bina Insyaf Mandiri (BIM), Perwakilan Disabilitas, janda terlantar, anak yatim Dan Perwakilan dari Desa Tanjung Jaya Kecamatan Panimbang sebagai Desa wisata dalam Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023.

Mengenang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang ditandai penekanan Tombol Sirine, Upacara juga diisi dengan pembacaan amanat Presiden RI yang dibacakan oleh Inspektur Upacara. Usai Upacara Bendera, Inspektur Upacara meninggalkan mimbar Upacara dan menuju mimbar undangan guna mengikuti acara tambahan.

Dilanjutkan, penampilan seni Kolosal Bedug turut menjadi kreasi pengiring acara. Dilanjutkan dengan penandatanganan PKS antara BUMD PBM dengan PT. PLN Indonesia Power Banten 2 Labuan tentang pemanfaatan hasil pengolahan sampah menjadi Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) untuk Confiring PLTU, juga penyerahan Piagam Penghargaan dari Hj. Irna Narulita, SE. MM. selaku Bupati Pandeglang kepada PLN Indonesia Power Banten 2 Labuan PGU.

Dengan penyerahan piagam satya lencana karya satya Presiden RI XXX, XX, X tahunan. Selain itu, penyerahan piagam penghargaan juga diberikan kepada Desa Tanjung Jaya sebagai desa wisata, Coconut Island Carita, Mina Rizki Salon n spa, dan acara selanjutnya diisi dengan penyerahan sembako secara simbolis kepada Koperasi Produsen BIM, disabilitas, janda terlantar dan Yatim.

Manager Administrasi PLN Indonesia Power Banten 2 Labuan PGU, Donny Ureansyah mengucapkan
Alhamdulillah bahwa hari ini dikirimkan kurang lebih 40 Ton BBJP dari TPA Bangkonol ke PLTU Banten 2 Labuan, Bahan Bakar Jumputan Padat atau BBJP adalah bahan sampah organik yang diolah dengan Fermentasi, digiling, dicacah dengan ukuran yang kecil dan dikeringkan untuk mendapatkan nilai kalori yang memenuhi Standard SNI sebagai bahan campuran bahan bakar (CoFiring) untuk di lakukan uji bakar di PLTU labuan. katanya

Uji bakar dilakukan untuk Evaluasi dan Analisis Efek pemakaian BBJP terhadap keamanan mesin PLTU, dari analisis dan evaluasi uji bakar, jika hasilnya bagus maka akan di lakukan Produksi Masal agar setiap hari bisa di lakukan produksi dan pengiriman BBJP ke PLTU Labuan. Jelasnya

Donny sampaikan, Jika hasil kurang bagus, akan di lakukan evaluasi dan perbaikan proses pembuatan BBJP, Dengan program ini, harapan kami adalah menjadi solusi sampah, yang sebelumnya menjadi masalah

Kini menjadi berkah dan bermanfaat untuk Masyarakat karena adanya perputaran Ekonomi dari proses Bisnis ini sehingga dapat meningkatkan Ekonomi Masyarakat Pandeglang. Ujarnya
 (Rudi Suhaemat) 

Parah!! Proyek P3-TGAI DI.Cibama Desa Rancaterep - Labuan di Duga Tidak Sesuai Spek



Kontakpublik.id, PANDEGLANG - Proyek Pembangunan Irigasi (P3-TGAI) DI. Cibama Desa Rancaterep Kecamatan Labuan,Kabupaten Pandeglang,Propinsi Banten,yang di kelola oleh Perkumpulan para Petani Pemakai Air (P3-TGAI) yang di duga dikerjakan curi kubikasi dan bergaya sepanyol alias separo nyolong, Proyek pembangunan irigasi tersebut, yang di nilai sangat buruk pengerjaannya tanpa mengedepankan mutu dan Kualitas pembangunan dan Tentunya akan berdampak terhadap kerugian keuangan Negara dan masyarakat yang selaku penerima manfa’at,


Rabu (16/08/2023) Dari hasil penelusuran kami bersama tim investigasi di lokasi,diduga kegiatan banyak ditemukan kejanggalan di proyek irigasi P3-TGAI yang dikerjakan secara bergaya sepanyol alias separo nyolong, dan tanpa mengedepankan mutu dan kualitas pembangunan, yang mengakibatkan adanya pengurangan kekuatan dan daya tahan pembangunan tersebut, Padahal tujuan pembangunan itu guna untuk meningkatkan produktivitas para petani ,” terang Agus selaku Aktivis.

"Proyek irigasi (P3-TGAI) yang sedang berjalan di Kampung kalumpang , Desa Rancatereup Kecamatan Labuan, telah ditemukan kejanggalan dari pemasangan batunya di tumpangkan ke tanah serta penyusunan batu kali pun asal-asalan,bahan materialnya pun seperti semen menggunakan merek semen Jempolan dan pasir lingkar” Jelas Agus.



Beberapa pekerja P3-TGAI saat di konfirmasi di lokasi mengatakan," Kaitan dengan Harian ongkos kerja pun diborongkan bukan harian,itupun kami selaku pekerja tidak tau berapa nominal ongkos borongan pekerja, kita selaku pekerja disuruh kerja kerja, kaitan dengan berapa ongkos borongannya tidak dikasih tau oleh Ketua kelompok P3-TGAI yaitu pak pulung, terus terang sebetulnya kami males,ini juga kami meminta kasbon 200.000 tidak dikasih, cuma dikasih 100.000 padahal kami kerja sudah satu Minggu lebih ucap pekerja.

Sampai berita ini di terbitkan pulung selaku ketua kelompok P3-TGAI Desa Rancaterep belum bisa untuk memberikan hak jawabnya,kita sudah mencoba konfirmasi mempertanyakan langsung kepada ketua kelompok P3-TGAI sangat disayangkan, pulung selaku ketua kelompok tani tidak memberikan hak jawabnya alias bungkam," (Do)

Kecewa Terhadap Wakil Rakyatnya, ini Keluhan Putra Daerah Asal Kecamatan Patia



Kontakpublik.id,PANDEGLANG - Fikri Hidayat selaku pemuda Kecamatan patia menjelaskan,Pada Hari Kamis, tanggal 17 agustus 2023 pemerintah kecamatan patia menyelenggarakan upacara memeperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) ke-78 yang bertepatan di Lapangan kecamatan Patia, kabupaten pandeglang-Banten

Tetapi pada pelaksanaan upacara tersebut banyak pertanyaan kontroversial dari masyarakat perihal tidak adanya satupun dari pihak anggota DPRD pandeglang yang menghadiri upacara tersebut khususnya di Jona 5, sedangkan ada lebih dari 6 anggota dewan yang ada di jona 5 tersebut, tetapi sampai dengan sekarang belum diketahui apa penyebab daripada anggota DPRD tidak bisa hadir di kecamatan patia?,,,Ujarnya....



Fikri menegaskan, Seharunya ketua DPRD pandeglang harus tegas dan bisa membagikan anggotanya ke setiap kecamatan yang ada di kabupaten pandeglang... mengingat tidak lebih dari 6 bulan pesta demokrasi akan di selnggarakan itu harus meningkatkan semangat bermasyarakat karena hal itu menjadikan kunci untuk bisa terpilihnya menjadi anggota DPRD di periode selanjutnya.

Maka, dari kejadian tersebut kami masih menunggu klarifikasi daripada ketua DPRD sebagai penanggungjawab anggotanya. Apabila tidak ada penjelasan apapun maka kami akan langsung mempertanyakaannya dengan cara berAudiensi di gedung DPRD kabupaten pandeglang... Tutup fikri selaku pemuda kecamatan patia sekaligus pengurus HMI cabang pandeglang. (Do/Fk)

Rabu, 16 Agustus 2023

Kades Kaduhejo - Pulosari Mengucapkan Selamat Menyambut HUT RI Ke 78



Kontakpublik.id,PANDEGLANG -
Momen 17 Agustus menjadi momen penting bagi masyarakat Indonesia, mengingat perjuangan dan pengorbanan yang telah diberikan para pahlawan bangsa.
Mereka rela mengorbankan jiwa dan raga demi kemerdekaan dan kebebasan anak cucunya dari penjajahan.

Perayaan hari ulang tahun RI ke 78  ini dilakukan seluruh masyarakat di Nusantara dengan berbagai cara. Berbagai macam perlombaan juga digelar di berbagai Desa dan kampung untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus simbol perjuangan para pahlawan.
Menjelang hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78, pada tanggal 17 Agustus 2023 ini,


Muhammad Enjen kepala Desa Kadu Hejo,Kecamatan Pulosari,Kabupaten Pandeglang Propinsi Banten,Mengucapkan," Selamat Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78
“Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Semoga bangsa ini semakin maju dan bisa bersatu, MERDEKA!!!,” ucapnya, Rabu (16/08/2023).


Lebih lanjut Enjen Kades Kadu Hejo juga menyampaikan,"
di momen yang penting ini, mari kita bersama-sama khusus nya warga masyarakat Kadu hejo,
Besok datang ke lapangan halaman Kantor Kecamatan Pulosari untuk mengikuti upacara, kita meriahkan upacara bendera sang merah putih, dan langsung dilanjutkan beraneka ragam kegiatan perlombaan-perlombaan,

Mempertahankan apa yang telah diberikan oleh para pahlawan sungguh tidaklah mudah. Merdeka bukan hanya status tanpa penjajahan.
“Merdeka adalah bagaimana kita berkomitmen untuk menciptakan perubahan. Semoga generasi penerus bangsa bisa membawa Indonesia lebih merdeka dengan kontribusi mereka!” pungkas Enjen. (Do)

Soal Pembebasan Lahan RSUD, Warga Butuh Konsekuansi.

Kontakpublik.id, PANDEGLANG - Kesimpulan Sosialisasi yang digelar Pada Hari Minggu 13 November Tahun 2022 di Gedung PGRI Kecamatan Labuan Ka...