Sabtu, 30 September 2023

Guru Promosi di Iringi Isak Tangis Siswa



Ket poto : ( dari kiri )  H. Oman S.Pd Kepala SDN Cijakan 2, Topan S.Pd.i Kormin Disdikpora Kecamatan Bojong , Ketua K3S Bojong Hasan Basri, S.Pd Ade Safarudin, S.Pd Kepala Sekolah 


Kontakpublik.id,PANDEGLANG -
Dinas Pendidikan Kecamatan Bojong SDN Cijakan 2 mengadakan Kegiatan pelepasan  salah satu Guru yang di Promosikan menjadi Kepala Sekolah yang bertugas di SDN Kubangkondang 3 Kecamatan Cisata, namun ada Hal lain yang menarik perhatian yaitu Siswa Siswi SDN Cijakan 2 merasa bersedih karena kehilangan, sehingga perpisahan di iringi isak Tangis Siswa Siswi itu berlangsung di Gedung Sekolah, 
Sabtu (30-09-2023)

Kegiatan tersebut  di hadiri oleh Kormin Disdikpora Kecamatan Bojong Topan,S.Pd.i, Ketua K3S Bojong Hasan Basri,S.Pd, Kepala Sekolah SDN Cijakan 2 H.Oman S.Pd, Tokoh Masyarakat, Wali Murid Dewan Guru dan Siswa Siswi  SDN Cijakan 2.


Kepala Sekolah SDN Cijakan 2 H.oman S.pd menjelaskan," bahwa kegiatan hari ini ada guru yang pindah menjadi Promosi  Kepala Sekolah  yaitu Ade Saprudin,S.Pd  bertugas ke Kecamatan Cisata, yang ke dua Ada Guru yang Purna Bakti yaitu Titin, S.Pd pertanggal 1 Oktober 2023 jelas H.Oman Kepada kontakpublik di sela sela acara di Gedung Sekolah.

Masih kata H.Oman, dengan adanya Promosi Kepala Sekolah dan Purna Bahkti Guru SDN Cijakan 2 ini, tentu ada Kekosongan Guru Kelas, Kami Pihak Sekolah izin Ke Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang untuk mengangkat Guru Honor 2 Orang , satu Guru PJOK satu lagi Guru Kelas. 
Mudah mudahan SDN Cijakan 2 ini kedepan bisa lebih baik dan bisa meningkatkan mutu Pendidikan. Ujarnya.

Di tempat yang sama Hasan Basri selaku Ketua K3S menambahkan," bahwa  pada kegiatan temu pisah di SDN Cijakan 2 Kecamatan Bojong, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, ada dua Agenda yaitu, purnabakti Guru  dan Promosi Kepala Sekolah.

Pada kesempatan ini saya berpesan baik yang purna Bakti maupun yang dipromosikan menjadi kepala sekolah,  ke depan  agar  bisa bekerja dengan baik dan kepada ibu dede Selamat purna Bakti dan bisa memanfaatkan sisa waktu pengabdian di masyarakat. Tukasnya.

Ade Safrudin,S.Pd selaku Kepala Sekolah Promosi mengatakan,   pekerjaan seorang Guru harus siap dengan Resiko apapun baik mutasi, ataupun naik jabatan itu hal yang wajar,karena pengabdian kita terkadang sudah bertahun tahun Sehingga atasanpun bisa menilai dengan prestasi ataupun keahlianya, apa lagi saya mengajar di sini sudah 8 Tahun berjalan, namun ini tugas yang harus di jalankan apa lagi menjadi promosi Kepala Sekolah, saya sangat bersyukur walaupun hati berat meninggalkan SDN Cijakan 2 ini. Tuturnya

Masih kata Ade, dalam perpisahan ini Alhamdulillah, saya merasa di akui oleh Siswa Siwi SDN Cijakan 2, sehingga anak murid saya kelas  V dan VI merasa kehilangan dan bersedih  karena kita sudah menyatu dan saya selalu menyayangi mereka , tapi ini semua demi kebaikan bersama. saya berharap kelak Siswa Siswi ini bisa lebih baik kedepanya. Tukasnya

Juga Dalam kesempatan ini saya mangucapkan Banyak Terima Kasih Kepada Kepala Sekolah , Ketua K3S dan Kormin Disdikpora Kecamatan Bojong yang sudah membantu memperjuangkan promosi Kepala Sekolah. Pungkasnya"  (Uju)

Jumat, 29 September 2023

Aksi Demonstrasi HMI Cabang Pandeglang di Sambut baik Oleh Balai Taman Nasional Ujung Kulon (BTNUK) Labuan



Kontakpublik.id,PANDEGLANG - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI Cabang Pandeglang) Mendatangi Kantor Balai Taman Nasional Ujung Kulon (BTNUK) Untuk menyampaikan Aspirasi dan kritik, yang di gelar di Aula Kantor BTNUK Pada Pukul, 10.00 wib s/d  11.45 wib, Jum'at (29/09/2023).

Aksi HMI cabang Padeglang ke Balai TNUK di sambut baik  oleh kepala Balai TNUK dan staf. Yang di hadiri langsung oleh kepala balai dan jajarannya. "Kepala Balai TNUK menyambut baik atas kritik yang disampaikan terkait isu hilangnya Badak Jawa , serta pembangunan JRSCA , serta dugaan lemahnya pengawasan serta pemeliharaan badak, dan  juga penggarap sarana pendukung lainya di TNUK, "

Entis Sumantri ketua Umum HMI Cabang Pandeglang priode 2023-2024 menyampaikan bahwasanya, kami mengucapkan terimakasih banyak atas sambutan aksi kami yang di lakukan di Balai TNUK Labuan Ini, karena respon baik yang di berikan oleh Kepala Balai serta Jajarannya. Maka kami melanjutkan dengan mediasi dan diskusi langsung untuk menyampaikan persoalan yang terjadi agar terciptanya Win win Solutions di tubuh BTNUK Labuan Pandeglang- Banten ini, " Ungkapnya

Adapun yang kita bahas dan kita  sampai kan ke BTNUK, bagaimana terjadi dan hilangnya sekitar 15 Badak Jawa tersebut, serta dugaan adanya keterlibatan oknum TNUK dan  masyarakat yang di duga melakukan pemburuan yang sampai saat ini, masih ada di Daptar Pencarian Orang (DPO) dan Target Oprasi (TO) yang di tangani Polda Banten belum juga tertuntaskan."

Artinya hal ini agar memang tidak menjadi akar masalah di masyarakat setempat, maka pihak Aparat Penegak Hukum (APH) harus Cepat dan Sigaf dalam penanganan perkara yang ada, maka kami pun mendorong kepada pihak TNUK agar tegas dalam membuat kebijakan,apalagi sampai ada oknum di tubuh BTNUK yang bermain dalam hilangnya badak ini maka segera berikan sangsi tegas dan tegakan suatu aturan dan undang- undang yang berlaku, " ungkap Tayo sapaan akrab ketua umum HMI.

Gerakan ini kami lakukan bagian dari kecintaan kami terhadap Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (BTNUK) dalam menjaga kelestarian Alam Baik Flora dan Fauna serta mamalia lainya yang ada di TNUK, Karena ini adalah suatu warisan nene moyang kami turun temurun sehingga pemerintah menetapkan TN Ujung Kulon sebagai kawasan yang dilindungi berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam; dan Undang-undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan. TN Ujung Kulon telah mendapat pengakuan sebagai kawasan yang penting dan dibanggakan secara nasional dan internasional.

Lanjut Tayo," Pada tahun 1991 silam, Komisi Warisan Dunia UNESCO menetapkan TN Ujung Kulon sebagai Natural World Heritage Site, tepatnya wilayah tempat tinggal kami di kabupaten Pandeglang - Provinsi Banten. yang perlunya dukungan semua pihak dalam menjaga warisan ini, " Ungkapnya.


Wakil ketua  Bidang Hukum Ham & Lingkungan Hidup HMI, Agil Haetami dalam dialognya menyampaikan," bahwa ini menjadi PR kita bersama, untuk melestarikan alam dan lingkungan yang ada di kawasan taman nasional ini. Perlunya menjadi catatan kita dalam melakukan pelestarian alam seperti yang terjadi hari ini adanya Badak Jawa yang hilang, "

Maka kami menilai adanya suatu kelalaian serta lemahnya controling terhadap Badak Jawa yang ada di TNUK ini, perlunya adanya kesetabilan lingkungan sekitar dan keterlibatan unsur-unsur setempat dalam menjaga warisan dunia ini, " 

Pentingnya pendidikan sejak dini yang terapkan terhadap masayarakat sekitar khususnya di kabupaten Pandeglang ini, maka kami mendukung BTNUK untuk dapat melestarikan alam baik Flora dan Fauna yang ada di Kawasan konservasi ini ", tandasnya 

Dalam presentasi nya Ardi Andono. S. TP.,M.Sc ketua Balai Taman Nasional Ujung Kulon (BTNUK) menjelaskan *Hi sobat bacusa,* tantangan yang dihadapi dalam pelestarian badak Jawa diantaranya populasi yang tunggal, penurunan genetik, menurunnya pakan badak Jawa, ancaman bencana alam, penyakit juga perburuan perburuan liar," Katanya

Menurutnya tantangan saat ini adalah peningkatan populasi badak Jawa yang harus ditingkatkan, untuk itu BTNUK membangun JRSCA pada tahun 2021-2022. Pembangunan ini mutlak utama nya untuk penangkaran terkontrol, termasuk dengan teknologi reproduksi buatan. Dalam pembangunan JRSCA semua di dampingi oleh inspektorat Wil 2, sehingga resiko kesalahan teknis dan administrasi dapat diminimalisir.

Terkait isu hilangnya 15 ekor badak Jawa, TNUK menyatakan bahwa terjadi salah persepsi, yang terjadi adalah 15 ekor tersebut tidak tertangkap kamera jebak yang dipasang. Kemungkinan karena adanya perubahan perilaku badak Jawa yang tidak mengikuti jejak yang sudah ada, dan tentunya terpasang kamera jebak.

Maka Pola ini wajar karena badak menghindari jejak manusia. Dengan teknik penghitungan sistem album saat ini jumlah badak Jawa 80 ekor, dan merupakan terbanyak sejak tahun 1930. Teknik ini mempersyaratkan bila ditemukan bangkai atau tulang badak tentunya akan dikurangi jumlahnya, dan hingga saat ini belum ditemukan badak Jawa yang sudah terkonfirmasi mati. Sedangkan hasil operasi gabungan kemarin masih menunggu hasil laporan dari laboratorium." Ungkap Ka Balai

Lanjut Ardi Andono," Sedangkan untuk para petani yg sudah menggarap sejak tahun 1960 itu yang tergabung dalam 12 kelompok, TNUK menyatakan akan dilakukan program kemitraan konservasi yang merupakan program Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, saat ini sudah  tahap penanganan Nota kesepahaman konservasi ( NKK) dan dilanjutkan proses verifikasi serta Perjanjian Kerja Sama (PKS) sesuai aturan yang berlaku. kelompok ini beranggotakan kurang lebih 1.600 kepala keluarga."

Maka kami ucapkan terimakasih banyak kepada adik- adik HMI cabang Padeglang yang sudah memberikan masukan dan saran kepada BTNUK ini, serta akan siap mendukung upaya- upaya pelestarian alam dan penyelamatan badak Jawa, utamanya dari sisi peningkatan kesadaran masyarakat dalam pelestarian badak Jawa yang adan di Taman Nasional Ujung Kulon ini,Maka dari itu Yuk Selamatkan Badak Jawa,ungkap Ketua Balai TNUK.".   (Do/Ty)


SDN Teluk 2 Peringati Maulid Nabi Muhamad SAW



Kontakpublik.id,PANDEGLANG -
Maulid Nabi merupakan hari yang sangat penting bagi umat Islam, karena pada hari tersebut lahirlah seorang nabi terakhir, yaitu Nabi Muhammad SAW. Dalam upaya memperingati maulid nabi tersebut, SD Negeri Teluk 2 Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang provinsi Banten menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal 1444 H di halaman Gedung Sekolah  pada Jumat (29/09-2023),

Acara tersebit di hadiri oleh Tokoh Masyarakat, Dewan Guru, Orang Tua Siswa Pengurus PGRI Cabang Labuan, Disdikpora Kecamatan Labuan Kepala Sekolah dan Siswa Siswi SDN Teluk 2. 

kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang merupakan moment penting dan akan menjadi catatan sejarah bagi anak-anak akan adanya Uswatun Khasanah sepanjang hayat dan bahkan akan mewarnai setiap langkah hidupnya,” ucap Saepul Bahri ,S.Pd  selaku Kepala Sekolah SDN Teluk 2 kepada kontakpublik.id,saat acara usai di kantornya.

Masih kata Saepul , pada kesempatan  Kegiatan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW saya mengajak para siswa untuk senantiasa memperbanyak baca sholawat  bersama-sama , karena itu  merupakan amalan yang mudah, pilih sholawat yang kalian sukai dan kalian anggap mudah,  Dan juga tidak lupa kita teladani sunnah-sunnah Rasulullah SAW, mulai dari yang ringan dan kita biasakan” tuturnya
Mudah mudahan kedepan SDN Teluk ini bisa  lebih baik dan siswa siswinya bisa berakhlak yang lebih baik . Pungkasnya,"  (Uju)

SD N 3 Labuan Gelar Acara Maulid Nabi Muhamad SAW



kontakpublik.id, PANDEGLANG-Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kecamatan Labuan SD Negeri Labuan 3 berikan santunan Anak Yatim daln acara Maulud Nabi Muhamad Salallallahu Alaihi Wassalam (SAW) yang berlokasi di  halaman  Sekolah pada Jumat (29-09- 2023)

Acara tersebut di hadiri oleh wali murid, Guru Guru SDN Labuan 3, Kepala Sekolah dan Siswa Siswi SDN Labuan 3 Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang provinsi Banten. 

Aat Supritna,S.Pd selaku Kepala Sekolah menjelaskan," bahwa kami  mengadakan kegiatan Maulid Nabi Besar Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam  bersama-sama dengan anak-anak SDN Labuan 3 dan ibu bapak guru juga turut serta orangtua siswa yang bergabung untuk memperingati hari kebesaran nabi besar Muhammad saw, sekaligus Santunan Anak Yatim Piatu bagi Siswa Siswi di Sekolah ini sebanyak 26 Orang. Jelasnya Kepada Kontakpublik.id, setelah acara usai di Kantornya Jumat (29-09-2023)

Untuk Dana Santunan berasal  dari sumbangan ibu bapak guru dan siswa Siswi serta  orang tua Murid , yang spontanitas sumbangan tersebut saat acara sedang berlangsung di dapatkanya . Tuturnya 
 
Adapun kegiatan ini di selenggarakan  Tak lain  untuk mengikuti suri teladan Nabi Muhammad SAW, agar kita bisa meniru akhlak beliau. 
 Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar, dan kegiatan ini juga Program Sekolah yang setiap Tahun di Laksanakan .
Mudah Mudahan kedepan bisa lebih baik dan lebih meriah. Pungkasnya (Uju)

Kamis, 28 September 2023

Betulkah dikantor eks Wedana Menes ada Terowongan menuju Gunung Karang



Kontakpublik.id,PANDEGLANG - 
Diperoleh Informasi dari Warga Menes Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten bernama Imam. Bahwasannya dikamar Pribadi Wedana yang menjabat pada zamannya, terdapat sebuah Terowongan berdiameter layaknya permukaan Sumur Lubang Buaya.

Akan tetapi sangat disayangkan menurut Imam, Terowongan tersebut sekarang ini sudah tidak lagi utuh, bahkan nyaris tidak terlihat, akibat adanya pengecoran dipermukaan ." Saya melihat sendiri bahwa disitu ada sebuah Terowongan, hanya saja sekarang sudah tidak lagi nampak setelah dicor." Ungkapnya penuh yakin.

" Pengerjaan pengecoran itu kalau tidak salah antara Tahun 2005 - 2006 dan menurut Pini sepuh Terowongan tersebut jika Kita masuk lebih kedalam lagi, maka akan diperoleh Dua jalur. Adapun Dua Jalur itu ada yang kearah Labuan dan ada yang kearah Gunung Karang atau Gunung Aseupan, Saya juga tidak tahu pasti. Sebab itu hanya informasi dari seuseupuh." Lanjut Imam Kamis (28/09/23) dihalaman Balai Budaya Kwedanaan Menes.Yang jelas ulang Imam, bahwa Dirinya melihat jelas Terowongan itu.

Dalam pantauan Wartawan. Kantor Eks Wedana Menes, yang sekarang namanya berubah menjadi Balai Budaya Kwedanaan Menes. Kondisinya cukup kotor dan memprihatinkan dengan banyaknya coretan - coretan dibagian belakang Gedung, kemudian didapatkanya internit yang sudah demikian rapuh.

Kemudian jika melihat kehalaman Kantor eks Wedana lebih memprihatinkan lagi, sebuah Patung Kuda bernama Simanis, sekaligus ikon Kecamatan itu, nampak kondisinya sudah sedemikian hancur , tak lagi utuh layaknya patung berbentuk Kuda dengan ukiran fisik sempurna. (MR).

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Pandeglang Melakukan Diskusi / Dialog Bersama Kejaksan Negeri Pandeglang




Kontakpublik.id,PANDEGLANG -  Dalam rangka jalin diskusi dan silaturahmi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pandeglang di sambut hangat oleh Kepala Kejaksaan Negri kabupaten Pandeglang dan jajaranya dengan hangat dan humoris di ruang rapat kantor Kejaksaan Negri (KEJARI)  kabupaten Pandeglang provinsi Banten." Rabu, (28/09/2023) 

Begini ungkap Entis Sumantri selaku ketua umum HMI cabang Pandeglang usai acara, bahwa dialog dan silaturahmi bersama Kejaksaan Negeri Pandeglang bagian dari agenda yang sudah kami rencanakan, untuk dapat bersama-sama berkolaborasi untuk persoalan- persoalan hukum di kabupaten pandeglang."

Menurut ketua umum hal ini harus tetap terjaga karena HMI sendiri bagian organisasi perjuangan yang konsisten dalam marwah perjuanganya karena seyogjanya kami bagian dari agent perubahan, agent sosial control di kabupaten pandeglang yang akan trus mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah daerah, " katanya

Kami mengajak Kejaksaan Negeri Pandeglang untuk berdiskusi dengan HMI, untuk dapat menjadi narasumber di kegiatan yang insllaah kami bersama bidang-bidang HMI Pandeglang intens akan melaksanakan kegiatan serta kajian tentang hukum dan perkara- perkara hukum di Indonesia khususnya kabupaten pandeglang ini " Tandasnya. 

Lanjut Entis Sumantri," Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Kejaksaan Negeri Pandeglang, yang sudah siap bersinergi dan berkolaborasi dengan HMI Cabang pandeglang, serta menyambut baik Agenda diskusi dan dialog kami, " Ucap ketua Umum HMI. 

Menurut Agung Lodaya (AL) ketua Bidang Hukum Ham & Lingkungan Hidup AL Menyampaikan bahwa ini bagian dari kegiatan program kerja bidang kami HMI Pandeglang, yang insllaah dalam jangka dekat ini kami akan menyelenggarakan kegiatan Diskusi dan Dialog terbuka bersama Kejari Pandeglang, dan Polres Pandeglang serta Pemerintah Kabupaten Pandeglang, 

Masih kata Agung," Tujuan diskusi ini di selenggarakan untuk bagaimana kader-kader HMI Cabang Pandeglang, serta masyarakat pada umum nya yang belum memahami tentang hukum itu dapat mengerti isi dari suatu prodak hukum itu, "

Karena masih banyak persoalan hukum di Kabupaten Pandeglang, yang mungkin sampai dengan hari ini itu meningkat, salah satunya adalah tentang kekerasan seksual, pencurian, pungli dan perkara korupsi serta kasus- kasus lainya yang setiap bulanya itu ada." 

Masih kita ingat tentang rumah Restorative Justice (RJ) yang didirikan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pandeglang, yang kami nilai kurang efektif, karena masih banyak masyarakat yang belum memahami tentang (RJ) Tersebut itu cukup apresiasi akan tetapi kami nilai efektivitas nya kurang di fahami, semoga dengan adanya diskusi ini semua elemen dan golongan dapat memahami nya, "Ungkap Agung.

Kepala kejaksaan negri Pandeglang,Damha saat diskusi santai,Mengatakan" Kami sangat menyambut baik adik-adik dan rekan-rekan dri HMI yang hadir dan terimakasih atas segalanya, Saya berharap dengan adanya kegiatan ini kita bisa bersama-sama akan bisa mengurangi angka pelanggaran hukum dan mempermudah memberikan pemahaman hukum pada masyarakat di wilayah Kabupaten Pandeglang

Disini saya lihat posko posko sudah ada artinya disini sudah sangat bagus tinggal kita tingkatkan konsistensi baik dari pihak  aparat penegak hukum pemerintah tokoh masyarakat juga masyarakat pada umumnya, mari kita bersama-sama menjaga keamanan kedamaian ketentraman di wilayah Pandeglang dan sekitarnya saya beserta rekan-rekan yang bertugas di kejaksaan Negri Pandeglang provinsi Banten." (Do)

Selasa, 26 September 2023

Kumandang Banten Rayakan Milad Dua Dekade



kontakpublik.id, PANDEGLANG-Keluarga Mahasiswa Pandeglang (KUMANDANG) Banten sukses menggelar perayaan milad dua dekade dengan sangat meriah. Kegiatan tersebut dihelat di Balai Budaya Dinas Pariwisata, Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang pada, Senin (25/9/2023).

Selain meriah, milad dua dekade Kumandang Banten berlangsung dengan khidmat dan berhasil mengundang antusiasme masyarakat sekitar, dengan dihadiri tamu undangan dari berbagai instansi pemerintahan, perwakilan PJ Gubernur Hadi Prawoto, Komandan Sub-Detasemen Polisi Militer (Dansubdenpom) Marselli, Budayawan serta seluruh anggota dan alumni di berbagai kampus di Banten.

Ketua pelaksana milad M. Abdurrahman, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas support seluruh pihak yang turut terlibat. Menurutnya Kegiatan milad seperti ini pertama kali dilakukan sebagai wujud rasa syukur.

”terima kasih kepada seluruh pihak yang mensupport kegiatan ini, mulai dari seluruh kader dan alumni Kumandang, sponsor dan media partner. Milad dua dekade ini sangat spesial karena digelar dengan sangat meriah untuk pertama kalinya,” ungkapnya dalam sambutan grand opening Milad Kumandang Banten, Senin (25/9) pukul 20.30 WIB.

Perwakilan PJ Gubernur Banten, Hadi Prawoto menyampaikan sambutan PJ Gubernur Banten yang berisi tentang ucapan apresiasi atas kontribusi Kumandang Banten dalam upaya memajukan daerah.

”Izinkan saya menyampaikan ucapan apresiasi dari PJ Gubernur untuk Kumandang Banten yang hari ini sedang berulang tahun yang ke-20 Tahun, artinya sudah dua dekade Kumandang Banten lahir dan bergerak dalam upaya memajukan daerah Pandeglang Khususnya dan Banten pada Umumnya,” tuturnya.

Ucapan apresiasi itu disambut hangat Ketua Ikatan Alumni (Ikami) Kumandang Banten Adi Abdurrahman, ia berharap agar semangat primordialisme kader Kumandang  terus dipupuk dan komitmen Kumandang Banten untuk pembangunan daerah akan tercapai.

”Apresiasi dari PJ Gubernur Banten harus membuat kita sebagai organisasi Primordial tetap semangat dan memperkuat komitmen untuk tercapainya pembangunan daerah,” katanya kepada wartawan (25/9).

Selain itu, Ketua Kumandang Banten periode 2023-2024, Reji Miftahudin berpesan agar perayaan dua dekade ini dapat dijadikan refleksi seluruh kader agar lebih produktif dalam segala hal.

"Saya harap dengan perayaan ini bisa dijadikan sebagai ajang refleksi bagi seluruh kader Kumandang agar lebih kreatif dan produktif sesuai bidang keilmuannya masing-masing,” tegasnya.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan potong tumpeng dan dimeriahkan juga oleh penampilan kesenian, seperti musikalisasi puisi dan band lokal Pandeglang. (Fauzy).

Kantor ULP PLN Labuan Pandeglang di Gruduk Masa Aksi dari Aktivis (JPMI) Kabupaten Pandeglang



Kontakpublik.id,Pandeglang - Sejumlah Mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam Presedium Wilayah Jaringan Pemuda Mahasiswa Indonesia (PW.JPMI) Kabupaten Pandeglang, menggelegar aksi ujuk rasa di depan kantor Unit Layanaan Pelanggan (ULP PLN) Labuan Pandeglang - Banten,  Selasa (26/09/2023)

Hal ini akibat adanya kabel jaringan (wiffi) yang menempel di setiap tiang listrik milik PLN yang diduga tidak memiliki ijin (Ilegal) serta tidak adanya kepuasan massa aksi, yang sebelumnya Minggu kemarin  sudah dilakukan audiensi tetapi tidak mendapatkan solusi yang nyata dari pihak ULP PLN tersebut", 

bahkan masukan dari massa Audiensi pun itu terkesan di abaikan oleh pihak ULP PLN Labuan, dan massa juga menyampaikan bahwa lemahnya pengawasan, serta adanya dugaan korupsi di tubuh PLN dengan pengusaha Jaringan Wifi itu, "

Fikri  korlap Aksi dari PW. JPMI Pandeglang, menyampaikan dalam orasinya bahwa kami merasa kecewa dengan pihak ULP PLN Labuan, yang terkesan mengabaikan masukan dari kami saat audiensi ataupun aksi, maka kami duga kuat, adanya korupsi dan konspirasi busuk yang dilakukan oleh pihak PLN Labuan dengan Pengusaha wiffi tersebut, " Ungkapnya.

Bukan hanya itu, ternyata banyak problematika di tubuh ULP Labuan Pandeglang ini,salah satunya adalah persoalan pekerjaan penanaman kabel listrik, yang diduga tidak sesuai Setandar Oprasional Pekerjaan (SOP) atau sesuai dengan juklak juknis pekerjaan, "

Kami menuntut kepada ULP  PLN Labuan agar segera membuat peringatan tegas dan menertibkan seluruh Kabel Wifi salah satunya Awinet, Sibernet dan Wimate  serta Perusahaan Wiffi lainya yang menempel di setiap tiang listrik milik PLN, "

Kami juga meminta kepada pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang hingga dengan Kementrian harus tegas terhadap pengusaha nakal yang ilegal tidak mengedepankan asas-asas keamanan, kenyamanan serta legalitas nya, apalagi diduga telah melanggar aturan dan perundang-undangan yang berlaku karena disinyalir bahwa Provider Wiffi itu adalah Wiffi Rumahan atau perumahan yang bukan untuk menjadikan alat usaha komersialisasi jaringan,

Lanjut Fikri," Maka kami dari Jaringan Pemuda Mahasiswa Indonesia (JPMI)  dengan ini kami akan mengawal persoalan ini hingga tuntas karena beberapa kejadian akibat kabel Wiffi, yang ceroboh dan teledor banyak masyarakat yang terjerat hingga mengancam keselamatan ini perlu di evaluasi total ULP PLN Labuan, " Ujarnya.

Menurut Agil korlap aksi  bahwa bagian dari evaluasi ini kami sampaikan, bentuk dari sebuah keresahan yang harus di sampikan di muka umum, yang sudah di atur dalam undang-undang. Pasal 28E ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (selanjutnya disebut UUD NRI 1945) mengamanatkan, “Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.” Kebebasan berpendapat di Indonesia sudah merupakan sebuah hak yang dilindungi oleh konstitusi. Maka masyarakat harus tau bahwa adanya kebobrokan di tubuh ULP PLN Labuan ini,

Masih kata Agil," dengan ini kami menyatakan sikap bahwa ULP PLN Labuan, lalai dalam pengawasan  serta penertiban kabel wiffi yang melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku bahkan dalam Peraturan Mentri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 2 tahun 2013 tentang Penyediaan Jasa Akses Internet Tanpa Kabel (Wireless) itu sudah di tuangkan tapi masih banyak pengusaha di Daerah Pelosok Kabupaten Pandeglang yang menggunakan cara yang salah,"

Dengan ini kami Presidium Wilayah Jaringan Pemuda Mahasiswa Indonesia (PW.JPMI) Pandeglang- Banten akan mendorong ketegasan terhadap pihak Diskomsantik, sampai Kementerian Kominfo dan Kementerian BUMN Republik Indonesia  dan Aprat Penegakan Hukum (APH) dalam menegakkan Hukum, dan menggelar Aksi Demonstrasi di ULP PLN Labuan samapai dengan pemerintah pusat ujarnya,".  (Do/Ty)

Senin, 25 September 2023

Disdikpora Kecamatan Saketi Gelar Sertijab



Kontakpublik.id, PANDEGLANG-Tepat pada Senin (25-09-2023),
Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kecamatan Saketi, Gelar Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah  yang berlangsung di Gedung PGRI Cabang Saketi. Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten

Acara tersebut di hadiri oleh Kormin Disdikpora Kecamatan Saketi DidinSahrudin M.Pd , Kormin Disdikpora Kecamatan Pagelaran Oyok Citra Kusuma,S.Pd Kepala Sekolah Sekecamatan Saketi dan Kepala Sekolah dari Kecamatan Pagelaran.

Mamin,M.Pd selaku  Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), Kecamatan Saketi menjelaskan bahwa Kegiatan Serah terima Jabatan ini  ada yang Promosi dan Mutasi, Karena Sekolah di Kecamatan Saketi ini ada 3 Sekolah yang kosong , adapun yang  Promosi yaitu 
Pertama . Ris Pragawati, S. Pd  guru SDN Saketi 1 menjadi Kepala Sekolah SDN Langensari 1
Ke dua . Cucu Hapsah, S. Pd Guru SDN Langensari 1 menjadi Kepala Sekolah SDN Sukalangu 2 
Sedangkan yang Mutasi, 
Pertama, Edi Rohani, S.Pd Kepala Sekolah SDN Sukalangu 2 tugas baru SDN Langensari 2
, selanjutnya,  Amsarudin, S. Pd Kepala Sekolah SDN Langensari 2 tugas baru SDN Girijaya 2
, kemudian. Rohayati, S. Pd Kepala Sekolah SDN Girijaya 2 , tugas baru Kepala Sekolah SDN Wanagiri 1.

Selain itu , ada pindahan Promosi dari Kecamatan Pagelaran yaitu  Amah, S. Pd   di  tugaskan  Kepala Sekolah SDN Talagasari 4 Kecamatan Saketi. Jelasnya 

Selaku K3S Kecamatan Saketi untuk Kepala Sekolah baru maupun yang lama  bisa bertanggungjawab memajukan Sekolah yang dipimpinnya dan bersinergi dengan Guru , Wali Murid juga  Masyarakat dilingkungan sekitar,  supaya kemajuan sekolah lebih meningkat lagi. Tuturnya

Ditempat yang sama  Didin Sahrudin, M.Pd  selaku Kormin Disdikpora Kecamatan Saketi menambahkan, Alhamdulillah pada hari ini Kita melaksakan Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah baik yang Promosi maupun yang Mutasi, karena memang ada kekosongan Kepala Sekolah Dasar  di Kecamatan Saketi  yang awalnya di Plt oleh Kepala Sekolah yang dekat, tapi sekarang sudah menjadi Devintip dan terisi semua Kepala Sekolah Dasar di Kecamatan Saketi.  Tuturnya

Pada awalnya kami  mendapatkan informasi dari Disdikpora Kabupaten Pandeglang, bahwa akan dilaksanakan Asesmen Kepala Sekolah tingkat SD, lantas  kami selaku  Kormin Disdikpora Kecamatan Saketi, PGRI dan K3S mengadakan Verifikasi calon Kepala Sekolah  Untuk memenuhi kebutuhan, karena Ada 3  Sekolah  yang di Pimpin oleh PLT,  diantaranya, SDN Wanagiri 1, SDN Talagasari 4 dan SDN Langen Sari 1. 

Namun dari hasil Veripikasi Kami hanya mengajukan 2 Orang yang lolos menjadi Kepala Sekolah yaitu dari SDN Saketi 1 dan SDN  Langensari 1 sedangkan 1 Orang lagi dari Luar Kecamatan Saketi. Smoga Kedepan Dengan diangkatnya kepala sekolah yang baru baik yang promosi dan yang rotasi bisa lebih meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Masing masing. Pungkasnya (Uju)

Waspada ! Demam Berdarah Mulai Menyerang Warga Desa Labuan



Kontakpublik.id,PANDEGLANG-Waspada dan tetap siaga, bersihkan serta jauhi segala bentuk sarana dan prasarana yang kerap dijadikan tempat berkembang biaknya jentik hitam, cikal bakal bersarangnya Nyamuk disekitar Rumah , umumnya dipekarangan. 

Belum lama ini Tiga Warga dari Kampung Masjid, Kampung Baru dan Kampung Sawah. Desa Labuan, Kecamatan Labuan , Kabupaten Pandeglang , Provinsi Banten. Dibawa ke Puskesmas untuk segera mendapatkan perawatan secara Insentif, setelah diketahui Demam Berdarah. 

Sementara Rio salah Satu Staf Desa Labuan menerangkan. Ketiga Korban yang diakibatkan gigitan Nyamuk jenis Aedes Aegypti semuanya adalah Perempuan, Satu Balita. Satu Dewasa dan Satunya lagi sudah lanjut Usia.

Kepada Kontak Publik. Orang Tua berinisial Jh, yang Anaknya diserang Demam Berdarah mengatakan. " Sehubungan terbatasnya Biaya pengobatan ,maka Saya harus ke kantor Desa Labuan untuk dibuatkan Surat keterangan Tidak Mampu (SKTM.Red) sebab menurut Petugas dari Puskesma Labuan Anaknya Saya  harus dirujuk ke Rumah Sakit Serang." Ungkap Jh dengan raut muka panik serta lesu, Ketika ditemui di Kantor Desa Labuan Senin lalu (25/09/23).

Dikatakan Jh. Anaknya baru saja berusia Lima Bulan.
Jika yang Satu siap-siap akan diberangkatkan ke Rumah Sakit Serang, lalu dimana posisi yang lain, apakah ditempat tinggalnya,apakah di Puskesmas,ataukah sama dirujuk ke Rumah Sakit di luar Kota. ?! Wartawan kesulitan mencari sumber Informasi,dan ketika Berita ini dirilis, Kepala UPTD Puskesmas Labuan belum bisa ditemui. (MR).

Minggu, 24 September 2023

Hut ke 28 , PT PLN Indonesia Power Banten 2 Labuan PGU Gelar Baksos



kontakpublik.id, PANDEGLANG-Bakti sosial atau lebih dikenal sebagai (Baksos), salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama Manusia yang bertujuan sebagai wadah saling berbagi, dapat memberi kebermanfaatan bagi orang lain dan meningkatkan rasa Empati, tentu  diharapkan mampu Mempererat hubungan kekeluargaan sesama Manusia dan memberikan rasa keadilan bagi seluruh Elemen Masyarakat tanpa terkecuali.

Kali ini  Baksos Operasi Mata Katarak kerjasama PLN Indonesia power Banten 2 Labuan PGU, dengan Perdami Banten dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-28 PT PLN Indonesia Power, yang dilaksanakan pada Minggu, (24-09-2023) di Kawasan Panimbang, Kecamatan Panimbang,   Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Menurut Humas PLTU Labuan , Fiki Khusnul Fikri, HUT PLN Indonesia power yang ke-28, tahun ini kita mengadakan Baksos pengoperasian katarak bagi Masyarakat di 4 Desa penyangga Alhamdulillah hari ini itu yang terdaftar ke kita itu 50 orang untuk dilakukan Screening, jadi hari ini screening nanti dokter yang menentukan dari hasil screen itu siapa-siapa saja yang bisa dioperasinya itu nanti. Jelasnya

Kemudian tadi pagi dimulai dari pukul 08.00 dan dokternya itu kita kerjasama dengan Persatuan dokter mata Indonesia Cabang Banten dan Klinik Rumah sakit Alinda Husada  bekerjasama juga dengan Lembaga Amil Zakat yang di mana anggaran itu dari zakat-zakat Pegawai kita ini sebenarnya Sharing Profit , anggarannya yang pertama dari LAZ tadi yang saya Sebutkan. Paparnya

Selanjutnya yang kedua dari Indonesia Power Perdamai juga sama salah satu Rumah Sakit  bersubsidi yang biasanya waktu Operasi itu berapa harganya sama mereka , dari 4 Desa penyangga PLTU Desa Cikondang, Desa Sukamaju. Desa Margasana dan Desa Margagiri  alhamdulillah terisi. Terangnya

Di tempat yang sama Asisten dokter, Reni Setiawati sampaikan soal Katarak Mata, Jadi keluhan yang ada di Pasienya yang bikin buram, penglihatannya itu harusnya jauh, dia hanya melihat paling 1 meter sampai 3 meter aja, kalau yang normal kan bisa nyampe 6 meteran, Nyampe 5 meter. Ungkapnya

Jalan terbaik itu memang harus dioperasi, nanti dipasang lensa, untuk pasien-pasien katarak agar penglihatannya nanti bisa lebih jauh lagi dan yang sebelumnya diinstruksikan sama dokternya untuk Operasi ini udah dibutuhkan , nah Baru dioperasi itu pun dioperasi harus dicek gula dulu kalau misalkan gulanya memang aman 170 ke bawah baru bisa dioperasi Jadi kalau misalkan yang gulanya tinggi itu beresiko. Tututurnya

Jika ada keluhan di matanya , apalagi yang mengerti ,  melihatnya udah tidak bisa melihat jauh, langsung diperiksa aja ke dokter matanya biar kita bisa tahu tindakan apa yang tepat untuk ke depannya, jangan didiemin aja soalnya untuk keluhan-keluhan pada mata itu semakin didiemin nanti semakin parah. Jelasnya

Warga Desa Labuan sebut saja abah Juni yang di temui Media ini ucapkan trimakasih dengan adanya Baksos Katarak Mata yang di adakan oleh PLTU Banten 2 Labuan PGU, karena sangat membantu Masyarakat dan sangat bermanpaat, sekali lagi saya ucapkan terimakasih. Ucapnya (Rudi Suhaemat)

Sabtu, 23 September 2023

Penipu Mengaku Pegawai Puskesmas Yang Berujung Di Laporkan



kontakpublik.id, PANDEGLANG-Pada umumnya, Sebuah kebohongan yang dibuat untuk keuntungan pribadi yang merugikan orang lain meskipun memiliki arti Hukum yang lebih dalam detail tentang penipuan bervariasi di berbagai Wilayah Hukum, jika pada awal pembuatan perjanjian nyatanya para pihak tidak beritikad baik, dengan memasukkan identitas atau tindakan lainnya yang tidak baik, maka ketika terjadi ingkar janji hal tersebut bisa dimasukkan sebagai tindak pidana penipuan. 

Jika mengalami hal itu, datangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) di Polres atau mendatangi Polsek   terdekat dengan membawa bukti penguat seperti rekaman suara, WhatsApp, tangkapan layar foto, atau bukti lainnya.

Begini: Penipuan berkedok atas nama Oknum Pegawai Puskesmas, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Sabtu (23-09-2023)

Sebyt saja Al , yang diduga Mengatas Namakan Pegawai Puskesmas kecamatan menes.
Beredar sebuah panggilan dan WA dari oknum Pegawai Puskesmas tersebut diduga menipu para pelaku UMKM di lingkungan Kecamatan Menes, dengan dalih Pemesanan Nasi kotak dan makanan untuk Pegawai Puskesmas kecamatan menes. Tepatnya pada pukul 03:00 hari Kamis sore hari pada tgl 21 September 2023 . 

Pemilik Usaha UMKM penyedia makanan khas Sunda Pawon ema Nama pemilik usaha ma erus, Warga Kampung Kadu Kalasi RT 001, RW 001 Desa Sindangkarya, Kecamatan menes kabupaten pandeglang. 

Diduga Telah terjadi penipuan yang dilakukan oleh Atas Nama Al atau inisial SH , 
Yang terjadi pada hari kamis sore pukul 03 :20 tgl 20 September 2023 . 

Selaku Korban mengaku bernama Rusdi menager UMKM Usaha Penyedia Makanan Khas Sunda  Pawon Ema di kampung Kadu Kalasi Desa Sindangkarya Kecamatan Menes. 

Mendapat WA dan telepohon dari nomor baru yang  mengaku atas nama Al mengaku Pegawai Puskesmas Kecamatan Menes, dengan Memesan nasi kotak , sebanyak 45 paket untuk di antarkan ke Puskesmas pada hari sabtu tanggal 23 September -2023 pukul 11:00, sebab Pihak Puskesmas akan  mengadakan acara. 

Singkat cerita kesepakatan pemesananpun di sepakati Oknum  Al, Meminta kepada Korban Rusdi selaku Manager UMKM Pawon Ema, dirinya di pinta nomor rekening dan Nota Rincian pembelanjaan berdalih akan mengirimkan transfer pembayaran pesanan dengan Non Tunai 

Melalui rekening dengan pembayaran sesuai pesanan 45 bok nasi dengan total. Rp1.125000 . 
Pada hari Jum'at pukul 02:30 pihak maneger UMKM pawon ema. Telah mengirimkan no rek dan nota pesanan sesuai yang di minta. Dan pihak oknum tersebut telah mengirimkan nominal uang yang di transfer rp Rp.2000.000 ke rekening manager UMKM pawon ema tersebut. Pihak oknum Al  atasnama meminta di kirim lagi sisa uang  lebihnya ke rekening SH sebsar Rp 875000.  

Karnea sesuai pesanan 45  nasi kotak Tp 1.125000. Merasa heran dengan kelebihan yang banyak agar di tranfer kembali ke Oknum tersebut. Manager UMKM Pawon Ema , rusdipun merasa heran dan mengecek M-Bankingnya, ternyata belum ada nominal uang yang masuk. Selama 1 jam lebih kenapa uang tersebut belum masuk.

Merasa telah di tipu lantas . Menager menelpon Bidan Puskesmas Kecamatam Menes yang di kenalnya , hasil informasi semuanya tidak mengetahui dan tidak ada Pegawai Puskesmas di lingkungan Kecamatan Menes. 

Bahkan pihak Puskesmas menyarankan untuk berhati-hati, karena sudah banyak Korban yang kena, akibat ulah tersebut. Bahkan sudah ada  korban dimintai uang bukan nasi lagi. 

Dengan kejadian ini pihak manger UMKM Pawon Ema mersa di tipu dan dirugikan, karena sudah belanja persediaan pesanan makanan . oleh oknum atas nama Pegawai Puskesmas. 

Korban Rusdi melaporkan kejadian ini ke pihak Kepolisian Sektor Menes untuk di tindak lanjuti. Dan segera mengusut menangkap oknum tersebut. Melihat data rekening pelaku sudah jelas atas Nama inisial SH Nank BNI dengan no rek 178XXXXXXX BNI taplus. Ini sangat mudah di selidiki pihak Kepolisian untuk mengecek nama dan alamat ke pihak perbankan BNI. 

Dengan kejadian ini, Korban Rusdi menghimbau seluruh Warga Kecamatan Menes , khususnya UMKM agara berhati hati supaya tidak terjadi lagi kejadian seperti ini dan kami minta kepada pihak Kepolisian agar segera menyelesaikan permasalahan kasus penipuan ini di Eilayaj Hukum Polsek  Kecamatan Menes. (Rudi Bako)

Siswa SMPN 1 Labuan Praktek Gaya Renang



Kontakpublik.id,PANDEGLANG - Pribahasa klasik mengatakan Mensana In Corpore Sano .artinya dalam Tubuh yang sehat terdapat jiwa raga yang kuat.hal tersebut nyata dipraktekan oleh Sejumlah Siswa SMPN 1 Labuan Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Praktek itupun merupakan bagian dari Ekstra kuliikuler sebagaimana peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A Tahun 2013, tentang implementasi kurikulum Merdeka.berikut pengembangan kepribadian, bakat, minat dan kemampuan peserta didik lebih luas.

Dengan didampingi  4 Guru pembimbing diantaranya Ayi Mulyawan, S.Pd., Onis Setiya Ningsih, S.Pd., N. Arief Azizun Hakim, S.Pd. dan Ridwan Syahid, S.Pd.
Hampi sepekan Siswa menekuni bidang Olahraga itu.

 "Kegiatan ekstrakurikuler ini di ikuti 868 peserta didik dari Kelas VII, VIII, dan IX, Mulai dari hari Senin tanggal 18  September 2023 sampai dengan hari Senin tanggal 25 September 2023" Ungkap Ayi Mulyawan, S.Pd. saat dikonfirmasi Wartawan, Sabtu (23-09-2023) selaku Guru Pembimbing bidang Olah raga SMPN 1 Labuan.

"Alhamdulillah antusias siswa sangat tinggi  dikarenakan siswa bisa belajar sambil bermain, dan bisa mengurangi waktu bermain diluar sekolah juga luar Rumah, 

Ditempat yang sama, di Kolam Renang yang dibuka untuk Umum. Onis Setiya Ningsih, S.Pd. menambahkan "Harapan kami, dengan diadakannya proses pembelajaran Renang yang dilakukan di luar Sekolah pada sore hari, diharapkan Siswa dapat mengetahui teknik dasar renang gaya bebas dengan baik dan benar" Pungkasnya. (MR).

Jumat, 22 September 2023

PT.SMF Beri Bantuan CSR Kepada 28 Warga Desa Teluk



Kontakpublik.id,PANDEGLANG - Dalam rangka memberikan hunian layak huni, warga Desa Teluk Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang,Propinsi Banten, mendapatkan hunian layak dari PT.SMF.

Menurut Kordinator BKM Desa Teluk Ujang Suminta mengatakan," berawal dari usulan hasil program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), pihaknya mengusulkan bantuan RTLH bagi warganya," awalnya kami mendapatkan Program KOTAKU di Desa kami, setelah itu kami mencoba mengusulkan, Program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dengan usulan 35 rumah warga yang berada di Desa Teluk Kecamatan Labuan tahun lalu," ungkapnya kepada wartawan Jum'at (22/09/2023)

Hasil dari usulan tersebut juga Alhamdulillah membuahkan hasil, usulan 35 rumah kumuh kepada PT.SMF, terealisasi 28 unit rumah, dengan kualifikasi rusak ringan, rusak sedang dan bikin baru,"


 Alhamdulillah dari 35 usulan tahun   2022 pertengahan tahun 2023 terealisasi 28 unit dengan berfariasi, dari Corporate Social Respontsibility (CSR) dari PT SMF," 

Masih kata Ujang," Program yang di gelontorkan tersebut tak lain adalah pendampingan dari hasil program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), secara otomatis mengeluarkan Corporate Social Respontsibility (CSR) nya," jika tidak ada program KOTAKU, kayaknya tidak ada CSR bagi warga kami, sebab itu satu kesatuan dengan pelaksanaan KOTAKU," imbuhnya.

Sementara Tarinah selaku warga kampung perikanan satu Rt.02/09, merasa berterima kasih kepada PT.SMF, melalui RT/BKM," kami bersyukur di berikan bantuan rehab berat, oleh PT tersebut melalui Rt kami, dan mudah mudahan menjadikan ladang amal bagi PT.SMF dan RT saya," ujarnya.

 Sofyan Hadi Kepala Desa Teluk, Kecamatan Labuan pihaknya mengatakan," kami disini selaku Pemerintah Desa, hanya sebatas mengetahui saja, jika 28 warga kami menerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH ) dari salah satu PT , yang pasti melalui ketua BKM nya. Kami juga merasa terbantu dengan program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) tersebut,"  (Do)

Pemdes Teluk-Labuan Merealisasikan BLT DD Triwulan lll Sebanyak 29 KPM



Kontakpublik.id,PANDEGLANG -
Pemerintah Desa (Pemdes) Teluk Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang,Propinsi Banten,telah  menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) triwulan lll tahun Anggaran 2023 sebanyak 29 Kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bertempat di Aula Desa Teluk.

Dalam Penyaluran BLT DD triwulan lll tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Desa Teluk,Sofyan Hadi kepada 29 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan didampingi langsung oleh Yayat Hidayat.SKM Camat Kecamatan Labuan,Kompol Jaenudin S.H Kapolsek Labuan,Ibnu budiaji Pendamping Desa  kecamatan Labuan,Bripka Anton Babinkamtibmas Desa Teluk, Salachuddin Babinsa Desa Teluk  beserta 29 KPM.

Usai menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT DD) triwulan lll Kades Teluk  Sofyan Hadi mengatakan," Alhamdulillah saya  merasa bersyukur pada hari ini Jumat  (22/09/2023) Pemerintah  Desa Tekuk telah menyalurkan BLT DD Triwulan lll kepada 29 KPM untuk triwulan lll yaitu bulan Juli,Agustus dan September, masing-masing (KPM) Keluarga Penerima Manfaat,  menerima uang tunai sebesar 900.000.


Masih kata Sofyan Hadi," Sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangungan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2023 yang isinya yaitu Pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) bagi keluarga miskin ekstrem merupakan amanat dari Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2022 tentang Pecepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem. Besaran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dialokasikan maksimal 10% sampai 25% (persen) dari total pagu Dana Desa Setiap Desa. Kebetulan keseluruhan Untuk  Desa Teluk mengalokasikan senilai Rp. 104.4000.000,- untuk BLT DD tahun 2023.

Lanjut kades," Kami berpesan kepada keluarga penerima manfaat (KPM), semoga bantuan ini bermanfaat untuk kepentingan di rumah tangga. Mungkin bisa saja kalau yang mau usaha untuk dijadikan modal,bahkan untuk kebutuhan anak anak sekolah,intinya manfaatkan sebaik mungkin untuk kebutuhan ucap  Kades Teluk.

Disamping itu, salah satu penerima bantuan langsung tunai BLT DD, setelah menerima bantuan tersebut, menyampaikan" ucapan terima kasih terutama kepada pihak Pemerintah Desa Teluk yang telah memberikan bantuan hususnya kepada Kepala Desa,insya Allah uang bantuan ini akan kami pergunakan sebaik mungkin sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pemerintah pusat,kabupaten,Kecamatan bahkan Pemerintah Desa Teluk ujarnya. (Do)

Kamis, 21 September 2023

Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon (BTNUK) Labuan Mangkir Dalam Audiensi



Kontakpublik.id,PANDEGLANG - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pandeglang menggelar Audiensi yang ke dua kalinya tentang Ramainya isu hilangnya 15 Badak Jawa Cula Satu, dan pembangunan Javan Rhino Study and Conservation Area (JRSCA) serta ketidak ada kepastian hukum lahan garapan TNUK dengan warga Sekitar, yang ada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Sudah dua kali HMI Audiensi ternyata kepala balai tetap mangkir dalam audiensinya, " Kamis, (21/9/2023).

Dalam Hal ini memancing para pegiat dari kalangan aktivis dan sosial kontrol melakukan langkah-langkah serupa pengumpulan informasi yang dikolaborasikan dengan berbagai kajian."

Hasil penelusuran yang dihimpun dan pematangan kajian, sejumlah aktivis yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Pandeglang beraudensi dengan Balai Taman Nasional Ujung Kulon (BTNUK).

Entis Sumantri ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pandeglang, kami sangat kecewa dengan sikap BTNUK ketidak hadiran Kepala balai untuk yang ke dua kalinya ini membuat kami geram, maka kami menyampaikan bahwa Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) apalagi floura dan fauna yang dilindungi di kawasan tersebut salah satunya adalah Badak Jawa Cula satu, "

Jika diliat dari website resmi Balai TNUK, pemerintah menetapkan TN Ujung Kulon sebagai kawasan yang dilindungi berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam; dan Undang-undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan. TN Ujung Kulon telah mendapat pengakuan sebagai kawasan yang penting dan dibanggakan secara nasional dan internasional.

Pada tahun 1991 silam, Komisi Warisan Dunia UNESCO menetapkan TN Ujung Kulon sebagai Natural World Heritage Site, tepatnya pada 15 Februari 1991. TN Ujung Kulon ditetapkan sebagai kawasan strategis nasional dari sudut kepentingan fungsi dan daya dukung lingkungan hidup (dalam Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, "Dikutip dari Wabsite Resmi BTNUK.

Masih kata Entis, Maka dengan adanya beberapa persoalan yang terjadi di kawasan konservasi ini sangatlah kompleks pertama kami mempertanyakan terkait 15 Badak Jawa TNUK yang hilang sejak 22 September 2022 hingga April 2023, masih belum di temukan ataupun tertangkap kamera trap BTNUK, "

Selanjutnya terkait tentang adanya ketidak jelasan, terkait kesepakatan lahan garapan antara TNUK dengan warga sekitar. Bahkan BTNUK Minim melibatkan unsur Apem (muspika), Toga, Tomas, dan Toda serta warga sekitar TNUK dalam rangka menjaga dan memelihara kawasan konservasi, apalagi pembangunan sarana pendukung cendrung gagal, "ujarnya

kami juga mempertanyakan bagaimana tentang pembangunan Javan Rhino Study and Conservation Area (JRSCA) atau program bloking untuk perlindungan badak agar tidak keluar dari habitatnya di wilayah Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) Pandeglang, dengan anggran yang cukup fantastis ini diduga serat akan adanya dugaan Korupsi. menyangkut kepada hilangnya badak jawa tersebut ini bisa terjadi mungkin dapat di akibatkan karena adanya kebisingan, atau gangguan bagi badak jawa saat adanya pembangunan (JRSCA) di TNUK. "

Agil Fajar H Wasekbid HUKUM HAM & Lingkungan Hidup HMI Cabang Pandeglang, mengatakan Kami menduga adanya keterlibatan pihak BTNUK dalam persoalan masyarakat yang terjerat kasus pemburuan liar di Kawasan TNUK ini, sehingga masyarakat terjerat hukum atas hilangnya badak jawa yang dituduhkan terhadap masyarakat. Hal ini membuat kami curiga atas dugaan bahwa masyarakat hanya di jadikan kambing hitam dan di korbankan oleh pihak oknum yang tidak bertanggung jawab di tubuh BTNUK Labuan Pandeglang- Banten. "

Jelas kami sampaikan ini bentuk dari kelalaian dan lemahnya pengawasan atau controling dari BTNUK, maka kecurigaan kami semakin kuat bahwa ada kongkalikong antara pihak BTNUK, dengan oknum yang tidak bertanggung jawab serta telah melanggar aturan dan undang-undang yang berlaku, "ujarnya

Moh Arif ketua Bidang PPD HMI Cabang Pandeglang,Mengatakan," kami sudah konsisten untuk waktu yang sudah di tentukan oleh Balai TNUK di hari ini kamis, (21/09/2023) ini jadwal yang ke dua kalinya tapi kepala balai masih mangkir, " Ungkap Arif

Masih Ketua PPD Mangatakan Kami sangat begitu kecewa terhadap sikap pihak BTNUK yang tidak mengindahkan, maksud kedatangan kami diwaktu yang telah disepakati dari audensi pertama pun kami tidak mendapat jawaban apapun dengan alasan kepala balai ada kepentingan di luar. "

apapun itu, yang jelas jika melihat BTNUK adalah badan yang terstruktur dengan sifat saling berhubungan yang secara administratif tidak pantas pada pertemuan kemarin kami tidak mendapat jawaban apapun dari hal-hal yang kami tanyakan di pertemuan pada saat itu, ini terkesan ada maksud yang ditutup-tutupi." Tandasnya

Adapun sikap kami yang akan melakukan konsolidasi bahkan aksi ini adalah bentuk kekecewaan serta ini adalah wujud komitmen kami untuk terus bisa mengawal hal-hal yang perlu dibenahi di badan balai taman Nasional ujung kulon, harapan kami ini akan menjadi impek berkemajuan untuk kedepannya." Ungakap moh arif

Kepala Balai Taman Nasional Ujung kulon harus bertanggung jawab atas persoalan yang terjadi di wilayah TNUK ini karena ini bagian dari hal yang sangat vital yang harus kita jaga bersama,"

Humas TNUK Labuan Andri saat di wawancarai Mengatakan," kaitan Kepala Balai TNUK tidak bisa menghadiri Audensi dari temen temen HMI, Kepala balai kebetulan hari ini lagi ada undangan rapat dari DLHK Propinsi Banten, kebetulan beliau diminta untuk menjadi narasumber , apakah pihak TNUK sudah menginformasikan sebelum nya kepada Pihak temen temen HMI,kaitan kepala Balai tidak bisa hadir dalam acara audensi,Andri juga mengatakan,"Kalau untuk memberikan secara langsung emang tidak,tadi malam ada komunikasi dari temen temen HMI perihal pertemuan hari ini, karena memang awalnya saya tidak tau kalau hari ini ada jadwal pertemuan, akhirnya saya coba komunikasi dengan pimpinan, bahwa beliau hari ini ada undangan dari DLHK Propinsi Banten untuk menjadi narasumber dan itu saya informasikan ke temen temen HMI,Ucap Andri Humas TNUK,. (Do)

Rabu, 20 September 2023

Kades Ranca Seneng Salurkan Bantuan Air



kontakpublik.id, PANDEGLANG-Ratusan Warga Desa Ranca seneng, Kecamatan Cikesik. Kabupaten Pandeglang , Provinsi Banten, mengalami kekeringan yang membuat Warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih, sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhannya, ketersediaan air yang jauh di bawah Normal , untuk kebutuhan hidup Pertanian, kegiatan Ekonomi dan Lingkungan sulit

Terjadinya kekeringan diawali dengan berkurangnya jumlah Curah Hujan di bawah Normal pada satu musim, jumlah curah hujan yang rendah akan menyebabkan kekurangan cadangan air tanah kekeringan , informasi yang dihimpun media ini Rabu (20-09-2023) sumur-sumur yang selama ini menjadi sumber air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sudah kering kerontang

Dari fakta yang terjadi di lapangan hampir seluruh Kampung yang ada di Desa Ranca Seneng Kekeringan , Untungnya Kepala Desa Ranca Seneng Sigap akan kebutuhan Masyarakatnya dan berkloborasi dengam BPBD setempat untuk mendapatkan Air Bersih.

Kepala Desa Ranca Seneng, Hj. Kastirih, DH. sampaikan Pengiriman air dari kemarin yang sudah tersalurkan Kampung Karang Jongkeng, Pasar Cangkore. Cangkore Wetan dan Karang Jongkeng Tengah

"Saya sebagai Kepala Desa  , sudah membantu mengirim air bersih dari dinas BPBD , Alhamdulillah sudah 3 mobil yg sudah disalurkan ke masing-masing kampung yang ada di Desa rancaseng". Tuturnya
 (Rudi Suhaemat)

Kapolres Pandeglang Menginstruksikan Kepada Jajaranya Memberantas Peredaran Miras



kontakpublik.id, PANDEGLANG-Minuman keras (Miras), atau minuman beralkohol,  jenis minuman yang memabukkan, sehingga dengan meminumnya menjadi hilang kesadaran, dengan adanya Peredaran Miras hingga kini masih menjadi hal yang terus terjadi setiap tahunya di Wilayah Hukum Pandeglang, Provinsi Banten.

Menyikapi berbagai permasalahan yang marak di tengah Masyarakat terus dilakukan , kehawatiran munculnya kejahatan maupun aktivitas pelanggaran lainnya , pemberantasan Miras patut didukung oleh semua elemen Masyarakat .

Untuk memberantas penyakit Masyarakat dari plaku premanisme serta aktivitas lainnya yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas)

Munculnya aduan dari Tokoh Masyarakat,  bahwa diduga Toko Raniti Pengedar Miras yang beralamat di  Desa Ranca Seneng , Kecamatan Cikeusik tepatnya Kampung Cangkore Wetan RT 03/02, Desa Ranca Seneng, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten tersampaikan.

Mendengar Hal itu Kapolres Pandeglang, AKBP Belny Warlansya, S.H., S.I.K., M.H, mengintrulsikan kepada Jajaranya untuk memberantas Peredaran Miras guna menjaga Kamtibmas. Rabu, (20-092023)

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ipda Gelar Harumah N, SH (KBO Sat Intelkam Polres Pandeglang), serta didampingi oleh Bripka Agus Kurniawan SH, (Kanit 1 bidang politik Sat Intelkam ) , Bripka Muhtadi (Kanit 1 Dalmas Sabhara Polres Pandeglang), Briptu Yana Septiana (Bandit Intelkam Polres Pandeglang), Briptu rhony (Banit Sabhara Polres Pandeglang) , Briptu Esau S (Banit Sabhara Polres Pandeglang) 

Menurut Gelar , Hasil dari Operasi tersebut telah diamankan beberapa jenis  Miras sebanyak 1.237 botol dan 1 unit kendaraan Roda Empat diantaranya, Ciu sebanyak 868 botol, Kolesom 97 botol,
Anggur Merah 165 botol , Anggur putih 12 botol, Angker 23 botol, Kolesom kecil 72 botol, Satu unit Toyota calya berisi minuman keras.

Salah satu dari Tokoh Agama Kecamatan Cikesik, Ustad Sajui Hulaemi, mengucapkan sangat berterima kasih kepada pihak APH terutama, Jajaran Polres Pandeglang yang telah sigap melayani, meluncur , turun kelapangan Langsung membantu demi ketentraman Masyarakat, dalam mengupas tuntas adanya jualan Miras 
Yang tentunya akan merusak Anak Bangsa kita.

Jangan lupa, kami mohon ada 5 pagar yang harus ditembus yaitu pagar pertama pengguna, pagar kedua Pengedar, pagar ke tiga boss miras, pagar ke empat Suplier. Pagar kelima adalah Big Boss dan pemegang remotnya, dipandeglang baru nyampe pagar ke dua , yaitu pengguna dan pengedar saja yang di tangkap sementara pagar ke 3,4 dan 5 masih PR. Katanya  (Rudi Suhaemat)

Polemik DAK Sanitasi TA 2023 HMI Cabang Pandeglang Audiensi dengan DPUPR Pandeglang.



Kontakpublik.id,PANDEGLANG - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pandeglang melakukan Audiensi dengan DPUPR Kabupaten Pandeglang  yang di selenggarakan di Kantor DPUPR, Rabu (20-09-2023) pukul 14:00 / 17:00 WIB,"

Dalam acara Audiensi di hadiri langsung oleh, Asep Rahmat, S.T Kepala Dinas PUPR, Dede lesmana Kabid Cipta Karya, Wahid PPTK, Wawan PPK, serta para jajaran DPUPR Pandeglang Dan Para pengurus HMI Cabang Pandeglang priode 2023-2024."

Dalam audiensi ini kita dari HMI  membahas tentang Program Dana Alokasi Khusus (DAK) Sanitasi T.A 2023, yang diduga banyak persoalan didalam program ini. 

Entis Sumantri Ketua Umum HMI Cabang Pandeglang menyampaikan," persoalan DAK Sanitasi T.A 2023, bukan lagi persoalan kelasik di tubuh DPUPR kabupaten pandeglang ini, perlu di ketahui juga, ada beberapa hal yang harus di sampaikan untuk mencari Win win solution dari persolaan yang menjadi Kompleks di tubuh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Pandeglang,

Lanjut ketua umum mengatakakan,"
Dugaan Adanya pemungutan pembuatan Akta Notaris Terhadap Kelompok Sewadaya Masyarakat  (KSM) yang diduga dilakukan oleh oknum Mantan (Eks TFL) DPUPR yang diduga kuat bekerjasama dengan KSM Serta dinas terkait,"
Kami menduga adanya Mar-Up program ini. "

Dan bukan kaitan persoalan pungutan pembuatan akta notaris yang dilakukan oleh oknum TFL, kami juga menduga ada praktek tidak Sehat atau Monopoli Usaha dalam Perogram DAK Sanitasi TA 2023. Diduga adanya Setor Proyek terhadap DPUPR Kabupaten Pandeglang, Apalagi ada dugaan pengarahan pengadaan  pipa dan Gastrap yang diduga dikondisikan kepada satu perusahaan pihak ketiga, dengan adanya keterlibatan para Tenaga Fasilisator Lapangan (TFL) yang diduga kuat bekerjasama dengan pihak perusahaan tersebut, "ungkapnya

Ironisnya bahwa pihak ketiga yang melakukan pengadaan ini adalah perusahaan yang pernah menjadi catatan baik oleh aparat penegak hukum (APH) serta menjadi temuan dari BPK RI wilayah Banten, yang diduga kuat perusahaan yang pernah mangkrak dalam melakukan pekerjaannya, "

Dan kami juga HMI Pandeglang dalam Audensi Bukan hanya menyampaikan terkait DAK Sanitasi saja, tapi kami pun mempertanyakan terkait 52. Paket Proyek Pembangunan yang Bersumber dari dana Hibah tahun 2022, yang menjadi temuan BPK melalui Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK Tahun 2022 di DPUPR Kabupaten Pandeglang." Tuturnya 

Maka dengan ini kami HMI Pandeglang,meminta sikap tegas dari Aparat Penegak Hukum (APH) Polres Pandeglang, Kejaksaan Tinggi Pandeglang, Polda Banten Dan Kejaksaan Tinggi Banten, untuk turun tangan dalam melakukan penyelidikan dan penyidikan dalam persoalan ini,Ucap Ketum HMI.

 Sekertaris Umum HMI Cabang Pandeglang Handoko Syarif,dalam Audensi juga menyatakan," kami meminta Pihak DPUPR Pandeglang, khususnya kepala Dinas selaku Pengguna Anggaran dan penanggung jawab dalam program yang ada di Dinas PUPR. Segera Panggil Seluruh KSM dan TFL yang diduga Nakal yang telah melanggar peraturan-peraturan perundang-undangan yang berlaku, SOP dan Juklak Juknis dalam program DAK Sanitasi ini, "

Kami pun menduga banyak nya keterlibatan oknum dinas, Jadi sangat jelas bahwa di sini ada dugaan Mark-Up serta Monopoli yang mengarah pada korupsi antara Oknum Pengusaha Tunggal Penyedia Barang atau Jasa (pipa & Gastrap) dengan Oknum Pejabat DPUPR Kabupaten Pandeglang, khususnya Kepala Dinas, Kepala Bidang Cipta Karya, PPK, dan PPTK.”

Lanjut Handoko," kami meminta Blacklist perusahaan yang pernah bermasalah dan jangan sampai di biarkan, karena sudah diduga melakukan gratifikasi dan penggiringan opini kepada KSM,

Berikan kepastian hukum segera lakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap Oknum yang sudah melakukan pemungutan Akta Notaris, terhadap KSM dan Desa-Desa  karena jelas telah melanggar aturan yang berlaku,ujarnya"

Asep Rahmat, S.T Kepala Dinas PUPR kabupaten Pandeglang mengatakan saat Audensi,"Kegiatan DAK Bidang Sanitasi Tahun Anggaran 2023, saat ini dalam tahapan pelaksanaan pekerjaan, sesuai dengan Rencana Kerja (RK) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), ada dua jenis hibah, yang pertama adalah hibah berupa barang dan yang kedua adalah hibah berupa uang." Ungkapnya.

Asep Rahmat juga mengatakan," Untuk hibah berupa barang yaitu. Bioseptik yang dilaksanakan oleh Dinas PUPR Kabupaten Pandeglang, kemudian dihibahkan kepada Kelompok Sewadaya Masyarakat (KSM). Sedangkan untuk hibah berupa uang diberikan langsung atau ditransfer langsung ke (KSM), pada pelaksanaan kegiatan tersebut, dibantu oleh Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL). 

Setelah (PO) atau setelah ada ikatan kerja dengan PT. Cahaya Mas Cemerlang penyedia barang bioseptik atau Tanki Septic Individual, Kami Dinas PUPR Kabupaten Pandeglang melaksanakan kunjungan ke Pabrik untuk memastikan kualitas barang yang dipesan dan melihat langsung barang tersebut, pada saat sedang diproduksi agar barang itu sesuai dengan spesifikasi teknis yang tercantum dalam ikatan kerja,

Maka dengan apa yang sudah di sampaikan oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pandeglang, saya selaku penanggung jawab, akan melakukan yang terbaik untuk segera dapat di tindaklanjuti yang menjadi aspirasi HMI.ucap Kadis DPUPR,.  (Do)

Selasa, 19 September 2023

Aktivis dari Aliansi Mahasiswa Pandeglang (AMP) Angkat Bicara Terhadap Persoalan Desa Kalang Anyar - Labuan



Kontakpublik.id,PANDEGLANG - 
Menanggapi dugaan adanya pemberitaan kaitan prihal tidak ada kejelelasanya Dana Desa Tahap l dan DD tahap 2 tahun Anggaran 2023 dan juga BLT DD triwulan 2 di Desa Kalang Anyar Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang Propinsi Banten,membuat Aktivis Mahasiswa dari Aliansi Mahasiswa Pandeglang (AMP) Moh,Dirgantara Angkat bicara kepada Kontakpublik,id,


Rabu (20/09/2023) Dirgantara menyampaikan," Menyangkut Dana Desa (DD) tahap l dan DD tahap 2 tahun 2023, di Desa Kalang Anyar,Kecamatan Labuan, ini kita menilai kurang dalam pemanfaataan dilihat dari  bagaimana progres pembangunan infrastruktur berupa drainase yang dalam prosesnya kami menaruh dugaan  mulai dari pengerjaan  yang terkesan tidak memperhatikan unsur mutu pembangunan, atau fisik ini juga menimbulkan pertanyaan," Ungkapnya

Moh.Dirgantara juga mengatakan," bahkan karena pada pasalnya pengerjaan fisik yang dilakukan oleh Kades Kalang Anyar, tanpa adanya prinsif keterbukaan dengan tidak memperlihatkan papan informasi, Pekerjaan yang dilakukan, oleh pelaksana pembangunan tersebut,"

Maka secara Administratif serta pertanggung Jawaban terkait dana desa tahap 1 (satu) tahun 2023, ini kami menduga adanya suatu tindakan Korupsi yang dilakukan oleh pengguna anggran yaitu kepala desa Desa kalanganyar", ujarnya,

Perlu kita pertanyakan pula karena mengingat hal ini akan berpengaruh pada realisasi tahap selanjutnya, namun yang terjadi saat ini Dana Desa tahap 2 (dua) sudah dicairkan oleh Kades Kalang Anyar melalui Rekomendasi dari DPMPD kabupaten Pandeglang, tanpa menjadikan tahap 1 (satu) sebagai acuan sebagai mana bentuk pertanggung jawaban , serta pelaksanaan pun harus lah kegiatan dengan berlandaskan undang-undang nomor 06 tahun 2014. Perlu kita tegaskan sikap intens dalam pengawalan hal ini." 

Dirgantara juga menyampaikan," Kami dari Aktivis Aliansi Mahasiswa Pandeglang (AMP) akan segera mebuat laporan pengaduan kepada Pemerintah Kabupaten pandeglang dalam hal ini DPMPD,Inspektorat Pandeglang. Serta aparat penegak hukum (APH) Kejaksaan Tinggi Pandeglang, Polres Pandeglang agar segera melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap pembangunan atau memeriksa Dana Desa Tahap l dan Tahap 2 serta BLT DD triwulan 2 tahun 2023 Desa kalanganyar Kecamatan Labuan,Ujar Dirgantara,.(Do)

Aktivis PW JPMI Menggelar Audensi Dengan ULP PLN Labuan Dengan Rasa Kekecewaan



kontakpublik.id,Pandeglang - Presidium Wilayah Jaringan Pemuda Mahasiswa Indonesia (PW JPMI Pandeglang) angkat bicara menyikapi soal kabel jaringan Wiffi yang ada di kabupaten Pandeglang  dengan melakukan Audiensi dengan pihak ULP PLN Labuan Pandeglang- Banten, "Selasa (19/09/2023) 

"Dalam Audiensi tersebut di hadiri oleh perwakilan dari Kordinator PW. JPMI pandeglang, Polsek Labuan, Vendor ULP PLN, Yang di selenggarakan di kantor ULP PLN Labuan, dengan masa Audien 6 orang Aktivis Mahasiswa, pemuda serta para jurnalis, "

Di kuatkan ketika awak media konfirmasi langsung kepada kepala PLN labuan melalui via telpon whatsapp.dimana perusahaan wifi tidak ada ijin kepada PLN.

"Ardiansyah MULP (Manager Unit Layanan Pelanggan ) PLN Labuan. bahwa kaitan jaringan Wiffi yang menempel di tiang listrik itu tidak ada ijin secara tertulis kepada kami, dan kami juga sudah memerintahkan kepada tim untuk mengecek ke lapangan langsung, dan kami juga sudah kordinasi dengan polres Pandeglang, mohon di tunggu update dari kami untuk selanjut nya."ujar Ardiansyah (MULP Manager Unit Layanan Pelanggan ULP PLN Labuan)

Fikri Hidayatullah Presedium Wilayah Jaringan Pemuda Mahasiswa Indonesia menyampaikan,"bahwasanya kami merasa kecewa ketika hari ini kami melakukan audiensi sesuai dengan surat yang sudah di layangkan pada hari Jum'at 15/09/2023, sebelum kami lakukan audiensi kami menunggu konfirmasi dari ULP PLN sampai dengan waktu yang di jadwal kan belum ada balasan, maka kami tetap melanjutkan audiensi ini, " Ungkap fikri 

Lanjut fikri," sangat di sayangkan Mangger tidak bisa hadir pada audiensi ini, yang lebih parahnya menurut karyawan ULP PLN yang ada pada saat audiensi,kami tidak di ijinkan untuk Audiensi alasanya para pimpinan dan pihak-pihak dari PLN Labuan Sedang di lapangan semuanya kebetulan lagi ada acara  di Kecamatan Cibaliung  ungkap Yunan salah satu Vendor ULP PLN Labuan,"

Bahwasanya dalih yang di berikan ULP PLN, bahwa hari dan tanggal audiensi tidak sama, maka dalihnya meminta di jadwalkan lagi, kan jika kita liat dari alasannya ini lucu, ungkap Agil Korlap Audiensi JPMI Pandeglang. Ungkapnya 

Menurut Agil bahwasanya kami sudah merasa kecewa dengan sikap tidak koperatifnya pihak ULP PLN Labuan, serta kami menduga bahwasanya ULP PLN hanya. Terkesan melakukan pembiaran terhadap Pengusaha Jaringan Wiffi yang kabelnya menempel di tiang-tiang listrik  milik PLN, bisa saja ini diduga adanya Gratifikasi dan Korupsi yang di lakukan oleh oknum ULP PLN Labuan dengan pengusaha jaringan Wiffi baik Awinet, Sibernet, Wimate, serta jaringan wiffi lainya. " Ungka korlap

Dengan ini kami menyatakan sikap bahwa pihak ULP PLN Labuan, lalai dalam pengawasan  serta penertiban kabel wiffi yang melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka dengan ini kami Presidium Wilayah Jaringan Pemuda Mahasiswa Indonesia (PW.JPMI) Pandeglang- Banten akan mendorong ketegasan terhadap pihak Diskomsantik, sampai Kementerian Kominfo dan Kementerian BUMN Republik Indonesia  dan Aprat Penegakan Hukum (APH) dalam menegakkan Hukum, dan menggelar Aksi Demonstrasi di ULP PLN Labuan samapai dengan pemerintah pusat,ucap Agil.  (Do)

Minggu, 17 September 2023

Ko Bisa ! Pemdes Kalang Anyar - Labuan Dana Desa Tahap 1 Belum ada Kegiatan. Dana Desa Tahap ll Bisa Di Cairkan



Kontakpublik.id,PANDEGLANG- Demi untuk meningkatkan pembangunan Infrastruktur jalan lingkungan dan peningkatan ekonomi di masyarakat Pedesaan, Pemerintah Pusat melalui program ketahanan pangan nasional dan jalan lingkungan desa, telah merealisasikan dana desa ( DD ) tahun 2023.Anggaran Dana Desa ( DD ) yang telah di cairkan itu, didalam penggunaan , sesuai program yang telah ditetapkan dalam RAPBdes tahun 2023.

Namun sangat  disayangkan, dana desa ( DD ) tahap 1 tahun 2023 yang telah di cairkan, untuk pembangunan pekerjaan pembangunan atau fisik, sampai saat ini diduga baru 1 kegiatan yang dibangunkan yaitu Drainase di kampung makui tonggoh,Desa Kalang Anyar,Kecamatan Labuan,Kabupaten Pandeglang,Propinsi Banten.hasil pantauan di lapangan pekerjaan Drainase tersebut di duga Asal jadi tidak mengedepankan kualitas mutu yang baik,ditambah lagi tidak dipasangnya papan informasi atau papan kegiatan seakan akan pekerjaan Drainase tersebut tertutup,entah berapa anggaranya dan berapa volume nya.

Pasalnya Anggaran Dana Desa ( DD ) tahap l sudah di cairkan keuangannya,namun sampai saat ini, baru ada satu kegiatan yang dikerjakan oleh kades kalang anyar itupun pekerjaan nya diduga asal jadi,yang satu kegiatan pekerjaan nya lagi belum nampak ada kegiatan samasekali pelaksanaan pekerjaan untuk pembangunan fisik, Diduga Uang tersebut di pakai oleh Kades Kalanganyar untuk kepentingan pribadinya,“Padahal pencairan keuangan Anggaran Dana Desa ( DD ), Untuk tahap 1 sudah diambil Duitnya di salah satu BANK yang ada di wilayah Kabupaten Pandeglang,dan yang sangat anehnya lagi ko bisa Dana Desa tahap ll tahun anggaran 2023 bisa dicairkan lagi oleh kades kalang anyar,padahal faktanya Dana Desa tahap l pun belum ada kegiatan pekerjaan satupun waktu pencairan Anggaran Dana Desa (DD) tahap ll tahun 2023.

Seperti yang dikatakan salah satu sumber Minggu (17/09/2023) yang tidak mau di cantumkan namanya  mengatakan", bahwa untuk Anggaran dana desa ( DD ) tahap l di Desa Kalang Anyar, belum terlihat  sama sekali untuk kegiatan pekerjaan pembangunan Fisik bahkan yang lainnya ,dan yang anehnya lagi ko bisa Anggaran Dana Desa (DD) tahap ll nya bisa di cairkan lagi,padahal  sudah jelas jelas kegiatan pekerjaan pembangunan fisik Dana Desa tahap l belum sama sekali dikerjakan oleh kades kalang anyar,

Adapun pekerjaan yang sekarang lagi di kerjakan Drainase di kampung makui tonggoh memang betul itu pekerjaan Anggaran Dana Desa (DD) tahap l itupun dikerjakan setelah Anggaran Dana Desa (DD) tahap ll sudah dicairkan oleh Kades Kalang Anyar,justru aneh saya mah kok bisa yah seperti itu.

Ketika ditanya terkait pekerjaan yang belum dilaksanakan kegiatan  apa saja, dikatakan sumber", untuk kegiatan fisik pembangunan tahap l itu ada 2 kegiatan yaitu Drainase kalau tidak salah,kalau kegiatan DD tahap ll saya kurang tau, lebih jelasnya silahkan tanyakan langsung saja pak, kepada kepala Desa atau kaur keuangan desa  supaya lebih jelasnya, “Ungkap sumber warga dengan nada keluh.


Sementara Jika mengacu kepada Undang – undang Nomor 6 Tahun 2014. tentang Desa, dengan jelas mengatur mengenai pembangunan Desa dan pembangunan kawasan pedesaan. Pasal 78 UU Desa menjabarkan tujuan pembangunan desa adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penaggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan. “Akan tetapi apa yang terjadi di Desa Kalang Anyar Kecamatan Labuan,justru sebaliknya dengan turunnya Anggaran dana desa ( DD ) tahap l yang sama sekali belum adanya kegiatan kegiatan pekerjaan pembangunan fisik tapi sudah bisa mencairkan lagi Dana Desa tahap ll.

Bahkan bukan kaitan pekerjaan fisik tahap l dan tahap ll yang belum di kerjakan,di Duga Bantuan Langsung Tunai (BLT DD) Triwulan ll,untuk bulan April,Mei dan Juni belum disalurkan oleh kades Kalang Anyar kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Ibnu Hajar selaku Kepala Desa Kalang Anyar, saat mau dikonfirmasi atau kelarifikasi oleh pihak Media,sangat disayangkan susah untuk dihubungi bahkan ditemui.  (Do)

Jalan Dilobangi Tumbalkan Pengendara,Membuat HMI Cabang Pandeglang Angkat Bicara



Kontakpublik.Id,PANDEGLANG - Pengerjaan dan penyempurnaan Jalan milik Nasional jalur  Pandeglang - Labuan. Berujung Petaka bagi Pengendara, Awalnya Berharap pekerja melakukan pemerataan pada permukaan jalan, dengan cara membuat lubang sebelum dilapisi Aspal type Hotmix akan tetapi lalai memasang rambu - rambu tanda bahaya diarea lubang tersebut." Demikian diungkapkan Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pandeglang Entis Sumantri Minggu (17/09/2023) pada Wartawan, Contohnya kata Entis dipertigaan Tarogong kemudian pertigaan Saketi dan Pandeglang kota.

" Sebagai fakta belum lama ini sudah Enam Pengendara Roda Dua alami kecelakaan, tidak hanya sebatas itu bahkan setiap harinya selalu saja ada Pengendara Roda Dua mengalami hal yang sama meski dilokasi berbeda,akan tetapi masih pada koridor pekerjaan Jalan tersebut" Tutur Entis.


Yang lebih Fatal lagi Lanjut Entis dengan nada kesal." Kali ini menimpa kader HMI. Petaka itu dialami setelah Korban mengikuti kegiatan di Kampus UNMA Banten terkait Kegiatan Keorganisasian HMI Komisariat FKIP pukul 19:45 Wib. Dalam perjalanan pulang Korban terperosok pada Lubang yang digali pekerja tanpa dipasang kalimat peringatan dan rambu - rambu Jalan, padahal sejatinya ketika Jalan dalam kondisi perbaikan wajib dilengkapi seruan perhatian kepada Pengendara."

Adapun ungkap Entis."  Jika Kita mencermati  Peraturan soal aksesoris apa saja yang harus dipasang oleh pihak pengelola sebagaimana keputusan Menteri Perhubungan Nomor PM 67 Tahun 2018 Pasal 16 ayat 2 dan seterusnya Adalah selain kewenangan kementrian PUPR RI sekaligus diterapkan pada pelaksana Tugas dilapangan sebagaimana di putuskan oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Banten."

" Kami meminta kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini, Kementerian PUPR dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Banten BPJN wilayah Banten agar menindak tegas oknum PPK 1.3 PJN Wilayah 1 Banten Ruas Jalan Pandeglang - Saketi - Labuan. Sebab dengan pengerjaan Jalan itu, diduga selain lalai juga melabrak aturan dan undang-undang yang berlaku" Tegasnya.

" Pertanyaannya siapa yang bertanggung Jawab dari rentetan Petaka Pengendara yang ditumbalkan sebagai Korban termasuk Anggota Saya Kader HMI Siapa ? " Ulang Entis.

Dalam catatan Wartawan.Kader HMI Cabang Pandeglang. Korban lakalantas yang  diakibatkan lubang jalan miskin rambu dan peringatan, masih tergelatak dalam perawatan tenaga Medis di Klinik Alinda Panimbang. (MR).

Nah loh! Diduga Kades Munjul Korupsi



kontakpublik.id, PANDEGLANG-Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN diperuntukkan bagi yang ditransfer melalui APBD Kabupaten. Pertama kalinya Indonesia mengucurkan DD sesuai amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa , dana ini diharapkan agar dimanfaatkan oleh Pemerintah Desa untuk membiayai penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat desa.

Pantauan Aktivis dan Awak Media di lapangan , salah satu Desa yang ada di Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, di temukan adanya dugaan Korupsi di Desa Munjul , Kecamatan Munjul.

Yakni tidak ditemukanya fisik bangunan DD tahap I di tahun Anggaran 2023, hanya nampak bangunan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang tak kunjung selesai, terletak di tanah milik Kepala Desa Munjul berinisial IP, diduga bangunan itu syarat akan penyimpangan.

M Sanusi yang mengaku Koordinator Lapangan Thank Panser Banten, pada Minggu (17-09-2023) sampaikan, dengan adanya beberapa keluhan Masyarakat yang mempertanyakan keberadaan bangunan fisik DD Tahap I dan Kejelasan bangunan Bumdes yang patut diduga terjadi penyimpangan.

Sebab, tidak adanya keterbukaan dalam pengelolaan DD dan ADD di Desa Munjul, atas beberapa temuan tersebut kami layangkan surat aksi ke Kapolres Pandeglang Cq Ka Intelkam Polres Pandeglang.

Insya allah kata Sanusi , selasa mendatang, tepatnya tanggal 19 September kami aksi di 4 titik yaitu kantor Kecamatan Munjul, Kantor Insfektorat Kabupaten Pandeglang, Kantor DPMPD Kabupaten Pandeglang dan Kantor Bupati pandeglang. 

Kami sudah kirim suratnya ke Camat Munjul , sebagai tembusan ke Bupati Pandeglang. Terang Sanusi

"Kami akan melakukan aksi tepat di depan kantor kecamatan munjul Selasa (19/09/2023) dengan harapan agar menjadi pembelajaran buat semua kepala desa yang ada di kecamtan munjul khususnya dan semua desa yang ada di Kabupaten Pandeglang"

DD itu bukan duit Nenek Moyangnya  yang bisa dipakai apa saja , Jika aksi kami tidak ada tanggapan Minggu depan kami akan laporkan hasil temuan itu ke Kajari Pandeglang. Bebebernya 

Saat dikonfirmasi Oknum Kepala Desa dan Camat Munjul , belum bisa dihubungi lantaran tidak ada di tempat, hingga berita ini di UP oleh Media ini. (Rudi Bako)

Sabtu, 16 September 2023

Akibat Kecerobohan Oknum Yang Tidak Bertanggung Jawab, Pekerjaan jalan Tambal Sulam Hotmix Memakan Korban Kecelakaan




Kontakpublik.id,PANDEGLANG - Telah terjadinya Kecelakaan di Ruas Jalan Nasional Pandeglang, tepatnya di Jalan Raya Labuan - Pandeglang No. 6 Dahu Kecamatan Cikedal Kabupaten Pandeglang,Propinsi Banten 42271 Indonesia,yang memakan korban berturut-turut,Minggu (17/09/2023)

Kecelakaan tersebut terjadi akibat menabrak lubang galian pekerjaan jalan. Tambal Sulam Hotmix wilayah kewenangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dalam pelaksanaan tugas Penyelenggaraan Jalan Nasional Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN ) Banten, Pekerjaan pelubangan jalan tersebut di kerjakan sejak mulai Rabu, 13/09/2023 sampai dengan hari ini minggu, 17/09/2023 masih tetap berlubang serta tidak menggunakan rambu-rambu jalan,

Aisah (35) tahun salah satu warga sekitar jalan raya tersebut saat di wawancarai menyampaikan," bahwasanya, sudah sering terjadi kecelakaan sejak jalan ini di lubangi. Bahkan sudah ada 3/6 Orang Pengendara Roda 2 menjadi korban dari galian jalan itu,

Menurutnya, bahwa dari sejak awal tidak menggunakan rambu-rambu jalan, akhirnya kami dengan warga sekitar setelah melihat beberapa kali kecelakaan kami berinisiatif untuk ngasih tanda rambu- rambu jalan agar yang melintasi jalan tersebut hati-hati, " Ternyata di titik yang lain yang belum di kasih tanda rambu-ranbu jalan masih ada aja pak " yang kecelakaan," ucap aisyah.

Lanjut Aisyah selaku warga sekitar," berharap jalan ini agar secepatnya di perbaiki karena ini membuat "jantungan pak" (Syok) ketika ada kecelakaan di depan rumah kami, kan kasian pak kalau gak segera di kerjakaan khwatir makan korban lebih banyak lagi."


Andri Nugraha (20) tahun Salah satu Korban Kecelakaan tersebut mengatakan," selepas ada kegiatan keorganisasian di Kampus UNMA Banten, Sekitar pada pukul, 19:00 wib saya bergegas pulang, sesampainya di Jalan Raya Labuan Kecamatan Cikedal Pandeglang, Pukul 19:45 wib saya mendapatkan musibah kecelakaan, karena saat saya jalan tidak melihat ada rambu-rambu peringatan jalan, ketika itu saya langsung kaget menghindari lubang galian jalan tersebut naasnya saya terjatuh dan terseret serta terpental sekitar 8 Meter dari titik lokasi kejadian,"

Alhamdulillah saya masih selamat langsung di berikan pertolongan pertama oleh warga sekitar untuk di bawa ke klinik terdekat lalu setalah keluarga menjemput dan di bawa ke Rumah Sakit Alinda Husada. Untuk dilakukan Rongshen karena selain luka luar saya merasakan Dada Sakit, Sesak Nafas, perut sakit sebelah ungkap Andri selaku korban kecelakaan,sampai dengan kami konfirmasi pun korban masih terbaring di tempat tidurnya lemah tak berdaya sambil marasakan sakitnya,"


IPDA Ali Muiz Rusmana,SH Kapolsek cikedal Mengatakan," betul telah terjadinya kecelakaan lakalantas di Jln. raya labuan kecamatan Cikedal kabupaten Pandeglang - Banten bahwa setelah kita menerima informasi dari masyarakat telah terjadinya kecelakaan di lokasi galian lubang Tambal Sulam Hotmix di Ruas jalan raya tersebut maka kami dan anggota langsung bergegas ke lokasi kecelakaan lakalantas itu, "

anggota kami langsung membawa korban lakalantas ke kelinik terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama, serta segera memberikan Rambu-rambu jalan di lokasi kecelakaan itu,

Kami juga menghimbau kepada pengendara Roda 2 ataupun Roda 4 selalu berhati hati dalam berkendaraan untuk tetap memperhatikan Keamanan dan keselamatan diri saat berkendara, kepada Anggota polsek cikedal serta warga sekitar kami juga menghimbau, apabila ada kecelakaan lakalantas segera Membantu pengendara serta melakukan pengamanan, dan melakukan pertolongan pertama, apa bila ada kejadian kecelakaan lalulintas. Di Ruas Jalan Raya Labuan- Pandeglang Banten khususnya Wilayah Hukum Polsek Cikedal, "ungkap kapolsek

Kapolsek menyampaikan harapannya kepada awak media agar segera lakukan perbaikan dan memberikan rambu-rambu agar tidak ada lagi korban lainya yang berjatuhan karena kecelakaan Lakalantas. (Do)

Soal Pembebasan Lahan RSUD, Warga Butuh Konsekuansi.

Kontakpublik.id, PANDEGLANG - Kesimpulan Sosialisasi yang digelar Pada Hari Minggu 13 November Tahun 2022 di Gedung PGRI Kecamatan Labuan Ka...