Senin, 15 Juli 2024

Dirut PT SLM Pandeglang,Rudi Suhaemat: Ngebubur Suro Bertanda Awal Tahun Hijriah 1446



kontakpublik.id,PANDEGLANG-Bubur Suro merupakan salah satu hidangan khas di Indonesia dalam rangka menyambut dan merayakan Tahun Baru Islam. Tradisi ini biasa dilakukan oleh kalangan masyarakat Jawa yang sudah ada sejak lama dan secara turun-temurun.

Berdasarkan Kalender Hijriah Indonesia 2024, Kementerian Agama (Kemenag) RI, menetapkan tanggal 1 Muharram 1446 Hijriah jatuh pada Minggu, 7 Juli 2024.Berdasarkan penanggalan tersebut, maka Muharram 1446 Hijriah'>10 Muharram 1446 Hijriah akan jatuh pada hari Selasa, 16 Juli 2024.



Dalam Islam, bulan Suro disebut dengan bulan Asyura yang menjadi awal tahun berdasar kalender Hijriyah,
menandakan pergantian tahun Hijriah atau memasuki tanggal 1 Muharam, berbagai macam cara yang dilakukan oleh Umat Muslim (Islam) untuk memeriahkanya dengan di iringi Doa bersama.

Tradisi malam 1 Suro atau ritual Suroan menitik beratkan pada ketentraman batin dan keselamatan. Karenanya, pada malam 1 suro itu selalu diselingi dengan ritual pembacaan doa dari semua Umat Islam yang hadir melaksanakannya. Hal ini bertujuan untuk mendapatakan berkah dan menangkal datangnya marah bahaya.

Pelaksanaanya tradisi suroan biasa pada malam hari setelah matahari terbenam dan selepas sholat magrib, serta menyiapkan aneka hidangan yang akan dimakan bersama setelah acara inti pembacaan doa yang dipimpin oleh tokoh ulama. (Redaksi)

Penulis adalah Direktur Utama PT Seantero Laksana Media.
PANDEGLANG Selasa (16-7-2024)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dugaan Korupsi PKBM Se-Kabupaten Pandeglang Mandeg Di Kejari

  Kontakpublik.id, JAKARTA - Korupsi adalah musuh terburuk Negara kita daripada perampokan bersenjata? Korupsi termasuk penyuapan sehingga k...