Kamis, 11 Juli 2024

Kisah Netizen. Staf Wedana diikat lalu dibakar Rumah dan Kantornya oleh Belanda



kontakpublik.id,PANDEGLANG - Sejarah harus mencatat bahwa tragedi terbesar dari periode transisi sosial ini. Bukanlah teriakan Orang - orang jahat, tetapi keheningan yang mencekam dari Orang - orang baik. ( Martin Luther King Jr ).

Gedung eks Kantor Wedana Caringin terletak di Jalan Jenderal Sudirman Desa Labuan Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Keberadaannya hanya tinggal menunggu waktu, diketahui Gedung yang menyimpan sejuta kisah pengabdian Anak Negeri cepat atau lambat sirna dari keutuhan Gedung itu sendiri, lantaran akan disulap untuk dijadikan sesuatu yang judulnya terkesan kontradiksi.

Dari Keterangan CV Herlangga melalui Papan Keterbukaan Informasi Publiknya menerangkan. Pengerjaan Gedung itu merupakan Revitalisasi Cagar Budaya Tempat Pertemuan RSUD Labuan. Sebelumnya Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Pandeglang Yani .S.Hut. MM. mengatakan pada Wartawan. " Akan dijadikan Mushola tanpa harus mengubah nilai sejarah Gedung " Ujarnya Selasa (21/05/24) .

Kondisi Gedung eks Kantor Wedana yang saat ini tengah dalam proses penyulapan identitas, beberapa Netizen berkomentar .

" Dulu digedung itu Kami sering berkumpul dan berdiskusi soal perkembangan dan upaya melestarikan seni budaya lokal . Dan pada waktu itu masih terlihat utuh aksesioris yang terdapat didalam Gedung, seperti Meja Kursi berikut Lemari, semuanya terlihat antik semuanya berbahan Kayu Jati " Ungkap OZ Netizen.

Netizen lain EN menceritakan, diera kolonial Belanda Warga Menes dengan wilayah kerja di Cimanuk bernama Ustuchri pada saat menjabat sebagai Jawatan Penerangan ( Japenka ) berkantor di Kwedanaan Caringin, sempat Tangannya diikat, Rumahnya dibakar, Kantornya pun sama diberangus sijago Merah oleh Belanda. Kejadian tersebut disaksikan langsung keluarganya." 

Sekarang ini Gedung eks Kantor Wedana diera Kresidenan Banten itu , Hanya tinggal menunggu waktu untuk sirna, melepas Hikayat tinggalkan kisah Heroik. (MR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dugaan Korupsi PKBM Se-Kabupaten Pandeglang Mandeg Di Kejari

  Kontakpublik.id, JAKARTA - Korupsi adalah musuh terburuk Negara kita daripada perampokan bersenjata? Korupsi termasuk penyuapan sehingga k...