Senin, 22 Juli 2024

Opdes Banyu Biru, Galih : BLT DD Triwulan 2 Tahun 2024 Belum Mengajukan



Kontakpublik.id,PANDEGLANG - Penyaluran BLT-DD telah memasuki tahap ke tiga atau Triwulan 3 tahun 2024 namun ada apa dengan Pemerintah Desa ( Pemdes) Banyubiru Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten, yang masih belum menyalurkan BLT DD tahap 2 atau Triwulan 2 kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM)

Hasil informasi yang dihimpun Kontakpublik.id, bahwa Pemdes Desa Banyubiru belum menyalurkan BLT-DD tahap 2 tahun 2024 kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Menurut informasi, Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) Tahap 2 atau triwulan 2 untuk Bulan April,Mei dan Juni, Tahun 2024 di Desa Banyubiru belum ada penyaluran kepada para KPM,melihat di desa desa tetangga husus nya desa dikecamatan labuan sudah menyalurkan BLT DD triwulan 2 ko aneh yah Desa Banyu biru sampai saat ini masih belum menyalurkan BLT DD triwulan 2.
ucap warga yang tidak mau disebutkan namanya.

“Berkaitan dengan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) yang sumber Anggaran nya dari Dana Desa tahun 2024, di wilayah Kecamatan Labuan ada Dua Desa yang belum disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang kami tahu, 


“Bantuan BLT DD triwulan 2 masing masing penerima mendapatkan uang tunai sebesar 900.000,”

“Kami meminta kepada Pemdes Banyubiru dan juga Pemdes Kalang anyar  untuk segera merealisasikan BLT DD tahap 2 kepada Keluarga Penerima Manfaat, karena warga yang mendapatkan bantuan BLT DD ini sangat sangat membutuhkannya ” ucap warga.

Sementara itu Kepala Desa Banyu biru, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa BLT-DD belum dicairkan dikarenakan belum pengajuan,lebih jelasnya hubungi Galih selaku operator desa. 

Selasa (23-7-2024) Galih selaku operator desa (Opdes) banyubiru dan juga Salah satu perangkat desa Teluk sekaligus Opdes Desa Teluk saat dikonfirmasi mengatakan," kaitan BLT DD triwulan 2 belum di ajuin,RPA Banyu biru dan desa teluk sama, BLT DD dan honor LKD nya cuma 3 bulan tahap 1 (satu) nya, dikarenakan banyak di pembangunan, disinggung soal pengajuan  BLT DD bukanya terpisah sama Dana Desa (DD),"  Galih menjawab, tidak sekarang mah proposalnya ada 2 (dua) yang ditentukan yang tidak ditentukan, BLT DD ada di proposal yang ditentukan, malahan hak para penerima manfaat nambah gede nanti mendapatkannya langsung 6 bulan sebesar 900.000 per KPM.

Masih dikatakan Galih," kemarin juga kita sudah menyampaikan kepada tim verifikasi kecamatan labuan, itu semua cuma sekedar mis komunikasi saja dikarenakan saya sedang tidak sehat selama 1 bulan, mangga di cek RPA nya ada di saya dan bisa ditanyakan langsung ke pihak Pemdes terkait SPP yang sudah dicairkan oleh desa banyu biru."

Saat ditanya bukannya secara aturan kaitan BLT DD direalisasikannya per 3 bulan sekali. Galih juga menjawab," betul, cuma menggunakan kebutuhan desa, bahkan Desa teluk pun Dana Desa tahap 2 sudah masuk uang BLT DD sampai akhir bulan Desember, bahkan ada uangnya pun di RKD teluk Bank BJB. seandainya saya kemarin-kemarin tidak sakit sudah saya ajukan BLT DD triwulan 2 untuk desa banyu biru." Ungkapnya.

Doni Hermawan selaku PLT DPMPD Pandeglang saat di konfirmasi menyampaikan," bagi desa yang sudah mengajukan BLT DD triwulan 2 harus segera disalurkan itu hak penerima manfaat. Saat ditanya oleh kontakpunlik.id apakah semua desa sudah mengajukan BLT DD triwulan 2 untuk bulan April,Mei dan Juni dikarenakan ini sudah masuk ke tahapan triwulan 3 bulan Juli," ya nanti kita cek dulu,karena masih ada beberapa desa yang belum ngajuin tahap 2 atau triwulan 2," jawab Doni.  (Do)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA STKIP BABUNNAJAH,MENGGELAR AKSI UNJUK RASA DI DEPAN GEDUNG PENGADILAN NEGERI PANDEGLANG

Kontakpublik.id, PANDEGLANG-  Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STKIP BABUNNJAAH Dan puluhan mahasiswa stkip babunnaja Melakukan Aksi...