Jumat, 26 Juli 2024

Pekerjaan Rabat Beton Desa Gunung Batu-Munjul, Diduga Abaikan Mutu Kualitas



Kontakpublik.id,PANDEGLANG - Terbidik lensa camera  Pembangunan Infrastruktur rabat beton  yang berlokasi di kampung Cigalih Desa Gunung Batu Kecamatan Munjul kabupaten Pandeglang Provinsi Banten, Diduga abaikan mutu.

Tertuang didalam papan informasi, Pemerintah desa (Pemdes) Gunung batu Kecamatan Munjul,sedang melaksanakan pekerjaan pembangunan insfrastruktur jalan rabat beton, yang berlokasi di Kampung Cigalih dengan volume 2,5 cm x 0,15 cm x 130 m. pagu  anggaran Rp. 89.651.000 Sumber anggaran Dana Desa (DD) tahap ll tahun anggaran 2024. Pelaksana kegiatan TPK Desa Gunung Batu.


" terpantau di lokasi, pekerjaan rabat  beton yang dituangkan melalui truck mixer kepada agregat tidak dilapisi plastik terlebih dahulu, 
untuk melapisi pada bagian dasar lantai yang telah di cor untuk menjaga kualitas mutu.

Jum'at (26-7-2024), Ata Kusuma, Kades Gunung batu saat dikonfirmasi mengatakan," untuk kegiatan dana desa (DD) di desa gunung batu ada tiga titik pekerjaan, salah satunya betonisasi berlokasi di kampung cigalih dengan volume panjang 130 lebar 2,5 tinggi 15 cm.

Saat ditanya terkait perencanaan, mengenai anggaran untuk pembelanjaan plastik beton apakah tidak tertuang didalam rancangan anggaran belanja (RAB).? Fakta di lapangan terlihat jelas, secara teknis bagian lantai tidak dilapisi plastik terlebih dahulu. 


Kades Gunung Batu,Ata Kusuma menjawab," saya lihat di desa lain pun seperti ini, meski bukan menjadi dasar acuan namun saya anggap ini sudah maksimal"cetus kades kepada wartawan.
 
Saat awak media ingin konfirmasi TPK namun kades gunung batu bilang tidak usah cukup dengan dirinya saja.

Terkait  pelaksanaan pembangunan rabat beton secara teknis justru sebaliknya mendapat tanggapan berbeda dari Karsito selaku pendamping desa (PD), yang mana pada saat di lokasi ia pun turut serta menyaksikan jalannya proses pengerjaan. 


Warsito juga mengatakan,"  jika permukaan agregat tidak dilapisi plastik cor maka mutu yang ada didalam beton itu akan terserap kebawah.

Kebetulan saya selaku pendamping desa (PD) di bidang tehnik, yang penting saya sudah menyampaikan kepada tim pelaksana kegiatan (TPK), fungsi plastik itu sendiri" terangnya 

Masih dikatakan Karsito," fungsi plastik sangat berfungsi untuk menahan mutu, agar airnya tidak turun kurang lebih nya begitu, jika pada lantai dasar konstruksi tidak diberikan sebuah lapisan, maka air semen yang ada nantinya akan sangat mudah untuk bersentuhan langsung dengan tanah, dengan bahan penyusunnya yang bagus, bertujuan agar konstruksi yang dibuat kuat dan tidak rawan," Ungkapnya. (Do)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal Pembebasan Lahan RSUD, Warga Butuh Konsekuansi.

Kontakpublik.id, PANDEGLANG - Kesimpulan Sosialisasi yang digelar Pada Hari Minggu 13 November Tahun 2022 di Gedung PGRI Kecamatan Labuan Ka...