Sabtu, 03 Agustus 2024

Jarcob Ereste : Tak Hanya Makan Siang Gratis Bergizi,Tapi Juga Sarapan Pagi Untuk 78 Juta Anak Miskin



Kontakpublik id,BANTEN-Berita yang cukup menggembirakan adalah program pemerintah menyediakan makan siang gratis, ternyata akan disertai dengan sarapan pagi yang gratis juga. Demikian ungkap Hasyim Djojohadikusum⁶o, adinda Presiden terpilih, Prabowo Subianto Djojohadikusomo.

Pernyataan Hasyim Djojohadikusumo tentu saja bisa dipercaya dan menjadi pegangan, karena dia pasti akan ikut terlibat dalam pelaksanaan program sarapan pagi gratis dan makan siang bergizi gratis itu, minimal untuk mengelola mekanisme pelaksanaanya yang akan merengkuh 78 juta anak sekolah di Indonesia yang sudah terdata, seperti dikutip dan tersebar secara meluas melalui YouTube Kompas TV.

Hasyim Djojohadikusumo sudah membuktikan 18 juta anak sekolah, masuk sekolah dengan perut kosong dari 41 persen jumlah anak sekolah tanpa sarapan pagi. Itulah pertimbangannya makan siang gratis bergizi perlu diawali dengan sarapan pagi gratis yang pasti akan bergizi pula. Data tersebut, katanya valid diperoleh dari Kementerian Kesehatan dan telah dia laporkan langsung kepada Prabowo Subianto, sebagai Presiden terpilih yang akan segera dilantik pada 20 Oktober 2020.

Program sarapan gratis bergizi ini perlu dilakukan juga karena menurut Hasyim karena sangat banyak peserta didik yang tidak makan saat memulai pelajaran di sekolah.Penegasan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini sungguh mulia dan menggembirakan. Cuma kapan akan dimulai, dan bagaimana teknis pelaksanaannya, inilah yang ditunggu dengan penuh harap oleh banyak orang, utamanya bagi orang tua murid dari keluarga miskin. Kegembiraan dan kebahagiaan warga masyarakat miskin ini pun disertai harapan biaya sekolah gratis, mulai dari pakaian hingga peralatan belajar yang diperlukan oleh anak didik, sehingga tidak lagi menjadi obyek mengeruk dana dari wali murid yang harus menanggulanginya.

Makan siang gratis bergizi untuk anak-anak sekolah memang menjadi program unggulan Prabowo-Gibran yang dikampanyekan selama Pilpres 2024. Hingga sejak dinyatakan menang dalam kontestasi Pilpres 2024, pasangan Prabowo-Gibran terus melakukan simulasi pelaksanaan program tersebut di berbagai tempat. Hanya saja, pada waktu belakangan sempat di menjadi ricuh akibat dari pemberitaan yang mengatakan untuk bajet makan siang gratis bergizi itu akan disunat dari Rp. 15.000 menjadi Rp 7.500 untuk setiap porsi. Lalu banyak orang pun membayangkan, menu dan gizi seperti apa yang bisa dibikin dengan biaya sekecil itu ?

Yang tidak kalah menarik adalah usulan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono menyarankan agar program makan siang gratis bergizi itu berlauk-pauk ikan, karena memiliki protein yang diinsert tidak terbatas. Lagian untuk mendapatkan ikan cukup gampang. Apalagi lewat bantuan kemudahan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Selain itu, tentu saja akan menambah gairah dan semangat para kaum nelayan atau petambak ikan, hingga dapat mendukung kesejahteraan rakyat kecil juga.

Atas dasar ini pula program sarapan pagi dan makan siang gratis bergizi untuk putra dan putri bangsa yang kelak akan mewarisi negeri ini perlu dan patut didukung. Hanya saja, pelaksanaannya harus tulus dan ikhlas dengan keadilan -- sebab pertanyaan dari mereka yang menyekolahkan anaknya di sekolah swasta -- tidak akan mendapatkan sarapan dan makan siang gratis yang bergizi itu. Bahkan dari bilik lain, pertanyaan juga tidak kalah serius tentang siapa dan bagaimana pelaksanaannya kelak yang akan dilakukan di berbagai daerah dan tempat. Lantas bagaimana sistem pengawasan serta jaminan mutu dari menu sajiannya, yang tak cuma harus bergizi, tetapi juga harus sehat. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Cigeulis Terkesan Arogan Saat Di Konfirmasi

Kontakpublik.id, PANDEGLANG – Masih seputar program, Jalan Usaha Tani (JUT) di Desa Ciseureuhen, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, B...