Kamis, 22 Agustus 2024

Selamatkan Uang Negara !. Pengggunaan DD tahap 1 Layak di Kaji Ulang



Kontakpublik.id,PANDEGLANG - Dana Desa dikembalikan pada nawaitu Pengguna, sementara Pengguna sendiri biasanya disebut penanggung jawab Anggaran. Pengguna mengalokasikan Dana sesuai kebutuhan yang sudah disepakati pada Musdus, Musdes, Musdesus, Musrenbangdes, Musrenbangkec dan seterusnya, Pengguna tidak lepas dari pendampingan Tim Pendamping, dan langkah selanjutnya direalisasikan oleh TPK.

Dana Desa itu sendiri memilik Dua segmentasi. Mulai dari Kebutuhan bersifat Pemberdayaan lalu ada fase Infrastruktur khususnya pada skala prioritas Fasilitas Umum. Seperti itulah Pemerintah berupaya, mengembangkan, memajukan, mensejahterakan Bangsanya, Rakyatnya, dalam spesifikasi Mikro bisa disebut Warganya, lantaran Merekalah (Warga)  pemanfaat langsung maupun tidak langsung. Dari Dana Negara. Negara pun tidak serta merta memberikan Dana tanpa memiliki latar belakang dan sebab akibat, jika tidak adanya Program yang sudah disepakati dimeja Paripurna oleh kaum cendekia di Legislatif.

Di Desa Pasir Panjang Kecamatan Picung Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Dana Desa Tahap Pertama (1) diterima, Dana itu  biasanya melalui ATM milik Desa. Selanjutnya pihak penerima berkewajiban mengalokasikan Dana itu disesuaikan pada nilai kebutuhan dari objek yang ditangani. Entah berbentuk Pemberdayaan atau Infrastruktur bersifat krusial.

Sayangnya sebagaimana dilansir dari salah Satu Media Online. Dana Desa yang seharusnya dialokasikan pada Infrastrukur hingga berita ini sampai pada Hand phone Android Pembaca, konon katanya belum teralisasi, ada lagi Satu kegiatan yang dirasa luar biasa dan bernilai cukup Fantastik PJs Kepala Desa Pasir Panjang, membelanjakan Bibit Tanaman dengan jumlah total secara Rupiah " Lima Puluh Tiga Juta. Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah. " Sebagaimana data yang ada pada Wartawan.

PJs Kepala Desa Pasir Panjang Anwar Sanusi sendiri tidak tahu sebagai penanggung jawab Anggaran, soal nilai Rupiah yang dibelanjakan pengadaan Bibit Tanaman. " Bibitnya sudah diserahkan pada RT masing - masing. Silahkan tanya RT. Adapun anggarannya silahkan tanya sekdes Nana." Ujarnya.

Kepada rekan Wartawan Sanusi mengaku bahwa Dana tersebut diantaranya diserah terimakan pada  eks Kepala Desa Pasir Panjang Wahyu. " Saya serahkan pada Dia." Kata Rekan Wartawan menirukan ucapan Sanusi.

Jika hal itu betul adanya, mau dijadikan apa Desa itu . Apalah artinya Musdus ,Musdes, Musdesus, Musrenbangdes, Musrenbangkec, jika ujung-ujungnya menuai pertanyaan dan sekian praduga. ( Rd ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Warga Datangi DLHK Pandeglang Soal RSUD Labuan. Ada Apa ?

Kontakpublik.id, PANDEGLANG - Sejumlah Warga mulai dari Ketua RT, RW, Tokoh Masyarakat, Ormas Karang Taruna dan Pemilik lahan (Lahan dalam p...